1

Topic: Manajemen ASIP

Salut buat para working mom yg tetap ngasi asi. Aku pernah ngerasain dan ga mudah. Ditambah pake acara kejar tayang. Tiap hari pasti 1botol turun dari freezer. Jadinya stok cepet habis, mana juga ga banyak2 amat nyetoknya. Gara2 slama cuti ga rajin pumping asip. Tlalu nyantai dan sesempetnya aja.
Pumping kejar tayang emg bikin stress...untung sekarang full time mom. Tapi nti klo anak ke-2 mo rajin n sedini mungkin nyetok asip. Menghindari kejar tayang.
Semangath yaa para moms !!
Ciaooo !!!

2

Topic: Manajemen ASIP

hebat ya mommy2 disini.. jadi sedih mengingat kegagalanku :(

saya gagal memberikan ASIX ke baby dinda (3mos) karena hanya dapat cuti 2 minggu setelah lahiran. alasannya karena saya seorang ce-p** yang harus mengikuti prajab tepat 2 minggu setelah lahiran dengan kondisi jahitan dalam yang belum kering *nasib* hehehe..
sebenernya pula selama 2 minggu itu saya berjuang habis2n buat stok ASIP, tp cuma dapat 12botol. ketika saya tinggal baby dinda yg masih merah, stoknya masih cukup, tp ternyata hanya cukup untuk 3 hari.

selama diasrama (16hr) saya juga tetap memerah tapi cuma dapat max.3botol/hari dan itupun disela waktu tidur (aktivitas dari jam4.30 s.d. 23.00 include weekend) karena waktu istirahat hanya 10menit dan saya saat itu belum bisa marmet. setiap hari jam 5 pagi, suami mampir untuk mengambil stok baru. tapi ternyata sampai hari ke 3 stok ASI baby dinda hampir habis. tadinya ada yg mau memberikan donor asi, tp ketika hari-h nya dibatalkan dengan alasan stoknya juga tinggal sedikit. sedih banget rasanya dan beliau akhirnya menyarankan untuk menambah sufor.

akhirnya mau ga mau baby dinda diberikan sufor untuk menutupi kekurangan. sampai akhirnya diklat selesai dan saya kedokter untuk meminta surat izin istirahat 3hr karena kelelahan, bahkan sayapun sempat mengalami babyblues (nangis ga karuan dan menyalahkan baby dinda, padahal baby dinda tidur pulas). tapi lagi-lagi apadaya, saya hanya dapat izin 2hr dari kantor (menurut peraturan begitu) hehehe..

setelah itu langsung masuk kantor dengan kondisi saya bawa motor sendiri PP depok-bintaro :) hingga hari ini. saya juga ga tahan macetnya kalau bawa mobil ditambah waktu tempuhnya yg beda 1jam dibandingkan dengan naik motor. rasanya badan saya sudah remuk redam dan lelah sekali. rasanya lelah sekali kalau masih harus bangun tengah malam, kec. baby dinda minta nyusu hehehe.. setiap hari sebelum saya berangkat kerja jam6 pagi, baby dinda pasti nyusu dulu. tapi biasanya jm7 dy dah haus lagi dan minta susu *laporan pengasuhnya begitu*. hingga saat ini saya tetap memerah ASI dikantor (kamar mandi hehehe..) dan hanya dapat max. 3 botol (@80ml) plus 2 botol dirumah (@50ml) yang hanya cukup untuk 1/3hari. sisanya terpaksa dengan sufor.

ingin sekali mengejar ketinggalan, tapi kenapa sulit sekali. adakah saran dari mommy2 disini, bagaimana memanajemen ASIP supaya baby dinda bebas dari sufor?

tq yaaa moms..

bundanya dinda dan rayyan..
always love u my lilprincess and lilprince..
Life is so tough, so calm down

3

Topic: Manajemen ASIP

@mom mirmayf,
cb pake donor asip aja sambil mengejar ketinggalan. faktor pikiran dan stres pengaruh ke produksi asi. cb konsisten memompanya tiap 3 jam sekali dpt sedikit gpp asal konsisten dan kontinue, byk minum air putih biar produksi asi bs lbh byk dan sll berpikir positif kalo asi saya cukup buat dinda. semangat yaa... dl pas anak pertama manajemen asiku jg jelek baru mulai pompa pas sbln sblm ngantor jdnya rio anakku pas bulan k 6 hrs campur sufor krn stok asip ga ckp d rmh, ak srg dinas luar. skg anak keduaku kuubah manajemen asipnya, ak mulai mompa pas reno dah 2 mgg alhasil skg asiku melimpah ruah. smg mba bs trs semangat buat nyetok asip yaa

4

Topic: Manajemen ASIP

@lulicon, klo mau cari donor ASI dimana ya mba?
itu aja aku pernah gagal meminta bantuan donor ASI :(

iyaaa ni.. tetep semangat koq buat nyetok ASIP walaupun hanya cukup untuk 1/2hari..

bundanya dinda dan rayyan..
always love u my lilprincess and lilprince..
Life is so tough, so calm down

5

Topic: Manajemen ASIP

mirmayf haduuhhh sedih denger ceritanya. dan salut ama pengorbananmu yang tetap merah dan ingin memberikan asi untuk si kecil. bener kata lulicon faktor pikiran dan stress itu ngaruh banget. dan selama masih mesti bolak balik gitu, pastinya badan capek, dan ini pun bakal ngaruh banget ke produksi ASI.

tetep terus mompa dan nyetok ASI ya.. kalo prajab sudah beres dan udah bisa relax, baru nanti dikejar lagi dengan baby yang latch on langsung, jadi merangsang supaya asi tetep berproduksi.

kalau mau donor asi, bisa cek di thread donation thread. atau kalo twitteran, mention ke acct @theurbanmama atau @aimi_asi

good luck yah dear!

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

6

Topic: Manajemen ASIP

mirmayfsedih baca ceritanya tp ikut bangga dgn perjuangannya....jangan pernah menyerah ya!!! ayo mainsetnya dibenerin dulu, yakin klo bisa kembali memberikan asix. DIbawa santai aja klo lg pumping, jgn terpaku sama hasil dulu, yang penting rutinitas pumping.
Coba pumping sebelum dan sesudah baby dinda nenen dan yg paling berasa hasilnya banyak biasanya klo pumping dini hari - pagi hari. Nanti lama2 juga bakal kekejar ketinggalannya. Percaya deh, dibalik semangat seorang ibu pasti akan terlihat hasil nyatanya :)

-wife to a great husband, mother for alesya & arsyila-

7

Topic: Manajemen ASIP

mirmayf,, semangat yah.. stress mengejar target juga berpengaruh.. dibuat relax dan percaya bakal cukup.. hasil pompa walaupun sedikit demi sedikit yg terkumpul, yg penting ada buat baby :)

oia, di theurbanmama.com/forum/topic1157-donations-thread-february-2012.html ada yg lagi mendonorkan asip nya..

teman saya dulu pernah mendonorkan asip, baby girl, nanti kalo berminat saya kasi contact nya yah..

8

Topic: Manajemen ASIP

Moms.. minta bantuaanyaa knp ya setiap pumping pd sebelah kanan kok ga mengeluarkan asi yg banyak yaa... ga seperti pd yg kiri.. pd yg kiri bs menghasilkan 120ml, sdngkan yg kanan hanya 20-40ml.. stress ak mikirin pd ku yg kanan takut knp2

9

Topic: Manajemen ASIP

ika felicia akupun begitu kok.. dalam 1/2 jam yg kiri bisa 100 ml kanan 20ml :D dulu sempet khawatir, tapi setelah tanya sana-sini ahirnya melegakan.. katanya "PD kanan jarang dinen in ke bayi?" dan aku emang begitu sih, krn bayi nya juga ga betah kalo nyusu dari PD kanan, ahirnya sering disusuin&kalo mompa dimulai dari kanan..lumayan skrg bisa nyampe 50an (kadang-kadang)

*eh mamods, ini OOT ga ya disini? apa harusnya masuk di breastfeeding y? :D

http://www.lianakirana.blogspot.com/
twitter : @_LianaKirana_
grateful to be born as a woman. chances to experience beautiful experience are gifted. one of them is breastfeeding.

10

Topic: Manajemen ASIP

bundaliffa Ohhh bgt yaaa.. soalnya binggung bangett, masa yg kiri bsa banyak yg kanan sedikitttt sekali, sy klo mompa selalu dimulai dr yg kanan.. dan skrng klo susuiin baby selalu ksh kanan terlebih dahulu...
thx yaa infonyaaa :D

*maaf yaa klo salah, maklum mash baruu*

11

Topic: Manajemen ASIP

hai mamas semua...
saya anggota baru disini..
baby saya sekarang sudah 4m1w dan sedihnya saya ga punya stok asi karena baby saya nennya sangat sering..
exciting banget baca pengalaman mamas semua..
PD saya kok tidak pernah rembes sama sekali ya?
apa memang asi cuma sedikit..
waktu baru lahir bayi saya sempet dirawat di RS selama 11 hari..
ato mungkin itu penyebabnya produksi asi saya jadi sedikit..
dengan terpaksa bayi saya disambung sufor sekarang..
hasil perahan saya 300 - 400 ml/hari sedangkan kebutuhan bayi saya selama ditinggal 500 - 600 ml.

12

Topic: Manajemen ASIP

seikha menurut pengalamanku sih, semakin sering diperes akan semakin banyak produksinya. itu sunnatullah :)
aku dulu juga kejar tayang banget karena bayiku walaupun perempuan, gendut (100% of growth chart, and even bigger) dan doyan minum bangeett.
kejar tayangnya sadis, meres hari ini buat besok. semakin sering diperas semakin lancar produksinya. dulu pas stok tipis, aku sampai mompa di kubikel. setiap 2 jam teng! sampai bikin appointement di outlook :) ini bbrp tips lain:
[list=1]

  • malem2/subuh2 pun sambil nyusuin mompa yg sebelahnya (ini manjur banget!!!) dan sambil baca TUM biar merasa punya banyak teman (you will be surprised tnyt ada yg onlen tengah malam :)
    [/*]
  • minum susu kedelai,
    [/*]
  • banyak minum air (min 3L sehari),
    [/*]
  • minum suplemen jintan hitam (habbatus sauda),
    [/*]
  • minum nursing tea. [/*]

    intinya usaha terus :) dan tetep semangat!!! *BIG HUGS*

    A person's a person, no matter how small.
    (Dr. Seuss)
  • 13

    Topic: Manajemen ASIP

    sLesTa, iya mba.. sekarang itu setiap ada aku sufor pasti dihentikan. klo aku kerja dan stok kurang, baru dech dikasih sufor. makasih ya mba ^^

    cinta, aku baru aja nyoba saranmu mba, buat mompa ditengah malam atau dini hari, tapi cuma dapet 20ml :( apa karena baru pernah aku coba hasilnya malah dikit banget?

    amaliaputri iya mba tetep semangat. aku mang lagi nyari2 buat donor ASI, tp pas aku tanya ke ibuku, malah ga boleh. gimana cara menyakinkan orang tua soal penggunaan donor ASI ya?

    bundanya dinda dan rayyan..
    always love u my lilprincess and lilprince..
    Life is so tough, so calm down

    14

    Topic: Manajemen ASIP

    mirmayf and seikha tetep semangat pumping yaaa... ttep berfikiran positif dan yakin kalo asi kita cukuup..

    amaliaputri holaaaaaa bunda akhtar :p ga penting yak wekekeek..

    aku juga sempet merasakan stock asip berkurang drastis tis tis sekitar 1 bulan lalu aku thypus,, lemes selemes2nya dan ntah kenapa putingku jg jadi sakit saat di pompa.. makin malas lah mompa sampe sehari cuma 3-4x mompa (aku eping) itu pun hasilnya menurun dari hari kehari.. aku sakit sekitar 1 mingguan dan yang paling sedikit dari 4 jam ga pumping cuma dapet 10ml.. sedihhh banget rasanya liat freezer segitu gedenya mulai kosong... cepet banget stock asipku habis krn stock keluar terus tp ga ada yg disimpen sama sekali ditambah waktu itu aku mendonorkan asipku 40botol,,, jadi aja tu freezer dalam seminggu berkurang 110 botol-an...

    sampe botol2 kosongnya di kardusin sama art aku... sampe sembuh dari sakit pun hasil pumping tetep sedikit.. akhirnya aku yakininin diri kalo bisa ngasih asi ke marsha (4m2w) at least sampai 6 bulan.. dan usaha supaya ga kejar tayang biar ga makin stress akunya.. jadi lah usaha mulai dr pumping tiap 2-3 jam.. trus minum habatusauda pagi2 + sari kurma trus siang sama malam minum asi*a.. alhamdulillah ud bisa ngisi stock lagi.. produksi kembali seperti semula.. jadi aku yakin banget kalo mindset kita positif ya hasilnya jg positif.. ditambah rutin pumping juga pastinya..

    tetap semangat ya mama :) aku juga menyemangati diri sendiri :D

    15

    Topic: Manajemen ASIP

    mummyhilya Ih itu gue banget onlen pagi2 buta sambil mompa ASI :D Sebentar lagi gue bakal balik ke rutinitas itu, insya Allah :)

    yang selalu kangen sama si pipi gembil

    16

    Topic: Manajemen ASIP

    salut sama coffe_mix semoga aku juga bisa mengikuti jejakmu..
    asi*a itu maksudnya asima bukan?maaf sebut merk..
    aku udah coba menyemangati diri dan selalu berpikiran positif..
    berbagai booster asi udah diminum..kecuali si asima yang belom...nyari2 belom dapet aja..
    malah sempet akupuntur juga..ke klinik laktasi juga tapi belom berhasil..
    sekarang yang penting semangat pumping aja..berapapun hasilnya..
    semoga bisa ngejar ketinggalan yang bisa dibilang jauh banget..

    17

    Topic: Manajemen ASIP

    Ihaaa seikha itu yg aku maksud..sukses yaaaa.. insya allah bisa :)

    18

    Topic: Manajemen ASIP

    mirmayf ayo ubah dulu mindsetnya, jgn terpaku ama hasil....tp dilatih buat rutin pumping dinihari/subuh2....ntar lama2 bakalan keliatan hasilnya, semangat ya!!

    coffee_mix seneng deh klo baca cerita yg pada semangat gini, ayo pasti bisa!! harus yakin dong, gak cuma 6bln, tp 2th ya!! ;)

    otty kapan dd nya? *nyiapin karpet merah buat calon busui*

    -wife to a great husband, mother for alesya & arsyila-

    19

    Topic: Manajemen ASIP

    mirmayf coffe_mix seikha semangatttt!!! yang penting usaha dulu.. ga usah dipikir dapetnya berapa, pokoknya mompa/meres. dulu sampe nabung beli electric BP dan belajar marmet biar kalau di kantor bisa double pump. tapi yg paliiing ngaruh emang level stres. kalau bad mood, under pressure dan banyak deadline, aslik asi cm netes :( makanya, dibawa santai aja, ya, ibu2 cantik :) *HUGS*

    otty i heart you, insyaallah gue juga 3,5 bulan lagi mulai nyusuin tandem :)

    A person's a person, no matter how small.
    (Dr. Seuss)

    20

    Topic: Manajemen ASIP

    mummyhilya trims ya infonya..
    [list=*]

  • semua tipsnya udah dicoba kecuali yang minum susu kedelai..selama ini aku minum susu ibu menyusui..sama aja ato lebih baik susu kedelai ya??[/*]

    [list=*]
  • kalo yang mompa tengah malem sama subuh2 sembari menyusui baru bisa dimulai akhir2 ini..soalnya malam2 sebelumnya babynya nyusu tiada henti..asal tidur ditaro nangis mau nyusu lagi sepanjang malam..sampe PD kaya ga terisi lagi karena disedot terus..cuma kadang suka was2 takut babynya bangun dan PD belom terisi lagi..soalnya suka ngamuk anaknya kalo disedot ga banyak asinya[/*]

    [list=*]
  • nursing teanya diminum kapan ya? *saking banyaknya booster jadi bingung minumnya..hehehe[/*]


    mirmayf
    kita senasib..ASInya kejar tayang banget..semoga sufornya bisa segera dihentikan ya..

    coffee_mix amiiin...insyaallah..dengan usaha dan doa semoga bisa berhasil

  • 21

    Topic: Manajemen ASIP

    cinta yakiinnn donggg.. sekarang makin yakin kalo bisa ngasih asi selama mungkin yg aku mampu untuk marsha... insya Allah sampe 2 tahun..

    mummyhilya aku juga dikantor ampe double pumping...

    mamas yg lain juga semangat yaaaa...

    22

    Topic: Manajemen ASIP

    Hi all.. saya new mom... baru 3 minggu Dino lahir...

    Alhamdulillah dapet cuti full 3 bulan dari kantor.. nah skrg ada 2 bulan 1 minggu lagi buat siap2in ASIP.. mau nanya sama para mama disini.. biasanya kalau bayi 3 bulan itu butuh stok berapa banyak sih? sebaiknya pas kembali bekerja sudah punya stok ASI berapa botol?

    aku masih belajar manajemen ASIP nya nih..
    thanks ya..

    te quiero mucho mi hijo, dino... :o

    23

    Topic: Manajemen ASIP

    Dino2012 setauku kebutuhan tiap bayi itu berbeda2 jd klo ditanya sebaiknya punya stok asip brp botol, sebisa mungkin usahakan punya stok sebanyak2nya :) Sedini mungkin mulai nyetok asip, biar nanti gak kejar tayang pas mulai ditinggal kerja. yuk semangat mumpung masih ada 2bln lebih tuh...

    Dulu kira2 babyku mulai hampir 1bln aku udah mulai ngasih asip meskipun aku masih cuti *cutiku jg full 3bln*. Jadi selama dilatih minum asip kita bakalan tau kebutuhan baby brp selama kita tinggal kerja.
    hope it's help ya....

    -wife to a great husband, mother for alesya & arsyila-

    24

    Topic: Manajemen ASIP

    Iyaaa bener banget kata cinta.. Kebutuhan tiap bayi beda2 dipelajari aja dl baby mu biasa minum berapa botol.. Marsha-ku pas aku tinggal ngantor pas 3m aku tinggalin 9 botol tp biasanya dr jam 7 pagi - 6 sore rata2 habis 7botol kdg jg lebih sih.. Dan untuk stok asip pas mulai masuk kerja sedia berapa menurutku sih sedia sebanyak2nya yg bisa kamu tabung menghindari hal2 yg tidak diinginkan trus jadi kejar tayang.. Aku mulai nabung asip sejak bayi 1 minggu..

    25

    Topic: Manajemen ASIP

    thank you mom... ini sih sekarang udah mulai stok.. alhamdulillah udah ada 18 botol.. tapi berhubung pakai kulkas 2 pintu LG katanya freezernya cuma bisa 2 bulan ya.. jadi mungkin saya mulai stok baru 2 bulan sebelum cuti selesai.. stok yg sekarang ada buat latihan minum pake botol sendok aja.. moga2 bisa lulus ASIX 6 bulan deh.. :)

    te quiero mucho mi hijo, dino... :o