1

Topic: Manajemen ASIP

Mamas, kbtln ni puting lg lecet, trus kmrn pas pumping, udh seneng dpt 80cc, eh tiba2 keluarlah darah dikit dari si luka, jadilah si asi berwarna pink :( kta pihak RS kudu di buang, tapi kan sayang yak, secara kerja keras tu. Akhirnya ak bw plg tu asip, krn dlm pikiran ak, toh asi jg asalnya dari darah. Ada yg punya pengalaman yg sama ga? Aman ga klo di minumin ke bebi?

2

Topic: Manajemen ASIP

UmanyaAtha asi yg b'campur darah aman koq mom diminumin k baby, asi yg hrs dibuang tuh kl yang mengandung nanah..(sumber:pernah baca di timelinenya ID_Ayahasi & drtiwi :)

3

Topic: Manajemen ASIP

@annayu, tks a lot yaa :*

4

Topic: Manajemen ASIP

ummanyaatha whuaaa...tehvin sayang atuh padahal mah gapapa...semangat asip buat arga ! gimana arga udh keluar dari RS?

http://www.lianakirana.blogspot.com/
twitter : @_LianaKirana_
grateful to be born as a woman. chances to experience beautiful experience are gifted. one of them is breastfeeding.

5

Topic: Manajemen ASIP

bundaliffa, ga di buang ko Li, ga tega, hehe, ak selundupkan keluar dr RS akhirnya tu asip, udh nangkring di kulkas skrg, hehe.
Udh keluar Li, 3 hari di RS, di geber sinar ama standby terus di sana utk nyusuin langsung saban 2-3jm sekali + pumping jg.

6

Topic: Manajemen ASIP

Huaaa, The vini mengalami anaknya kuning juga,yaaa. Haduh setres pisan anak disinar tea.. Mana ga boleh sering2 diangkat.
Anyways, kl puting lecet Dan bedarah, sebaiknya diperesna pake tangan alias metode marmet, supaya puting ga kegesek2 corong, lecet Dan berdarah kembali.
Semoga asip banyaaak.

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

7

Topic: Manajemen ASIP

Halo juga, masih bingung juga gimana nyimpen asip besok pas pumping di kantor karena di kantor tidak ada kulkas khusus dan hanya freezer...ga bisa juga bolak balik rumah karna jaraknya jauh...apa harus bawa cool box sendiri ya..bawa cooller bag cukup ga sih ya mom..hiks

8

Topic: Manajemen ASIP

modzy ,, aq di kantor jg ga ada kulkas,,, aq pake cooler bag dgn 2 icegel besar,, dr jm 8pagi smp jm 10 mlm, alhamdulillah sih lancar2 aja,,, walaupun icegelnya udh mencair tp ttp dingin,,, cari yg ketahanan icegelnya lama aja,,,heheee

9

Topic: Manajemen ASIP

Mo tanya dong, mamas disini pk freezer asip merk apa yah, brp rak dan harga kisaran brp. Agak susah carinya freezer model berdiri di bandung ini,kbnykn model tidur kyak buat es krim gtu, Sharing dong :)

10

Topic: Manajemen ASIP

umanya atha ,, aq pake freezer toshiba 4 rak, aq beli 1,7 jt di depok

11

Topic: Manajemen ASIP

modzy Bukan ngiklan tapi coba pake cooler bag fridge to go deh, mantap banget itu. Gue sendiri udah pake buat muter2 seharian di HK (ada di artikel) dan seharian ASIP ga rusak. Pilih yang tahan 12 jam trus tambahin 2-3 blue ice, insya Allah tahan selama ngantor. Ada juga yang merk pigeon, baru liat temen pake dan ternyata itu fridge to go juga (kayaknya kerja sama dengan pigeon, di-branding pigeon tapi supplier cooler bag-nya fridge to go).

umanyaatha Gue pake freezer Toshiba yang 4 rak. Waktu nyari heboh banget, kok tiba2 di beberapa toko elektronik freezer begini lagi kosong. Merk2 yang biasa ditawarin itu Sanyo, Toshiba, dan LG tapi gue udah ga bisa milih karena adanya cuma Toshiba 4 rak (biasanya ada yang 5 rak juga), itu pun adanya di toko ke-4 yang gue datengin.

Freezer 4 rak ini muat sekitar 140 botol ASIP. Rak paling atas ga bisa diisi botol karena rendah, bisa tapi botolnya harus ditidurin. Akhirnya gue akalin di situ buat naro ASIP dalam plastik aja.

Kisaran harga di 1.7jt, waktu itu ada promo cicilan 0% dengan kartu kredit yang kebetulan gue punya. Langsung bungkus! :D

Kalo ga salah pemakaian listrik Toshiba lebih irit dibanding LG, tapi gue ga bandingin selisih berapa.

Semoga membantu :)

yang selalu kangen sama si pipi gembil

12

Topic: Manajemen ASIP

Otty...
FTG itu katanya klo buat nyimpen asip beku beneran ga mencair ya asipnya?

13

Topic: Manajemen ASIP

ditta Blom pernah buat nyimpen ASIP beku sih, tapi gue naro ASIP yang abis dipompa (berarti agak anget kan) trus disimpen di situ, pas balik ke hotel dia malah ikutan dingin :)

Pernah juga bawa ASIP dingin dari jam 8 pagi, trus FTG ditinggal di mobil dari jam 11-3 di Batu Secret Zoo, sampe jam 5 sore ASIP masih cukup dingin. Padahal itu ditinggal di parkiran terbuka lho, udah deg2an kirain bakal rusak hehe...

Eh baru nyadar, kalo mau ngebahas cooler bag di thread cooler bag aja ya :)

yang selalu kangen sama si pipi gembil

14

Topic: Manajemen ASIP

ok ok pindah thread deh ya,,, kmrn temenku crita dy oake FTG bawa asip beku ga cair.,,, rada percaya ga percaya,,,

15

Topic: Manajemen ASIP

ditta, owh sip deh kalo ga harus masuk kulkas dulu, pake cooler bag aja...thanks ya

otty, iya rencana aq mau beli FTG inih, makasi reviewnya :)

ummanya atha, mo beli freezer agak sayang karna cuma dipake bentar buat nyimpen asip kan, ada yang disewakan ga ya...hohoho

16

Topic: Manajemen ASIP

Modzy klo menurutku malah agak sayang sewa lho,,, ehhehe,,, kemaren juga itung2an,, kn sewa 150rb per bln,, klo misal sewa 1 thn, udh sama tuh kyk beli freezer,, hehehhe,,, n freezer tuh asibooster klo buat aq,, soalnya jd semangat pumping buat ngisi,, hehehehe,,,,

moms, mau tanya, pengasuhnya khay blg klo ada beberapa botol asip yg klo pas dicairin warnanya agak kekuningan, tp anaku sih mau2 aja,, itu knp ya?

17

Topic: Manajemen ASIP

ditta Gpp kok kalo warnanya agak kekuningan, warna ASIP soalnya tergantung dari makanan kita juga. Gue pernah punya ASIP warna putih, kekuningan, sama kehijauan :D Pokoknya asal penyimpanan dan penghangatannya bener, gue yakin aja ngasih ke anak. Toh kalo ga enak dilepeh juga hehe... jadi anak ga bakal minum ASIP rusak karena dari awal udah ditolak.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

18

Topic: Manajemen ASIP

Otty.. oh gt.. ok ok,, makasih yaa.. jd tenang deh

19

Topic: Manajemen ASIP

moms, mau tanya, yang anaknya 5mo++ hasil pumpingnya berapa aja ya?
aku kok makin kesini klo pumping makin sedikit ya? paling max 50-60ml. terimakasih sebelumnya moms

delenaholic

20

Topic: Manajemen ASIP

drevasusantidh Dulu sy pas baru pertama2 krj abis cuti (baby 2,5m) 1x pump bisa dpt 250ml. Skrg baby mo 8m 1x pump cm dpt 120-200ml moms.
Sy siasati dgn nambah frekuensi pump spy yg dibw plg k rmh bisa m'dekati hasil pump yg dulu

21

Topic: Manajemen ASIP

drevasusantidh, kalo aku pas si bayi 5mo sekali pompa di kantor dapet nya 200ml... dan itu bertahan sampe umur 7mo.. lepas 7mo mulai berkurang.. skrg 9mo, sekali pompa dapet 120-180ml.. sama kaya annayu ya.. tapi bayi aku juga minumnya udah ga sebanyak dulu karna udah makan 3kali.. jadi hasil mompa segitu ya udah cukup.. yg penting dipompa rutin sih..

22

Topic: Manajemen ASIP

aku dulu sekali mompa 200ml..selama dikantor 3x mompa.. begitu terus sampe marsha 8 bulan.. trus berkurang dikantor jadi 2x dapet 400ml.. pas dicoba naikin 3x pumping lagi hasil ud ga bisa kaya dulu.. sekarang marsha menjelang 1y.. masih dapet 400ml 2x pumping.. tp tetep defisit sama kebutuhan marsha..

23

Topic: Manajemen ASIP

coffee_mix sy pas bln puasa kemarin krn sy tetap puasa jadi mompanya cm 2x, sblm bln puasa mompa 3x. Trs pas msk ktr abis libur Lebaran mompa 3x lagi tapi hslnya turun ga kaya pas sblm bln puasa. Mungkin krn frek mompa b'kurang jd hasilnya b'kurang juga hiks :(
Skrg mompanya dipersering lagi biar balik lagi ke hasil mompa sblm bln puasa.

24

Topic: Manajemen ASIP

saya biasa nyimpen pake botol kaca tutup karet, banyak dijual di OS perlengkapan ASI ato di klinik laktasi ada juga, harganya jg relatif murah gaknyampe 5000rb, bersihinnya jg gampang terus kapasitasnya sktr 100ml, pas buat skali minum baby. terus kl urusan sterilisasi biasanya sy rebus ato pake cairan sterillisasi merk chicco tinggal direndam aja sktr setengah jam dah kelar terus dikeringkan dan disimpan di tempat tertutup.

ohya tambahan tips lagi kl asi beku yg dari freezer, kl mau diberikan ke baby..sebaiknya diturunkan dl ke kulkas bawah sampe mencair, baru dipanaskan, jadi antisipasinya kl besok pagi/ siang asi mau diberikan ke baby, sebaiknya dari malam ini asi beku dipindah ke kulkas bawah (bukan freezer) jadi besok begitu akan diberikan sdh cair. biar kandungan zat2 dalam asi tidak rusak karena perubahan suhu yg drastis.

begitu juga asi yg habis diperah, jgn langsung masuk freezer...dinginkan dl sebentar di kulkas bawah baru masuk ke freezer.

jangan menyimpan asip di pintu kulkas, karena bagian ini suhunya berubah-ubah dikhawatirkan berpengaruh pd kandungan asip.

25

Topic: Manajemen ASIP

kiky rizkita wrote:
Halo Moms..saya anggota baru dsini..salam kenal yah :)

Mau tanya ni..ada yg pny pengalaman ttg ciri2 asip basi ga yah?

Karena saya baca di thread Manajemen ASIP dan sharing dg teman saya kalo ciri2 ASIP basi tuh bayinya ga bakal mau minum tu ASIP (menolak terus)..

Tapi, pas saya lg pumping d ktr & sharing dg ibu2 sesama, mereka malah ga tau ttg manajemen ASIP yg bnr..mereka ada yg memanaskan ASIP berkali-kali, ada yang stlh 1 jam ASIP dihangatkan tp tetap diminumkan ke anaknya,tapii..anak2 mreka smuanya mau ASIP dg manajemen yg salah tsb dan anak mereka ga ada yg diare maupun gangguan pencernaan lainnya..

Nah kebalikannya dg anak saya (Dhafin)..Padahal saya sudah mengikuti prosedur yg bnr..stlh pumping dimasukkan ke kulkas biasa, baru ke freezer..trus kalo mo dminum saya pindahkan dr freezer ke kulkas biasa, br dihangatkan (tidak terjadi perubahan suhu yg drastis)..tp Dhafin kurang suka dg ASIP tsb..jd ASIP yg telah dihangatkan sering bgt kebuang krn Dhafin ga mau minum ASIP yg umurnya udh 1 bulan lalu..(Pdhl saya menyimpan ASIP tsb ke deep freezer, jd msh blm basi khan..)
Tp klo ASIP fresh dibotolin/nenen lgsg, dia bs minum s.d 100ml lebih sekali minum..
Jadi skrg saya pumping palingan bwt stock 1 hr aja utk langsung diminum..dan stock ASIP saya sktr 70 botolan nganggur aja di freezer..hixzz.. :(

Ini yg salah anak saya (yg maunya minum ASI fresh aja) atau anak2nya tmn saya yah (yg manajemen ASIP nya berantakan)? kok anak2nya tmn saya mau aja dikasih ASIP yg menurut saya udah basi? hehehe..


kiky rizkita, udah coba scalding asi? ASIP-nya dimasukkan wadah tahan panas, lalu dimasukkan air n direbus tapi jangan sampe mendidih, didinginkan, baru masuk kulkas.

atau nggak disimpan dengan porsi sedikit, setelah dicairkan n dihangatkan, dioplos dengan ASIP yg masih fresh. kira2 mau ngga ?

less ego, more heart