1

Topic: Manajemen ASIP

Udah lama gak baca TUM, salut yah sama mamas di sini yang bisa berhasil memanage ASIP segitu banyaknya, bahkan bisa jadi donor ASI.

Sy sampe sekarang bayi umur 1.5bln merah asi 3-4 kali sehari kebanyakan di sekitar 80ml dari satu PD.
Nah, sy perhatikan tiap dapet LDR hasilnya maksimum 40ml (kebanyakan di 30ml, bahkan ada yang cuma 20ml). Mompa setengah jam paling sy dapat 2 kali LDR makanya kebanyakan dapet di 80ml.

Gimana ya supaya momen LDR nya lebih lama? Abis setelah LDR nya hilang kayanya ASI yang keluar dikit bangett.. musti nunggu LDR lagi (kadang2 anaknya disuruh netek lagi biar mancing LDR lebih sering he..he..)
Jadi kepikiran LDR ini apa sesuai dengan yang disedot anak sesuai umurnya kali ya?

Maapin kalau sudah ada yang bahas sebelumnya yah, gak sempet baca2 lagi jauh ke belakang :)

2

Topic: Manajemen ASIP

hai moms, ternyata pengalaman ttg asi banyak banget yah.. sampai terlalu banyak yang harus dibaca... ga sempet baca satu persatu :p

Baby saya sudah 4m1w, saya mulai menstock asi 1 bulan sebelun kerja.. sedangkan sampai sekarang baby saya minum asi perah maksimal 500 ml / hari dan setiap pulang kantor saya bawa pulang asi perah sekitar 450ml, ditambah 300ml perah pagi dan malam harinya.. jadi stock asi saya di kulkas semakin banyak dan sudah penuh banget, kalau dihitung bisa sampe 30L... nah.. saya berniat mau sewa frezzer. ada yang punya pengalaman tentang sewa frezzer untuk asi ga moms.. boleh share donk pengalamannya? atau mungkin kalo tidak perlu sewa ada tricks kusus buat penataan yang baik supaya bisa muat disimpen di kulkas yang 2 pintu?

3

Topic: Manajemen ASIP

Obefya, LDR memang ngaruh banget mengatrol pendapatan setiap pumping ya, bisa lumayan nambahnya cepet... Aku dalam sekali sesi pumping paling cuma sekali aja LDR nya, habis itu ya standar lagi..lama-lama stress jg nungguin LDR terus, iya kalo dateng..kalo enggak? akhirnya ya aku gak pernah nunggu2 LDR lagi, pompa aja terus berapapun dapetnya.

Apalagi anaknya makin gede, udah kemasukan banyak makanan dan frekuensi nyusunya berkurang...LDR kalo beruntung saja, hehe :D

Jadi intinya ga usah nungguin LDR, pompa terus saja nanti tahu2 datang tak diduga2, semangat ya :)

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

4

Topic: Manajemen ASIP

Hai moms...
aku nanya lagi dong, boleh kannn? :)
jadi ceritanya Alhamdulillah stok ASIP buat kerja udah lumayan, tapi malah kulkasnya agak kecil cuma muat 40 botol. Nah kebetulan aku minjem freezer tunggal (yg biasa baut daging). Itu boleh dipindahkin gak sih ASIP yg dari kulkas 2 pintu ke freezer tunggal. Soalnya itu kan suhunya beda..

Trus aku masih kejar tayang nyetok ASIP, selalu minum pharmaton vitamin, lancar ASI sama susu kedelai. Perlu minum habbatus sauda juga gak sih? kira2 habbatus sauda bisa pengaruh ke ASIP gak ya? aku dibeliin temenku habbatus sauda yang kapsul tapi isinya cair gitu bukan bubuk... kira2 boleh diminum? (abis udah minum lancar asi, dll jg)

Mohon advicenya ya moms..
thank you

Mama Dino

te quiero mucho mi hijo, dino... :o

5

Topic: Manajemen ASIP

Dino2012 gw rasa sih boleh2 aja ya asip yg udah beku dipindahin ke chest freezer gitu.. soalnya gw dulu jg gitu.. malah gw dari freezer kulkas 1 pintu.. pas freezer sewaan datang gw pindahin smua kesitu.. trus sekarang kalo abis mompa gw mskin kulkas bawah dulu beberapa jam baru msk freezer itu.. CMIWW yaa kalo metode gw salah..

kalo menurut lw dengan minum yang ada and happy tiap mompa udah cukup membuat asi lw ngucur2 menurut gw sih ga usah ditambah lagi ya.. gw juga minum suplemen cuma kalo menurut gw asi gw lagi menurun bangett ngett ngett kaya waktu gw abis thypus.. pas udh balik normal gw ga minum apa2 lagi..

6

Topic: Manajemen ASIP

hi mama dino salam kenal,

sama seperti yang coffee_mix bilang, kalo menurut gw sih. kan itu si ASIP masih dalam kondisi beku, jadi sah-sah aja langsung pindah.

menurut gw nih, supplement yang kita asup untuk menambah ASI, selama kita yakini akan menambah ASI, maka bertambahlah ASI kita. dengan kata lain it's all about what on ur mind.
waktu gw dulu, dengan baca2 pengalaman ibu-ibu bisa menyemangati diri gw untuk bisa mengahasilkan ASI lebih buat lycka :)

cheryl_cavi, mungkin freezzernya bisa ditambahin ambalan. stok gw dulu cuman di frezzer bagian atas, penyimpanan dengan botol kaca. terus gw tambahin ambalan acrylic sendiri yang ada kakinya, jadi si botol itu bisa bersusun di situ, kebayang ga?
atau coba simpen pake plastik ASIP, itu bisa ngirit tempat juga kog :)

7

Topic: Manajemen ASIP

Dino2012 : betul banget tuh.. yang dibilang sama iyu dan coffe_mix ... sebenernya.. itu tergantung apa yang kita yakinin... kalo kita yakin dulu kalau asi kita bisa mencukupi kebutuhan anak kita, ditambah lagi rajin memerah sama rajin menyusui.. dulu waktu awal2 dokter anak ku bilang.. rajin merah yah.. jangan liat berapa banyak kamu dapat.. tapi berapa sering kamu merah perhari nya.. nti kamu liat hasilnya deh... ehhh ternyata bener.. sekarang asi ku jadi membengkak banget... perhari bisa dapat >700 ml.. pernah waktu itu sempet 1L... karena sebnernya asi itu diproduksi sesuai permintaan..kalo semakin banyak kita meminta semakin banyak juga diproduksi...
jadi kalau aku pribadi ga percaya sama obat2 penambah asi gitu... keep on your mind aja... kalo asi nya pasti bisa keluar banyak dan mencukupi..

iyu : aku dah pake plastik kok.. sampe2 menjungjung keatas gitu.. suamiku sampe bingung natanya... kalo botol aku pake cuman beberapa karena susah juga narohnya... kayaknya asi nya mau aku donor in aja.. ada yang berminat ga mom's ato tau ga biasanya donor asi yang membutuhkan gimana yah caranya?

8

Topic: Manajemen ASIP

mamas.. mau curhat ama minta saran. semalam itu kulkasku nutupnya nggak rapet (jedot-jedotin jidat ke tembok). Tadi pagi setengah lima aku baru sadar n liat ada botol2 yang isinya udah cair, ada yang cairnya baru setengah. Yang cairnya baru setengah ini tadi aku masukin chiller. Itu masih bisa dimanfaatin nggak ya? Duuh pengalaman ya mamas.. aku oon banget T_T

9

Topic: Manajemen ASIP

Mamaresvan kalo msh ada intibekunya msh bs dipake kok.

10

Topic: Manajemen ASIP

wuaa...kangen sama mama TUM :) kemaren-kemaren asik honeymoon sama baby eijaz 1m25d. Saya diingetin kakak ipar nyetok asip jauh-jauh hari biar ga kejar tayang. Syukurlah mulai menampakkan hasil, apalagi kemaren suami beliin chest freezer biar banyak nampung asip :)

Thx mba coffe_mix tadi sempet bingung mau mindahin stok asip dari freezer kulkas 1 pintu, apa2 atau gpp :D Daya tahannya jadi 6-12 bulan ya?

saya perah pake tangan, alhamdulillah sekarang dpt 100ml 1pd. Mudah2n nambah terus biar baby eijaz ga kekurangan nanti

saat pumping usahakan kita rileks,dengerin musik, liat baby, pokoknya bayangkan yg menyenangkan. si LDR bakalan dateng. Kemaren suami sms tiba2 pas lg pumping, eh ASI langsung ngocor banyak :D

ayo moms smangat pumping ^^
ayo moms semangat pumping ^^

11

Topic: Manajemen ASIP

febirahmi daya tahan 3-6 bulan di chest freezer.. tapi aku ngambil max 3 bulan aja.. karena kalo terlalu lama dibekukan aku rasa ndak bagus jg... ga tega juga ngasih asip peresan 1 tahun yang lalu ke babyku hehehe.. CMIWW yaaaa

12

Topic: Manajemen ASIP

@Meta-meta, terus daya tahannya sampe berapa lama? Kemarin akhirnya aku siramin ke bunga-bunga di taman, abisnya itu asip cairnya jumat pagi. Bingung mau dikasihin di hari senin apa masih bisa. Sabtu minggu kan libur jadi Resvan mimik langsung dari sumbernya.

13

Topic: Manajemen ASIP

moms... mau tanya (maav ya klo ngulang pertanyaan)

ini, klo misal pumping asi di kantor pake botol yg bawaan pompanya,, n aq bawa beberapa ke kantor , trs sampe rumah boleh di pindahin wadahnya ke botol kaca asix ga ya?

14

Topic: Manajemen ASIP

ditta boleh kok, aku juga suka begitu

15

Topic: Manajemen ASIP

Hai... moms....
mau tanya donk.. kira2 kalau mau donor in asi.. gimana yah?
mungkin ada yang tertarik? saya pengen mendonor kan asi saya.. karena sudah terlalu banyak dan sayang juga kalau saya buang...

16

Topic: Manajemen ASIP

mom cheryle_cavi...bs post di flea market & donation,tar ada donation thread, post disitu aja mom..

even you`re not baby anymore..but in my heart you`re always my baby..

17

Topic: Manajemen ASIP

mams, nanya dong , thread ini sekalian bahas pemberian ASIP kah? saya mau tanya pemberian paling tepat n caranya, apa bisa pakai dot. trims mamas

18

Topic: Manajemen ASIP

hatzsiahaan termasuk bahasan disini ga yah? tapi aku coba jawab ya..kalo untuk cara pemberian asip sih bisa beberapa cara bisa pake cup feeder,gelas sloki,bisa disendokin,bisa spoon feeder bisa pake dot.. senyamannya aja dan menurutku itu ada plus minusnya masing2..
kalo aku pake dot dari marsha 1 minggu,,dan hasilnya marsha bingung puting dan berakhir dengan Eping..

19

Topic: Manajemen ASIP

Trims mama buat sarannya, karna saya memang sedang bingung. Ada baca review soal m*d*la ca*ma dan kok rasanya keren ya, secara kalau pakai cup feeder, takutnya yang ngasuh kurang sabar.

20

Topic: Manajemen ASIP

hatzsiahaan, tergantung babynya juga kayaknya. Aku liat reviewnya juga oke banget n langsung ambil 2. Eh, ternyata babyku nolak mentah-mentah. Padahal aku udah nyoba segala cara. Akhirnya aku nyerah, hehehe.

21

Topic: Manajemen ASIP

hatzsiahaan, mau share aja.

dulu lycka aku kasih dengan sendok, bertahan 3minggu. abis itu pake medela cup feeder, minumnya dah bisa banyak. tapi dia ternyata lebih suka dengan doidy cup.

semua itu tergantung dengan kesiapan dan kesanggupan mental si pengasuh. bersyukur emak ku mau nyendokin lycka selama 3 minggu. itu sungguh perjuangan, dengan tangisan lycka karena ga sabar :)

22

Topic: Manajemen ASIP

mamas, kalau ga salah ada tritnya sendiri.. ada di breastfeeding, training cup, botol susu bayi, dll. kalau manajemen asip ini lebih ke gimana menyiasati demand baby dan mengupayakan baby minum asip serta cara2 storage & handling asip. coba search dulu, sebelum disemprit bu mods. hihihihi. HTH

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

23

Topic: Manajemen ASIP

:) thank you for the info mummyhilya :)

24

Topic: Manajemen ASIP

trims mummyhilya, maklum yaa secara masih in the womb

25

Topic: Manajemen ASIP

Ada yang pengalaman memanage penyimpanan asip kalau kerjaannya gak di belakang meja, alias keliling keluar kantor?

Ternyata challenging juga :(
Sy gak ada masalah mengenai waktu memeras asi, bisa kapan aja pergi ke tempat tertutup seperti toilet atau di mobil waktu di perjalanan menuju ke tempat miting.

Yang masalah adalah menyimpannya :(

Karena gak bisa disimpan di freezer (wong keliling keluar kantor), jadinya sy akalin disimpan di lunch box zojirushi yang diisi ice gel. So far sih setengah hari asip nya masih dingin yah dan masuk ke freezer di rumah, terus dicoba besoknya dikasihkan baby nya, syukurlah gak kenapa kenapa.

Cuman kebayang kalau harus keluar rumah dari pagi dan baru balik sore.. gak yakin cara di atas masih bisa dipake. Sebenernya di mobil ada mobicool (kulkas mobil) tapi kalau lagi parkir juga kan mesin dimatiin otomatis gak bisa jalanin fungsi pendinginnya :(

Ada kah mamas yang bisa kasih saran buat kondisi seperti ini? matur nuwun..