1

Topic: Kontrasepsi

marinania, bunnia

kira2 ada merk yang recommended gak yah? ato liat2 aja yang paling mahal gitu yah? :D

btw mamas,
kemaren DSOG ku sempet ngomong ada tuh yang istilahnya morning after pill, jadi dia tuh semacam pill kb tapi minum nya pas abis berhubungan aja, cuman pas ditanyain ke apotek nya ternyata ga ada :( lupa juga sih apa merk nya, mungkin mamas ada yang tau?

no matter whether you are a working mom or stay at home mom, every moms are great in their own way

meet me here http://bunzaky.blogspot.com/
follow me @Sindi_Puspita

2

Topic: Kontrasepsi

bundazaky

hehe
kayanya sih banyak ya merk-nya, tapi secara aku bukan pengamat jadi aku cuma tau yg sering diiklanin deh... aku cuma tau 3 merk ini... kalo soal harga... yg harganya paling miring itu s*tr* kalo yang medium f***t* kalo aku lihat sih yang paling mahal d*r** hehehehe... kebanyakan ga tanda bintangnya?

btw soal kasus helm ketinggalan di dalem itu sih alhamdulillah aku belum pernah dan jangan sampe sih ya...

kalo soal morning after pill aku pernah denger juga tapi kurang tau deh...

belajar terus... jadi ibu-ibu :)

3

Topic: Kontrasepsi

bundazaky - Morning After pill itu mereknya macem2. gue ga yakin sih itu dijual bebas. kayaknya mesti pake resep dokter deh... CMIIW, ga yakin soalnya, hehe.

tapi kayaknya Morning After pill ini ga boleh terlalu sering dipake ya... soalnya dia masuk dalam kategori EC (Emergency Contraception) yang cuma dipake kalo 1st contraception fail. kayaknya dia mengandung hormon dalam jumlah gede yang berusaha mencegah ovulasi atau fertilisasi.

tapi kalo perlu, kayaknya sih tinggal ke dokter aja, minta resepnya.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

4

Topic: Kontrasepsi

bundazaky pil darurat ini dulu ada temen pulang dari singapore trus bawa ini, disingapore katanya sih dijual bebas,dia beli malah di airport gitu di toko obat tp dimintain passport :D nah tapi kata dia abis minum itu jadinya mens nya malah lebih cepet seminggu plus lebih banyak dari biasanya dan lebih sakit
pertama dikira mungkin karena emang lebih sakit, nah bulan depannya ternyata masi begitu juga, begitu dia berhenti minum si obat ini baru deh ilang sakitnya...jadi kemungkinan ga cocok sama temen gw atau emang ga bole di konsumsi rutin seperti kata thalia
nah di indonesia gw sempet baca dimajalah *ini agak2 lupa juga deh* pilnya itu namanya kondar gitu yah..kepanjangan nya kondisi darurat gitu, tapi disni sepertinya ga dijual bebas jadi harus pake resep dokter *CMIIW*

oh iya moms, kemaren gw denger iklan kondom di radio, merk fiesta itu, nah trus ada dialognya bahwa ada kondom buat perempuan, mamas disini ada yang pernah nyoba ga?? trus reviewnya donk kalo yang udah ada

5

Topic: Kontrasepsi

bundazaky wrote:
marinania, bunnia
DSOG ku sempet ngomong ada tuh yang istilahnya morning after pill, jadi dia tuh semacam pill kb tapi minum nya pas abis berhubungan aja,

bundazaky gue pernah denegr morning pill itu kalo di alat kontrasepsi pemerintah namanya Kondar CMIIW ini dapet info dari sepupu yang kerja di BKKBN. kondar atau kontrasepsi darurat yang harus diminum secepatnya atau maksimum 24 jam setelah berhubungan, cara kerjanya melicinkan jalan sp**ma agar tidak menuju rahim CMIIW juga. kalo udah lebih dr 24 jam nggak efektif. betul kata Thalia itu termasuk EC (Emergency Contraception) in case ada kejadian seperti sarung ketinggalan atau bocor atau c interruptus yang telat :) dijual bebas di apotek sih tp mungkin apotik2 besar ya.

6

Topic: Kontrasepsi

thalia wrote:
iyasmommy - mo nanya: setau gue, mirena itu juga termasuk kontrasepsi yang releasing hormon. dan kalo ga salah, sekali dipasang, bisa dipake up to 5 taun ya... kok yang ini boleh 5 tahun, sedangkan yang lain cuma boleh 2 tahun?

dulu gue juga ditawarin mirena, karena dia safe buat busui. tapi ga gue ambil, soalnya mahal banget dan kebetulan gue ga suka pake IUD, hehehe.


sorry banget moms, br buka thread ini lg, curi2 waktu banget euy buat bisa baca TUM *curhat dikit :P
tapi ternyata pertanyaan mom thalia udah dibantuin sama mom mamidzana ya, makasihh..
Memang itu jg yg bikin aku sedikit bingung.. menurut dokter, IUD tipe m*r*n* ini kan termasuk kontrasepsi non-hormonal, but somehow dia tetap ada release sedikit hormon secara kontinyu dalam jenjang waktu 5 tahun itu (bagian ini yg memang rada nge-bingungin, jadi gabisa dibilang 100% non-hormonal jg ya jadinya)
Kebetulan pernah baca link ini : http://www.wikimu.com/News/Print.aspx?id=1638, disitu disebutin klo efektivitas m*r*n* sebagai kontrasepsi dikarenakan pelepasan levonorgestrel yang terkendali setiap harinya sebanyak 20 mcg.
Dan memang masa pakainya bisa sampai 5 tahun, bahkan lebih.. *hmm mungkin ini juga yg bikin m*r*n* lebih mahal dibanding IUD tipe lain ya...istilahnya ada rupa ada harga, hehehe..sampe2 hubby-ku nyeletuk sesaat setelah keluar dr ruang obs-gyn wkt konsultasi tentang m*r*n* ini.
Hubby-ku penasaran ada asuransinya gak ya buat si pasien klo ternyata si m*r*n* ini gagal dalam pemasangan dan efektifitasnya? Secara biaya pasangnya jg gabisa dibilang murah2 amat :D
Well..penasaran hubby ada bnernya juga si, tp ampe sekarang blom ditanyain ke dokter-ku klo masalah itu, karena aku sendiri jg masiiih aja belum siap mental pake IUD..
So, sekarang aku masi pake pil KB buat ibu menyusui (rekomen dokter ada 2, bisa Exluton atau Microlut).
Kemarin abis beli yg 1 pak isi 3 stripes buat 3 bulan, mungkin setelah pil-nya abis baru menguatkan niat buat pake IUD, hehehe...

7

Topic: Kontrasepsi

mau curhat!
udah 5 hari ini aku mens ( mens pertama setelah hamil dan melahirkan dan juga setelah pake IUD ) masih deres bgt. Biasanya dulu 4/5 hari udah kelar. Ga sakit sih, tapi risih aja, hari 1-2 dikit, hari 3,4,5 buanyakk :(. Ada yang ngalami sama?? Kira2 sampe berapa hari ya?

8

Topic: Kontrasepsi

ngomong2 soal kontrasepsi, aku minum mini pill merk Microlut, compatible karna aku masih breastfeeding cuman downsidenya harus bener2 teratur minumnya (kalo minumnya jam 7 pagi seterusnya harus jam segitu juga). Rada2 horor kalo pasang IUD jadinya minum pill aja deh, sebelum ada Oliver dan kita blm mau program anak, aku juga minum pill and alhamdulillah ga pernah ada side effect apa2 malah kulitku jadi ga jerawatan lagi :)

:) Mum to Oliver :)

9

Topic: Kontrasepsi

thalia wrote:
halo alin, kalo gue emang kebetulan punya hormon problem, jadi gue pake pil KB.

enaknya:
- jerawat berkurang
- berat badan stabilized
- sakit perut pas mo "dapet" jauuuuuuuh berkurang.
- mood swing ilang sama sekali.

ga enaknya:
- suka lupa! soalnya mesti minum tiap hari, dan kalo lupa, langsung ga efektif sebagai pencegah kehamilan selama satu cycle itu (kira2 mesti nunggu sebulan untuk efektif lagi, assuming abis itu ga lupa2 lagi makan pil-nya).
- kalo lepas pil, misalnya karena mo hamil, problem2 diatas langsung nongol lagi bersamaan pula...


thalia, gue nanya merk dong bole ga? just checking sama ato ga sama yg gue minum skarang, krn nampaknya efek2 "enak"nya sama sperti yg gue kira akan gue dapet dr merk yg gue pake skarang hiihihih.... tararengkyuss

10

Topic: Kontrasepsi

janice - punyaku merk-nya Mercilon. tapi kayaknya pake resep dokter deh. emang yang sekarang pake apa?

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

11

Topic: Kontrasepsi

sisti gue juga pas mens pertama setelah melahirkan lsg pasang IUD eh bulan berikutnya langsung derees banget pas dapet hari ke 2 sampe ke 6 smp harus ganti tiap 2 jam dan abru abis di hari ke 10 T_T tambahan sakit pinggang sama mules. gue tanya org2 katanya ya kalo udah pasang IUD begitu, waaa masa begitu terus seterusnya ya ?
btw mrsecc gue juga sering denger kalo pil KB yg sekarang bisa bikin kulit lebih bersih & bagus krn menyeimbangkan hormon. Gue sebenernya pengen nih kan lumayan sekali mendayung tuh cuma sayang gue ga rajin suka lupaan minum obat. Kalo udah pasang IUD bahaya ga ya kalo gue konsumsi microlut juga,sebelum gue tanya DSOG ada yg pernah pengalaman ?

12

Topic: Kontrasepsi

Helloww all mamas, baru baca thread ini tp cm sempet hal 1 and hal akir, mau tanya aja dong, aku br nglahirin 6bln yg lalu, 2bln yg lalu sempet mens tp blm mens lg sampe skrg, klo mo pasang IUD itu harus nunggu mens lagi apa bs kpn aja ya? Tks yaa

13

Topic: Kontrasepsi

hi moms..
baru khatam baca thread ini tapi udah kadung pasang IUD yang NOVA T sabtu lalu tgl 18..harusnya sih gk sakit ya pasang IUD..cuma waktu itu tegang entah kenapa (suami gk boleh nemenin sih)..jadi agak berasa sakit.
lebih ngilu lagi karena denger alat2nya itu loh bergesekan:(
@ meralda
pantes ya gw flek2 terus sampe hari ini..
ternyata IUD itu gk boleh cape2 dan angkat brang2 berat ya?hehe
mklum di rumah gk ada pembantu semua dikerjain sendiri..

semoga semua baik2 saja ya moms ngeri jg baca2 yang gagal IUD di thread ini
gk ada pilihan lain sih ya buat yang pgn praktis dan pelupa kaya gw..
suami malah menwarkan diri untuk berKB gara2 liat gw pucat, lemes n ngeflek pasca pemasangan IUD..cuma gwnya yang gk rela huhu

14

Topic: Kontrasepsi

ada yang pake Pil KB Yaz-nya Bayer kah ?
kok di aku ngeflek2 terus ya ...

less ego, more heart

15

Topic: Kontrasepsi

Mommykaka seharusnya siy begitu selesai nifas setelah lairan itu segera pasang IUD krn kondisi rahim masih basah jd pasangnya gampang n buat kitanya jd g berasa sakit. Tapi kalo ud terlanjur ya kapan aja bisa d kayaknya asal g lg mens...
Mau sharing niy mama....udah hampir setaun ini aku pake IUD, selama ini siy g ada masalah. Cuma bulan kmrn aku mens sampe 14 hari, trus akhirnya aku cek ke DSOG n katanya posisi IUD-nya bergeser trus mengakibatkan pendarahan dirahim. Tp menurut dia siy hal kayak ini biasa terjadi n g perlu terlalu kuatir, trus dikasihlah obat buat menghentikan pendarahan rahim. Emang siy setelah minum obat itu langsung berhenti.
Mama's yg pake IUD ada g siy yg pernah mengalami hal ini? Plz share ya...

mamanya kayla n nayya
@ariprastawati
@sepasang_kembang

16

Topic: Kontrasepsi

dear all, mo share aja, akhirnya setelah 6 tahunan lebih pakai EVRA (kontrasepsi hormonal berbentuk patch) - gue minggu lalu beralih ke MIRENA.

alesannya karena gue bosen aja pake evra trus tergoda kata ipar gue yang bilang kalau pake mirena gak mens! hehe
karena gue suka berenang, enak aja kalau gak mens, acara renang gue nggak perlu kepotong masa haid.

banyak yg bilang pasang mirena ini gak sakit, tapi pas gue liat si dokter ngeluarin alat perang yang mengerikan gue jadi tegang. emang sih gak sakit tapi rada nyeri dikiiiiiit -- mungkin krn gue tegang kali! tapi tyt pemasangannya cepet banget yah.

sekarang perut gue masih rada berasa gak nyaman, tapi katanya emang normal : salah satu efek sampingnya within 3 weeks mules kayak mens. gue sih gak berasa mules beneran, cuma rada2 brebet aja.. gak comfortable lah.

kalau diitung2 mirena ini murah jatuhnya, soalnya kalau evra, sebulan sekitar eur 13-14 euro, nah mirena ini 200-an eur tapi untuk 5-6 tahun. so irit abis.
tapi emang karena gue udah gak rencana punya anak yah.. kalau cuma untuk nunda 1-2 tahun, di sini gak disaranin.. mending cara lain aja (makanya dulu dokter gue nyuruh pk evra-krn gue gak kuat pil)

oiya, kalau pake cara ini disaranin kontrol min 1X/tahun yah..

nah sekarang gue lagi nunggu nih ada efek sampingnya gak yah...
Salah satu keuntungan evra adalah PMS gue ketolong abis.. moga2 MIRENA ini juga ngebantu ngeringanin PMS.. ada yang tau?

17

Topic: Kontrasepsi

Finally..selse jg bca dr halaman ptama ampe abis *lap keringet*
aku lg dilema bwt pilih kontrasepsi,setalah melahirkan fafa(3m2w),setelah nifas lngsung dpt mens&2 bln kmudian br mens lg.nah ini sbgai sign bhw aku dah subur jd kudu "dfikirin" tuh kl mau ML.

sumpah,takut bgt pk IUD &aq tmbh takut lg stlh baca review2 para mama.apalg kl kecapean iud ini bakal bereaksi,scra aq working naik motorcycle&sering ngerasa nyeri perut kl kelamaan nyetir.nah kl nti pk IUD apa kbrnya?:(

selama ini sih pake helm,tp lumayan parno kl ampe tglnya ga dpt jg.arrrghhh serba salah deh mom:(.pernah ada yg dngr tntng kondom yg mengandung spermaticid?itu adanya merk apa ya?

nidya,ninit,mimilabib,nietz----->itsMe www.nidyalharasati.wordpress.com

18

Topic: Kontrasepsi

sisti wrote:
mau curhat!
udah 5 hari ini aku mens ( mens pertama setelah hamil dan melahirkan dan juga setelah pake IUD ) masih deres bgt. Biasanya dulu 4/5 hari udah kelar. Ga sakit sih, tapi risih aja, hari 1-2 dikit, hari 3,4,5 buanyakk :(. Ada yang ngalami sama?? Kira2 sampe berapa hari ya?


Hi Sisti,
baru tadi soRe aku kontroL setelah pake IUD seminggu lalu..
katanya sih emang klo pake IUD mensnya lebih lama dan lebih banyak..
klo lebih dari 15 hari baru disuruh periksa..
fyi, setelah pasang IUD aku langsung mens..
hari 1 agak banyak, 2 3 4 5 sedikit banget 6 - skr banyak lagi

19

Topic: Kontrasepsi

sisti yup! emang gituuu.. gue juga yang kalo dapet itu termasuk yang sedikit. tapi setelah pake IUD, jadi deresss banget! dan biasanya emang di hari 1-2 itu masih dikit, kayak cuma coklat2 doang. trus hari 3-4 baru dereess banget, bisa sampe ganti pads 2-3 kali tuh gue. dan hari ke-5 baru mulai dikit, trus bakal sampe hari ke-7 masih ada flek2 coklat gitu.

dan beberapa bulan ini malah gue mulai ngerasa ada yang beda. gue emang kalo lagi dapet itu ga pernah sakit, even sebelom gue hamil & punya anak. pas pake IUD pun ga sakit, tapiiii udahannya ketika mens gue udah selse & bersih, bisa sakiiiit ngiluuu banget perut gue. dulu sih sempet ditanya ke dokter kenapa (sebelom pake IUD, suka ngerasa juga, tapi gak terlalu parah) .. katanya sih karena gue ovulasi dan telor yang gue hasilkan itu gede2 makanya bikin jadi ga nyaman dan sakit. sejak pake IUD, sakitnya makin parah deh.

nidya sebenernya IUD itu gak ada yang perlu ditakutin sih. kalo pasangnya bener, sebenernya ga akan berasa dan ga terlalu ngaruh. ya jangankan yang pake IUD, gak pake juga kalo kecapekan kitanya pasti gak enak kan? heheh..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

20

Topic: Kontrasepsi

sisti..bener tuh katanya chocofloat & slesta. di awal emang gak begitu banyak..deresnya hari ke 3-4..gw sih paling lama biasanya 8-9 hr..

tapi kalo udah lebih dari 14 hr memang hrs diperiksakan..karena pengalaman gue pas bulan puasa kemaren begitu..mensnya kurleb 20 hr aja!!

pas periksa ke dokter di hari ke-16, ternyata spiral gue melorot turun..dan emang berasa agak ngilu pinggangnya..
aku tanya sama dokternya, apa sih penyebabnya, secara gw pake spiral sdh kurleb 3 thn, dan rutin kontrol..menurut dokternya kemungkinannya adlh si spiral terdorong turun oleh darah akibat kontraksi rahim..

tapi itu gak bikin gw kapok pake IUD..buat gw pake IUD itu praktis, karena gw bkn tipe org yg bisa patuh waktu kalo hrs minum pil..

21

Topic: Kontrasepsi

duh,,akhirnya kudu bener2 mantengin thread ini deh. sama kayak mrsecc, gw pake Microlut. Itu dikasih obgyn pas akhir masa nifas, coba pasang IUD tapi copot lg gak sampe 5 menit :(. Jadi pengen coba pasang IUD lagi deh, karena selain suka lupa minum si pil ini di jam yg sama tiap hari, kok sampe anakku umur 16 bln blm haid juga, jadi worry. Kali ini mau coba obsgyn yg beda,siapa tau sukses. Tapi klo abis pasang IUD itu gak boleh beraktifitas fisik yang berat ya?? Aku latihan aikido soalnya,,dan lumayan ada porsi bantingan2 gitu deeh,,,

-true victory is victory over the self (Morihei Ueshiba)-

22

Topic: Kontrasepsi

arieblabs barusan nanya di twitter kan? udah dijawab juga padahal. hehe.. harusnya kalo pemasangan IUD nya benar, gak mungkin copot. dan bisa langsung beraktivitas seperti biasa. tapi nanti tanyain lagi ke spog nya yaa.. soalnya tiap orang kan kondisinya beda2. soalnya ada juga spog yang bilang mesti istirahat at least 1 minggu. dulu sih gue pasang langsung boleh aktivitas seperti biasa.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

23

Topic: Kontrasepsi

iyaahh,,maapkeun slesta, baru liat jawabannya pas udah di-post juga di sini *kurangsabar*. Iya, tadi baca2 di atas juga pasca pemasangan ternyata efeknya beda2 ya. better ask the obsgyn then. Thank you,,:).

-true victory is victory over the self (Morihei Ueshiba)-

24

Topic: Kontrasepsi

setelah ngelahirin anak kedua yang berjarak cuma 13 bulan dari anak pertama...tampaknya harus segera di-KB nih...

lagi berpikir buat pasang IUD...
mau tanya dong...ada yang tau berapa biaya pasang IUD di Singapur?

there's no place like home...

25

Topic: Kontrasepsi

fanny
gue sempet tuh tertarik bgt sama mirena, krn faktor jd gak mensnya itu. gue selama ini ud mulai capek sama mens gue yg banyak banget ampe bikin gue sakit kepala berat n lemes tiap abisnya. tapi krn gue cmn mau nunda sekitar 2-4 thn lg kynya kurang efektif n ekonomis ya kl mutusin pake mirena, jd ya back to sarung lg deh :p

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)