1

Topic: Manajemen ASIP

bundaliffa Wah makasih yah, semoga bisa lebih aware lg kl ada ASIP jamuran... Takutnya kenapa-napa kan... *Two thumbs up

peran ibu muslim disini bagaikan sebuah madrasah yang akan simetris, tidak saja pada perannya mendidik seorang anak, tetapi juga pada kadar kualitas generasi dimana ia tinggal. “Ibu adalah sebuah madrasah (tempat pendidikan) yang jika kamu menyiapkannya. Berarti kamu menyiapkan (lahirnya) sebuah masyarakat yang baik budi pekertinya.”
@mikariandita blogger of wondermica.blogspot.com

2

Topic: Manajemen ASIP

mama_jadza berdasarkan teori sih emang harus langsung dibuang yah, ga boleh lagi dimasukkin ke kulkas karena bisa merusak nutrisinya.. tapiiiiiiiiiii.. sebagai korban ASIP kejar tayang, saya juga sering kok nyampe rumah eh ada asip lagi diangetin lumayan 80ml blm diminumin karena anaknya lagi maen, saya pulang udh ogah nyusu asip maunya langsung..
jadi ya dengan jurus BISMILLAH saya masukkin kulkas lagi :)) lumayan boo 1botol 80ml buat nambahin stoknya :p kalo stok asip saya melimpah sih buang aja :p
tapi ALHAMDULILLAH anaknya ga kenapa2 karena ga tiap hari juga kyk begitu :)
*maaf ya bukannya menyesatkan & melawan teorinya*
pasti ibu2 yg kejar tayang tau deh gimana rasanya ilang sia-sia 1 botol aja :D

atau trik lainnya, masukkin aja ke botolnya, jadi pas anaknya tiba2 kebangun ya kasih yang di botol itu aja

http://www.lianakirana.blogspot.com/
twitter : @_LianaKirana_
grateful to be born as a woman. chances to experience beautiful experience are gifted. one of them is breastfeeding.

3

Topic: Manajemen ASIP

tengkyu ya bundaliffa, berarti bukan aku sendirian yg suka sayang buang asip, hehehe... klo aku sih emg kumasukin botol trus klo anaknya ngulet dikit lgs disodor2in (maksa...hehehe) selagi gak berubah warna n baunya msh seger pokoknya pake bismillah aja deh ^_^

Loving my little family so much!

4

Topic: Manajemen ASIP

Moms, kok tutup karet botol kaca isi asip yg dimasukan ke freezer tgl 2 mei bisa mental hari ini ya (tgl 23 mei)? Setiap kali ditutup, saya selalu memastikan tutupnya dlm keadaan kering. Kira2 kenapa ya? Trus asip nya msh boleh disimpan lg? Karena asip nya msh dlm keadaan beku

5

Topic: Manajemen ASIP

mantaray ngisinya jangan penuh2. kalo asip masih beku,k boleh tetep disimpan kok.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

6

Topic: Manajemen ASIP

Aku isi biasanya sebatas garis (100 ml) kadang kurang dari itu. Salah ya? Mestinya kurang dari garis?

7

Topic: Manajemen ASIP

mantaray gue sih gak pake botol itu yaa.. tapi pernah pake botol UC gitu, diisi sampe deket leher botol, botolnya pecah. jadi sebaiknya diisi 3/4 botol aja. mungkin ada mama yang lain bisa bantu? takut salah ngasih info karena gue gak pake botol dengan tutup karet sih.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

8

Topic: Manajemen ASIP

iya emg botol tutp karet penyakitnya gt..suka mental tutupnya bs krn kepenuhan atau perubahan suhu.. kalo yg ex uc jg gw pernah ngalamin pecah tu botol gr2 kpenuhan.. baiknya emg diisi 3/4 aja..

9

Topic: Manajemen ASIP

Slesta & coffee_mix, thanks yaa.. Mungkin penjelasan paling logis karena perubahan suhu

10

Topic: Manajemen ASIP

mau tanya..krn via hp jadi ga kliatan jelas bgt ni pic asip jamurannya..

itu asip nya jd berubah kehijauan ya trs ada spot2 jamurnya gt?

soalnya bbrp hari yg lalu krn anakku rewel dan kendi ud kempes pes pes d isep sama dia..akhirnya turunin 1 stok asip d freezer..krn buru2 jd dr beku lgsg rendem air panas aja..pas mau dikasihin kan dicium dulu..baunya masi fine sih..cm pas di icip agak tengik..

krn takut knp2 akhirnya terbuanglah sia sia itu asip 100ml..huhu padahal aku termasuk yg ga banjir asi nya..

takutnya asip ku yg d freezer ud ga bagus lg..pdhl baru jg dtaro 2mingguan d freezer

11

Topic: Manajemen ASIP

conejita untuk manasin asip yang beku, gak boleh direndam di air panas. sebaiknya di rendam di air mengucur (suhu normal) baru dihangatkan di air hangat, jadi gak boleh pake air panas. mungkin itu sebabnya? harusnya kalo baru 2 minggu sih gapapa yaa.. gue sih ga pernah nyicip asip hehe.. tapi selama warna ga berubah dan gak bau, biasanya gak masalah kok.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

12

Topic: Manajemen ASIP

slesta..oooh di suhu normal dulu bisa ya sb direndem air panas.

selama ini yg d ajarin sih taro d kulkas bawah dl smp mencair baru d angetin..klo lg urgent kapan cairnyaaaa klo dtaro d kulkas bagian bawah dulu T_T

maklum masi amatir..blm sebulan jd mommy soalnya hehe..thx for info yaaaa

13

Topic: Manajemen ASIP

conejita iya karena pada dasarnya manasin asip itu gak boleh dengan suhu tinggi, mesti pelan2.. kalo gak kandungan nutrisinya hilang.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

14

Topic: Manajemen ASIP

waahhhh...udah ngasih ASIP selama 4 bulan dan salah semua nih kayanya..apa itu yang bikin berat badan Ksathra g naik secara signifikan ya? si mba dirumah (mungkin karena buru2) suka langsung naro ASIP di bottle warmer dengan suhu 100 derajat... kadang pas masih beku langsung dipanasin...kalo mo kerja sih pagi2 udh aku turunin dari freezer ke bawah tapi tetep dipanasinnya pake suhu tersebut diatas or langsung direndem air panas...
Thanks for the info ya mummsss....

Love My Tuan Ksathra

15

Topic: Manajemen ASIP

Sekedar share, dulu waktu Jojo newborn selalu papanya yang nyusuin pakai ASIP kalau malam. Tapi kalau sama aku, ASIP ga laku maunya nenen langsung. Nah setelah umur 6bln si papa sibuk bgt di kerjaan dan sering dinas keluar pulau, jadi terpaksa Jojo nenen langsung sama aku terus. Lama-lama dia jadi ga mau ASIP/dot sama sekali, padahal stok cukup banyak di freezer. Akhirnya sekitar 2bln lalu aku sumbangin semua ASIP itu (25 kantong @250ml) ke RS, bayi prematur yg menderita infeksi kulit parah dan ditinggal kabur oleh ibunya... Kasihan bgt! Nah minggu lalu pas bersih2 freezer ketemu satu container yang ketinggalan, tertanggal awal Nov 2011. Iseng2 aku coba cairin di suhu ruang, ternyata setelah cair konsistensi ASIP itu sudah berubah, agak brindil2 ga smooth, plus terpisah lemaknya di atas, baunya pun dah mulai apek. Berarti bener ya masa kadaluarsa ASIP beku adalah 6bln. Untunglah semua stok dah disumbang ke bayi yang butuh, daripada disimpan terus mubazir.

learning something new every day...

16

Topic: Manajemen ASIP

Dear Moms,

Selama ini kan aku simpan ASIP di botol kaca tutup karet ya. Trus pas udah mulai kerja, kok aku perhatiin, ASIP aku kaya bau anyep & aga berbau besi gitu. Trus rasanya gak terlalu manis kaya ASIP fresh, agak anyep meski ga amis/basi. Nah kan utk beberapa hasil pumping/lebihan hasil pumping yang sedikit, aku simpan di plastik ASIP. Trus aku perhatiin, yang di plastik ASIP justru lebih fresh & manis. Rasanya kaya ASIP baru diperah gitu & belum di freeze.

Ada yang punya pengalaman sama? Apa karena botol kaca-nya kurang bersih, atau karena tutup karetnya yang memang pada dasarnya aga berbau atau gimana ya? Sebelum digunakan selalu dicuci bersih, direbus dan di sterilkan lagi.

Akhirnya sih sekarang aku pake plastik ASIP. Tapi botol kacanya jadi sayang banget. Apa ada yg salah dgn metode pencucian botol kaca aku?

Follow our stories @ TheFamily.eksinads.com :)
Twitter ID: @eksinads

17

Topic: Manajemen ASIP

Mamas..klo ciri2 ASIP yang basi itu apa saja ya?
Trus klo ASIP yang disimpen di kulkas bawah itu bisa tahan berapa hari?
TIA

Find Me @Mama's Mall
Qibi Zaqibi
ARISAN BUKU YUUK

18

Topic: Manajemen ASIP

piyut wrote:
Mamas..klo ciri2 ASIP yang basi itu apa saja ya?
Trus klo ASIP yang disimpen di kulkas bawah itu bisa tahan berapa hari?
TIA


Kalau ASIP cair yang belum di bekukan, tahan 3-8 hari di kulkas bawah.

Follow our stories @ TheFamily.eksinads.com :)
Twitter ID: @eksinads

19

Topic: Manajemen ASIP

Eksinads pas jaman hilya dulu, dg botol kaca rasanya tetep manis. Ga ada bau2 aneh kecuali basi. Gue pernah nyicip sih, kalau agak2 mencurigakan warnanya. Tapi, kan dulu gue kejar tayang ya... Jarang awetnya. Paling lama umurnya 1-2 minggu. Dan freezernya harus free dari daging, ayam, ikan, dll. Cm boleh dipake asip Sama bikin es batu. Kl terpaksa ad daging, dimasukin wadah tupperware gitu.
Piyut, uhuy, nyetok asi ya? Asip basi itu warnanya kuning. Bukan kekuningan ya, tp kuning muda, meringkil kaya Santan pecah Dan baunya asem kaya uht basi. Jangan dicicip ya, jijay. Hihihi

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

20

Topic: Manajemen ASIP

Eksinads,
Aku juga pakai botol kaca tutup karet. Kalau asip nya dimasukkan ke kulkas bawah, rasa & baunya mirip spt asip fresh. Tapi kalau masuk frezeer, rasanya tidak semanis asip fresh & bau anyep nya minta ampun. Rada2 nusuk seperti wasabi hehehe...
Sejak aku cicip asip yg disimpan di freezer baunya anyep, aku stop pumping. Kebetulan aku SAHM.

21

Topic: Manajemen ASIP

lagi ketar ketir..3minggu lagi masuk kerja tapi stok asip di kulkas baru 32botol @100ml padahal ud ngumpulin dr minggu pertama lahiran..

gabisa ngumpulin heboh krn tiap saat anaknya nemplok terus dan juga tipe asi ku bukan yg berlimpah..tapi cukup aja..kekumpul segitu juga dari sisa sisa abis di isep..

mohon doanya ya mamas..semoga cukup stok asip ku at least buat hari2 pertama masuk kerja nanti

22

Topic: Manajemen ASIP

eksinads Kalo ASIP yang dibekuin sih emang rasanya agak lain dari ASIP yang cuma disimpen di chiller. Gue sekarang nyimpen ASIP di plastik (dari medela sampe ziploc :D) dan di botol kaca tutup karet, kayaknya sih gitu semua ya... Jadi bukan karena media penyimpanannya.

piyut Bener kata mummyhilya, ASIP basi kayak santan pecah. Kalo di kulkas gue, ASIP bisa tahan sampai 10 hari di chiller (kulkas gue termasuk dingin banget sih). Ambil amannya aja, ASIP bisa disimpen 7 hari di chiller.

mantaray Gpp kok kalo tutup botolnya mental trus ASIPnya dikasihin, gue juga beberapa kali gitu. Malah pernah tutupnya mental trus gue cuci eh lupa nutup lagi, jadilah si ASIP ga pake tutup hehehe... Baik2 aja tuh dikasihin ke Niska, tapi freezer gue khusus ASIP + blue ice aja ga ada yang lain.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

23

Topic: Manajemen ASIP

asip basi kyk santan pecah gmn sih? kn klo ASIP dicairin (dikulkas bawah) pas cair kondisinya misah kn ya, yg kentel di atas n yg agak encer dibawah. bener ga? atau itu malah yg disebut basi?

trs, bunga es itu pengaruh ke kualitas ASIP ga sih?

24

Topic: Manajemen ASIP

ditta engga kok emang begitu kalo pas dicairin ASInya.. nanti kalau udah diangetin, dia akan nyatu lagi. yang penting, jangan dikocok2.

bunga es gak ngaruh ke kualitas asip, asal asipnya tertutup dengan baik.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

25

Topic: Manajemen ASIP

alhamdulillah,,, udh takut aja klo asip basi..

oiya mau tanya lagi deh, kn klo pumping dikantor ditaro di botol plastik bpa free ya, nah pas smp rumah kadang kan ada lemak yg nempel di botol, itu gmn? dibiarin aja jdnya kebuang pas dipindah ke botol kaca atau di goyang2 biar lepas dr dinding botol??