1

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

nyanya - kali aku dulu bawa piring, sendok & garpu kesayangannya. dan makanan instan (hihihi, ga nolong ya?), just in case makanan di tempat tujuan ga pas buat aina. tapi ternyata waktu itu sih ok2 aja tuh... kebanyakan makan buah sih.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

2

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Hihihhi akhirnya diupload sama Sidta penampakannya..
Iya mak Va' pakai itu...oya kalau mau bayangin besar nya...kayanya gambar diatas itu perbandinganny 1:1 kok :P

Falling In Love with My baby ^^

@pnkmomma84
The Pinkypolka

3

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

PiNkmomma
Kmrn lgsg nyari, tp mlh ktnya beli hrs satu pak isi sepuluh seharga 135 saja... Klo bl online ada yg tahukah di mana lapaknya? PM aku ya?
Eh, ato di lapakmu ada Pink?

4

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

mama,
sebetulnya penggunaan baby safe feeder di BLW sih ngga perlu. karena justru biar anak belajar megang makanannya. jadi tau teksturnya seperti apa. bentuknya gimana...

tapi terserah mama ya kalo mau pake :) kalo kesedak gitu, gpp kok :) justru biar baby-nya belajar. lama2 juga ngga.
HTH :)

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

5

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

ninit
Ini yang diomongin soft cup feeder buat minum, Teh... Bukan baby safe feeder. Memang aku perhatiin Corby cuma 2 hari aja kyk kesedak pas awal2 makan. Tapi klo makan yg rada alus, biasanya malah kaget krn langsung bisa ketelen, misal pas iseng nyuapin bubur ayam. Adakah pengalaman yang sama kyk gt mamas?

6

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

emak corby,
krn thread BLW, tadi kok mikirnya ke baby safe feeder pas baca pertanyaan piyut.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

7

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Aku tertarik banget nih BLW, duh jadi ga sabar nunggu 1,5 bln lagi. Sori klo OOT, dari yg aku baca, kan baby nya hrs udah bisa duduk tegak dulu. Usia berapa sih baby boleh diajarin duduk atau ditaro di bumbo seat?

Sebastian's Mom

8

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

crey, iyah licin pula..padahal kulit alpukatnya nggak dibuang, jadi copot terus dari genggaman
Emak Corby, makasih ^^ ni mau belajar pake sedotan :) . Iya ka, pake baby cup feeder itu bisa kok :) .
Tapi lebih mahal dari doidy yaaah kalo harus beli 3 gitu.
Imelda, hihi thanks tante..beratnya 9,3 kilo ituhh :)

Jika kita sebut diri ini FULL TIME MOM, sudahkah anak-anak kita benar-benar merasakan bahwa kita ADA untuk mereka?

9

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Teh Ninit, hehehehe aku berencana beli baby safe feeder hasil "kompromi" sama keluarga ku Teh..

Karena aku pengen ngajarin Va' belejar mam sendiri,tapi kan mmg resiko nya keselak (yg pasti bakal langsung diberhentiin sama keluargaku and biasanya kalau udah gt akhirannya engga enak)..so daripada marah2an melulu...aku kepikiran mix antara BLW,spoonfeed,and pakai alat bantu gitu

Jadi full spoonfeed biasanya kalau eyang nya yg nyuapin, BLW untuk cemilan siang pas lagi mam sama aku...campur spoonfeed and blw pas mam sore (jadi sambil aku suapin sebagian maemanny aku taruh di tray biar anaknya ambil sendiri)

Ternyata cara ini berhasil..aku bisa ngajarin Va' mam sendiri tanpa harus adu urat sama orang rumah..

Nah aku pengen beli baby safe feeder untuk memuaskan keluarga yg engga sehari2 tinggal sama kita,jadi kalau lg pada bertamu atau lg pergi bareng kan suka pada cerewet tu..dari pada bikin acara keluarga jd ga enak,aku berencana pakai alat ini kalau keluar...jd mereka jg ga usah liat Va' keselak2 n jd komentar atau ngelarang2 macem2 (secara aku jg sering males nyuapin kalau lg jalan keluar,Va' jg biasanya kalau lg mam keluar tau kalau itu "rekreasi" jd pengen ny mam sendiri sambil dengerin orang ngobrol..nah acara mam sambil ngobrol ini biasanya sering bikin dia keselak krn sambil mam sambil liat2 sekeliling ny jd ga konsen sm makananny)

Hehhehe yg penting mam dengan hati senang kan ya :)
Anaknya senang,mama nya senang krn tetep bisa BLW walau ga full,n orang2 yg ngeliat juga ga usil buat komentar yg ngerusak suasana :P
(hihihi mungkin mama2 yg situasi nya sama kaya aku jg bisa pakai cara ini...)

CNAP..hihiihi bisa kok beli 1..btw emak corby sudah jadi belikah?

Falling In Love with My baby ^^

@pnkmomma84
The Pinkypolka

10

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Mamas,

2 minggu sudah Ikram mencoba BLW, masih sedikit yang masuk. Emaknya takut kekurangan nutrisi anaknya.. jadi mo campur ajah sepertinya...
Sharing donk mamas yang full blw, gimana melatih kesabaran dan banyak nggak yamg masuk...

eniwei.. ini hasil blw an :
Kabocha dihancurin...;(
http://farm2.static.flickr.com/1400/5156389679_8573fb6895.jpg

Kentang, cuma diisep..;(
http://farm2.static.flickr.com/1050/5157012772_94af9f920b.jpg

Susy Yulia

Mom of 3 boys : Ikram, Akhtar, Fayyadh

11

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

akhirnya selesai membaca..panjaannnggg T_T
BLW ini memang masih pro kontra yah mam, karena memang menyangkut pencernaan bayi kita...dan masih di tahap 'beta' istilahnya, tapi ada alat2 yg saya pikir justru penting bgt utk MPASI BLW ini, cup feeder medela dan baby safe feeder...JUSTRU dua alat ini yang sangat penting dalam metode BLW ini, jadi membuat bayi itu dilatih untuk mandiri. Kalau baby safe feeder ini gunanya tidak hanya untuk kemandirian anak makan, tapi juga k.e.a.m.a.n.a.n,,,hati2 dgn kemampuan baru anak yg baru dari refleks menghisap (dari minum ASI) ke refleks mengunyah...pernah ada yg posting di milis asiforbaby, kecelakaan yg paling sering dialami bayi adalah jatuh dari kasur dan tersedak...keduanya tidak boleh dianggap sepele, hnya krn mama yg pede bgt kalo sgala sesuatu itu fine dan nanti juga belajar sendiri anaknya...wwhhuuaa..iya, kalau yg mengajar makan itu mamanya sndiri, kalau suster atau asisten yg tingkat kehati2annya tidak seperti ortunya, bisa bahaya..wong temenku ada kok yg mamanya sendiri kasih agar2 jely dgn metode BLW, dan anaknya tersedak sampai biru dan dilarikan ke RS di Bandung...dokter cuma geleng2 kepala, malah kasihtau/memperkenalkan BSF original ke ibunya..(info aja udah bnyk teething feeder yg cina punya, lbh baik ga usah de, demi anak mending yg original aja, lupa kalo ga Amrik, Inggris yaah????)...tragic bgt de! kalo ini mamanya memang blm tau alat BSF, nah kalo kita2 yg sudah tau malah ga menggunakan, waallaahh...apalagi yg full BLW!
Kalau cup feeder itu juga mengajarkan anak untuk mandiri minum tanpa melewati fase dot/botol...menurut dokter anakku, semakin anak itu besar semakin sulit lepas dari botol...perlu waktu dan ketelatenan buat melepasnya...hehe...termasuk juga pengalamanku dgn anakku ini...hihi...

12

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

oh iya, lupa tanya ke mamas, kapan yah bisa ngajarin pakai sedotan? en gimana caranya?

13

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

pusparin45 - setau gue, justru di metoda BLW itu malah sebaiknya ga usah pake alat2 seperti baby safe feeder dll, karena itu malah ga sesuai ama dasar dari metodanya. jadi ga perlu pake alat2 kayak gitu (tp kalo mo pake ya jatuh ke pilihan masing2 lah). tapi pilihan makanan yang diberi ke anak itu yang penting: soft cooked food, untuk introduction.

FYI moms: bener bgt kata pusparin45... jangan kasih agar2 jelly (yang licin itu) ke bayi ya... bahaya banget! kita yang udah gede aja susah untuk pegang pake tangan karena licin, apa lagi anak kecil.

oh, trus buat pake sedotan... kalo gue sih dulu pake cangkir pigeon yang ada sedotannya. sedotannya ini lubangnya kecil, jadi kalo diisep keluarnya ga terlalu banyak. kalo udah jago pake yang ini, baru pindah ke sedotan biasa.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

14

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

pinkmomma,
hahaha... yaa gpp kok :) kan there's always a different story in every parenting style.
alhamdulillah keluarga ga protes dgn BLW ini jadi aman2 aja :) tapi ya betul kalo ada anggota keluarga lain yg kurang sreg dgn BLW ini sebaiknya dicari jalan tengah.

susy yulia,
kalo BLW memang gitu :) awalnya pasti dikit banget yang masuk dan ga apa2 sih sebenernya. kan dibawah 1 tahun masih merupakan proses eksplorasi thdp makanan. jadi dont worry ;)

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

15

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

@teh ninit
Iya, bener sih ya kalo dibawah 1 thn masih proses explorasi... cuma kadang lingkungan and kita sendiri kadang takut disalahin anaknya kurang gizi..;-)
Okay, jadi semangat lagi blw nya..
Mo liburan seminggu ini Insya Allah mo nyobain blw tiap hari.. Mudah2an ada kemajuan...
Gimana perkembangan Arza yang full blw teh? Diatas sethn dah pinter makan sendiri yaa... Sharing donk teh..

makasih...

Susy Yulia

Mom of 3 boys : Ikram, Akhtar, Fayyadh

16

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Wah, untung baca trit ini dulu sebelum bikin agar2 plain. Thanks mamas infonya.

pusparin45
Sama kyk yg thalia bilang, kalau menggunakan metode BLW memang babysafefeeder itu ga perlu. Tujuan BLW itu bukan ngajarin anak makan sendiri aja, tp jg memperkenalkan makanan berdasarkan tekstur aslinya (bkn puree ato bubur). Klo pake BSF kan brarti bayi ga megang langsung.

Memang metode BLW ini msh prokontra, LLL malah sekilas aku baca ga setuju dgn metode ini. Menurut mereka BLW memaksakan anak utk bisa makan sendiri pdhl scr umurnya blm sesuai. Tp, semua tergantung kita sbg ortu. Bukan berarti full BLW lbh bagus juga dibanding nyuapin. Seperti kt Teh ninit, there is always a different story in every parenting style (TUM abesss). Pengalaman PiNkmomma ttg BSF kan bisa dicontoh.

Sejauh ini pengalamanku menerapkan BLW oke2 aja, smoga terus begitu. Aminnn... Asal mematuhi rambu2nya, Insya Allah aman.

17

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Emak Corby,hihihihi kmrn aku bikinin Va' agar2 plain kuah apel..tp memang jatohnya disuapin bukan blw (sebenernya sempet kepikiran jg mau aku potong2 kecil dan ditaro di tray,untung ga jadi :P)

Yang di blw in kmrn macaroni ny.kan udh direbus sampai empuk,sama Va' diambil satu2,walau masih ada yg jatoh jg si pegangannya (ternyata bener ya mak...tangan masuk semua trus pas sdh sampai mulut baru dilepas,hahahaha aku ngeliatinny jd bingung apa kemakan tu makaroni kalau tangan segendut itu masuk mulut)

Falling In Love with My baby ^^

@pnkmomma84
The Pinkypolka

18

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

sbnrnya udah lama ngikutin thread ini... udah praktekin BLW ke baby raffa 7m..so far raffa oke2 aj BLW an ...wlupun kdg diseling spoon feeding krn desakan MIL :( nah para mamas senior klu utk baby 7m+ itu menu BLWnya aplgi ya?smuanya uda dicobain...apa sudah boleh dikasi nasi dr beras merah?*maap klu dah ada yg nanya...* abis SKS (sistem kebut sejam) bc 15 hal jd buyar nih...

My firsT - mY eVeryThin9[h]Raffa MUjaHid kEcilKu[/h]

19

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

patut dicoba besok ah....
kemarin seh udah nyobain sebentar doank, buat main2 gitu. Apel aku kukus, terus dikasih ke Mika. Ehhh sama dia cuma dipegang sebentar, abis itu ditaruh di tray hc nya, dan dia lebih seneng pegang mainan nya... :(

20

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

veen, udah boleh kok
buat panduan MP-ASI, aku print panduan dari wholesomebabyfood.com dan aku tempel di cubicle :D jadi kalo pulang kantor mau belanja kebutuhan buat MP-ASI, tinggal dilihat deh panduannya

HTH ya

selalu menunggu datangnya hari sabtu-minggu

21

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Hi moms,
Sepertinya sepi sekali thread BLW kitah ini. Apa sudah mulai pindah ke sebelah ya:)
So far, Ikram akhirnya mix juga. Dengan berbagai macam pertimbangan. Agak susah masuknya, emaknya ngga sabar, ngga bisa nemenin terus krn kerja. And nyokap masih ngga sreg dgn metoda ini.
Tapi akhirnya saya nyiasatinnya gini. Selalu nyiapin 2 makanan yg fingerfood and spoonfeed. Jadi malem or pagi dah nyiapin ngukus yg dipotong2 buat pegang dan buat pure. Sekali masak aja itu mah, simple. Trus yg bagian pegang2 taro di mangkok terpisah, nah yg pure bisa diancurin or blender, tp ngga perlu disaring. Yg penting agak lunak.
Pas ngasih makannya: kasih yg fingerfood dulu.. Biarin 10-15menit explore or kadang dimakan sendiri kok and abis:). Lanjutin dgn spoonfeed deh, dgn tetep ada yg dipegang. Jadi mommy happy tetep bisa BLW anaknya and mama (neneknya) happy tetep bisa nyuapin. And ???????????????? ?? ???? ???? makannya so far lancar jaya.. Apa aja yg dibuat, lancar masuknya. Yeei.. Jadinya ngga pake aturan 3 hr, tp moodnya bunda msk apa and persediaan kulkas. (Selain dikeluarga tdk ada turunan alergi juga). Skrg usahain lbh byk versi BLW and lepas dot.. Krn minum air putih ngga begitu suka and susah bgt pake doidy cup..:(

Susy Yulia

Mom of 3 boys : Ikram, Akhtar, Fayyadh

22

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

S0rry 00T banget nih. Mama Ikram, ati2 ama bibnya yg angka2 itu yah (inf0rma punya kan?). luntuuuuuuuur :(. jadi serem mau ngasih maem pake bib itu krn pernah ujug2 tangan ma mukanya Kira udah warna-warni aja :(. padahal kl bersihin cuma pake air l0h, nggak dicuci sabun atau apa2 :(.

~it's poyaya, darling. not popoya, popaya or even papaya~ ;)

23

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Alun ber-BLW ria dengan jagung manis. Ga tau kenapa dia maniak banget ama sayuran yang satu ini. Ga pernah ada kata nolak kalo dikasih jagung manis. Sayang makannya masih salah bukannya horizontal malah vertikal alias makan tongkolnya, xixixix

http://farm6.static.flickr.com/5087/5243448116_362123eb64.jpg

suapin ibu juga
http://farm6.static.flickr.com/5203/5243448118_fd1557ea30_m.jpg

Ibunya PUTRAMA ALUN TULODHO dan PUTRIKU LINTANG LELAKU.
Gemar musik rock namun tak pernah nonton konser live
https://imeldasutarno.wordpress.com/

24

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

imelda aiihhh alun lucuuuu bangeett!! heheh.. samaan nih kayak naia yang cintaaa banget makan jagung. gak bisa deh dia liat jagung begini, pasti minta walopun dia abis makan 2 piring! heheh.. sampe2 dulu kalo lagi GTM biar dia mau makan nasi ato sayurnya, pasti dipakein jagung, biar dia jadi mau makan. sayangnya semakin gede ya semakin pinter, jadi bisa nyendokin yang isinya emang jagung doang, nasinya gak! heheh..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

25

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Slesta : heheheh iyah bu. Kalo gw, hampir setiap hari slalu siapin jagung manis rebus dirumah. Buat back up kalau alun mogok makan nasi. dan sama kayak Naia, biar kata abis makan apapun, kalo disodorin jagung manis pasti langsung hajar bleehh ....hehe

Ibunya PUTRAMA ALUN TULODHO dan PUTRIKU LINTANG LELAKU.
Gemar musik rock namun tak pernah nonton konser live
https://imeldasutarno.wordpress.com/