1

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

Keke,
Wah repot ya emang kl bs mau mudik. Bener slesta bilang, kalo bisa ambil cuti deh..
Atau ada sodara/ortu yg bisa diajak tinggal di rmh? Ato bisa titip di day care; biasanya sampe jam 4 sore, kalo extend sampe jam 7 malam ada biaya tambahan.
Gw beberapa kali ngalamin kayak gt. Kadang mama eyang/ opa-nya yg turun tangan, kadang ART yg seminggu 3x dateng itu gw suruh dtg tiap hari sampe malem gw pulang kantor dan gw kasih uang lembur, kadang gw titip di daycare deket rumah biayanya 75rb sehari kalo sampe malem 125rb, dan kadang gw ambil cuti 1-2 hari.
Di daerah rmh gw di bandung, ada jg sih keluarga yg sering dititipin anak sama para working mama, sehari bayar jasa-nya 50ribu (murah ya?). Paling kita bawain makanan utk makan siang/malam dan camilan. Tapi yg bikin gw ga sreg, anaknya dititip di rumah keluarga itu. Sedangkan anak gw pastinya ngerasa asing dan pasti rewel banget. Jadinya gw gak pernah pake jasa keluarga ini. Dan mertua gw jg pastinya bela-belain ke bandung buat nemenin cucunya.

Dan memang bener ya, kakek dan nenek itu adalah tempat penitipan anak yg paling aman, nyaman dan terpercaya, dan gratis pulaaak! Hehehe.. *dijitak*

Dan yg kedua terpercaya adalah daycare, krn tempat dan fasilitasnya meyakinkan, pemiliknya tinggal di situ dan anak gak terlalu merasa asing, krn seharian banyak temennya.

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

2

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

keke alexa Bener juga tuh kata slesta & eka, gimana kalo elo cuti? Kalo ngerasa kelamaan harus cuti 5 hari kerja, mungkin bisa bagi 2 aja. Jadi lo ambil infal 2-3 hari, sisanya lo cuti. Itung2 sekalian refreshing juga bisa main lama sama anak :)

yang selalu kangen sama si pipi gembil

3

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

Moms
walopun ART sebelumnya nyebelin dan pengen ngejitak saking gemeznya..
skr waktu dy udah ga balik lagi tetep berasa..

Oryno 4mos terpaksa cuman diawasi sama si emak nenek angkat saya yg usianya udah 75.
walopun si emak masih kuat dan udah pinter ilmu management ASIP tapi tetep kasihan dan rada2 kawatir

Tapi nyari ART baru juga masih rada2 trauma :)

udah gt skr Oryno udah mule belajar ngerangkak..
semoga semua baik2 saja
*Maaf cuRcoL

4

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

keke alexa dirimu dikota mana ya? kasih info aja, eyang aku pake pramurukti, lokasi dijogja n pernah infal sehari kena 100rb. Kata pemilik yayasan siy tarif pramurukti sama BS sama aja.....kalo dirimu dijkt kayaknya 200rb sehari seharga kali ya...

mamanya kayla n nayya
@ariprastawati
@sepasang_kembang

5

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

Slesta * hugs juga*….:)
Iya kayanya aku ambil cuti aja ya daripada malah kepikiran.…tadinya aku ngga mau cuti karena takut ntr cutiku abis pdahal aku dah punya rencana buat liburan april nanti ( sebenernya aku sedih niy pas tau rencana kopdar TUM di bali di tanggal yang sama :’( karena kl ga bentrok, aku pasti ikutan…)

Eka
Awalnya aku juga sempet kepikiran nitip di daycare gitu, kebetulan ga jauh dari rumahku ada daycare…tapi kupikir2 lagi kasian alexa dia harus adaptasi dua hal sekaligus…suasana dan juga pengasuhnya kira2 dia malah stress ngga sih jadinya ya…kalo dirumah kan dia bs makan sambil tetep liat vcd favoritnya jd mudah2an bisa tetep makan banyak.. Sebenernya rumah mertuaku sih ga jauh dari rumahku paling cuma beda 10 rumah gitu…tapi beliau berdua sudah pada sepuh jd walupun deket aku ga bisa nitip a-z ngurus keperluan alexa selama aku tggal ngantor, selama ini hanya bantu ngawasin aja. Kalo mamaku Alhamdulillah masih sehat dan kuat sih tp selain rumah yang lumayan jauh, beliau kan kerja juga jadi ya ga bisa diharapkan kl weekdays

Otty
Iya Otty pas banget …aku juga baru kepikiran gitu aku ga full ambil cuti sminggu yaa…kemungkinan aku cuti 3 hari aja terus sisanya baru aku pake infal aja ya……

Mrs.Tody
Aku tinggal di Jakarta, tapi aku orang yogya loh…hehehe..
Pramurukti itu apa ya mom?

Moms….benernya aku berlebihan ngga sih karena kalo udah urusan BS aku suka jadi melankolis gitu dan BS ku itu juga kayanya dah cocok kerja sama aku soalnya dulu pas tau kalo kita hanya mau make jasanya 3 bulan dia kalo lg ngbrol sama aku bilang suka sedih kl harus ninggalin aku dan alexa trus ntr dia nangis dan pasti aku jd ikutan nangis deh…

6

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

keke alexa pramurukti itu BS buat yg ud sepuh...kayak eyangku kan ud sepuh, trus ud stroke gt jd ud g bs bangun dr tempat tidur jdnya perlu bantuan bt mandi, makan, minum obat dll...

jd melow ya...mungkin krn ud ada ikatan batin antara kalian ya...hehehe. Aku jg pastinya sedih bgt kalo sampe suatu saat BSku yg skr resign...secara nyari BS yg cucok skr susaaah bgt. Trus emang jasanya gede bgt ya...aku bs kerja dg tenang n anak terurus dg baek. Makanya aku usahain bgt biar dia betah terus kerja sama aku...ya dg naekin gajinya 6bln sekali n selalu memperhatikan kebutuhan2 non materinya, seperti dikasih cuti tiap bulan, diajakin jalan2, selalu diijinkan kalo ada urusan keluarga, dll...

mamanya kayla n nayya
@ariprastawati
@sepasang_kembang

7

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

Keke Alexa, aih I feel you banget.
Menurutku terutama buat working Mom, it's such a blessing kalau kita bisa nemuin Asisten/BS yang sayang sama anak kita dan (sukur-sukur) cocok sama kita. Di kantorku, mulai dari bawahan sampe boss besar, masalah yang sama ya soal masalah pengasuh anak.
Kita sama-sama tipikal mellow kali ya (meski gw dari luar kesannya Rambo hati gw Rinto banget), kalo yang jagain kedua anakku ini juga udah teruji waktu dan keadaan, keliatan banget mereka sayang sama anak-anak. Dan ngeliat bagaimana mereka sayangnya ke anak-anak gw, jadi bikin hati gw hangat sendiri. Terutama karena semua gaji mereka , mereka minta dikirim ke ortu mereka di kampung. Gw nganggepnya mereka kayak nggak ngerasa kerja di rumah, kayak ngerasa jadi kakak-kakak buat anak-anak gw. Dan meski banyak pertentangan dr banyak org, gw dan hubby sepakat anak-anak memanggil mereka Tante, bukan mbak.
Kayaknya kalo soal yg ngasuh anak dan setiap yg ngebantu di rumah kita, itu kayak jodoh ya. Kalo kita udah cocok, pelan-pelan kita jadi ngerasa kayak sodara, gitu.

8

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

Dhuh..perasaan gua ada di topik mana mana ni..
Curhaaatt mulu..
*welcome to parenting world*

Setelah cuti 3bulan.. tepat sehari sebelum gw masuk kantor ( Rabu 5/1/11 ), BS gue subuh2 ijin pulang kampung, karena anaknya sakit dan masuk RS.
Si BS ini uda 2 bulan megang Raka. Uda tau selahnya Raka. Dan udah sampe tahap trial manajemen ASIP latihan kalo gue ngantor. ( Korban 5 botol @100ml kebuang, dan 6x3x100ml kepake latian ).

2 hari tanpa helper, mau matik. Jadwal mompa kacaw dan seret. Nyokap ngasi ASIP Raka pake botol, sendok, gelas, dilepeh2, kebuang lagi 400ml. Besoknya ga nurunin ASIP, mikirnya disusuin langsung aja, dan astagadragon, Raka ngamuk2 disusuin, udah abis nyedot 2 PD, tetep ga puas, akhirnya nurunin paksa 1 botol siang2.. abis dicairin pake tap water panas ngalir, disusuin ama nyokap pake botol, dilepeh lagi.. dicium emang aga bau tengik sih..tp biasanya mau..hasilnya, Raka ngicipin formula 30ml ( kok jd ke manajemen ASIP? :D back to topic deh)

Sekarang Raka dipegang infal dari yayasan yang sama, dan semalem BS yg pulkam ngabarin kalo dia ga boleh suaminya kerja lagi karena anaknya ga mau ditinggal dan kambuhan begitu ditinggal ke Jakarta.
JAdwal mompa tetep kacaw.. Raka ngamuk2an, hanya bisa tenang kalo disusui.. dari pagi ga mompa.

Gue sedih banget..uda siap mental buat kerja dgn BS yang uda bareng 2 bulan.. Senin ini harus gue tinggalin Raka sama BS (infal) yang baru megang dia 4 hari, walopun katanya lebih pengalaman.
Mau minta cuti lagi ga mungkin, jatah uda abis, uda diextend, kantorpun lagi launching, dan banyak yg gue pegang.

Nyokap gue harus pulang minggu soalnya bokap harus kontrol dokter, dan ponakan gue di Solo patah tulang..

Dhooh... stress.
1. Ninggalin Raka 12 jam dgn BS yg baru 4 hari
2. Dirumah gada sapa sapa kecuali penjaga gerbang berusia 60 tahun
3. Stok ASIP tinggal 11 botol

what should i do?

Bibunya Raka dan Rayyi
Twitter : @tickzie
Tumblr : bibunyaraka.tumblr.com

9

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

@tickzie: take a deep breath and releaseeee...........
Tenang dulu ya mom, emang ya masalah BS/pengasuh ini bener2 deh bikin kepala muterrr.
Skrg mari qt urai satu persatu:
1. Ninggalin Raka 12 jam dengan BS yang baru 4 hari.
DIliat dulu aja si BS baru ini gimana kerjanya, sabar ga ngasih ASIPnya, keliatan gesit/tanggap ga ke anak. Coba ditrial beberapa jam ditinggal, misalnya sejam dulu, abis itu 2 jam. Lihat dia bisa handle ga selama mom pergi.
2. Di rumah ga ada siapa2
ADa ga kira2 tetangga/saudara yg bisa dititip utk ngeliatin si BS ini.
3. Stok ASIP tinggal 11 botol
Emang berapa hari lagi mom menuju kerja?Pikiran hrs dibikin relaks, spy hasil pompanya banyak, kumpulin aja sedikit demi sedikit, lama2 jd bukit ko. Kalo emang msh mentok, gimana dengan donor ASI. Atau kalo ga bisa jg ya jalan satu2nya sedia sufor, tapi tetep diusahakan biar produksi ASI meningkat dgn cara disiplin mompa di kantor dan sepulang kantor.
Biasanya anak itu ikatan batin sama ibunya kuat banget, kalo qt panik, stress, anak jg jd kebawa ikutan stress dgn cara rewel or ngamuk2. Coba sewaktu menyusui diusahakan dibawa santai dan dinikmati proses menyusuinya. Jangan lupa kasi hypnoparenting ke Raka spy selama mom kerja minum susunya pinter dan ga rewel.
Sabar ya mom, semangat, *hugs*

naldi's mama, abank's wife and an employee

10

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

tickzie sabar mom...emang masalah ibu bekerja pasti gak jauh2 ama yg namanya ART & BS
1. Ninggalin Raka 12 jam dgn BS yg baru 4 hari
coba gunakan insting, selama 4hr bekerja itu gmn BS nya, gmn sikap raka klo dihandle ama BS nya, biasanya seorang ibu instingnya kuat klo sekiranya ada yg gak 'beres' dgn cara BS menghandle babynya

2. Dirumah gada sapa sapa kecuali penjaga gerbang berusia 60 tahun
masih ada org lain, even itu umur 60th. Ini masih lebih baik drpd tdk ada org sama sekali. Satu2nya jalan ya mesti memanfaatkan 1 org itu untuk mengawasi BS & raka. Karena gak ada org lain lagi, berusahalah untuk 'percaya' dgn BS dlm menghandle Raka tentu saja dgn bantuan informasi berdasarkan pantauan penjaga gerbang itu

3. Stok ASIP tinggal 11 botol
11botol gak akan habis dlm sehari kan mom? Ayo semangat untuk nabung asi lagi. Berusaha untuk rileks, jgn stress. Percaya diri untuk bisa memberikan ASIX buat Raka. Mindsetnya dirubah, pasti hasil pumping akan kembali normal.

Semangat ya...stress nya jangan lama2, ayo bangkit lagi...
klo kita bekerja dengan tenang pasti raka dirumah juga gak rewel...

-wife to a great husband, mother for alesya & arsyila-

11

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

tickzie nambahin aja..kalo blm percaya bgt sama BS cb pasang cctv....kayaknya didepan ud ada bahasannya niy soal cctv

mamanya kayla n nayya
@ariprastawati
@sepasang_kembang

12

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

Tickzie seru baca curhatannya bahasanya selalu seru
Oryno skr juga dirumah sama nenekku aja 75th..
Alhamdulillah karna aku ninggalin dengan ikhlas dan hati yg pas semua baik baik saja...
Dipasin aja hatinya yakin semua akan baik baik...
Iya bener paling ga ada yg jagain gerbang khan?
Semangat ya Raka pinter dan ganteng akan baik baik saja

13

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

Tickzie
*huuugggsss* sabar ya mom, kuncinya yg pertama ya harus tetep relax :) inget, semakin kita panik anak bisa ngerasain n believe it or not jd tambah rewel.

1. Ninggalin Raka 12 jam dgn BS yg baru 4 hari
--> selama weekend ini coba diawasi aja segala sikap tingkah laku BS dg raka gimana? biarin BS ini yg megang raka, mom pura2 sibuk aja di ruangan lain dlm rumah tp kondisi kuping tetep terjaga :D diliat n dipantau jg raka merasa nyaman ga kl lg ma dia? trs diperhatikan jg cara BS mandiin raka, ngasih ASIP, nidurin, ngajak main dsb.

2. Dirumah gada sapa sapa kecuali penjaga gerbang berusia 60 tahun
--> emang bener2 udah ga ada saudara atau orang yg dipercaya utk bantuin ngawasin? at least mom bisa minta bantuan dr penjaga gerbang sekali2 utk ngecek keadaan raka. selain itu mom dr kantor tiap 1-2jam bisa nelp ke rumah utk menanyakan keadaan.

3. Stok ASIP tinggal 11 botol
--> hmm biasanya baby usia raka itu selama ditinggal kerja bisa habis sekitar 500-600ml ya? stock ASIP mom per botolnya brp ml? jd stock itu masih bisa utk 2 hari kan ya? tetep positive thinking aja kl mom bisa ngasih ASI ke raka, relax n tetap rajin mompa di kantor. dan kl dirumah tetap rajin mompa n nyusuin raka jg (sambil raka diajak ngobrol kl ditinggal mom kerja ga boleh rewel dsb). kl tetep kurang jg cara lain cari donor ASI, tp kl harus ditambah pake sufor jg ga dosa ko mom :)

tetap relax n positive thinking ya mom, inget aja you are not alone :)

emang dilemma seorang WM ya ga jauh2 dr ART/BS, sama aja nih ma gw dr tgl 28 des kemaren BS atha ijin pulkam krn mertuanya meninggal. eh tgl 2 jan sms bilang belum bisa balik ke jkt krn ma suaminya berantem disuruh nunggu sampe 40 harian di kampung :/ hikz, ngalahin cuti pegawai kantoran. tp krn nyokap gw udah jatuh cinta abis ma ni BS (secara ni BS turun temurun mulai dr ponakan gw yg skrg umurnya udh 9th), mau ga mau dikasih ijin cuti tp dg syarat pas gw lahiran akhir feb-awal maret nanti dia udh balik ke jkt.
yg ada skrg binguuung...mikirin nasib atha gmn selama 40 hari kedepan?mau nyari ART/BS baru jg tak semudah itu, ma ART yg di rumah eh atha nya sama skali ga mau dideketin. mau ga mau minjem salah satu ART di rumah nyokap yg kebetulan atha emang udh deket ma dia :P *hihihi mpe udh mau anak 2 masih ngerepotin nyokap aja deh gw*

bab ? atha ? kae ? nda

14

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

masalah ART emang bukan cm miliknya WM yaaa cm kyanya milik smua ibu2 deh *ecuma bukan berarti ibu2 jaman sekarang lebih manja yaaa* suka BT aja klo ada yg ngomong ibu2 jaman sekarang 'manja' bgt karena cant live without ART -_-'.
aku udah 8bln ini ga ada ART, semuanya dikerjain sendiri, ada siy yg part time cuma buat nyetrika aja, dan sedang sangat menikmati 'kesendirian' ini meski agak kocar-kacir ketika mulai memasak*dilema ibu ga' suka masak*
ntah kenapa susah bgt buat nyari art lg *atau mungkin mmg blm saatnya :) * tiap kali dicari, selalu nanya "anaknya berapa?" "ibunya kerja atau ga'?" dan tiap mendengar jawabannya pasti lgs pada mundur :D..anakku baru 3 (6yo, 4yo, 1yo) dan aku tidak bekerja aka SAHM (stay at home mom)..
so aku ambil kesimpulan klo art skrg lbh senang dgn anak yg sedikit *3 bukannya br sedikit yak :D * dgn ibu yang bekerja..trz klo gini, aku ga' bisa punya art lg dunkkk yaaa -_-'..
makanya aku skrg lg males buat nyari2 lg dulu mungkin tunggu nanti klo aku hamil lg baru mulai cari2 lgyaaaa moga2 segera dpt lg, nurut aku art itu kya jodoh aj gt..maafff *curcol* SAHM..atau moms disini ada referensi art ga' yaaa?!tq

15

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

Emang TUM gada matinya..:)
Selalu ada jawaban, solusi serta alternatif.
Seperti kata trias kelly mari kita urai satu satu
1.Ninggalin Raka 12 jam sama BS yang baru 4 hari
Trias.kelly, cinta, n ndatha : yup.. jumat ini suami ikut cuti untuk ikut mengkursuskilatkan si mbak, kita lihat sabtu minggu ini, semua materi mulai kebiasaan mandi, tempat baju, tempat mainan, cara nyuci clodi, gimana makein clodi, tempat steril botol, nyairin ASIP, cara gendong, dll. Moga2 lulus ya doi.
mrs tody entah kenapa, BS yang pertama (dan yang baru ini) kelihatannya baik. didikan yayasannya juara banget. Lebih khawatir ke si BS stress ga ngadepin Raka yang tipenya ga sabaran, dan doyan nangis..hehehhe. EH, tapi iya juga ding.. kalo Rakanya ngamuk2, doi putus asa, ngeri juga yak...
2. Dirumah gada sapa sapa kecuali penjaga gerbang berusia 60 tahun
trias.kelly n ndatha : nyokap lain kota, mertua uda ga ada, ipar di luar, adek kerja juga. tetangga, nenek nenek semua plus kurang kenal soalnya abis ngelahirin ini gue sementara nebeng di rumah nyokap ( yg mana nyokap juga ga tinggal sehari2 disitu )
cinta : bapak2 ini rada pikun, trus aga 'kurang denger', uda ikut kluarga gue 35 taun, rumahnya dibag.blakang rmah gue, jarang masuk rumah. kalo ngomong kenceng bener. kalo doi mendekat Raka suka bangun..hehheh.
But well, yap..gue akan cek2 ama bliau untuk ikut nangkring di teras depan..
3. Stok ASIP tinggal 11 botol
trias.kelly, cinta n ndatha : 500-600 ml ya 12 jam? brarti cukup buat sehari gue ngantor.. soalnya besok kan mau dipake 5 buat trial pura2nya gue ngantor.. huu..huuu...
Dan belum pernah tuh..mompa sehari nyampe 500ml. Paling banter 400ml kalo 2 PD dari jam 9-17 (kira2 itungan dikantor 2 kali).
ndatha bener yaa..sufor ga dosa,..

Berusaha ga dipikirin, tapi hasilnya kepikir juga. Opsi lain adalah browsing TPA deket kantor.

Tapi emang bener2, dimana mana, kunci jawabannya cuman satu.. relax, mindset, positive thinking, kalo ngusahain yang terbail ( walopun teteeep aja kepikiran, uda yang terbaik belum yaa.. )

chocofloat : hush!bayarr! bukannya bermaksud bikin cerpen seru heu. Wah hebat, nenek 75 thn masih awas dan mau jadi breastfeeding grandmother. Kan gampang2 susah tuh nyairin asip.

Bibunya Raka dan Rayyi
Twitter : @tickzie
Tumblr : bibunyaraka.tumblr.com

16

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

MaMods, sorry kalo OOT ya..

Mommas, HELP Plis.. I urgently need ART/BS .. ART ku pada pulang semua dan ga balik lagi. Udah seminggu ini Sabqi dioper-oper setiap hari kerja ke rumah mertua, supaya ada yg jagain. Pagi diantar, sore diambil. Seringnya, pagi msh dlm keadaan tidur nyenyak udah diangkat dr kasur dan dibawa ke rumah mertua. Hiksss.. aku bener2 butuh ART/BS..

So, mommas..
Kalo ada yg punya nmr kontak yayasan penyalur ART/BS yg terpercaya dan mumpuni di bidangnya *halah,lebay..*, please please please PM ke aku no. telponnya.. I desperately need an assisstant.

Thanks in advance, mommas and MaMods..

Can't stop falling in love with SABQI

17

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

bunda bear

sabar yaa...nasibmu sama dg diriku :)
baruuu aja hari sabtu kemaren art di rumah mendadak minta pulang (plus udh dijemput ma bpknya dr kampung) tanpa ngasih kabar apa2 sebelumnya. dibujuk2 utk nunggu sampe ada pengganti paling lama 1 minggu ga mau yg ada malah nangis2 :( ya udalah terpaksa diijinin pulang krn males jg nahan2 orang yg udh ga niat kerja bgitu. pdhl BS atha pun masih di kampung, mana gw lg hamdan gede pula. mau ga mau deh ngerjain semuanya sendirian krn suami sibuk ma tugas kuliahnya. akibatnya skrg di kantor ngantuk,lemah letih lesu, punggung pinggang kaki sakit semua gara2 sampe jam 11mlm pun masih di dapur sibuk nyiapin bekel suami utk hari ini. untungnya sih rumah gw lumayan deket ma rumah nyokap jd kadang ada art dr rumah nyokap yg dateng bantu2 pekerjaan rumah 1-2jam :)

btw PM meluncur ya utk list yayasan BS yg menurut sharing ibu2 rekomen.

tetap semangat! :)

bab ? atha ? kae ? nda

18

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

Hai hai moms..huweeeenng
Aku jg lg butuh asisten or bs or siapapun yg bs bantuin urus anak..

Jadi ya..kan aku ama suami kerja daera sudirman thamrin..
Biasanya jamie anakku (7 mos sekarang) sama mbaknya tinggal di kontrakan kt di setiabudi..embaknya si baik n sayang anak..tp ko ya selidik punya selidik doi ga bersiihh..jd perlu terus diawasin banget nget..

alhasil jamie dititip dl depok tmpat ibukuh..huhuhuh jauhh bgt..otomatis emaknya cm liat pas jamie dah obok dan pergi pas jamie lg obok jg..mangkanya pengen cepet2 dpt mbak lg biar dilatih nyokap trus ntar jamie mo dbw bolak balik rmh mertua di salemba..

Kangennya ga tahaaaaann..

jd intinyah bagi juga dooong listnya..boleh ngga ndhata? Makasi ya..ai pm yey jg deh sp tw ga bc..makasih ya moms

like any other mom, miss her child all the time

19

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

huahh....ART ni bener2 msalah yg ribet...ampe skrg rencana mo ke agen ngambil ART lom jadi2...mana kmrn abis bleeding lg.

Btw, mamas da kenalaan yg bisa dipakai sementara barang sebulan dua bulan gak? denger2 Singapoeran bisa digaji 300an SGD gt, which is ga kepotong pajak ke gov (biasanya 600an sebulan), tapi dia ga nginep, bolak balik ke rumah qta.

~ Mama Papa Luv Dastan Foreva ~

20

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

Yi,
Maksutnya ARTnya mau ngambil dari Indonesia dan dibawa ke SG? Mungkin bisa ngikutin caranya Slesta *waving to slesta*
Btw, bleeding kenapa?

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

21

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

laurina bleeding kenapa yaa? gapapa kan? hati2 yaa.. eka kayaknya maksudnya laurina itu ngambil pbt yang orang singapore beneran, dan hanya datang hari. jadi hanya digaji bersih dan gak perlu bayar levy ke singapore government (levy yang dibayar itu hanya $265 kok per bulan, selain dari gaji ke maid nya). nah kalo yang ini, gue baru denger tuh! emang masih ada singaporean yang mau kerja jadi maid? kalo pun ada, gue kok ngerasanya pasti kerjanya ga beres. hihi.. *prejudice banget*

kalo saran gue sih mendingan bawa ART dari indonesia aja emang. tapi ini prosesnya rada susah, karena:

[list=1]

  • harus cari ART di indonesia yang mau dbawa ke spore.
    [/*]
  • dokumennya harus lengkap
    [/*]
  • mesti lulus tes english[/*]


    tapi ini kalo emang mau menetap lama. kalo mau pake 1-2 bulan, bisa dengan cara diajak ke sg untuk 1-2 bulan itu. gak perlu pake dokumen apa2 kecuali ya dokumen seperti passport, dll. dan pas masuk diitung sebagai turis. stay permitnya sama seperti turis yang lain adalah 30 hari. jadi setelah deket2 30 hari, ajak aja keluar singapore, kayak ke batam atau ke johor baru, trus balik lagi. stay lagi for another 30 days. pas kan 2 bulan? :) tapi cara ini ga bisa dipake sering2 krn nanti imigrasinya curiga. emang paling mentok dicobain kayak 1-2 kali aja.

    ? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
    owner - slesta.com | @slesta
  • 22

    Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

    masalah ART emang susaaahh y..saya wm and tinggal di Bpp sm kaya Indri,dan emang bener susyeeehhh bener cr ART dsni,padahal nanti kerjaannya cuma ngerjain rumah tanggan aj,klo anak msh ada nyokap,belum berani jg lepas Kei sm orang lain,apalaig klo liat video yg dr Vietnam itu..pernah jd berita trus gambarnya ditampilin utuh,ga tega banget,saya sampe keinget2 trus,bikin status di FB biar ga ditampilin lg ganbarnya,pas berita sore dh diblur..dulu pernah punya ART,yg pulang hari pas sy mash hamil.ibu 2 anak,kerjanya beres d,inisiatifnya tinggi,dr awal dia dh bilang ga mau pegang baby,trus sy jelasin klo baby nanti nyokap yg pegang.pas sy cuti hamil ke Bks,ga tau knp si ibu telp dan bilang ga bs kerja lg,alasannya sakit,pdhl itu baru aj dikasih radio sm suami.saya jg jelasin klo nti dh ada baby gajinya sy naikin,tetep keukeuh,yoweslah..akhirnya sampe skrg ga ad art/bs,msh mengandalkan nyokap,he2..untung jam kerja saya msh bisa dibilang fleksibel,walaupun ada dines malam dr jm 20.30 smp 07.30..pernah jg ada yg mo kerja,dh nego gaji,janji dateng hari senin datengnya hari selasa,trus kebetulan saluran air id rumah lg trouble,jdlah cucian numpuk,pas dia dateng sy suruh nyuci bajunya Kei pake tangan,langsung alasan mo kasih motor ke suaminya,padahal sebelumnya bilang punya 2 motor,ternyata ga menampakkan batang hidungnya lagi,hadeeeuuuuhhh....

    23

    Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

    Moms, kemaren sempet cerita kalo BSku mau cuti....tp ga beralam kemudian dia bilang kalo ga bs balik cepet karena mau agak lama dikampung nungguin ibunya ....jadi dia kasih saran supaya lebih baik aku cari gantinya lebih cepet supaya bisa dia ajarin rutinitas dan kebiasaan anaku gt...
    Sedih sih udah pasti dan untungnya saat ini kayany udah jauh lbh siap kehilangan dia sih dibandingin dulu yg tiap inget dia mau pulang aku trus mewek..dan kl udah bgini mau ngga mau aku sung telp Yayasan yg direkomendasiin sm temenku yg pake BS di yayasan itu sampai 6 tahun , berani pasang iklan di majalah n hasil aku googling reviewnya jg bagus2..

    Akhirnya, tadi setelah dari kemaren2 aku telp ke berapa kali dijawab blm ada stock, eh td pemiliknya bilangnya ada n kalo mau sung dteng aja sekarang...langsung deh izin kluar kantor dulu trus jempt mamaku dikantornya jadi buat temen pertimbangan soalnya suamiku diluar kota n baru bulan depan pulangnya..

    Setelah interview 4 orang n dipertimbangkan trus dirasa2 akhirnya kita dah dapet deh calon BS baru buat Alexa...mudah2an baik dan cocok sama Alaxa juga mommynya ..:)

    Td waktu pas diyayasan sempet ketemu artis yg juga lg cari BS...ternyata sama aja ya setelah jd ibu2 penampakannya juga berubah ...(sory kalo ada sekilas info ngga penting) :p

    @Arisona...kalau masih belum dapet mau dikasih info ke yayasan tempat aku ambil td ngga? kebetulan tadi emang ada beberapa yg baru pada dtg dari kampung katanya

    24

    Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

    sLesTa wrote:
    laurina bleeding kenapa yaa? gapapa kan? hati2 yaa.. eka kayaknya maksudnya laurina itu ngambil pbt yang orang singapore beneran, dan hanya datang hari. jadi hanya digaji bersih dan gak perlu bayar levy ke singapore government (levy yang dibayar itu hanya $265 kok per bulan, selain dari gaji ke maid nya). nah kalo yang ini, gue baru denger tuh! emang masih ada singaporean yang mau kerja jadi maid? kalo pun ada, gue kok ngerasanya pasti kerjanya ga beres. hihi.. *prejudice banget*

    kalo saran gue sih mendingan bawa ART dari indonesia aja emang. tapi ini prosesnya rada susah, karena:

    [list=1]
  • harus cari ART di indonesia yang mau dbawa ke spore.
    [/*]
  • dokumennya harus lengkap
    [/*]
  • mesti lulus tes english[/*]


    tapi ini kalo emang mau menetap lama. kalo mau pake 1-2 bulan, bisa dengan cara diajak ke sg untuk 1-2 bulan itu. gak perlu pake dokumen apa2 kecuali ya dokumen seperti passport, dll. dan pas masuk diitung sebagai turis. stay permitnya sama seperti turis yang lain adalah 30 hari. jadi setelah deket2 30 hari, ajak aja keluar singapore, kayak ke batam atau ke johor baru, trus balik lagi. stay lagi for another 30 days. pas kan 2 bulan? :) tapi cara ini ga bisa dipake sering2 krn nanti imigrasinya curiga. emang paling mentok dicobain kayak 1-2 kali aja.


  • Mbak slesta dan Tante Eka

    Bleedingnya ga jelas,,,apa kbykan jalan liat firework ya?? tapi darahnya berliter2 gt...plasenta juga diatas sih...so, dokter di KK cm bil control rutin lg aja (hubby sempet sebel, ko ga da hasil diagnosanya???secara biaya bleedingnya sama kaya biaya lahiran, heLLOOOww KK)

    Tp alhamdulilah skrg dah berhenti...tapi jadinya wajib bedrest (ampe bosen gila bedrest koq dah berbulan2 #cobaan hamil mode) :rolleyes: :rolleyes:

    Masalah ART...iya nich, rencanya mo gt aja dlu, ARTku dibatam diungsikan sementara (tapi lg punya balita 3 thn) disuru ngurus baby bikin nambah repot ga yaa?? mana blum punya passport trus balitanya dibuatin paspor juga (nyebelin). :/ :/

    Cuma kmrn ketemu ibu asuhnya hubby aq yg malay singaporean katanya ada singaporean yg bolak balik gt...gajinya ckp 300 aja..tapi ampe skrg juga dia lom kasih kabar lg. Hopely cepet ada, soalnya buat sementara aja karena ngambil pembantu indo rada lama dan aq dah ampir due date ngelahirin. Kasian juga mertua, kayanya dah capek kerja masak, nyuci, ngepel dll, apalgi nambah2 ada baby.. :rolleyes: :rolleyes:

    Ceritanya kmrn mu ngambil pembantu via agen yg maidnya dr indo. Keburu bleeding ampe skrg ga jadi2....Isitlahnya yg blom experience, tapi datengnya bs berbulan2, coz mereka pembantu baru...dan ada resiko gagal tes english (ampe 3 kali dipulangin lagi ke batam atau qta disuruh nyari baru)

    Tapi ngeliatnya via profile aja (mereka di Indo), dan wawancara via telp..rada serem juga kalo disuruh ngurus baby. Takutnya pas ksini orgnya beda (lho?) hehehe....Bisa juga ngambil maid yg dah ada di agen, tp biasanya suka bermasalah, soalnya yg ada di agen itu maybe : dipecat or majikannya meninggal de el el...so, aq dan suami prefer nyari maid baru bgt aja (tapi resikona mereka qta tguin ampe lulus tes)

    Btw, mbak Slesta kira2 ada kenalan ga di Indo yg pembantunya mo kerja di LN? :D Kali aja ada yg berminat..brarti kmrn mbak ngurusin sendiri adminnya ya..

    Tante Eka kalo ada juga kabarin yaahhh! siapa tau ada org gorontalo yg berminat (secara bisa disuru masak binte + bubur manado...yummmy :p )

    Ada juga opsi lain, pas balik sulawesi misalnya, aq nyari maid dsana...tapi tes englishnya gmn yah?? kayanya disuruh belajar susahh abieesss... :( dan rada2 pesimis juga sich...

    Kemarin Mbak slesta ngajarin englishnya gmn? apa sempet dikursusin jugakah?

    Btw, mbak slesta, pembokat indo brusan naik lg gajinya hahahyy ++ 50 SGD kalo ga salah...kalo dirupiahin koq jadi nyama2in gaji awal s1 diindo yak, hihihihi

    Btw, Mamas Papas kalo da kenalan yang mau kerja diSpore, masak,bs jaga bayi,plus bisa bs english.. info me yaaahhh

    Tengkyuuu.... ;) ;)

    #despretmode

    ~ Mama Papa Luv Dastan Foreva ~

    25

    Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

    Hi Laurina,
    I feel you.... :)
    cuma mo share kisah jatuh bangun gw cari ART tahun lalu disini.
    Aku WM, anakku dari lahir (skrg hampir 3thn) yg bantu jagain mama & mertua ganti"an kesini, tp pas papi mertua meninggal akhir tahun 2009, mertuaku decide ngga mau kesini lg krn mo jagain rumahnya….

    Dan dimulailah petualanganku mencari ART…….
    karena alasan yg hampir sama ngga mau ambil ART langung dari maid agency disini, aku coba bawa ART dari jakarta.

    Percobaan pertama: anak temen mamaku yg lulusan SMA tp ngga kerja" aku bikinin passport & beli tiket pulang pergi, karena percobaan aku ngga bikinin langsung surat ijinnya eh beneran abis 1 bulan disini dia pulang ngga mau balik lg katanya kangen bgt keluarganya ngga biasa jauh" :( yg ini aku ngga maksa krn prinsipku sama hubby klo org kerja sama kita krn terpaksa jadinya malah ngga bagus & malah khawatir anak kita diapa"in krn ngga ada siapa" lg. Yg ini aku ngga bayar gaji dia karena udah keluarin duit utk passport, cuma kasih uang jajannya aja.

    Percobaan kedua: ART nenekku yg udah kerja tahunan & kita tahu kerjanya bagus. Aku coba bikinin ijin kerjanya di MOM eh ngga diapprove karena ngga ada ijazah SMA, aku sampe bikin surat appeal bilang ijazahnya ilang di kampung tetep ngga lulus”….akhirnya aku beliin tiket kesini sebagai turis (salahnya cuma beli tiket one way) entah knp pas sampe changi langsung dikandangin & dideportasi balik :( padahal datengnya bareng nyokapku & nyokap tuh udah jelasin ke officernya klo kita yg nanggung dia selama disini & ngga dipeduliin lho…mereka bilang itu udah keputusan mereka & ngga ngga bisa diganggu gugat…ARTku sampe nangis” kasihan deh…mamaku akhirnya dibolehin ketemu sebentar & kasih duit untuk ongkos balik & makan dia…kata pembantuku org imigrasi bilang ke dia klo dia di-banned ngga boleh masuk SG lg selama 2 thn

    Percobaan ketiga: bawa keponakan temen mamaku yg lain, lulusan SMA, kita bikinin passport & proses surat” ke MOM, ngga lulus test bhs inggris sampe 6X :( udah pusing deh padahal itu aku ajarin tiap malam & print”in contoh test bahasa inggris dari MOM suruh dia belajar tetep aja ngga lulus…..repot bgt mesti anter jemput ke airport krn maximum 3X test harus pulang dulu baru dating & test lg, belum lg repotnya nganter”in pergi test nya & nungguin test……bikin surat appeal ke MOM jg ditolak terus…

    Dari ketiga pengalaman itu gw skrg lg trauma & capek bgt ngga mau ngurus” ART dulu…..nyokap jg akhirnya tetep mo bantuin & awal tahun ini gw masukkin anak gw ke child care, half day dulu biar dia terbiasa sebelum full day care daripada pusing” cari ART….mana sekarang fee-nya naik lg ya…

    Sorry ya kepanjangan....