1

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

Stlh aq posting disini,bbrp hr kemudian aq dpt ART,pulang pergi krn sdh pny suami. Dapetnya ya msh dr tetangga si bibik tmn nyokap itu,,bukan dr langit... Aq rada kesel ajah sm bibik yg nolong ini. Bibirnya comel sekalihhh dan kompor meleduk bgt. Dia crt kalo gajinya 500rb (di rmh tmn nyokap),pulangnya ya kalo kerjaannya uda beres (ga smp sore). Kalo di rumahku,,aq kan mintanya smp jam 3an. Dg asumsi,,aq mandi sore,,anak2 ada yg nungguin stlh itu dia pulang. Krn si bibir comel ini,,jd aq menggaji ART 600rb. Yg tnyt,,,,aq kemahalan. Krn tetangga dpn,,ARTnya pulang pergi jg,dikasih 400rb disuruh cuci mobil jg. Baiklah...
Kerjaan si mbak lumayan drpd lu manyun... Msh hrs dikasih tau,,msl pojok kamar jg hrs disapu,kalo ngepel jgn ky org lari,,bekas susu di lantai msh keliatan. Ngelap kaca cm bag luar,,yg dalem ga dilap,,kusen jg ga dilap. Kalo kerja gak sekalian... Awalnya aq mo curhat disini,,mohon bantuan cr kasih tau ke si mbak. Soalnya aq uda diwanti2 sm suami,,jgn tll cerewet,,jgn bawel,,jgn ksh pekerjaan yg lgs seabrek,,ntr si mbak ga betah,aq jg yg repot. Hmmmm,,pe er deh. Secara emak2 ga mungkin lah kalo ga cerewet. Akhirnya aq ksh tau dl soal nyapu dan ngepel ini,si mbak cm blg iya bu... Besoknya blm ada perubahan signifikan. Ngelap tv,,cm kaca aja,,belakang tv ga dilap. Pdhl,rumahku trmsk kecil. Dg cara kerja yg spt itu,hsl ga maksimal dan dia jd byk nganggur. Masak jg budeku. Kebetulan di rumah ada budeku yg bantuin slm aq blm ada pembantu. Jd pas ada si mbak,,budeku jg sk ksh nasihat ke dia. Bude jg ga brn byk ngomong,entar si mbak ga betah. Smp kamis sore,,budeku nyuruh dia pulang(msh jam 2) karena uda ga ada kerjaan dan si mbak jg (akhirnya) tiduran,bolak2 liatin jam. Mgk si mbak ga enak sm aq,,dia sms kalo pulang awal,disuruh sm budeku. Dia ngerasa budeku ga suka dia krn pekerjaannya krg rapi. Ya sudahlah sekalian aja aq blg mslh kerjaan dia bgm dan aq maunya dia kerja bgm. Aq blg jg,,kalo aq sdh menggaji dia,,aq cm maunya pekerjaan bagus dan bersih. Besoknya (jumat tgl 25),,sblm nyapu,dia ngelap semua. Dr kaca2,semua barang,sofa,dll stlh itu br nyapu dan ngepel. Menggembirakan sekali,,semua disapu,,brg2 yg bs digeser,,digeser dl spy bs disapu dan dipel. Yah pokoknya kmrn wokeh bgt deh. Mudah2an seterusnya begini. :)
Yg msh rada ganjel di aq adalah hr libur. Si mbak terkompori oleh si bibir comel,dia libur kalo minggu. Aq maunya si mbak minggu tetep masuk tp cm smp jam 12an ato kelar beberes rmh tnp setrika. Si mbak minta tiap minggu dia libur. Aq nego 2x liburnya di hr minggu. Dia setuju. Tnyt stlh bbrp hr dia kerja,aq mikir lg,kalo hr minggu dia libur,,mlh numpukin kerjaan di hr senin. Krn jemuran hr sabtu blm disetrika smp senin. Hr senin cuci baju lbh byk. Budeku jg ksh saran kalo sabtu&minggu kerjanya dibuat smp jam 12 aja. Jd dia tetep cuci baju dan bersihin rumah. Cuman aq blm blg ke mbak. Kira2 kalo aq berubah lg,,dia bakal menilai aq plin plan dan ga konsisten,ga yah? Mskpn kemungkinannya,,dia pasti nurutin aja. Need advice,please...

mummyhilya
Oya,mummyhilya di surabaya kan? Cr art yg ky apa? Sbnrnya aq ditawarin art sm tanteku yg di surabaya. Mantan art tanteku sih. Wkt itu mnt dicariin kerjaan sm tanteku krn tante sndr uda ga butuh art. Pas dihubungi tanteku lg,tnyt calon artnya ga bs kerja di jkt krn dia tinggal sm neneknya yg sendirian. Dia maunya kerja di sby aja. Orang madura,mantan tki,wkt itu mnt gajinya 500rb. Mau kah?

Garnetzhia and Ametysha are my little angels

2

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

Walah, baca-baca kisah soal ART dan babysitter para mommies di sini bikin hati terganjal juga nih, huhu *weleh...*

Aku lagi agak gimanaaa gitu. Lagi bingung soal ART. Aku udah ada ART, umurnya 45 taun; dapet dari ART tetangganya tante. Kebetulan mereka masih famili. Dia udah punya dua cucu dan suaminya kerja di kampung.

Sebenernya pekerjaan dia bagus, dan lumayan bisa masak. Cuma aku pribadi kurang sreg sama ni mbak soalnya pembawaannya :( Agak-agak ngelunjak gitu. Salah satunya itu waktu suamiku bantu nyiapin perlengkapan buat mandi bayi - Wira (saat ini 1m9d) - kebetulan suami lupa nyiapin bangku buat aku duduk mandiin Wira, yang sebenernya kan WAJAR banget. Waktu aku udah gendong Wira, aku nanya, "wah, bangkunya mana nih?" Terus suamiku sambil ketawa ngomong, "oh iya, lupa! Maaf ya!" Ya aku juga ketawa-ketawa aja, soalnya ya emang ga ada masalah. Pas itu aku denger ART-ku nyeletuk, "huuu! Gitu aja bisa lupa!"

Pas itu, level spanengku naik. Lha, aku sendiri asik-asik aja, siapa ini berani-beraninya nge-"huuuu"-in suamiku?! Tapi pas itu aku ga ngebahas, jadi aku diem aja.

Nah, ada satu kejadian yang bikin aku marah banget, dan buat aku ini kaya udah puncaknya. Jadi waktu Wira masih 2-3 minggu, aku bawa dia ke RS. Sebenernya aku yang kontrol dokter setelah persalinan dan aku pribadi masih bisa handle si Wira sendiri, toh selama ini urusan bayi aku yang pegang 100%; si mbak bilang dia pengen ikut. Yowes, ikutlah dia.

Waktu nunggu, kebetulan suami lagi gendong Wira. Karena udah lama dan tangannya pegel, suami ngasih Wira ke si mbak ini. Waktu liat si mbak ngegendong Wira, aku udah ngerasa gimanaaaa gitu. Cara ngegendongnya itu bikin waswas deh. Badannya Wira ngadep ke luar, jadi aku takut liatnya. Beberapa menit berikutnya, aku bilang ke si mbak, "yu', saya mau gendong Wira."

Si mbak malah menggeleng sambil cengengesan dan bilang, "nggak boleh."

Hal itu kejadian beberapa kali sampe aku meminta dengan nada memohon, "tolong kasih ke saya, yu'. Itu anak saya." Dan aku minta seperti itu sampe beberapa kali. Dan si ART masih aja ga mau. Aku bilang berkali-kali, "itu anak saya, yu'. Itu anak saya." Sampe nada suaraku meninggi. Aku mikir, kalo aku perlu ngebentak si mbak di ruang tunggu pas itu, aku lakukan deh. Suamiku juga sampe bilang, "kasih Wira ke ibunya, yu'." Baru lah dikasih ke aku.

Aku maraaaaaaaaaaaah banget pas itu. Sampe sekarang pun masih kesal. Aku ga ngerti, dia itu maunya apa. Bercanda? Kok keterlaluan ya, buatku? Mungkin aku yang terlalu serius, tapi buatku itu sangat keterlaluan 'bercanda' soal anak seperti itu ke ibunya. Ini buatku udah terlepas dari hubungan ART-majikan. Ini soal perasaan si ibu. Dan buatku, dia udah keterlaluan. Aku sampe mikir pas itu, "lebih jauh dari ini, gw bisa teriak "MALING ANAK!" ke lu, tau ga?!"

Nggak habis pikir. Pada bilang, "tenang aja, dia udah punya cucu kok..." dan si ART juga bilang, "saya udah punya dua cucu kok, bu..." Ga jadi jaminan dia bakal bisa berpikir waras untuk ga usah becanda ga penting seperti itu :|

Sejak itu aku selalu parno kalo ada si mbak deket-deket Wira. Biarin deh Wira kubawa kemana-mana. Kalo mau mandi, Wira kutinggal di kamarku. Selama ini Wira tenang. Paling nangis merengek sedikit kalo udah terlalu lama, tapi itu jarang banget. Aku jadi ga mau ninggalin Wira sendiri di rumah sama si mbak ini dan aku juga jadi males kalo ngajak si mbak pergi ke luar. Ogah deh aku liat Wira digendong sama si mbak ini :( Mungkin aku yang kelewat parno ya, tapi aku udah kadung kesel dan khawatir.

Sekarang ini aku lagi bingung. Pengennya September ini aku balik kerja ngajar, tapi aku bener-bener masih ragu. Suami nyaranin, apa perlu nanny/babysitter, tapi aku secara pribadi ga pernah ngerasa nyaman ninggalin anak di rumah sama orang asing. Apalagi bayi. Aku sebagai ibunya Wira aja kadang suka kepaksa narik nafas dalam-dalam kalo Wira mulai rewel, apalagi orang lain. Mana ada temen punya babysitter ternyata si babysitter kasar sama anaknya :( Kepikiran apa mungkin titipin Wira di daycare ya...? Minimal para stafnya itu profesional.

Suami dan aku juga lagi mikir-mikir apa ngelanjutin si mbak ini sama kita atau nggak. Aku sampe ngomong ke suami, "kalo aku memang harus bangun jam 3 pagi buat ngepel rumah, demi Allah aku jalanin" kalo-kalo akhirnya kita mutusin ga pake ART; dan sebelum Wira lahir, aku dan suami emang ga pake ART dan kita berdua sama-sama kerja (aku belum cuti pas itu.)

Huhu, jadi panjang ya curhatnya, moms. Jadi aku masih mikir-mikir nih, perlu ada ART ga ya, huhu.

Daily Journey - Life, Parenthood, Daily Antics

3

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

kappachan *hugs* btw, sekarang Wira umurnya berapa?

just to share yaa.. biasanya emang kalo ibu2 baru punya anak, tendency untuk selalu susaaah pisah sama anaknya. that's what make you a good mom! maternal instictnya keluar banget. tau kan cerita ttg ibu singa yang bakal galak abis kalo ada yang ganggu anaknya.. well, that also applies to us, humans. gue juga waktu dulu baru punya anak, semuanya MESTI ngerjain sendiri. sama persis deh.. gak rela gitu ada yang gendong, atau ngurus anak gue. tapi karena gue kerja, ya akhirnya mau gak mau, walopun tetep urusan anak dari sebelom ngantor dan pas gue udah balik ke rumah, harus gue yang megang (sampe mandi pun mesti nunggu gue pulang kantor hihih). jadi yang elo rasain itu normal banget untuk gak rela Wira dipegang orang lain, apalagi kalo elo udah gak sreg sama orangnya.

mungkin pelan2 belajar mencari dan percaya sama orang lain untuk ngurus Wira, emang gak gampang, tapi again, mother's instict is the best. kalo instict lo yakin ama orang yang bakal lo titipin anak lo, mudah2an harusnya gak kenapa2 kok. inget2 aja, in the long run, sebenernya bagus juga buat anak lo untuk gak terlalu attach sama mamanya terus menerus, imo, bikin anak jadi lebih mandiri. we, as their moms, also need to learn how to let go.

karena gue sendiri berasa sama anak gue yagn pertama, karena saking attached nya ama gue, apa2 mesti sama gue. sampe sekarang pun kalo tidur, mestiii sama gue, padahal umurnya udah 4thn dan udah punya adek. dan karena udah ada adeknya ini, jadinya gue agak kewalahan untuk detached sama anak pertama, jadinya adeknya terpaksa ngalah untuk gak terlalu gue urusin deh (maksudnya gue jadi lebih relax untuk ngasih ke BS untuk mandiin si adek, gak kayak waktu anak pertama dulu)

mungkin kalo pun mau ada ART, bisa yang balik hari gitu, jadi hanya urus keperluan rumah dan megang anak kalo perlu aja. itu juga kalo elo sreg dia megang Wira pas elo lagi melakukan kegiatan lain kayak mandi, makan, etc.

sorry ga bantu banyak, tapi mudah2an bisa ngeliat dari sisi long run yah..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

4

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

Mom sLesTa - Hari ini Wira tepat 40 hari, mom :) 1 bulan 10 hari, kira-kira.

Trims sekali buat inputnya, mom. Emang aku harus mulai belajar percaya sama orang sih ya, huhu. Dan emang supaya anak ga terlalu nempel ke kita ya. Ibaratnya, tough love yah :)

Daily Journey - Life, Parenthood, Daily Antics

5

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

kappachan aku ngerasaaiin bangett jadi kamu...awal2 ngelahirin takuuuutt banget kalo Marsha (8w) dipegang org lain kecuali ibuku.. aku lahiran si mbak dateng.. aku udh booking mbak dari sebelum lahiran,kebtulan dia mbaknya tetanggaku ud 8th ikut mereka..tapi karena anaknya udah gede2 jadi dia bosan katany lebih senang urus bayi.. mbak umurnya udah 40thn,punya suami tapi ga punya anak.. namanya baru punya anak yaaa,, si mbak bahkan ga pernah gendong anakku sampe sekitar 2 minggu dirumahku.. mungkin dia ngerasa ga enak juga sehari2 cuma beres2 rumah sama masak..sampe akhirnya aku sakit krn kecapean,marsha belom teratur jadwal tidurnya yg tiap jam 1 atau jam 3 pasti bangun sampe pagi.. sampe bergantian aku sama ibu sakit kcapean.. mulai deh mbak boleh pegang marsha.. thanks god mbak telaten banget, ga merem sedikitpun kalo jaga marsha.. krn tiap hr begadang selama aku sakit dan siangnya dia ga pernah tidur lama.. mbak emang top banget buat urus marsha,, bahkan marsha ud bs toilet training dari 5bulan,banyak peran mbak mbantu aku jaga marsha..

kendalanya adalah untuk urusan bersih2 rumah,mbak ni bener2 deh kalo ada barang tergeletak di meja hr ini mpe taun depan juga ga bakal pindah tempat kalo ga disuruh hehehehe.. bersih2 jg alakadarnya walaupuns setiap hari jg masak dan masakannya enak.. tapi kalo urusan bersih2 hadeehh cape ngasih taunya.. suamiku orgnya bersihan banget jadi kadang malah qt yg bantu rapih2.. pertimbangannya cuma 1 buat jaga marsha,walaupun buat pasaran di perumahannku gajinya kemahalan.. mbak sehari2 kerjanya cuma jaga marsha,sapu,pel masak,setrika,, cuci baju aku pake mesin yg aku bersihin dulu tu baju mbak tinggal jemur.. clodi marsha jg aku yg cuci.. kamar mandi aku/suami yg bersihi..udah bosen ngingetin mbak soal bersih2..

6

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

Mau ikutan curhat aahhh... (eh, boleh kan curhat?)
Emang ya kalo urusan ART ini paling TOP BGT deh... Kalo kita bikin hashtag di Twitter, pasti bisa jadi trending topic worldwide deh... #ART :D
Aku punya ART kurang lebih udh 8 bulan, secara kerjaan rumah dan beberes mah udh pasti kurang memuaskan. Tapi aku butuh dia lebih untuk jaga Raf (anak ku yg ke-2).Akhir2 ini aku emang liat dia sikapnya jadi berubah. Awalnya dia jarang mainan HP (which is mainan HP ini selalu jadi issue utk aku), sekarang2 ini udh lebih sering. Awal2 dia lebih mau ngerjain hal2 seperti ngerapihin rumput dihalamanm sekarang hampir ga pernah.

Kayaknya ini terjadi karena aku yg terlalu bikin dia enak. ART ku yg sekarang ini menurut ku adalah satu2nya ART yg ga pernah aku tegur secara keras. Selalu aku tahan2 kalau aku emosi. Tp kok kayaknya jadi keenakan yah... Sekarang dia lagi Pulkam dgn alasan sepupunya ada yg nikah. Izin ke aku dan suami cuma 4 hari dan janji hari ini balik. Hari ini aku tanya via sms kok belum balik jawabnya ga sopan menurut aku. Me: "Tin, kapan balik ke Jakarta?" . ART: "Bu Tinah ga jadi hari ini nanti aja". Me (balas sms lg): Kenapa? Jadi kapan kamu balik? . ART: "Nanti lagian Tinah jg lagi sakit sekarang".
Haaaaaaah? moso' dia jawab kayak gitu. Abis itu aku ga SMS lagi. Gimana menurut mama yg lain? Menurut mama ART ku akan balik ga yah? Aku dilema niy, pengen cari yg lain, takutnya dia balilk, kalo ga cari kok kayaknya aku digantung gini yah...

FYI, ini yang ART ku dpt:
- Gaji per pokok per bulan Rp 600.000,-
- Uang jajan per minggu Rp 25.000,-
- Cuti perbulan 1 hari. Bisa diambil maksimal 3 bulan. Bisa diakumulasi jadi 3 hari. Lewat 3 bulan aku bayar pakai uang @ Rp 25.000,- Jadi 3 bulan Rp 75.000,-
- Kebutuhannya dia aku beliin semua, mulai dari sabun mandi, shampoo, odol, pelembab muka, sabun muka sampai dengan pembalut.
- THR 1 bulan gaji
- Bonus tahunan kalo nanti dia sampai 1 tahun

Thank you mamaaaa...

7

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

@fikagunawan mamas, biasanya klo ud gt, ART ga balik lg, atw justru kode buat minta gaji naik. btw mamas baik bgt ya sm ART, kebutuhannya komplit smwa bo! untung ART ku ga kenal TUM. :)

8

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

Semenjak dari menikah, 7 tahun yll, saya punya ART pas habis melahirkan anak pertama saya, sudah tua dan berdua dgn keponakannya, si bik tinah ini, punya suami, usianya jauh dibawah dia, brondong istilahnya, waktu saya tanya, kenal dimana, katanya dulu dia jualan di warung, dan si mas ini suka beli nasi di wartegnya. Awal2 sih, suami mudanya ini, suka datang, sekali-sekali, saya ngebolehin lah, namanya suami si bibik, tapi lama2.. nginep dan pulang pagi2.. ngga bilang2.. ke tempat dia jualan, katanya jualan bunga di pasar tanjung priok, makin kemari, kok ngga pulang2.. nginep trus di rumah saya...lalu saya tanya dong..'kok ngga jualan2?" kata dia, 'jualannya skr sepi bu" .. tapi kok ya.. enak aja, tidur di rumah orang, tanpa permisi, tanpa bilang2 ijin sama yg punya,mentang2, bininya kerja di tempat saya.

Trus, keponakan bibik tinah berhenti, dan saya cari lagi penggantinya,dapat dari beda kampung, pas pulang lebaran, saya telpon ke si Tari, kapan mau balik.. eh.. dia bilang.. saya ngga balik bu.. saya sih cocok sama bapak dan ibu, tapi... saya takut sama bik tinah dan suaminya, soalnya waktu ibu dan bapak pergi, mereka ribut sampai bawa2 pisau gitu, kejar2an di rumah ibu.. dan si adek ( yang waktu itu usianya baru 6 bulan), nangis2 di kamar, ditinggal sama bibi yang nangis2 karena berantem sama suaminya... dada saya langsung panas.. berdebar.. gondok ga karu2an... gileee yeeee.. udah si suami tinggal di rumah, makan gratis, numpang gratis... masih bisa2nya bikin kekacauan di rumah orang? Ga pake ba bi bu lagi, saya langsung telpon bik tinah ke kampungnya, minta dia ngga usah balik lagi, ngeri banget ngga sih? kalau sampai anak saya kenapa2.. aduuuh.. Allah maha sayang.. sebelum kejadian yang aneh2.. pas banget saya dikasih waktu yg pas untuk berhentiin dia, pas si bibik ada di kampung.

Setelah itu dapat orang baru, dapat dari penyalur, kebetulan tetangga pakai si penyalur ini.. sudah usia 40 an, ngga punya suami, dan punya empat anak, alhamdulilah bertahan sampai sekarang, mau tahun ke empat, tapi ya itu, temennya ganti2 terus.. sudah 3 kali, yang sekarang ini temennya ya. anaknya sendiri, pas tahun lalu lulus smp, lgs mau ikut kerja, kebetulan...jadi deh.. ibu dan anak kerja berdua di rumah saya.. dan sudah berjalan hampir satu tahun si anaknya.

Semoga bisa awet.. yaah.. walaupun ada aja kekurangannya, tapi betterlah...yang penting, dia jujur, dan sayang sama anak2 saya.
Saya gaji ART saya, yg sudah kerja hampir 4 tahun, masih 550 rb, anaknya 400 rb, kadang2 saya kasih uang jajan kalo weekend, tp ga setiap weekend, semau saya aja, kadang2 juga beliin baju, itupun kalo lagi ada rejeki, kalao jalan2.. suka saya ajak juga, kan sekalian jagain anak2 saya yang masih 6 th, dan 4 th, trus sayanya belanja deh...

O iya, kelupaan, ada satu ART saya yg unik, namanya Ros.. dia senang banget nulis2.. lemari baju di kamarnya ditulis2.. trus tembok di kamar dia.. dan diluar kamar, trus, saya nemu juga ada tulisan di tembok di luar kamar saya, isinya: RUMAH INI ADA ORANGNYA, TOLONG JANGAN DISITA"... pakai spidol hitam... waaaaalaalaah..... saya panggil dia, dan minta di bersihkan sampai hilang... iseng banget ya? hehehe...pernah juga stiker2 yang tulisannya "Sedot WC" ada di pagar, diambilin dan ditempel di belakang kaca mobil saya...hehehe... saya tanya, " ini siapa yg nempel?' kata si Ros.." saya bu".. aduuh.. ini anak.. kok stiker sedot wc ditempel di mobil orang..hehehe...
ada2 aja deh...

Love you my fam, today, tomorrow and forever :)
Be a better person and giving as much as possible

Mama Alifa dan Dammar ( www.adiseko.wordpress.com)

9

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

Kira Kara
mbak wid, kalo boleh tahu brapa gajinya ARTmu?

mau minta pertimbangan juga sih, ART ku ini kerja dari jam 8-14 [pulang hari alias gak nginep]. tugasnya nyuci, setrika, beberes, nyuapin wiksa [sarapan+makan siang- malemnya aku]. kerjaannya sih mayan cepet, tp kurang inisiatif, jd hrs dikasi tau dl ini itu. dia pun gak masak, smua makanan handle by my fam. kira-kira..brapakah gaji yg layak utknya ya mom??

ibunya wiksa :)

10

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

adisanita..weleeeh cerita ttg ARTnya bikin geleng-geleng kepala sampai senyum2 sendiri. Ada-ada saja ya tingkah polahnya.

Untung suami si Bik Tinah itu sdh pergi ya. Kalau aku, sejak punya anak yang kebetulan dua-duanya laki-laki, paling takut rumah kedatangan laki2 dewasa yang bukan dari saudara dekat dan bermaksud ingin menginap di rumah dlm waktu > 1 malam. Kebanyakan denger isu penyebab homoseksual dari tv, dari baca majalah, dan dari baca di internet kali ya? :P. Soalnya nggak sedikit yg menyebutkan mereka jadi begitu (maho) krn waktu kecilnya mengalami tindakan asusila oleh laki2, yg justru kebanyakan datang dari lingkungan terdekat. Intinya takut anakku diapa-apain...

Makanya sd skrg blm mau merekrut ART pria. Kmrn waktu di Balikpapan pernah ditawari ART dari Jawa, tapi dia minta syarat bawa suaminya. Hedeh, big no deh :D.

11

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

Aku jg pernah ngalamin yg ogah lepas dr baby, sampe2 mertua dateng mo gendong pun aku sebel2 dlm hati, berasa anak bakal diambil gt, ga tau napa nih. Apalg wkt BS dateng, wuih pdhl sendiri yg ambil BS, eh sampe nangis sendiri ga rela B dipegang org lain. So far mayan ok nih BS, cuma pernah 1x wkt aku mandi, dia gendong B, trus nyelinap klr kmr trus hp-an sm entah siapanya, marah2 gt, lgs aku klr kmr mandi marahin dia, beraninya sambil gendong B trus marah2 di tlp T.T

12

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

Karena baca entrinya mom indriani budi utami, aku jadi keinget...

Sebelumnya aku minta maaf ke moderator kalo-kalo ini OOT. Kalo ternyata menyinggung, bisa dihapus aja :)

Aku pengen sharing, dan ini dari pengalaman waktu aku kecil; dan aku berharaaaaap banget supaya kejadian ini ga terjadi ke siapapun. Amin.

Waktu aku SD, ortu punya beberapa ART. 3 perempuan, 1 laki-laki. Yang perempuan ini udah lama ikut ortu, jadi bener-bener bisa dipercaya. Yang laki ini tergolong baru, walopun masih ada hubungan sodara dengan salah satu ART perempuan.

ART laki ini pas itu masih muda. Masih SMA, dan dia disekolahkan sama ortuku. Dan MUNGKIN karena masih SMA -- maaf -- nafsu dia masih ga terkontrol.

Mommies pasti udah bisa nebak kemana arah tulisan ini...

Memang, ga sampe disakiti secara fisik; tapi dia suka -- sekali lagi, maaf -- menggesek-gesekkan bagian pribadinya ke bagian pribadiku.

Aku baru ngerti apa yang sebenarnya dia lakukan itu ketika aku SMP, dan dia udah ga ikut ortu lagi. Aku shock dan kaget. Tapi aku ga bilang ke ortuku. Sampai sekarang. Sampai sekarang pun ortuku ga tau sama sekali.

Suamiku hanya samar-samar taunya. Itu juga karena aku sempet shock dan menangis sambil gemetaran. Suamiku juga ga mau bertanya-tanya lebih lanjut untuk ngejaga perasaanku.

ART laki ini masih berhubungan dengan ortuku. Bahkan kalo Lebaran suka mampir ke rumah sama anak dan istrinya. Aku masih cukup berani untuk liat mukanya; tapi apa yang dia lakukan, ga bisa aku lupain. Dia sendiri sama aku kaya ga ada apa-apa. Kaya ga berdosa. Entah udah lupa, entah apa.

Mungkin, mungkin ya, itu salah satu faktor kenapa aku juga sampe sekarang takut/ogah punya ART yang notabene orang asing di rumah :( Udah ya emang posesif sama anak (hihi) sekaligus juga sempet ada pengalaman buruk mungkin ya?

Memang ya, mommies, pelecehan seksual itu ngena banget di korban. Si pelaku? Mungkin dia ga ambil pusing. Dan aku ini tergolong kasus yang sangaaaat ringan. Insya Allah kita dilindungi Allah dan jangan sampe terkena hal yang lebih buruk. Naudzubillahhimindzalik.

Aku bener-bener berharap kita semua beserta keluarga dilindungi Tuhan. Mommies tetep seksama dengan si kecil ya. Hanya karena anak ga ngomong, bukan berarti ga ada apa-apa. Aku percaya mommies semua pasti penjaga keluarga yang luar biasa. Kalo ada yang macem-macem, kekuatan Super Mom dikeluarkan pasti ya :)

Itu aja sharing dari aku, mommies. Maaf kalo membuat perasaan jadi jengah atau tidak nyaman ya... Insya Allah aku ga mau bikin perasaan ga nyaman, tapi semoga bisa bikin kita jadi lebih alert. Terima kasih, mommies :)

Daily Journey - Life, Parenthood, Daily Antics

13

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

kappachan..terima kasih ya untuk sharingnya, mudah-mudahan byk mommies yg jd lbh alert. Pasti berat menceritakan itu ya. *hug*.
Aku sendiri juga punya pengalaman mirip. Dulu di rmhku bapak jg menyekolahkan seorang saudara laki-laki plus sekalian minta dia juga bantu-bantu pekerjaan rumah. Dia jg pernah mengajak berbuat yang tdk-tdk padaku. Tapi saat itu aku sdh kelas 2 SD, dan kebetulan ibuku sdh mengajarkan sedikit2 ttg sex education, jd tahu itu sdh pelecehan dan aku bisa menolaknya. Alhamdulillah ga pernah kejadian. Horrorr...Ga mau kejadian itu terulang deh di anak-anakku.

Kemarin seorang teman cerita dia mendapatkan ART pria yg cocok untuk teman bermain anaknya (laki-laki, 3 thn). Aku pingin banget cerita ttg kehawatiranku, tapi kutahan. Takut salah ngomong, takut dianggap sok tahu, atau malah dianggap nakut-nakutin.

Aku pribadi, kalau mmg butuh tenaga pria (seperti benerin rumah, motong rumput, nyupir dll) mending manggil yang pulang pergi saja deh, ga nginep di rumah. Dan ga kubiarin anakku berlama-lama dg mereka sendirian tanpa pengawasanku atau orang lain di rumah.

14

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

kappachan, terimakasih untuk sharingnya ya :) semoga bikin semuanya jadi lebih waspada ..

dan semoga ART mama semuanya baik-baik ...

less ego, more heart

15

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

kappachan
Terima kasih sdh ingetin. Mskpn ga pny ART cowoq dan ga berniat punya,,tp tetep jd peringatan buat aq,,utk lbh menjaga anak2. Apalagi kedua anakku ceweq2 :). Sekali lg thanks yah...

Garnetzhia and Ametysha are my little angels

16

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

Aduuuuhhhh... baca semua postingan tt ART malah bikin merinding. Aku sekarang juga lagi galau nih, mau tetep jadi wonderwoman dengan anak2 di daycare n suami jauh, atau mulai berjuang mencari ART yang kayaknya lebiiiiihhhhh susah daripada cari pacar ^_^

Sebenernya sekarang sih dah lumayan terbiasa hidup tanpa ART, dah mulai bisa menerima klo rumah gak bisa rapiiii, baju yg blom diseterika numpuk, n tiap pagi kejar2an dengan waktu (takut telat apel pagi, malu deh dah emak2 kayak gini disetrap, hihihi). Tapi kerasa banget sedihnya sendirian kalo aku sakit, or anak-anak sakit. Terus aku jadi parno sendiri, gimana klo tau2 tengah malem aku meninggal mendadak, trus anak2 kekunci di rumah berhari2 (ini kebanyakan nonton foxcrime). Jadi suami masih meneruskan perjuangan cari ART, kasian liat aku pontang-panting sendirian soalnya. Aku sih masih setengah hati kayaknya, kalo dapet ya oke dicoba dulu, klo nggak ya sudahlah.

Soalnya pengalaman dengan ART bikin sebel sih :

1. ART 1 : Umurnya setengah baya, janda, anaknya 1 tinggal di Jakarta. Katanya sih anaknya lagi nyoba jadi artis sinetron gitu, jadi bawaan si ibu itu kayaknya kerja di rumahku cuma buat isi waktu sebelom anaknya terkenal, hehehe... Masakannya enak, sama anakku juga sabar banget. Tapiii...kerjaannya lelet. Sebenernya gak masalah, aku juga bantu2in sih. Tapi setelah kurleb 3 bulan ikut aku dia pamitan mo jenguk sodaranya yang sakit, en gak balik2 lagi. Baju2nya ditinggal gitu aja. Jadi bikin sebel, kenapa gak ngomong baik2, jd aku bingung ada masalah apa, or aku ada salah apa. Beberapa bulan kemudian dia sms minta maaf, katanya dia sakit jadi gak bisa kerja lagi. Whatever lah.

2. ART 2 : Masih muda, gak ngerti kerja. Seharian cuma nonton tv n maen hp. Klo gak disuruh gak kerja, klo gak dipanggil gak deketin anakku, malah mengurung diri di kamar aja. Capek deh, setelah 2mgg gak ada perubahan, akhirnya dipulangin lagi ke ortunya.

3. ART 3 : Masih muda juga, kerjaannya standar lah. Tapi sayang sama anakku, nurut juga klo aku bilangin. Dia ikut aku hampir 1 tahunan. Sebenernya sayang banget dia berhenti, tapi sering banget pulang kampung, udah gitu dah mulai pacaran juga jadi suka telpon2an mpe jam 2malem, siangnya dah gak fokus ngurusin anakku. Terakhir dia pamitan mo ada nikahan sodaranya di kampung, terus pulangnya mundur2 melulu, akhirnya gak balik lagi :-(

4. ART 4 : Dah setengah baya juga, janda. Bawa cucunya laki2 umur 7thn. Tadinya aku pikir cucunya bisa jadi temen maen anakku, jadi aku gpp terima ART yg bawa cucu, aku masukin di SD deket rumah. Tapi ternyata si cucu ini adaaaaa aja alesannya klo anakku ngajak maen, udah gitu sekalinya mo maen jadi ribut melulu. Pusing deh. ART 4 ini bener2 menimbulkan trauma deh, soalnya waktu ada dia pengeluaran jadi berlipat2 karena jatah makan jadi nambah untuk 2 org, udah gitu ternyata aku gak cocok sama masakannya, jadi aku tetep aja makan di luar. Belom lagi cucunya sakit2an melulu n anakku selalu ketularan. Terus orangnya kasar n gak ngemong ke anakku, jadi tiap aku berangkat kerja pagi anakku selalu nangis, bikin gak tenang seharian. Kerjaannya juga gak beres, boros juga make detergen, pelembut pakean, minyak, dsb. Hadooohhh... bete banget. Mana aku lagi hamil anak kedua waktu itu, jadi sumpek banget deh, gak betah di rumah sendiri. Akhirnya dah gak tahan lagi, aku bilang dah gak mau pake dia lagi karena mo ngelahirin di Palembang. Wah, kalo inget itu rasanya nyesel gak mecat dari sejak dulu. Soalnya aku dah kasih ongkos buat dia pulang ke kampungnya, trus mbakku nitip uang sedekah juga, uang belanja bulanan aku relain (dah terlanjur dikasih,padahal msh awal bulan dia berhentinya), dikasih uang saku juga. Ternyataaa...besoknya dia sms klo dia gak jadi pulang kampung, katanya pas lagi nunggu bis ada yang nawarin kerja di deket rumahku juga. Ih aku sebel banget, aku tanya ke SD cucunya katanya kepindahan si cucu emang gak pernah diurus, n aku tanya ke agen bis katanya emang gak pernah ada pesen tiket. Penipuuuuuu!!!!! Mungkin beberapa hari izin ke SD buat ngurus pindahan dipakenya keliling ke rumah2 deket situ nawarin diri jadi pembantu kali yeee...
Sempet ribut2 via telp, suamiku gak terima dengan caranya nipu kayak gitu, tapi akhirnya sudahlah, males ribut2 sama orang kayak gitu. Aku n suami akhirnya berusaha mengikhlaskan tu duit, biar Alloh yang bales. Yang bikin sebel lagi, setelah dia keluar baru tetangga pada ngomong. Selama ini mereka diem2 karena nyangka dia itu sodaraku. Ternyata selama ini dia ngakunya sodara aku, di SD cucunya dia dah bangga banget bilang rumahku itu rumahnya dia. Terus ada yg cerita selama ini klo jemput cucunya sekolah, anakku diseret2 disuruh jalan cepet. Ada yang pernah liat dia nampar anakku. Aduuuhhh....aku bener2 nyesel pernah nerima dia di rumahku, pengen rasanya konfrontasi langsung, tapi aku n suami dah bener2 muak, gak mau lagi berurusan dg dia. Sampe sekarang masih sering liat dia n cucunya, jadi pembantu di deket rumahku juga, klo aku pulang kerja pasti lewat rumah itu. Sebel banget, tapi lagi2 biar Alloh yang bales. Setelah dia pergi baru anakku cerita klo dia pernah dipukul, terus sering diancem nanti mamanya minggat, terus katanya si cucu suka makan makanan anakku, dsb yang bikin makin geraaaammmmm

5. ART 5 : Seumuran denganku, janda, males, jorok, maen hp terus, en kalo diomongin suka mbantah. Karena dah trauma dengan ART 4, jadi gak pake nahan2 ati deh, cuma kerja 3 mgg langsung aku pecat.

Makanya sekarang bingung, dah capek rasanya ngadepin kelakuan ART. Apalagi dah trauma banget sama ART 4. Makanya sekarang berdoa terus, kalo emang ARTnya bagus, tolong dijodohin deh. Klo gak bagus, mendingan dari awal gak dapet sama sekali. Daripada nyoba2, ngabisin duit n bikin capek ati :-( Tapi bener2 jadi pelajaran buat aku deh, ke depannya gak mau lagi makan ati di rumah sendiri, n mikir2 klo ada ART kayaknya harus pasang CCTV. Soalnya aku kerja seharian nggak ada yang awasin.

Sorry curhatnya kepanjangan ^_^

Loving my little family so much!

17

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

kappachan - ya ampun, Kap! Horror bangeeeet! :(( Jadi inget dulu aku punya mbak 'dilecehin' ama sodaraku. Jijik kayanya kalo liat sodaraku sekarang. Untung ga pernah ketemu lagi. Dan dulu juga aku masih keciiiil. Tapi ingeeeet banget. Huhuhu. TFS ya, Kap!

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

18

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

haduuuhh.. miris dan sedih deh baca pengalaman2 Mamas yang mengerikan dengan ART. Jadi lebih aware.. Semoga nanti kalau udah pindah di rumah sendiri, saya bisa dapat ART yang ulahnya gak bikin horror.. ngerriii.. hiks.. :(
*hugs kappachan, adisanita dan mama jadza*

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

19

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

*hugs semua mommies disini* :-)

Loving my little family so much!

20

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

hugs semua mama disiniiii... mudah2 ktemu jodoh ART/BS yg baikk... mudah2an mbak yg ngasuh Marsha jg betah deh.. aminn aminn

21

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

emang moms susah bgt cari art/bs yg cocok n nyaman dg qta. aq jug jdi waswas. sekarang sih ada yg jagain n dah ccok sama mbaknya. cm ya itu, parno klo ntr lebaran pulkam, trus dia ga blik2 lgi atau kegaet org lain. males mulai dari awal lgi.
coz cari daycare yg bagus n deket rmh jug ga ada. n itu harus komitmen capek bgt pstinya.

smoga slalu ada jln ya moms bwt qta smua.

22

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

momsss, mau ikutan curhatttt :'(

sikonnya gini, aku FTM, pake BS ini pas setelah anakku 1thn bulan jan kmrn, waktu baru dtg aku sreg segala2nya, bahasanya halus, klo ngomong lembuttt bgt ke anakku kaya ngemong bgt, trus dy bisa bahasa inggris, trus dy bisa lagu2 sekolah minggu (kami keluarga kristen) jadi itu spt hal2 yg "WAH" diawal..

Bulan Maret aku positif hamil lagi, dimulai lah segala ke-geje-an early preg yg kaya org penyakitan *hadeuh* trus aku mulai memasrahkan banyak hal ke BS ini, sampai menidurkan Allea di malam hari, yg biasanya aku lakukan sendiri. Suami sesekali menidurkan klo pulang sbelom Allea tidur. Plus, aku jd agak 'kebo' bangunnya lebih siang drpd sbelom hamil.

Nah dengan intensitas yg meningkat itu aku semakin menemui banyak hal yg bikin aku mengerutkan dahi...

1. karena sering nidurin anakku, dy jd ikutan tiduran di ranjang anakku, yg mana sbnernya aku ga nyaman tp kata bbrp tmen its oke, sampaiiii...aku mencium bau iler di bantal2 penyangga tembok ranjang anakku!!! pertama x aku lgsg reaksi "ihh koq bau iler dmana2' tapi jawabnya "iya allea skrg tidurnya ileran". ENtah aku lg super bloon wkt itu knp diem aja, lama2 br kpikir anakku kan punya bantal sndiri, trus aku juga tw bau iler anakku kaya apa, ini udh jelas bau di bantal aja bau shampo org dewasa. Masih bingung gmn negurnya soalnya ini berkaitan sama bau mulutnya yg turns out to be an issue *for me*, aku takut negur masalah sensitif gn :(

2. semakin careless & SUPER NGEYEL!! tiap dikritik apa aja selalu ada jawabannya. I dont like that!! mulai dr cucian baju2 allea yg smakin dekil, mainan yg semakin berdebu ga dbersihin, sikat gg anakku yg bisa ada di lantai kamar mandi, botol minum allea yg masih kotor, smua kritikan dijawab smua loh sama diaaa. klimaksnya kmrn, allea jatuh dr highchair DENGAN DIA ADA DISAMPINGNYA SODARA2!!! suamiku nanya ssuatu trus dy jawab tp koq ya ngapain sampe ga perhatiin anakku yg didepan matanya?? aku dikamar dgr suara gedebuk yg aneh lgsg lari tungganglanggang dan bener allea jatuh, nangis sampe gada suara, nasi dimulutnya dilepehin smua dan nangis terus dipelukanku sampe ktiduran pdhl itu blom jam tdrnya. Aku bner2 naik pitam tp ga ngmg apa2, aku diemin itu BS sampe 2hr ga aku anggep ada. dy ga minta maap sedikitpun dan pas ditegur suamiku bhw laen x hrs lebih aware dy jwb "ya kan saya jawab bapak, klo saya tw allea mau jatuh, saya ga ladenin bapak"
HAH?? HELOHH?? serius lo jwb gt?? Tp malah suamiku yg nenangin aku terus, katanya qta butuh dy, aku lg hamil gn, bntar lg lebaran gmana mau cari pengganti, tar dulu aja dtahanin sampe lebaran. Tarik nafassss lagi.

Bingungnya allea tetep lengket sama dia, aku tambah mangkel liat dy tiap hr tuh bawaannya adaaaaaa aja yg aku keluhin ke suami. Mslhnya ags awal nanti aku udh beli tiket pp ke jkt sama BS ini, gmn ceritanya aku hamil gede bawa2 koper + toddler ga bisa diem ini naek pswt, jd tambah dilema haduuuuhh

Tadinya aku mau pake dy utk next baby, tp dgn kualitas dy soal kebersihan brg2 anak seminim itu aku ga bisa tolerir. Aku bisa tolerir untuk allea mainannya ga selalu bersih krn aku pikir allea udh 1thn lebih jd ga begitu pusing soal harus steril dll.

the thing is, apakah aku lebay klo ingin mengcut BS ini?? maksudku, byk mslh lain yg lebih memprihatinkan misal kasar sama anak, suka ngambil brg/makanan dll, smua itu ga jd issue sama sekali buat aku. Yang aku hadepin adl mslh bau mulut, careless, dan ngeyelnya belakangan ini :( Apakah dy tw aku lg disaat2 emg butuh helper bgt saat ini yah hmmpffff

Please advise yaa mammas, TIA & maap kepanjangan curhatnya :p

Happily devoted to A & a!!

23

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

Mom stella - Pas aku baca sampe bagian Allea nangis sampe ga bersuara itu dada rasanya *NYEEEEEKKKK* banget banget bangeeeetttt! Ya ampuuuun :( *peluk kenceng*

Duh, mom, buat aku ga lebay lah kalo kaya gitu. Aneh malah, jelas-jelas anaknya ada di sebelahnya dia kok ya bisa jatuh. Sampe sikat gigi di lantai kamar mandi dan botol minuman makin kotor, aku ngerasa dia mulai menelantarkan Allea. Sikat gigi dan botol minum itu kan penting dan kontak langsung ke badan, dan sewajarnya harus tau kalo itu kena kotor, ya resiko besar si anak akan sakit. Kalo hal gitu aja lalai, apalagi yang lainnya :(

Terus ketika dia ileran gitu, malah naro 'kesalahan' ke si anak, berarti dia ga mau tanggung jawab. Bisa jadi nanti kalo dia melakukan kesalahan - misal: Ga sengaja mecahin piring - malah dituduhnya ke si anak yang jelas-jelas ga melakukan apa-apa.

Emang sangat sangat serba salah ya mom, pas lagi butuh gini dan kelakuan si ART atau BS malah makin ngelunjak dan bikin hati malah ga tenang :( Klise sih saran dari aku; ajak obrol/tegur si BS.

... Eh, tapi dia mah ngeyel dan suka ngejawab yah? Huhuh. Tapi ya gitu deh, emang harus ditegur kalo emang udah keterlaluan.

Semoga mom stella dan keluarga bisa tetep sabar yaaa *peluk*

Daily Journey - Life, Parenthood, Daily Antics

24

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

Stella
Duh...itu parah bgt sih smp Allea jatuh dan dia bs cuek bgt... Ga ngerasa bersalah sm sekali... Mudah2an Allea ga kenapa2 yah...
Rada dilema jg yah. Kalo mau cut si BS,kyknya agak susah cr penggantinya. Mau puasa dan lebaran gn biasanya ga ada yg mau. Mungkin bs cr2 info penggantinya dulu sblm keluarin si BS ini. Kalo ga diancem gt, dia ga akan ngerubah perbuatannya. Krn dia tau bgt kamu butuh dia.
Masalah ileran/bau mulut mungkin bs pk cara,,suruh dia cuci sarung bantal+sprei Allea,sekalian jemur bantal+guling+kasur Allea tiap 2hr sekali. Ga usah jelasin kenapa. Kalo dia tanya ya bilang aja,kalo kamarnya Allea bau,terutama tempat tidurnya. Mestinya dia ngerasa yah kalo itu gr2 ilernya. Kalo soal bau mulutnya,sindir aja,,odolmu habis? Ato,,kamu blm sikat gigi? Gituin aja.
Masalah kebersihan peralatan mandi dan makan,,ya emg mesti dibilangin langsung dan kalo perlu qt awasin. Misal,stlh dia mandiin Allea,lgs ingetin utk ngerapiin peralatan mandinya. Hbs makan jg gt,kalo dia uda cuci botol minumnya,cek lagi. Sementara repot dan cerewet yah... Soal mainannya kamu blg aja,,itu mainan Allea koq kyknya byk yg debu yah?kalo kamu uda ga ada kerjaan,tolong mainannya dilap2/dicuci.
Oya,,si BSnya kamu ajak ngomong deh, kamu tny knp koq uda bbrp minggu ini pekerjaannya byk yg ga oke. Tny dia punya mslh apa,dr keluarganya ato mgk dr stella sndr. Mgk dia ngerasa gaji kurang ato yg lainnya. Tp kalo kamu anggap gaji dan fasilitasnya uda byk dan lebih,,kamu blg aja kalo kamu uda menggaji tinggi,uda ksh fasilitas ini itu dg harapan dia betah dan pekerjaannya bersih dan rapi. Kalo dia sdh ga bs kerja spt itu lg,kamu ancam akan keluarin dia. Kamu ksh waktu smp stlh lebaran,ada perubahan ga di kerjaannya. Sambil cr info org yg mau kerja.
Semoga membantu yah :)

Garnetzhia and Ametysha are my little angels

25

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

mom Stella menurutku kelakuan si BS ini udh keterlaluan bangettt...mending buru2 di cut aja sambil cari pelan2 yang baru, bntar lagi lebaran, biasanya stlh lebaran byk yg available kok (scr pd nungguin THR dulu dari majikan sblumnya baru d pd kluar *pengalaman pas nyari BS & ART*)

anakmu jatoh aja dia bisa cuek gitu...ihh...gimana kalo anakmu kenapa2 yang lebih parah *amit2* mending mencegah daripada mengobati..

aku sndiri udha gonta ganti BS..nah tiap ada BS baru aku taro anakku di daycare dulu tiap aku pergi, jadi anakku bener2 sama BS baru kalo aku ada di rumah (jadi ga beduaan doang) mungkin mom stella sembari nyari BS baru bisa masukin anaknya ke daycare duluu :)

semoga cepet dapet BS yang benr yaah mom