1

Topic: Manajemen ASIP

kinanti dulu waktu anak gue naia udah di atas 1thn dan udah diperkenalkan dengan UHT, gue malah udah gak mompa sama sekali. pertama sih karena gue masih suka pulang ke rumah during lunch hour, jadi gue susuin langsung aja. selama gue di kantor, ya dia minum UHT aja. dan nyusu langsungnya hanya kalo malam. dan emang malem2 nenennya jadi gak brenti2, tapi ya gapapa. dan benar kata sorella kalo udah umur segitu, lebih perhatikan asupan gizi dari makanan, susu bukanlah makanan yang utama lagi. jadi ga masalah kalo asupan susunya gak banyak, yang penting gizi makanannya seimbang. kalsium juga bisa didapat dari makanan, gak mesti dari susu.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

2

Topic: Manajemen ASIP

Thanks Sorella n Slesta telah mengobati kegundahanku.
yup yup betul banget kalo susu bukan yang utama lagi.
masih agak canggung euy gk mompa lagi di kantor..kaya ada yang hilang. lebay huhu
berarti mompanya mending dihentikan saja ya? masih ada ASI sefreezer tak tersentuh..ato tetep mompa aja supaya tidak menggangu kelancaran ASI?

3

Topic: Manajemen ASIP

wow Kinanti..bersyukur banget punya asi melimpah...kalo masih banyak kan bisa jadi campuran makanannya, dibuat es krim asi atau apalah gitu yg harus pake susu, pakenya asip aja...

trus, lebih baik lagi kalo didonorkan...bermanfaat buat orang lain :)

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

4

Topic: Manajemen ASIP

Sorella
Alhamdulillah dikasih cukup. sebenernya gk melimpah juga sih.cuma rajin aja.lhawong paling banyak sekali mompa itu sebotol. itu juga laamaaa.
iya inshalah akan didonorkan saja.emaknya tak pintar memasak euyyy.
jadi kustop aja nih ya mompa di kantor? huhu belum rela.gmn kalo nanti weaning ya..

5

Topic: Manajemen ASIP

nggak distop juga gpp, lanjutin aja buat jadi ibu susuan sampeee asinya bener-bener gak keluar lagi, seiring frekuensi disusui juga berkurang.

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

6

Topic: Manajemen ASIP

mommies,,,mw nanya dunk...
anakku Rafa (3mos) kan uda mulai aku tinggal kerja sebulanan ini,,,nah dia tuh suka nolak kalo dikasih ASIP yg dri freezer trus diangetin...dia mau ASIP yg baru,,,jdi pagi sebelum ngantor aku mompa dulu,,buat mimik Rafa sampe siang,,,siangnya aku pulang buat nyusuin langsung dan mompa lagi buat mimiknya ampe sore...padahal pas masih cuti aku uda rajin mompa,,,sampe beli freezer khusus bwt ASIP,,,,dan akhirnya ASIPnya gak keminum...

gmana caranya ya biar dia mau minum ASIP yg dri freezer itu??

7

Topic: Manajemen ASIP

Mamas, ikutan nanya dong, moga2 ga salah thread. Kalau simpan ASIP di plastik khusus ASIP, gimana tahap2 manasinnya sebelum dikasih ke baby nya? Kalau simpan di botol kaca kan direndam/diguyur air panas yahh. Kalau plastik ASIP gimana? Apa harus dipindah ke botol kaca dulu? Abis lahiran, 2 bln pertama ini aku diungsikan ke rumah mertua. Krn kulkas penuh, sementara aku mau mulai stok ASIP, aku pake plastik ASIP spy lebih fleksibel dibanding pake botol kaca. Mohon pencerahannya...

engineer slash musician | proud mommy of baby Sam

8

Topic: Manajemen ASIP

janeellyn, krn aku pake dot jadi dari plastik asip dipindahin ke botol susunya, baru dihangatkan. Kalo ga pake dot, di gelas minumnya juga gpp. Sama aja kok prinsipnya dengan kita nyimpen asip botol kaca. Tinggal pindahin medianya.

Engkau takkan pernah bisa menggantikan semua jerih payahnya bahkan satu rintihan diantara rintihan-rintihannya pada saat melahirkan. Di dunia ini tidak ada yg bisa bekerja keras yang melebihi dari yang dilakukan oleh seorang ibu (HR. Muslim)

9

Topic: Manajemen ASIP

mommies, ada yang pernah punya pengalaman bawa ASIP di flight sekitar 18 jam perjalananan (Eropa ke Jakarta), please share ya.
TIA

10

Topic: Manajemen ASIP

Mamas,mabok baca thread ini.hihi.
Sebentar lagi aku masuk kerja lagi setelah maternity leave. Ada 1 hal yg aku masih bingung. Gimana ya sistem pemberian ASIP untuk baby nanti?
1. Kita perah asi 1 hari sebelumnya untuk keesokan harinya, dan bila kurang ambil stok ASIP di freezer (misal dapat 5 botol,tapi baby bisa habis 11 botol,maka ambil 6 stok ASIP)

ATAU

2. Kita ambil stok ASIP di freezer, dan hasil perahan untuk 'refill' stok di freezer

Bingung nih...
Mohon inputnya yaaa :) thank you

2. Kita ambil stok ASIP di freezer

11

Topic: Manajemen ASIP

riestabacil
haai teman sekampus, mungkin enzim lipasenya tinggi itu,,
pake metode scalding, asinya dipanasin sampe keluar buih2 dipinggirnyah

mom ayupermatadewi
bagusnya first in first out. jadi yg pertama masuk kulkas dikasih duluan
tapi yg terbaik ya yg paling fresh :D gak mengalami perubahan suhu turun naik

i am full time a mother! ;)
blog // twit // insta

12

Topic: Manajemen ASIP

ayupermatadewi Gue sih pake sistem FIFO karena kalo ga gitu, ASIP yang lama bisa kadaluwarsa dong, kan sayang. Jadi biasanya gue selalu ngambil yang dari freezer dulu, hasil perahan kemaren gue naikin ke freezer. Ato kalo mau ngusahain bayinya selalu dapet ASIP fresh, bisa juga dicoba setengah-setengah. Misal bayinya butuh 10 botol, ambil 5 dari freezer dan ambil 5 dari chiller (perahan kemaren). HTH ya...

yang selalu kangen sama si pipi gembil

13

Topic: Manajemen ASIP

Otty & akupetta , thanks banget ya untuk infonya...kayaknya yg aku ambil yg sistem FIFO deh

14

Topic: Manajemen ASIP

mamas..ada yang pake coolerbox merek igloo tak?
aku pake itu dan icegelnya rubbermaid.
berangkat rumah jam 08.30 sampe pulang lagi jam 5.30 ko asinya udah ga begitu dingin ya?kalo dari coolerbag (dengan keadaan ga gt dingin) itu langsung aku taruh dikulkas masih oke ga ya ASIPnya?

15

Topic: Manajemen ASIP

riestabacil anakku juga ngga suka asip yg dari freezer *toss* aku pernah nyobain, rasanya emang beda ama asi yg fresh. yg dari freezer ada rasa sayurnya gituw. pernah nanyain teman, katanya emang rasanya beda kalo dr freezer. jadi skarang, kalow aku tinggal, biasanya siapin asi sehari sebelumnya n ditaro di kulkas bag bawah, karna rasanya sama dengan yg fresh.

16

Topic: Manajemen ASIP

Mama, mau sharing aja ya..
temen kantor ada yang gagal asix di 5 bulan, karena katanya stoknya mulai gak cukup buat konsumsi anaknya..jadi dia top up sufor dan mpasi dini. Padahaaal, dia itu paling subur asinya diantara busui-busui sekantor, sehari 2x mompa dia bisa dapat 600ml, belum ditambah hasil pompa di rumah...mungkin bisa 1 liter/hari ya?

Makanya, saat dia bilang gak cukup buat anaknya..kita pada bingung, kok bisa..? harusnya stok dia berlebih dong..ga mungkin kejar tayang krn kita (ibu2 yg anaknya sudah lebih besar) tau banget tahapan konsumsi bayi dari nb sampe 5bln itu segimana (rata2nya, walaupun tiap bayi pasti beda).

Nah, bisa jadi...orang rumahnya yang kurang koperatif, dalam artian..setiap anak merengek, langsung dikasih asip, kebangun pas tidur, asip, bangun tidur mau tidur asip, keliatan gak nyaman, asip...alhasil jadi boros deh tiap hari menghabiskan lebih banyak dari kebutuhannya sendiri.

Padahal kan mungkin yah, si anak *apalagi udah 5bln udah ketauan maunya apa* bisa jadi merengek bukan berarti lapar/haus, nangis bukan berarti minta susu, udah bisa diajak komunikasi, ngobrol, ajak main, alihkan perhatian..mmg harus pinter2nya komunikasi antara pengasuh dengan bayi, jadi gak semata2 biar bayi diem dulu aja...krn pasti bayi gak akan nolak kalo disodorin asi pasti mangap terus.

Ini sharing aja ya, mungkin bukannya mau membatasi konsumsi asip anak, tapi sebagai ibu perah yang gak 24/7 sama anak, manajemen asip itu maha penting untuk kelangsungan proses ng-asi. Memberi asip gak semudah "buka warung" pas anak sama kita, bisa buka tutup 15 menit sekali.

Aduh jadi panjang, yah semoga bisa metik pelajaran aja kita semua :)

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

17

Topic: Manajemen ASIP

sorella duh sedih ya bacanya :(

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

18

Topic: Manajemen ASIP

sLesTa, itu DSA-nya yg nyaranin mpasi dini, jd ibunya ngikut aja...
sebenernya, kalo pada saat di titik kritis gitu, solusinya lebih baik yg mana sih..top up sufor (tanpa mpasi) atau mpasi dini?

*gue udah menyarankan donor asi at least buat sampe 6bln aja, tp dia gak mau...

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

19

Topic: Manajemen ASIP

soRella aku juga ibunda kejar tayang,lhoo.. soalnya emang kebutuhan anakku gede (secara bb nya juga mayan jumbo waktu masih asix). emg komunikasi dg caregivers itu penting, jadi anak gak cuma dijejelin asi mulu. dulu salah satu adikku yg tenaga kesehatan sempet kuatir kalau anakku kebanyakan dikasih asi untuk menenangkan, persis seperti dugaan kpd caregiver temen tadi . tapi ternyata setelah dia (adikku) liat sendiri, emang setelah dialihin perhatian, diajak main, dll setelah tenang sebentar, dia tetep minta asi. :) dan emang kebutuhannya banyak. let's say, setelah ditenangin&dialihin perhatiaannya, dia akan tetep minum 180ml (instead of jatah biasa yg 120ml).
tapi akhirnya aku menyiasati dg merah sambil nyusuin dan merah tengah malem pas baby tidur atau subuh2 bgt sebelum anak bangun.
Sebagai ibu kejar tayang sih, mayan sutris, yak.. tapi tetep mesti menjaga mindset suapaya bisa 'positive thinking' bahwa asi kita cukup.
jawaban dari pertanyaan tadi, ehmmm saya mungkin lebih pilih top up sufor ya, drpd donor asi atau mpasi dini, dg melihat kondisi anakku. tp pertimbangan tiap ibu beda2. dan emang perjuangan asix itu cukup berat.
fiuh, jadi panjang dweh. semangat!!!

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

20

Topic: Manajemen ASIP

mamas, ada yang pake freezer 1 pintu yang isinya 4-5 rak? aku kok deg2an ya tiap mau ambil asip atau mau taruh asip baru...secara itu dempet2 antar botol...dan karena hati2, jadi agak lama buka pintu freezernya....aman ga ya kualitas asipnya?

21

Topic: Manajemen ASIP

ayupermatadewi santai mama, paling lama juga max. 10 menit ini.. dan ga bikin asipnya mencair kan? :) so insyaallah masih aman. hihihi.
mamas, nanya doong.. kalau asip yg frozen dan sudah berumur sebulan gitu, secara gizi masih sufficient gak untuk tumbuh kembang anak? saya sih maksimal punya stok cm utk 2-3 minggu.. itu juga jarang banget, most of the time kejar tayang. disatu sisi deg-degan, tapi disisi lain merasa 'aman' karena jarak antara asip dan diminum relatif pendek. any concerns?

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

22

Topic: Manajemen ASIP

mummyhilya asip itu bisa di bekukan sampe 3bln kok sebenernya, malah beberapa sumber mengatakan bisa sampai 6bln. jadi kalo masih sebulan mah gapapa. pembekuan makanan itu sebenernya menyetop pertumbuhan mikroorganisme dan activitas enzime, jadi bisa awet dan gak gampang busuk. justru teknik pembekuan ini keunggulannya adalah supaya kualitas asip, seperti kandungan gizi dan nutrisi tetap terjaga.

prosesnya sama juga kayak kita mau bekuin makanan. justru daripada beli makanan kalengan, mendingan beli makanan yang frozen. karena kalo kalengan itu ada pengawet, kalo frozen itu gak, proses pengawetannya karena pembekuan tsb.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

23

Topic: Manajemen ASIP

siiplah, makasih mamod sLesTa. jadi kalau gitu, mesti pastiin makan bergizi cukup, shg anaknya ttp gak kehilangan kesempatan dpt nutrisi terbaik dari ibu :) walaupun sekarang udah gak pumping, tapi masih ada stok surplus karena pas umur 10-11 bln anakku minum asipnya gak banyak, cuma 1-2x sehari. berarti masih bisa dimanfaatkan.

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

24

Topic: Manajemen ASIP

share juga ah...

selama cuti lahiran anak ke-2 kmrn aku bener2 melek nyetok ASIP, krn pengalaman anak ke-1 cuman S1 ASIX (udh alhamdulillah itu, walau kejar tayang juga, he3x). Jadilah per day bisa nabung 2-4 btl min 100ml. Sampai stok kurleb ada 25ltr ketika balik kantor.

Ga dinyanya, ketika balik ngantor, prod menurun drastis! Beda bgt dgn ketika anak pertama di usia 4bulan balik ngantor, prod msh luber, di anak ke-2 nih prod mjd low.. :(

Usut punya usut ternyata pikiran n kond badan ngepek bgt...

Walhasil pgn lebih dr sekedar S1, mulai deh tuh ngegenjot lagi yg namanya asupan bergizi, dr yg homemade sd supplement import, hajar semwuahh.. ditambah positif thinking, tanpa mikirin mana sih nih yang bener2 bikin efek ASI jd banjir, alhamdulillah nyampe juga S2 :D

HTH

25

Topic: Manajemen ASIP

susilowardhani sama dong aku jg baru mulai kerja. soal hasil pompa, ngga usah dipikirin berapa banyak dapetnya mbak. asi itu betul2 mind game deh, kalo kita yakin & happy pasti hasilnya banyak. dan kalaupun hasil mompanya ga banyak, disyukuri aja berapapun dapetnya.

aku juga gitu kok, sebelum ngantor bisa 200an ml sekali mompa, seminggu pertama ngantor duh cuma 50-70 ml aja. sampe PDnya mampet dimana2. tapi saya cuek aja, sekarang mulai normal lg. kuncinya yakin aja, kalo kita yakin cukup pasti akan cukup.

terus coba naikin aja produksinya, prinsipnya kan makin sering dikeluarin makin banyak produksinya. jadi kalo malam tetap mompa tiap 2-3 jam, krn malam hari hormon prolaktin yg produksi asi lagi banyak2nya