1

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

wiih.. Baca2 postingannya mama, emang dilema banget ya.. :(

aku jg krn da kelamaan jd ftm (10bln), jd kangen pgn kerja lagi, tp ga mau ninggalin Al, soalnya suami kerjaannya lbh sering keluar kota, shg jrg ktm ma kita. Untungnya, kerjaanku bs fleksibel bgt.. Jd cm ambil beberapa hari dlm seminggu n itupun bbrp jam aza. Msh dideket rumah pula.. Jd insyaAllah msh byk waktu buat Al.

bundanyaLana, selamat ya buat kerjaan barunya.. Yg penting quality timenya kan..

To have a child is to know the beauty of life..-parenthood-

2

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

Crey, Eka

yah, mungkin memang kerjaan sekarang g cocok buatku. 'anak perempuan' diantara bapak2 nyaris pensiun yang bertahun2 gak kemasukan orang baru, yang tiap hari lembur sampe tengah malam-sementara aku kabur jam 6.
emak2 yang mesti kabur mompa beberapa kali sehari diantara bapak2 yang jam makan siang pun g pernah keluar dari mejanya ...
yang menganggap ngerokok adalah hak asasi (ampe berbusa bilangin, ampe alarm kebakaran bunyi, uda disidak pula tapi tetep nekat ngerokok) g enak banget ...
blum lagi si bos yang workaholic dan susah bgt ngertiin kondisi ibu2 kek aku (libur lebaran pun dy masi kerja !!! bayangpun ..)

tapi-tapi ... bentar lagi berakhir duonk .. :D
4 hari lagi aku diklat, pulang diklat udah di kantor baru, dengan pekerjaan yg lebih sesuai ... senangnya ...
walo THP berkurang setengahnya .. tapi lebih banyak waktu untuk Asa & ayahnya .. insyaAllah ..

bundanya Lana, Citra
congrats ya bu. emang bener deh, menyeimbangkan karir n keluarga itu g mudah. tapi pasti ada sela-selanya ... (lagi2 sambil ngomong ke diri sendiri)

less ego, more heart

3

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

bundanyalana, congrats peh! finally ya...semoga betah di tempat baru, bisa makin deket pula sama Lana =)

citra dan fanny, wahhh senang nya dapet kantor dan bos yang pengertian, kerjaan yang fleksibel. emang impian ibu" ya begitu ya.

sidta, waaaa, akhirnya ada tempat baru juga yah! semoga yang ini lebih baik dari sebelumnya...

gw kemaren sempet down banget karna harus tugas ke kupang, tepat waktu yofel demam, batuk pilek gitu. argh, rasanya pengen nggak berangkat, tapi tiket dll semua udah fix. berat banget yah rasanya ninggalin anak sakit di rumah sementara kita harus ke tempat jauh. kalo lagi gitu, bener deh, keinginan untuk brenti jadi gede banget =) tapi anyway, selama masih bisa dijalani, mari kita jalani. hehehe...

a working mum who longs to be at home with baby yo all day.

4

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

Sidta,
Wiihh slamattt ya *peluk*
Yg penting elo bisa lebih enjoy di tempat baru :)

Superpippo,
Ya ampun tid, hikss sedih ya ninggalin yofel, tp skrg dah sembuh kan? Elo dah balik jkt lg? Smangatt ya tid toh kita kerja jg buat anak yaa.. Cayo!!

Reborn since El was born
@inicrey

5

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

crey, citra, sidtha & dita, terimakasih mamas :)

Fanny, OL itu offering Letter. Tenkyu ya Fan, semoga gue bisa seperti dirimu :p

6

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

bundanyalana Baru baca kalo ternyata udah beneran mo kerja ya? Dulu taunya baru interview aja. Selamat ya, Peh... :)

yang selalu kangen sama si pipi gembil

7

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

Otty, tenyu mama Nara, iya kebetulan keterima kerja di Bogor, jadilah diambil. Insya Allah jumat ini tandatangan OL dan rencananya mulai kerja setelah lebarang. Makanya dari sekarang menyiapkan mental untuk 'pisah' ma Lana :)

8

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

Mau ikutan cerita dong, dulu waktu naldi masih bayi selalu berkata ke diri sendiri, mungkin kalo udh besar, udh lebih bisa tenang ninggalin anak waktu dinas keluar kota. Tapi tetep aja deh sampe skrg (20mos 2w) tiap mau ninggalin anak dinas, tetep aja dgn berat hati. Kalo masih bisa ditempuh pake mobil, lsg diajak boyongan, tp kalo udh yg jauh2 hiks mau bawanya jg kasian, takut malah kecapean di jalan.

naldi's mama, abank's wife and an employee

9

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

BundanyaLana
yeayy, congrats on the new job ya Peh...mudah-mudahan proses 'pisah' sama Lananya lancar, apalagi masih punya banyak waktu buat sounding dan mengkondisikan Lana. Insyaallah Lana ngerti...

metariza.com | mother of two |@metariza

10

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

Dear moms,
buat gw...dilemanya tambah rumit lagi karena gw sama suami tinggal di beda propinsi, huks *ngusap air mata dulu* gw merantau di jkt, suami merantau di mlg..sama2 ngekost, sama2 hidup sendiri. Double income, double expense juga.

Saat ini gw hamil 5mos. Dan super duper bingung mikirin nantinya mau gimana..

Skenario terakhir kami adalah, setelah baby lahir nanti dan gw harus kembali bekerja, gw titip baby dirumah mama di bdg. pertimbangannya, kalo dirumah mama banyak yang jagain, nanti pembantunya juga bs mama ajarin dan awasin. sementara kalo ikut sama gw ke kostan, gw gak sampe hati ninggalin anak gw berdua pembantu, kebayang gak konsennya gw kerja..dan infrastruktur di kostan gw pun gak selengkap dirumah mama, means mesti banyak perabotan dan perkakas yang disiapin klo ada bayi.

Opsi resign kerja lalu ikut suamipun tentunya ada *dan kalo lagi emosional, pasti maunya pilih opsi ini* cuma gak bisa segampang dan secepet itu. Ada bbrp pertimbangan;

- Dengan gw ikut suami, berarti gw resign dari kantor sekarang, dimana gw harus mengorbankan gaji bulanan, bonus, thr, health coverage yang full, dll. Single income. Less expense, less investment juga. Tapi kapann..kapaaann...nunggu anak gw lulus ASIX dulu baru resign? atau habis lahiran juga langsung resign?
- Kalo gw mau bawa anak ke kostan, gimana caranya memantapkan hati setiap berangkat kerja supaya percaya anak gw diasuh dgn baik o/ pembantu??

Honestly, gw masih optimis aja dengan skenario itu gw bisa memberikan ASIX sampe 2th (yah..minimal 1th lah). Tapi persoalan2 teknis manajemen ASIP lagi2 ganggu ;
- naro kulkas mending dirumah mama apa dikostan, krn klo kulkas dirumah mama pasti sering dibuka2 krn campur sm sayur2 dan kebutuhan sehari2.
- bisa gak naro ASIP di kantor selama seminggu buat diangkut kerumah pas weekend, apa ASIP nya seminggu itu masih bagus buat diminum, dll

Yah, dilema-nya kepanjangan....sorry ya moms. Pgn denger 2nd, 3rd, 4th opinion dari mom-mom semua atau ada yg pny pengalaman serupa, mungkin? jauh dari suami/jauh dari anak?? ;)

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

11

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

BundanyaLana,
Congrats buat kerjaan barunya... semoga lancar2 saja, urusan Lana juga lancar2 saja...

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

12

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

soRella wah dilema nya bener2 dahsyat nih. btw, kalo boleh tau kenapa gak ikutan cari kerja di malang, biar satu kota ama suami?

the only person yang gue tau harus long distance ama suaminya itu ada loh.. si mama riaandiani. karena dia dulu sekantor ama gue. waktu masih pacaran, long distance karena suaminya (waktu itu masih pacar) ada di bandung. gue pikir setelah nikah dia bakalan pindah ke bandung ternyata engga. dia stay di jakarta, pindah dari kost2an dan nyewa apt deket kantor, dan borong mamanya dari bandung untuk jagain anaknya selama dia ngantor di jakarta. kalo weekend mamanya pulang ke bandung. dan suaminya juga tetep ada di bandung selama ria masih kerja di jakarta.

salut deh!!

my personal opinion sebenernya lebih prefer yang namanya orang udah nikah itu sebaiknya jangan tinggal berjauhan, unless emang dipisahin sama yang namanya hal2 yang gak bisa di kontrol (kayak suami nya tentara mesti tugas, sekolah, dll). apalagi kalo udah ada anak. tapi bukan berarti gue menyalahkan gaya hidupnya ria loh ya. menurut gue dia mah udah canggih banget karena bisa make it work! dan tentunya karena personal reasons she insisted on doing it that way and it works.

nah tapi gue sih ga kebayang kalo nanti elo punya anak trus pisah ama anak dan sama suami. apa bisa? untuk jadi ibu yang kerja dan mesti pisah sama anaknya during working hours aja udah susah banget loh.. apalagi kalo pisahnya itu sampe pisah kota.. haduuuuhh gue mah ga bisa ngebayangin.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

13

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

ahh iya slesta...tentu cari kerja disana juga masuk dalam opsi "resign lalu ikut suami", cuman you know ya say..belum tentu langsung dapet kerja yg sesuai juga (kualifikasi pendidikan gw jg bkn yg gampang dpt kerja). tapi kalo nunggu gw dpt kerja ya gatau kapan.

worst case adalah gw ikut kesana dengan tangan kosong (gak kosong ding, kan gendong baby..hehe). dan full full jadi FTM (terus terang blum siap banget, tapi berusaha mempersiapkan dan memantapkan hati).

yaaa...maunya kalo bisa anak gw dibawa ke jkt sama pengasuh+salah satu mama. tapi mama-mama gak ada yg available..kerja semua..huhu.

gw pengen banget bisa kerja dulu (minimal sampe imunisasi baby lengkap dan dia udah bisa dibawa2 mobile). beban finansial juga agak ringan (karena coverage dr kantor). tapi gw menentukan target sampe kapannya itu gmn ya...ada masukan?

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

14

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

sorella Ada lho temen gue yang anaknya dititipin di Bandung (bokap nyokap temen gue) sementara temen gue & suaminya di Jakarta. Jadi mereka ketemu pas wknd doang. Gue pribadi sih ga bisa ngebayangin rasanya jauh dari anak selama seminggu, dan terus2an seperti itu karena pisahnya bukan karena business travel, tapi sekaligus salut juga karena buktinya mereka bisa ngejalanin.

Kalo misalnya lo ambil opsi resign, apa ga mungkin nyari kerjaan di kota tempat suami lo kerja? Gue bukannya nyuruh lo resign, tapi kan lo menyebut opsi resign dan otomatis kehilangan salah satu income, padahal bisa juga dipertimbangkan cari kerjaan baru ato kerja freelance yang bisa di-manage dari jauh aja. Siapa tau... Jadi lo juga ga terlalu suffer sama income yang berkurang drastis.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

15

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

hmm..dipikir2 curhatan gw diatas agak nglantur kemana2 ya..hehe. lets say gw memang harus nitipin anak gw kerumah mama, tinggal jauhan dan gw harus kerja di jkt;
Otty, temen Otty gimana manajemen ngasuh anaknya? ngatur ASIPnya? terus terang udah gw bookmark thread "Manajemen ASIP", baca berulang2 tapi belum sepenuhnya paham juga, terutama soal penyimpanan itu, hehe (klo anaknya ada sama kita mungkin lebih gampang ya) yah pusing sama masalah2 teknisnya gitu lah..

Bener juga Otty, dengan ikut suami sih sebernya beres masalah beginian dan spt gw bilang, masih dalam tahap memantapkan hati. jangan2 apa masalahnya ada di gw pribadi ya yang gak siap jadi FTM n jobless. Kepikiran sih beberapa usaha ini itu, cuman yaah..lagi-lagi...klo kerjaan lagi bagus2nya, ngerasa sayang bgt gw lepasinnya...kn gw kerja demi anak gw juga.. :(

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

16

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

Meta & Ella, makasih mamas. Semoga ntar dua2nya bisa berjalan lancar dan kualitas ke Lana gak berkurang. Iya nih Met, dari sekarang udah ngajarin Lana (hipnotis) 'Lana anteng dirumah kalo bunda kerja', mudah2an berhasil.

Sorella, bener2 dilema ya. Udah didiskusiinkah dgn suami klo kondisinya ntar punya anak bagaimana? Tapi kalo gue termasuk yg gak bisa pisah ma anak, pernah Lana nginep dirumah nini'nya & gue ke bandung, gabisa tidur mlm itu. Kalo masalah rejeki / pendapatan gue percaya klo rejeki udah ada yg ngatur, termasuk rejeki anak. Gue gak bilang klo mesti resign ya, but its just my opinion, krn dulu gue jg resign yg otomatis penghasilan hanya dr suami & alhamdulillah 'cukup', pintar2nya ngatur pengeluaran. Atau bener kata slesta, gabisa minta mutasi ke tempat suami atau nyari kerjaan yg selokasi dgn suami.

17

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

BundanyaLana, ya begitulah hasil diskusi kami...skenario yg dititip dirumah mama dulu. Karena suami juga lebih percaya begitu drpd anak gw tinggalin di kostan sama pembantu. Yang skrg dibingungkan ya ngejalaninnya itu...

Yah itu dia, pengennya bisa kerja dulu bbrp lama setelah melahirkan lah. Selain income juga, gw masih pingin mengaktualisasi diri (secara gw nikah muda, 1.5th setelah lulus kuliah, jadi pengalaman kerja juga masih cetek banget).

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

18

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

sorella Nah gue ga tau juga sih manajemen ASIPnya gimana, gue punya bayangan sih tapi mending dibahas di thread Manajemen ASIP aja ya :)

Kalo untuk ngasuh anaknya, temen gue pake BS tapi masih diawasin sama nyokapnya, makanya dititipin di Bandung. Kayaknya temen gue takut ninggalin anaknya berdua doang sama BS di apartmentnya, kayaknya keluarga suaminya juga di Bandung deh.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

19

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

soRella masalah dirimu persis skali yang gw alamin waktu hamil,gw kerja di aceh dengan gaji dan benefit yang sangat lumayan, sedang suami dapet kerja disurabaya,jadi waktu itu gw yang ngalah.. jadilah gw yang pindah ke surabaya dengan niatan bakal jadi FTM dulu deh, tapi ga seberapa lama ada mantan bos juga dikantor lama yang dilantik jadi kepala sebuah badan baru disurabaya, dan minta gw buat bantuin set up kantor.. jadilah gw pindah ke surabaya...dan kerja sampe hari terakhir sebelum lahiran kayla :D
nah setelah lahiran segala nya berubah deh, perasaan ga bisa jauh dari anak, pengen jadi FTM bangett malah..tapi karena kondisi yang ga bisa jadinya ya tetep kerja dan ninggalin kayla dari umur 1,5 bulan
cuma karena gw udah tau dari jauh2 hari bahwa gw akan kerja setelah melahirkan, dan anak akan ditinggal, sementara gw ga punya opsi untuk nitipin anak ke orang tua atau sebaliknya orang tua yang tinggal dirumah gw untuk ngurus anak gw *sebenernya gw malah ga membuat opsi ini malah*
jadi gw nyari pengasuh yang menurut gw bisa gw andelin utk jaga anak
jadi gw nyari dari temen2 deket, dan orang yang udah biasa ngemong anak, alhamdulillah dapet..jadi kerja juga tenang dan anak juga keurus dengan baik waktu ditinggal kerja
nah untuk posisi lo, menurut gw, berpisah dengan 3 posisi, lo dijkt,suami di malang dan anak dibandung kayaknya agak repot ga sih..
kalo menurut gw sih mungkin elo dan suami yang udah biasa pisahan jauh masi bisa yah jauh2an, tapi untuk pisah sama anak dalam posisi baru ngelahirin mungkin akan lebih berat, tapi ada juga sih temen gw dulu waktu kerja di aceh, karena kondisi anaknya ga bisa dibawa ke aceh krn dia kerja dipelosoknya jadinya anaknya dititipkan di ibunya di jakarta, yah kondisi terberat menurut dia adalah ketika anaknya menjadi anak nenek yah.. ya dalam artian lebih dekat ke neneknya dibanding ke ibu nya krn jarang ketemu..
kalo saran gw sih kalo lo masi tetep berkarier, coba aja cari pengasuh yang mungkin dari saudara dekat yang sudah kenal baik dan berpengalaman mengasuh anak, jadi bisa lo tinggal dikos dengan tenang sewaktu lo kerja..

20

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

sorella BTW gue ninggalin anak berdua doang sama ART lho tiap hari, karena jelas2 ga mungkin dititipin ke siapa2 lagi. Keluarga gue & suami ada di Jakarta semua, jadi ya gue berdoa semoga dapet ART yang cocok. Sempet blom dapet ART sampe 1 bulan setelah gue kerja, jadi nyokap gue boyong sementara. Begitu dapet, ART diajarin 1 minggu trus nyokap balik ke Jakarta. Alhamdulillah sampe sekarang gpp.

Menurut gue sih lo harus yakin dulu maunya gimana, kalo udah ada keputusan hati lo juga harus yakin, jadi dijalaninnya lebih gampang :)

yang selalu kangen sama si pipi gembil

21

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

wah udah panjang aja bahas dilemanya soRella. gue sih setujunya ama apa katanya bundanyalana kalo mikir masalah keuangan, gue sih penganut, rejeki ga akan kemana kok. insya Allah dengan adanya anak malah rejeki makin banyak :)

tapi ya itu again kembali ke elo & suami sih. kalo emang ngerasa bisa dan mampu ngejalanin hidup di 3 kota gitu ya silahkan aja.. walopun dari sisi kita2 yang udah ngejalanin satu kota aja.. ribet banget! gimana yang beda2 kota gitu.. ?

dan dilema ini akan selalu ada. pilih anak atau pilih karir? mana yang prioritas? emang kita kerja demi anak, tapi apakah kita tetep akan kerja tapi anak terlantar (krn jauh dari kita & ga ada yang nungguin?) atau bersama anak tapi hidup pas2an? atau, tetep kerja, anak gak terlantar karena kita bisa ngebiayain hidupnya.. tapi kita akan jauh dari anak?

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

22

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

sorella
aku gak LDL, alhamdulillah ... tapi tiap hari dari jam 6 pagi-setengah 7 malem, n beberapa kali pas wiken Asa juga cm berdua sm mbak-nya di rumah. Dulu sering ditemeni tanteku n anaknya, tapi mereka sekarang udah pulang kampung. belajar percaya ama orang lain emang susah pas awal2. plus sempet cemburu sama mbak-nya Asa karna dy lebih deket sm babyku itu ...
apalagi aku bener2 langsung. 9 hari setelah wisuda aku nikah, n langsung hamil. hari pertama kerja lgsg cuti seminggu karena mesti bedrest. 9 bulan kemudian Asa lahir ... padahal suasana kantor g enak bgt, kayak yg udah aku critain diatas :)
tapi alhamdulillah sekarang mulai bisa teratasi

beberapa temenku ada yang terpaksa long distance sama suaminya. g ada sodara, dan mereka ada baby. inget2 pas hamil dulu juga mereka curhatnya mirip2 sama kamu n sambil nangis2. tapi sekarang aku lihatnya mereka kuat, malah ada yang sambil kuliah lagi, padahal siangnya kerja, n anaknya tetep terurus dengan baik. mereka2 ini ambil kontrakan deket kantor, n cari ART yang bener2 bs dipercaya ...

tapi balik lagi ke kamu ya ..
opsi manapun yang dipilih, pasti ada caranya ...
klopun mw resign, g usah khawatir, rejeki udah ada yang atur. sapa tw di Mlg, ada kerjaan yg lebih cocok. atau kalian tetep bs survive meski udah g dobel gardan lagi ... we never know ..
klopun mw nitip di Bdg, tetep bs ASIX kok .. ASIP-nya bisa kok dibawa keluar kota
(jadi inget ceritanya Silas Bohl)
ato klo mw tetep berduaan sama baby, masih ada waktu bwt nyiapin infrastrukturnya kan ... trmasuk cari ART yg baik ...
dipikirnya pelan2 ya say ... jangan stress, biar baby-nya juga tenang.

selalu ada cara untuk tetep jadi ibu yang baik, gimanapun kondisi kita ..

less ego, more heart

23

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

Iih makasih looh mama-mama Otty, sLesTa, BundanyaLana, Eryka. jadi panjang banget ngurusin 'dilema' gw ya...hehe. tapi lega loh, mencerahkan banget sharing sama mama-mama disini :)

Hmm,sepertinya mantap jalanin sesuai skenario dulu. Dititip dirumah mama untuk sementara waktu mungkin sampe pembantunya dirasa bs dipercaya, semoga gak terlalu lama, kalo ngurus newborn bukannya lebih mudah ya? krn dia seharian tidur terus?

Kedepannya kita pindah semua ke tempat suami *pasrahkan semuanya* It seems the best plan for now. Mudah2an long distance gw sama anak berhasil yaa..huhuhu. Otty...ayoo bagi2 gambarannya di thread sebelah :D

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

24

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

sorella
kalau aku bilang yah, apapun keputusan kamu sekarang, bisa aja bakal berubah setelah bayinya lahir. solanya biasanya ibu2 kan begitu, kalau liat muka bayi, segala logika dan pertimbangan langsung terlupa :)

tapi apapun hasilnya nanti, it will work out eventually. yakin deh.

dan bener kata mamas di atas, rejeki nggak kemana. dulu aku juga statusnya 'ikut suami'. gotta leave everything behind. beraaaat banget. nangis tiap hari. tapi lama2 bisa kok nyesuain diri. bahkan waktu gue jadi FTM gue malah menemukan satu 'potensi' dalam diri gue yang selama ini gak gue sangka dan sampai sekarang lumayan jadi tambahan rejeki.

dulu aku juga sempet nggak pede bisa dapet kerjaan di sini, karena masalah bahasa dan biasa deh, orang asia di sini suka dipandang sambil merem (bukan sebelah mata lagi, tapi dua belah mata ditutup). sampai aku nekat ngelamar di Mc donald dan pabrik, pokoknya tekad aku waktu itu yang penting halal dan nggak nyolong dan bisa punya duit sendiri. alhamdulillah kalau ada mau pasti di kasih jalan ama Gusti Allah, aku justru dapet kerjaan kantoran yang lumayan dan sesuai ama bidang aku dulu.

haduh panjang yah..
well saran aku sih, dengar apa kata hatimu dan liat anakmu dulu. then decide.
maaf gak bisa kasih saran untuk tekniknya.

25

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

makasih juga mama Sidta, aku baca2 blogmu tapi gmn cara follownya ya biar ttp update? hehe.

aa...gimana itu caranya maintain ASIX selama jauhan?? mau doong denger tips2 nya di thread sebelah kaya Otty

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com