1

Topic: Love Your New Mama Body

mia kalo di gue sih sebenernya so far "BELOM" merangkak naik. masih tetep stabil karena gue emang udah mulai jaga makanan sebelom gue sapih naia. jadi begitu sapih udah biasa makan nasi dengan porsi kecil. masalahnya di gue adalah, setelah di sapih, makin berasa blebernya perut dan di area tangan, jadi bener2 mesti olahraga kalo mau ngencengin. dan bukan olahraga sesekali, tapi rutin! nah itu yang susaahhh.. heheh.. keburu capek mulu pulang kantor soalnya.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

2

Topic: Love Your New Mama Body

gumzkiew, mia, sukie, ummubebek, mari toss bersama..
berat gw skrg minus 5kg dari sblm hamil, yah BB waktu awal2 kuliah lah. suami sampe bingung jgn2 gw stress dan ga happy, haha.. padahal waktu hamil BB naek 22kg, sampe 77kg, berasa gedeee bgt , hihi...dan

jd kalo ditanya,gmn caranya..?kombinasi sempurna breastfeeding, jd FTM, ga pake ART, ga pake BS, idup cuma ber3 tanpa 'bantuan' siapapun di rumah.udaaah...
wrote:


nah ini sama bgt gw juga :) waktu sempet ga ada ART, dalam 3bulan ditotal turun sekitar 8kg dh sampe k BB skrg.

Selain itu sama kya Slesta, juga jaga pola makan. Terutama karbo (bukan diet ya, namanya jg masih nyusuin) tapi makan sehat dan seimbang. dan gak banyak jajan kya mie ayam, siomay, dll yg enak tapi ga banyak gizi.

tapii yg nyebelin adalah ko my backside yg emang udh tepos makin rata ya :(

follow me @ulieeel

3

Topic: Love Your New Mama Body

mau tanyaa dooong... bingung berat deh.

barusan mamaku nelpon dan membuka "luka lama" yang emang sempet bikin aku kepikiran. masalah minum jamu-jamu setelah melahirkan.

jujur, aku sampai detik ini, (4 bulan setelah melairkan), belum pernah sedikitpun minum jamu. hiks. salah nggak sih? katanya pengaruh sama kondisi badan yang jadi susah langsing yha? katanya bisa bikin cepet langsing yha, minum jamu2an? dan yang paling nakutin... katanya bisa berpengaruh sama kondisi rahim. aihhh... betulkah itu? I sure hope not.

kalau aku baru mau minum skrg, telat nggak yha? and one more thing, mamas di sini punya rujukan jamu-jamu apa aja yang musti diminum nggak? need your help very mud! hiks.

makasih yhaaa... ^^

p.s. maaf, kalau lagi parno, emang suka bawel nanyanya... huhu

copywriter. one with a social life

4

Topic: Love Your New Mama Body

Heymay, waktu aku punya anakku yg kedua, aku gak pernah minum jamu, soalnya ibuku gak dtg waktu lahiran, tapi tetap aja tuh badan balik seperti semula...so gak harus minum jamu kok. Yg bikin badan balik itu menyusui.

Aku sebenarnya gak mau minum jamu krn gak terjamin keamanannya buat ASI waktu anak pertama lahir. Tapi krn ibuku udah bawa banyak jamu dan maksa, akhirnya aku minum, cuma tahan 2 bulan, habis ibuku pulang, jamu2an aku stop.

5

Topic: Love Your New Mama Body

indie, thanks for quick response :)
aku sih sampe skrg belum balik-balik kurusnya. haha... termasuk yang lemak badak nih. susah ngilanginnya. :P

sebetulnya concernnya bukan ke situ aja. tapi lebih ke kondisi rahim dan internal lainnya. tapi lega deh, kalau emang nggak begitu pengaruh. sempet ketakutan soalnya gosipnya bisa bikin tumor kalau ga minum jamu... ga betul kan yha??? amit-amit dah yha... *knock on wood*

copywriter. one with a social life

6

Topic: Love Your New Mama Body

heymai Gue ga minum jamu apa pun, emang ga suka sih. Tapi alhamdulillah bentuk badan baik2 aja. Kalo tentang tumor, malah baru denger. Mudah2an sih ga ya...

yang selalu kangen sama si pipi gembil

7

Topic: Love Your New Mama Body

otty, wahhh... nggak jamu juga yha? senangnyaaaa... *eh. musti seneng apa sedih sih yha?* lah pokoknya lega deh, berarti aku tak sendiri. haha...

copywriter. one with a social life

8

Topic: Love Your New Mama Body

heymai intinya sih gini.. yang minum jamu2an itu kan orang indonesia, or asia in general. sementara banyak orang2 di bagian dunia laen yang ga tau apa itu jamu2an. tapi bisa2 aja kan badannya balik seperti semula? karena sebenernya badan balik seperti semula itu gak dari jamu, tapi dari olahraga sih sebenernya.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

9

Topic: Love Your New Mama Body

slesta, baiklahhh... jadi makin yakin jadinya. hehe...

btw, jeung slesta ngga minum jamu kah?

copywriter. one with a social life

10

Topic: Love Your New Mama Body

heymai hihi gue sih kebetulan minum, soalnya dibawain ama nyokap & tante gue yang dateng ngejagain gue disini. tapi cuma 2bln doang kayaknya deh. setelah abis ya udah.. gak minum lagi. justru gue lebih dipermasalahkan itu gue gak pijit untuk naikin perut. setelah anak gue udah hampir setahun gue baru pijit, dan kata mbak2 yang pijit, rahim gue turun banget.. tapi masih bisa dibenerin dengan 3x pijit. walopun honestly, gue sih ga ngerasain bedanya.. tapi gapapa lah... toh enak dipijit heheh..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

11

Topic: Love Your New Mama Body

heymai, gw jg ga minum jamu, malah denger2info klo minum jamu pengaruh ke produksi ASI, cmiiw..
Tapi bkn krn alasan itu gw ga minum, krn malesss sama baunya, haha...

follow me @ulieeel

12

Topic: Love Your New Mama Body

Slesta
Beneran ya klo ngga dipijet rahimnya turun?waduh,Amira uda 3bln dan aku blm pernah dipijet sama sekali.memangnya efek dari rahim turun apa ya Mba shinta?

'love to watch Amira sleep'

13

Topic: Love Your New Mama Body

@slesta
bener dugaan gw. sempet nebak kalo slesta minum jamu, haha... btw, boleh pijit perut yha? kalau itu gw malah ngeri. dilarang abis2an sama obgyn. terutama pas gue cek lagi karena sempet kontraksi paska melahirkan... huhuhu...

oia, jeung slesta waktu itu minum jamu apa? boleh dishare tak?

@myallayna
nahhhh itu juga yang gw takutin. mempengaruhi ASInya itu lhooo... makanya ngga minum2 sampe sekarang *ngeles aja* :D tos!

copywriter. one with a social life

14

Topic: Love Your New Mama Body

tiwtiw itu sih katanyaa yaa.. dan katanya juga untuk dipijit itu kan jadi perutnya naek dan gampang untuk memulihkan kayak dulu lagi, dan perut gak jadi kayak "memble" ke bawah gitu loh. sebenernya kalo pijet memijit ini malah ada di dunia orang non-asian loh. nama kerennya postnatal massage, biasanya digabungin ama olahraga juga. makanya gue lebih percaya ama pijet daripada jamu hihi.. dan juga pijet2 itu supaya "ngebenerin" urat2nya.. supaya gak capek & ngeringkel. nah kalo ini sih gue ngerasa sih waktu abis dipijet jadi ga terlalu gampang capek. sakit2 pinggang gitu juga jadi ilang.

heymai wah malah dilarang? kenapa? lahirannya normal ato sesar? imo, massage itu kan sebenernya bagus, untuk memperlancar peredaran di tubuh kita. bikin kita seger juga loh. jadi penasaran alesan ga boleh ama obgyn nya waktu itu kenapa ya?

gue dulu cuma minum jamu paket nya ny. meneer kok. tapi juga gue minum jamu untuk produksi asi.. ini bikin sendiri, bikin jamu daun pepaya. paitnya.. ampuuunn deh!! tapi bagus untuk produksi asi .. trus ada beberapa jamu lagi buatan sendiri juga, kayak asem kunyit, yang bagus untuk meluruhkan darah yang ada di rahim, jadi basically untuk ngebersihin rahim gitu deh. trus apalagi yaa?? lupa apa aja. soalnya yang bikinin tante gue .. jadi gue tinggal minum.

gue bukan penggemar minum jamu, tapi gue lebih percaya obat2an herbal gitu daripada obat2an chemical. makanya gue jaraaang minum obat (even panadol) unless gue bener2 udah ga kuat.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

15

Topic: Love Your New Mama Body

soal pijat perut, pas di indo gue juga pernah tuh.
sakit ya bo...
nyokap gue justru ngelarang pijat perut, tapi gue nekat. kebetulan pembantu di rumah tante itu emang 'dukun urut bayi' tapi juga spesialis 'mengangkat rahim' halah serem amat bahasa gue :)..
dia cerita kalau rahim turun tuh, yang udah parah bisa ampe sakit.. malah bisa keluar (mungkin ini ambeien vagina yang pernah dibahas di thread soal ambeien?)
emang sih, abis itu rasanya enakan, pinggang dan punggung bawah gue yang suka pegel juga jadi mendingan.
kalau denegr cerita dia 'mengangkat rahim' suka takjub, habis pada kasus yang udah parah kayaknya heboh banget.
o ya, katanya sih pijet ini nggak cuma kalau abis ngelahirin aja. namanya cewek, pasti rahimnya suka turun. akibat dari angkat berat, stres, suka pake hak tinggi, bahakan ML.. hihi
ini katanya loh, gue sih sama kayak slesta, seneng aja dipijet...

16

Topic: Love Your New Mama Body

heymai - kebalikan nih, gue minum jamu (dibawain mertua), tapi badan malah ga balik seperti sebelum hamil, hihihi.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

17

Topic: Love Your New Mama Body

Slesta
sebenernya nyokap juga uda nyuruh dipijet dari abis aku melahirkan..tapi kok kyanya susaaaah bgt cari waktu senggang..hehehe..
Tapi mau diniatin ah klo memang banyak manfaatnya..
Thx mba Shinta

Fanny
Whaaat??rahimnya sampe keluar?alamak,serem bgt yah..wah,bener2 hrs diniatin pijet niy..

Heymai
Klo aku minumnya kunyit asem,beras kencur+jahe..memang dari dulu uda rutin minum ini..katanya bisa ngilangin pegel2 sama ngebersihin dari darah kotor..klo utk mengembalikan bentuk tubuh,mmm belum terbukti di aku..hahaha..
Oiya,memang nya ngga boleh pijet perut ya sama obgyn nya?sampe berapa lama?

'love to watch Amira sleep'

18

Topic: Love Your New Mama Body

kalo sesar boleh dipijit gak ya moms biar perutnya gak memble ? :D

19

Topic: Love Your New Mama Body

yooow....ibu ibu...
aku belum pernah dipijat pas bagian perut sih, tapi kalo badan yang lain udah beberapa kali.biasanya 2 minggu sekali, atau kalo lagi capek banget hampir tiap hari (kaki doang yang dipijit) biar nggak kaku uratnya. Ngomong2 tentang rahim yang turun, kalo di sini nyebutnya 'cancer'.well,,ga tau ejaannya bener apa salah tapi gitu lah umumnya.
'cancer' ini adalah suatu kondisi dimana rahim keluar dari tempatnya.
(na'udzubillah) Aku pernah liat ibu2 mandi di sungai (sorry, dia aja yang mandi sembarangan bisa diliat orang) dan ada "sesuatu" yang menggelantung di antara selakangannya dan temenku yang tetangganya ibu tersebut bilang kalau itu rahimnya keluar,,,,,,, (ngeriiiiiii.... >,< )
Dan ngomong2 tt cancer ini lagi, mamaku selalu ngingatin untuk nggak ngangkat barang2 berat..soalnya aku tiap hari 2 kali selalu ngankat bak madi Faiz dari kamar mandi (soale kamar mandi gaya outdoor alias atap bisa liat langit dan akses angin banyak ga pas buat bayi.jauh lagi dari kamarku)ke dalam rumah.Lhaaa semua sibuk sih,,,,,males aja gangguin orang rumah yg lagi sibuk sendiri2 buat ngangkat air.
Jadinya yaah tetap ngangkat sendiri...moga2 aja nggak ampe cancer itu,,

heymai, aku juga nggak minum jamu, katanya bisa pengaruh asi,padahal udah dibeliin juga. Tapi badanku kembali langsing kecuali perut agak buncit dikiit. :p

Jika kita sebut diri ini FULL TIME MOM, sudahkah anak-anak kita benar-benar merasakan bahwa kita ADA untuk mereka?

20

Topic: Love Your New Mama Body

Heeekkk, kok gue ngeri ya denger ceritanya bundanegara soal rahim yang keluar :|

Gue dulu abis melahirkan juga ngga langsung pijet perut sih karena awalnya ngeri, tapi lama2 gue beranikan diri pijet sama udah bener2 pasti dan sering (rekomendasi keluarga) jadilah gue pijet perut, dan katanya doi perut gue turunnya parah waktu itu. FYI, gue ini rada tomboy dan sangat sering ngangkat yang berat2, kaya tangan kiri bayi, tapi masih sanggup gotong yang lain2 di pundak, yang katanya ini sangat ngga boleh, tapi abis gimana kebiasaan dari dulu, dan ngga mau manja, huhhuuh.

Pokoknya katanya dia sih, perut sekitar pinggul itu coba di iket atau diganjel pake apa gitu kalo lagi bawa2 berat atau kalo dirumah aja, biar bisa nahan perutnya, tapi sampe sekarang belum nemu yang bisa buat ngiket2 :/

Rock 'n Roll Momma

21

Topic: Love Your New Mama Body

theovilla - boleh, tapi diatas 4 bulan sesudah lahiran. luka dalemnya mesti nutup dulu baru boleh dipijit...

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

22

Topic: Love Your New Mama Body

djemima wrote:
sampe sekarang belum nemu yang bisa buat ngiket2 :/


pakai stagen yang dililit2 itu bisa kok, tapi ya harus telaten..panjangnya macem2, ada yang 3 meter, 5m, 10, sampe 15m.
tapi pake yang 3 m udah cukup kok

Jika kita sebut diri ini FULL TIME MOM, sudahkah anak-anak kita benar-benar merasakan bahwa kita ADA untuk mereka?

23

Topic: Love Your New Mama Body

djemima, aku dulu dikasih elastic band waktu abis ngelahirin sama midwive di inggris, coba google aja, post partum girdle belt.

Kalo di inggris sini, ibu2 abis melahirkan 'dianjurkan' (agak maksa) utk pelvic floor exercise, kalo ke doctor pasti ditanyain, terus juga pas anak 12minggu, mesti cek ke physiotherapist. Latihan pelvic floor itu gampang kok, anggep otot perut itu seperti nutup resleting, bisa ditahan cepat dan lepas tiap napas, bisa tahan sampai 10 hitungan. Aku rekomen deh, lakukan terus, perut cepat kembali spt semula, dan bagus pula utk ML.

Kalo aku, pas anak sekitar 1 thnan, aku olahraga, pilates, body balance dan yoga. Di jamin, badan balik semula malah mungkin bisa bikin 4 packs hehe.. Temenku yg anaknya udah umur 7 dan 4 thn-an, dia pikir udah gak bakalan balik, udah diet macam2. Akhirnya ikutan aku olahraga ketiga olahraga tsb, sekarang udah balik ke tubuh waktu masih gadis, sampe dia mesti ngubek2 gudangnya cari baju2 lamanya yg hampir dia buang. (kok, ini kayak orang jualan sih.... )

24

Topic: Love Your New Mama Body

bundanegara Wah, kalo stagen2an ngga kuat deh waktunya, ngga setelaten itu :(

Indie Wah thanks, ntar di google deh. Selama ini sih nyoba pake belt yang karet aja paling, tapi tetep aja ngga bisa stay di daerah pinggul, selalu naik lagi ke perut. Atau adakah celananya? Hhhhmmm,

Rock 'n Roll Momma

25

Topic: Love Your New Mama Body

waw, gw ga ada pijet2 perut gt stl melahirkan, mana pernah ngangkat puncher yg seberat2 dosa lg abis balik ngantor (4bln stl lahiran), moga2 gpp deh *crossing fingers*

tp emang pelvic floor exercise itu jg gw disuruh latihan sama obgyn gw, ktnya lakuin 10x ulangan, 3x sehari biar pas tua gak kendor ototnya, biar masih bisa nahan pipis gt. Kl masalah perut sih tetep lah harus olahraga, gabisa engga, heehe

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)