1

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

Baca2 topic ini bikin hati tenang. Ga cuma aku yang ngalamin dilema. Makasih sharingnya ya ibu2....

2

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

Tsa iya, mmg itu yg dirasakan smua WM kalau sudah menjelang masuk kantor. hati dag dig dug. pesan ibuku dulu, ya.. dicoba jalani dulu, toh kan kita kerja juga buat masa depan anak2 kita( it's me, because just like sidta- we need the money).
Semangat!!

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

3

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

ibu-ibu makasih sharingnya yah....
sama banget perasaannya,... klo mau berangkat kerja beraaaat banget rasanya... meninggalkan anak.. tapi klo inget cicilan rumah, tanggungan ibu yang sudah sendiri, dsb, ya memang harus kerja..... jadi apapun perannya, itulah yang sudah kita pilih dan harus ikhlas menghadapi segala konsekuensinya.....

senangnya ada forum seperti ini, jadi merasa banyak teman yang bisa untuk berbagi...

http://episodekanaya.blogspot.com
http://birumuda.multiply.com

4

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

mom lagi bete berat ni, kemaren pas long weekend qta jalan2, nannynya kiara jg ikut, duduknya bareng2 aku n kiara, pas kiara lg aku pangku dia rewel (karena ngantuk), eh trus dengan geernya si nanny bilang "sini mau sama saya ya" trus dengan seenaknya dia ngambil kiara dr pangkuan aku, trus aku cegah aku pegang kiara, eh dia tetep maksa, jadi tarik2an anak, akhirnya kiaranya nangis dong, daripada nangis lebih kenceng akhirnya kiara aku lepas kasi ke nannynya, waktu itu aku cuma diem aja dengan muka bete (nyesel gak ngomel blak2an sama si nanny), tapi sampai skrng sakit hatinya masih kerasa, emang nannynya itu sayang bgt, kl udah seharian kiara sama aku akan ada saat dia ngerebut si kiara dengan bilang "sini saya gendong, udah lama gak gendong". Untungnya skrng kiara udah mulai belajar jalan, jadi gak terlalu banyak digendong. Gmna y mom? pengen bgt mecat nannynya, bukan karena kiara deket sama dia tp karena "kekurangajaran"nya dia yg mau nguasain kiara, tapi aku takut gak nemu nanny yg sayang sama anakku.

5

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

imelnyamira mendingan diomongin baik2 aja ama nanny-nya, jelasin bates2annya kalo lagi ada elo sebagai mamanya yang pengen quality time ama anak. harusnya dia bisa ngerti, toh dirimu yang mamanya kok, dan dia dibayar.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

6

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

imelnyamira, pengalamanmu hampir sama deh ama aku, dulu pengasuhnya kenzie juga gitu klo bahkan ketika dikamar tidur kenzie , papa, mama dan kebetulan kenzie nangis ( wktu itu kenzie 1mo-3mo) dia masuk dan kenzie direbut dari gendongan saya dan kenzie langsung diam, sampai2 saya nangis ;( dan sakit hati saya, terkadang klo udah dikamar saya kunci kamarnya supaya dia tidak bisa masuk,jadi selama ada dia sepertinya kita berlomba2 mendapat perhatian kenzie,:( selama dia ngasuh kenzie jujur saya tambah stress dilain sisi saya butuh tenaganya di lain sisi saya nggak mau dia mengganggu hubungan saya dan bayi saya yang sedang saya bangun apalagi saya bekerja dan klo pulang kerja jam 7 malam dan baby saya udah tidur, pagi berangkat jam 7 jadi full day ama baby hanya sabtu dan minggu aja, takut rasanya klo sampai anak saya lebih dekat ama pengasuhnya ketimbang ama mamaya :(. akhirnya saya bulatkan tekad untuk mencari pengganti karena klo tidak saya tambah stess dan sakit hati. dan sekarang alhamdulilah dapat pengasuh yang cocok dia selalu ngajarin baby saya panggil mama papa dan i love you mama, i love you papa. dan malah bisa memotivasi saya

kenzie jatung hati mama papa semoga menjadi anak yg sholeh & hidupmu selalu barakaallah.

7

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

hi tari quennell.. huhuhu.. hebat ya berani ambil keputusan untuk cari pengganti. aku masih dilemma banget. disatu sisi kerjaannya bagus (most of the time) tapi kadang emang suka nyebelin. Sama juga kasusnya, aku lagi coba diemin Bradley dia maen ambil aja. Abis itu Bradleynya diem, gantian aku yg mewek.. Sekarang sih dia udah ga separah dulu, hasil berantem bolak balik. Ya, mudah2an bisa berubah deh... Kepengen banget dapet pengasuh yg nurut, bisa dibilangin. Ga usah terlalu pinter juga ga papa, yg penting ga bikin kesel.. Tapi ya itu deh, belum berani. Takut dapet yg ga sayang Bradley, ntar malah tambah repot secara kan emang ga bisa full time ngurus sendiri juga. Sekarang ini ya terpaksa deh sabar and ngalah..

8

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

imelnyamira
mom...knp ga ganti aja???aku jd ikut2an bete lho bacanya :(
Insya Allah masih bnyk kok yg lbh baik...kl kyk gt dipertahankan akhrmya kt yg makan ati truss...(tp itu kl udh ga bs di omongin lg yah nannynya).

sabar ya mom^^

mama love habibie.....:*

http://misskembang.blogspot.com/

9

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

pengen bgt ganti, tapi masalahnya nyari lagi tu susah...skrng lg nyari pengganti pembantu yg ngurus rmh aja blm dapet2 apalagi nyari yg buat ngurus anak. masalahnya nannynya ni udah tua, udah punya cucu yg kebetulan cm beda 2 bln dari anakku, mungkin jg dia kaya gt karena kompensasi dia gak bisa ngurus cucunya sendiri, jadi dia anggap anakku kaya cucunya. skrng anakku udah toddler, aku takut nanti ketika aku mo nerapin aturan dan disiplin si nanny malah ngebelain anakku. pusing deh kalo ngebayangin kaya gt...

10

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

tari quennell wrote:
alhamdulilah dapat pengasuh yang cocok dia selalu ngajarin baby saya panggil mama papa dan i love you mama, i love you papa. dan malah bisa memotivasi saya

wah bersyukur bgt y punya pengasuh yg kaya gini, aku ga keberatan kl anakku deket sama pengasuhnya tapi gak menjauhkan aku dari anakku. cari dmna ya pengasuh yg kaya gitu???

11

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

imelnyamira, Mrs Lidsay kebetulan aja..cocok setelah hampir setengah bulan kosong krn pengasuh yg dulu berhenti walaupun belum ada penggantinya jadinya yah beberapa x bolos he.. , imel walaupun cocok terkadang kita juga was2 apalagi dirumah klo siang hanya pengasuh dan babynya aja, apalagi klo baby kita sakit rasanya kerja jadi nggak konsentrasi dan berasa bersalah :( jujur klo saya sekarang bekerja lebih karena ekonomi jadi yah harus deh apalagi punya anak tentunya kita ortu ingin yang terbaik untuk anak dan itu butuh biaya, saya bekerja sejak lulus kuliah, dan setelah menikahpun saya memutuskan tetap bekerja walaupun suami tidak mengharuskan saya bekerja, ya yang saya pikirkan klo saya ada salary kan bisa ekonomi keluarga lebih kuat..........walupun relatif ya setiap orang berbeda

kenzie jatung hati mama papa semoga menjadi anak yg sholeh & hidupmu selalu barakaallah.

12

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

Dapet tips dari saudara, kalo sedang sholat/ibadah, jangan lupa untuk memohon agar diberikan babysitter yg sayang sama anak kita, yg baik, jujur, dll.. Walaupun keliatannya sepele (gak masuk list Doa, hehehe), tp babysitter memegang peranan yg penting. Kalau dpt babysitter yg OK, ninggal anak kerja tuh rasanya tenang. Pulang sampe rumah jg gak stress..

Saya punya pengalaman buruk dengan babysitter. Gonta-ganti 10x kali lebih (dgn yayasan yg beda), gara2nya susah nyari babysitter yg SABAR ngedulang Rere yg makannya emang susah. Dan yg JUJUR gak ngebuang jatah makannya Rere (pernah nge-gap babysitter makan makanannya Rere biar cepet abis krn Rere maemnya diemut terus)

Alhamdulillah berkat saran sodara saya tadi, akhirnya Rere sekarang udah mandiri, gak perlu babysitter lagi dan Rara (14mos) babysitternya masih awet, dr pertama saya masuk kerja paska melahirkan ampe sekarang :D

HTH

selalu menunggu datangnya hari sabtu-minggu

13

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

aQeeLa wrote:
Dapet tips dari saudara, kalo sedang sholat/ibadah, jangan lupa untuk memohon agar diberikan babysitter yg sayang sama anak kita, yg baik, jujur, dll..

iya dl emang doanya gt pas nyari pengasuh kiara ini, doanya emang "cuma" minta pengasuh yang sayang sama kiara, eh ternyata malah terlalu sayang jadi gak tau diri. kayanya aku gak bersyukur bgt ya, tapi kalo dipikir2 kondisi seperti ini jg gak baik deh buat si anak, anak harus mengerti posisi masing2 orang dikeluarganya termasuk pengasuhnya. kalo ibunya kan cuma satu, lah kalo pengasuh kan bisa gonta ganti, jadi bagaimanapun anak harus tetap lebih dekat ke ibunya. saat ini, cuma bisa berharap kerja dekat dari rmh atau kerja dari rumah.

14

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

Emang bener ya dilema working/employed mama tuh ga gampang nyari nanny/BS yg cocok. Alhamdulillah aq dapet BS yg cocok buat naldi, walaupun sempet ngalamin masa pahit (dia minta pulang krn dipengaruhi temennya), akhirnya setelah 2 bln kemudian dia kembali lagi. Dan kalo aq lebih prefer BS/nanny yg usianya muda, krn lebih mudah diarahkan, walaupuuunnn ada sisi jeleknya jg, soalnya lg masa2nya pacaran hehehehe.
Kadang momen yg paling sedih adl ga bisa mendampingi waktu anak lagi sakit krn ga bisa cuti or ijin, hiks hiks, sedihnya puoolll. Atau waktu naldi bilang "ko mamah kerja kerja melulu sih"..aduuuh rasanya hati ini brebes mili dengernya. Tapi aq yakin kalo bekerja ini merupakan pilihan yg terbaik saat ini, dan slalu menghibur diri dgn menganggap sbg bagian dari ibadah dan ajang "me time" hehehehe
imelnyamira coba untuk diajak omong dulu nanny-nya, kalo mrk sayang sama anak qt sbenernya ga masalah yg penting jgn menjauhkan dari kita sbg orangtuanya. mudah2an dia bisa mengerti ya. Berikan batasan yang jelas aturan2 yg kita tetapkan, spy dia mau mengikuti apa yg kita inginkan. Kendalanya kalo nanny-nya usianya tua memang lebih sulit utk dikasi tau, krn ngerasa udh punya pengalaman.
aqeela iya setuju bgt

naldi's mama, abank's wife and an employee

15

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

kok rata2 bs/art yg "sayang" ama baby kita, ujung2 nya jadi rebutan anak....
sama nih....aku jg bingung
artku itu bagus, udah ibu2, pengalaman banyak, udah punya cucu, kerjanya bagus, telaten ama anakku yg susah maem dan lagi aktip2nya....tapiiiii
karena terlalu "sayang" kok malah nglunjak.....terlalu sok tau....
mengguruiku soal makanan anakku....awalnya si ku anggap masukan, kok lama2 aku bete sendiri.....
jelas2 lagi main sama aku, anakku di gondol "ayuk main jalan2 ama mba di luar yuk" di gendong trus pegi ajah.....akunya bengong.....
ya krn emang anak ku doyan jalan2 keliling kompleks ya manut aja.....
cuman...kok jd takut korban penculikan nih.....manut aja ni anak.....dan bodohnya...kok aku ga bs marah ya....ada rasa sungkan jg gt...soalnya dia udah ibu2.....
dan emang si, benernya ada dia aku terbantu banget, kek misal pas anakku sakit, dia yg bilang2in pake bawang merah di parut, or pas vanya batuk di minumin air kencur....aku belajar banyak dari dia....
tapi.....
sepertinya....ada yg ganjel gitu.....
tp ga brani komen....
gmn ya moms.....
cari lagi....weleh susah juga....jaman sekarang gitu.....jarang yg ada telaten ama anak kecil kan....
apalagi anaknya super aktif ga mo diem kek kitiran kek anakku itu hehehehe
tidur aja muter2.....
gimana dunk.....

16

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

imelnyamira

waah kalo aq itu bukan sama nanny ( emang ga punya ) tapi sama mil ( neneknya) uh..sebeel bangeeeeettt T_T
kalo lagi nyusuin suka digangguin pake suara2 keras,dia noleh lgs bilang.."eh..nanti ya maennya mimi dl skrg", kalo dia lg bobo di gendongan aq..aq disuruh boboin di tempat tidur, sambil maksa2 kalo kelamaan.. pas baby nangis baru dia ambil ( politik bgt sih)
giliran dia yg begitu banyaaaaaaaak aja alesannya.. anaknya blm nyenyak lah, baru bobo lah,etc..
sampe2 bilang.. " bobo siang sama umminya (nenek) mah nyenyak bgt daripada di kamar depan (kamar aku)"

ah...kalo lagi bete to the max suka kepikiran resign
kdg bingung jg..aq cemburu ato terlalu ketakutan anak ga bakal deket sama aku

http://www.lianakirana.blogspot.com/
twitter : @_LianaKirana_
grateful to be born as a woman. chances to experience beautiful experience are gifted. one of them is breastfeeding.

17

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

bundaliffa,

sebenernya scenarionya ampir mirip2 sama aku juga. cuma bedanya kalo aku kan sama nanny. kalo sama mil urusannya lebih repot ya. soalnya kalo sama nanny atau art kan bisa ganti. kalo mil gantinya gimana? hehehe... trusan juga negurnya ga enak kan kalo mil. aduh, sorry ga bisa bantu juga. soalnya in laws untungnya tinggal beda negara..

yang aku alamin, makin ke sini sih (babyku 6m2w) anaknya makin tau yg mana maminya. jadi kayanya ga mungkin ga deket deh. bagaimana pun dia tau kok siapa yg sayangnya nomer satu. sabar2 yah...

18

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

mom...sekedar share yaa..
mungkin mirip sama sebagian besar mom disini, buat saya cuma satu ini yang ngebuat saya sedih jadi working mom yaitu anak kita lbh deket sama nany/eyangnya/om nya, dll...
keknya (kalo aku sih..) jadi berasa ibu yg kurang baik utk anakku en bawaannya jd melow.. :(
walopun aku sllu prioritasin anakku diatas diriku tp tetep aja anakku kan lebih banyak menghabiskan waktunya sama nanny ku itu.. hiksss... jd sedih..
apa ada yg merasakan melow yg sama??..

? ???..happy new mom..??? ?

19

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

ilda anak itu punya bond sama ibunya, sejak dia masih di dalam perut ibunya. jadi walopun dia spend waktunya banyak sama orang2 rumah, buat dia tetap mama adalah orang yang paling penting buat dia.

kalo anaknya masih bayi, emang kita ga bisa ngeliat ini, karena ya mereka masih belom bisa ngomong, belom bisa express melalui kata2. dan kalo dari action dia gak mau sama mamanya, itu bukan karena dia gak mau, tapi karena gak terbiasa aja. tapi gak usah sedih, kalo kita emang selalu berusaha untuk spend time, quality time ama anak, dia akan tau kok.

gue juga employed mom. tapi anak gue tau kalo gue mamanya, tiap gue pulang kantor.. emang kalo dulu sih ya dia happy2 aja ada mama dateng, tapi ya udah, kalo emang diurusin ama mbaknya juga dia seneng2 aja. tapi gue make sure gue yang megang dia semaleman, sampe gue pergi ke kantor lagi.

pas naia udah mulai gede (skrg 3thn), ini berasa banget bedanya. walopun sekarang gue malah ga terlalu ngurusin naia untuk tetek bengeknya, tapi pasti deh, gue udah capek2 dari kantor.. dia ga mau tuh sikat gigi sama mbaknya, mandi sama mbaknya, semuanya sama mama. padahal malah gue yang nyuruh sama mbaknya aja sana.. hihih..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

20

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

dilemma jadi WM yang paling kerasa nyesek tuh pas kalo' pas baby sakit,

kemaren sempat si kamil kena' diare parah + muntah-muntah pula, aku
udah cut dari kerja, tapi karena mungkin penyembuhannya lama, jadinya seminggu juga kondisi kamil belum pulih bener, sementara udah ditelpon sama atasan suruh masuk coz jatah cuti dah habis.. huhu.. pingin nangis jadinya klo inget saat itu, g tega banget ninggalin baby masih lemes tapi mo gimana lagi tuntutan kerjaan...

emang bener sih mom, hidup itu pilihan, so if you choose this path.. tobe WM,, you must take the risk too,,,

being a mother is wonderful..
http://anathakamil.wordpress.com

21

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

Ilda,
setuju sama Slesta, biarpun sehari2 anak deket ama nanny-nya (klo aku ambil positifnya aja so nanny-nya sayang ama anak2), tetep aja insyaAllah anak bisa deket ama ibunya kog.

Share pengalaman aja, sejak sulungku lahir sampe skr anak udh 3, aku kerja, alhamdulillah sampe skr anak3 tetep deket ama bunda dan ayahnya. Bahkan bungsuku (14,5bln) klo aku pulang udh langsung mintanya digendong ama bundanya :)
begitu bundanya selesai mandi, sholat magrib, langsung nemplok ke bundanya sembari say 'dag dag dag' ama nanny-nya.

so, jangan mellow lama2 yaaaa, tetap semangatttt :)

bunda shafa-hafiz-reefa

22

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

Mrs. Lindsay iyaa..ganti mil gmn caranya??? wkkkk...thanks bgt hiburannya moms.. iya nih,, makanya aq sekarang bersyukur banget bisa tau TUM ini,,jadi tetek bengek urusan baby bisa aq edukasi ke mil..biarpun dia agak2 bertanya2,,kenapa begini kenapa begitu...mungkin ada yang beda sama treatment jaman dahulu ya..

sLesTa
kata-katamu ituloh yang bikin tenaaang banget,....anak udah punya bond dan ga mungkin lupa siapa mamanya...
*HUGS*

http://www.lianakirana.blogspot.com/
twitter : @_LianaKirana_
grateful to be born as a woman. chances to experience beautiful experience are gifted. one of them is breastfeeding.

23

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

evi pane emang kalo anak sakit itu bikin kita juga di kantor kerja jadi gak konsen. tapi percaya deh mama, kalo emang anaknya ada yang jaga dan nungguin, biarin aja. emang ini tega2an sih, dan buat gue masalahnya bukan karena gue kejam, tapi gue berharap dengan begini gue mendidik anak gue untuk menjadi mandiri dan gak selalu bergantung sama mama papanya.

kejam? mungkin. tapi itu necessary karena kondisi gue yang emang ibu bekerja, gak mungkin ada 24 jam di sisi anak, tapi bukan berarti gue gak ngurusin anak. gue monitor anak gue terus2an kok.

kemaren anak gue juga sakit, sampe ga sekolah seminggu. gue hanya cuti sehari pas dia emang lagi panas2nya. setelah itu gue liat dia ceria2 aja, kebetulan lagi ada neneknya, jadi gue lebih tenang (biasanya dia cuma bedua aja sama mbaknya). dan kalo sakit selama dia ceria dan gak lemes, gue sih menganggap dia lagi recovery aja kok. gue kasih tau mbaknya dan neneknya untuk ngajak maen ini itu, gue beliin buku2 gambar biar dia ga bosen di rumah, dan makanan supaya dia cepet pulih.

gak papa kok.

malah semakin kesini, gue gak terlalu coba untuk ngurusin macem2 karena anak gue itu justru kalo ada gue jadi rewel. maunya disuapin, dipakein ini itu, etc. padahal kalo gue ga ada kata mbaknya dia mandiri banget. maen bisa sendiri, even mau pup ato pipis pun dia ke toilet sendiri, paling tar tinggal manggil buat minta cebokin krn belom bisa sendiri.

dengan gue gak melayani dia itu kan bukan berarti gue gak sayang, tapi gue pengen dia tetap tumbuh jadi anak yang mandiri, ada atau tidak ada mama papanya. dan dia tau kalo mama papanya sayang sama dia walaupun mesti ninggalin ke kantor.

mudah2an nanti anak gue juga tau ini kok. kadang dia malah bilang.. "mama kok ga kerja? nanti gak punya duit loh.. nanti naia ga bisa sekolah." hihih.. doktrinnya sukses!

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

24

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

evi pane :..iya yahh sediihh.. *mari melow sama 2*
tp klo gw melow bukan cm si hanif yg sakit, tp juga mbah-nya (krn hanif yg ngasuh nenek-nya), jd klo mbahnya sakit, gk ad yg jaga hanif so terpaksa ibunya stop kerja n rela potong gaji.. :D

bundaliffa...haha.. setuju...setuju, waktu gw stress n melow berat krn jd WM n waktu terbuang di ktr bukannya sama anak.. kata2 slesta yg satu ini lanmgsung bikin semangaaaaatttt..:D, bond anak n bundanya...

wah slesta kyknya hanif perlu didoktrin hal yg sama nih.. hihihi

bunda hanif.....

25

Topic: Dilemma of a Working/ Employed Mama

Slesta sama bgt niy ma kayla....dia jg mandiri bgt kalo sama si mbak...tp giliran ada aku n papanya manjanya setengah mati....makannya jg susah, sampe mbaknya bilang kayla mah kalo ada mamah g usah makan ud kenyang ya...hehehe...
Kata suamiku siy wajar, dia kan ditinggal seharian ma mama n papanya jd pas ada dirumah jd pengen diperhatiin terus....
Tapi sama d shin, aku jg coba g terlalu ngurusin macem2 krn anaknya malah jd rewel....

mamanya kayla n nayya
@ariprastawati
@sepasang_kembang