1

Topic: Manajemen ASIP

umineko,
kalo yg pernah dibaca itu:

susu yg sudah diminum (terkena liur bayi) harus dihabiskan dalam 1-2 jam. lebih dr itu harus dibuang.
wrote:

jadi sebenernya ngga dijelaskan disimpennya dimana dlm jangka waktu 1-2 jam itu. nah, aku sendiri biasanya ditaro di warmer dulu botoldot yg masih ada sisa susunya. ada juga yg sementara ditaro dlm kulkas. imo sih, asal pas akan dikasih udah dicoba dan blm rusak, terus anaknya juga ngga nolak, ya gapapa. tp tetep kalo bisa sih dihabiskan dalam sekali minum yaaa..

2

Topic: Manajemen ASIP

karaflowers Gue pindah ke thread Breastfeeding ya supaya lebih cocok :)

yang selalu kangen sama si pipi gembil

3

Topic: Manajemen ASIP

Thanks yah Otty :)

4

Topic: Manajemen ASIP

Mama-mama sekalian, mo tanya nih..

Mama-mama disini ada gak yang nyimpen ASIPnya di freezer digabung ama selain ASIP? Maksudku, itu freezer juga dipake buat nyimpen frozen food, daging, ayam, dsbnya itu (termasuk es krim,hehe :D). Managemen penyimpanannya gimana ya Mam?

Kulkasq kan 2 pintu, kebiasaan dari dulu klo belanja langsung partai gede every week, jadi segala macam frozen food masuk freezer, tentunya setelah aku tempatin ke wadah dulu (macam Tu****w*** itu). Nah, bentar lagi kan mo lahiran, jadi sudah memikirkan stok ASIP (i'm WM). Enaknya gimana ya? Klo aku tetep simpen frozen food gabung di satu freezer ama ASIP, rencana ASIPnya di tingkat yang atas, dan frozen foodnya di bawah (FYI, freezerku ada 2 tingkat), bakal ngaruh ke kualitas ASIPnya ga? Ato botol2 ASIPnya harus aku tempatin ke wadah sendiri juga?

Thanks ya Mama.....

- Mommy loves Arka so much -

..:: The Widiadi's ::..

5

Topic: Manajemen ASIP

mommy2 TUM,plis help
kmrn dirumah mati listrik 3 jam,dari jam 10 malem sampe jam 1 dini hari,freezer yg bwt simpen ASIP ga aku buka2 sampe pagi.nah masalahnya aku ga tau selama listrik mati itu ASIPnya dah mencair sebanyak apa.pas aku buka paginya sih jelas dah beku lagi.soalnya di freezerku ga ada stok es batu,juga ga ada ice gel-nya:((
nah menurut mommy2 semua, stok ASIPku itu msh bisa aku simpen sampe sebulan ke depan ga ya pas aku dah masuk kerja?
soalnya kalo aku minumin semua ke DJ( ada 20an botol di freezer),sayang juga coz aku msh bisa nenen-in langsung. dan aku takut klo harus mulai lagi dr awal,stoknya ga cukup bwt DJ klo kutinggal kerja nanti..

6

Topic: Manajemen ASIP

ietha,
freezerku juga campur2 koq. jd botol2 ASIP bekunya aku masukin dulu ke dalam wadah tupperware, baru dimasukin ke freezer. kalo pake cara gitu sih so far gpp. bau ASIPnya jg ga kaya bau daging/ikan & penghuni freezer lainnya.

mamaDJ,
imo, asal FIFO sih ga masalah koq :)

7

Topic: Manajemen ASIP

riri, kalo misalnya botol ASIPnya ditaruh di luaran (tanpa wadah tupperware) tapi frozen foodnya diwadah tupperware dan diatur sedemikian rupa sehingga gak di satu tingkat yg sama gimana ya? soalnya klo botol ASIPnya masuk ke wadah semua, tempatnya malah jadi kurang, dah kemakan sama gedenya wadah :D

Mama yg lain ada yang punya pengalaman kayak gitu gak?

- Mommy loves Arka so much -

..:: The Widiadi's ::..

8

Topic: Manajemen ASIP

ietha,
oh, kalo yg diwadahin frozen foodnya, aku ga pernah. tp harusnya sih sama aja yah. ato kalo mau lbh yakin, botol ASIPnya dimasukin plastik es aja..

9

Topic: Manajemen ASIP

ietha, gw belum pengalaman ky gitu sih, krn isi kulkas didominasi ama gw dan gak pernah makan daging2an :D Tapi kalo menurut gw, mending frozen foodnya aja yg diwadahin, karena kalo frozen food di luar, baunya gak cuma akan ke botol asip tapi ke keseluruhan freezer juga malah gak sedap kan..jadi kalo diwadahin sekalian membendung aromanya juga gitu.

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

10

Topic: Manajemen ASIP

oh jadi dagingnya yang diwadahin ya? trus baiknya dagingnya taro di freezer bawah kali ya.

trus boleh naro nugget atau sosis di pintu freezer ga?

maklum waktu anak pertama stok ASIP-nya kejar tayang jadi freezer gak pernah penuh.

And thelilsolder is back. Fire!

11

Topic: Manajemen ASIP

klo aku berhubung freezer khusus asip udah full jd nyimpen asip jg di freezer kulkas 2pintu. Dan berhubung arsyila udah makan jd mulai deh nyimpen2 kaldu di freezer kulkas.
selama ini klo mau bekuin kaldu aku pake icetray yg ada tutupnya trs klo udah beku aku pindahin ke tempat lock&lock jd freezernya aman dr aroma daging/ayam.
Berhubung ada asip di freezer skrg gak pernah nyetok daging/ayam/ ikan di freezer. Begitu beli lgs dimasak, ini lebih krn mau menjaga kwalitas asip. Padahal klo aku nyimpen asip, semua botol asipnya juga aku bungkus pake plastik kiloan *parno to the max*

trs di pintu freezer aku kasih es batu yg diplastikin / es batu yg di ice try gitu. Ini juga untuk menjaga freezer ttp dingin klo sewaktu2 listik mati :)

dan klo nyimpen bahan2 makanan lain kyk kentang, nuget, bakso ato sosis gitu biasanya aku taruh dirak kulkas yg paling atas (yg posisinya ada dipaling bawah freezer (chiller bukan ya namanya? :D)

-wife to a great husband, mother for alesya & arsyila-

12

Topic: Manajemen ASIP

Kayaknya ide untuk bungkusin botol ASIP pake plastik kiloan lebih memungkinkan untuk aku lakukan deh. Soalnya frozen food bener-bener gak bisa gak harus nyetok weekly, ritme kerja ga memungkin bisa selalu beli dalam keadaan segar everyday, lagian tukang sayur di kompleks juga datengnya di jam-jam sudah berangkat kerja :D

Makasih ya mom cinta, soRella, riri :)

- Mommy loves Arka so much -

..:: The Widiadi's ::..

13

Topic: Manajemen ASIP

ietha kalo ky gitu apa ga tambah ribet? kalo misal nyimpen asi pake plastik asip gmn? kan ga 2 kali kerja

soo much in love with triple H: Himmah, Hilal and Hilya

14

Topic: Manajemen ASIP

jeng ietha, setuju sama mbak gitapinky. Nyetok asip di plastik yg foodgrade juga oke,lho. Sebelumnya ku jg nyimpen di botol. Berhubung pernah dinas ke luar kota smp 3hari, gak mungkin bw botol, akhirnya pk plastik spy bs irit tempat dlm cooler box. Yg food grade tentunya. Nanti asipnya bisa disimpan dlm bks plastik (tupperware or lock and lock) jd ky yg dilakukan cinta tp yg diamankan asipnya. Hemat volume freezer :D

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

15

Topic: Manajemen ASIP

plastik food grade itu yg kayak apa ya? sempet beli plasti khusus asi gara2 kehabisan botol & di mana2 lagi sold out, ternyata lumayan mihil juga. disposable pisan hiks..

a daughter, a wife, a mother --- a CIELER and SIXTH GUN at heart
http://diariazaria.wordpress.com

16

Topic: Manajemen ASIP

umineko aku juga pake plastik asip yang disposable itu..emang lumayan mihil tp dlm kondisi tertentu butuh juga..maaf ga bantuin malah nanya juga..plastik yg foodgrade ky gmn mummyhilya ?

soo much in love with triple H: Himmah, Hilal and Hilya

17

Topic: Manajemen ASIP

hmmm... pake plastik ASIP disposable itu ya.. mahal :D hohoho... tapi mungkin one day bakal kepake juga kali ya klo lagi ribet gotong2 botol ke kantor ato klo freezer sudah penuh botol *aamiin* dan ga muat lagi masuk botol, kan klo pake plastik ASIP bisa diselip-selipin tuh :P

- Mommy loves Arka so much -

..:: The Widiadi's ::..

18

Topic: Manajemen ASIP

Kalo mau nyari plastik foodgrade, coba aja cari di supermarket yang merk Bagus (atau merk lainnya) yang memang buat nyimpen makanan. Biasanya kan ada tuh. Bisa juga beli plastik kiloan yang katanya tahan lemak tahan santan, tapi gue ga tau sih itu oke ga ya buat ASIP? Untuk darurat sih gpp, tapi kalo untuk jangka waktu lama dan pemakaian rutin gue ga tau.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

19

Topic: Manajemen ASIP

ietha iya ya kantong asi itu skrg knp mihil bgt :( dulu jaman anak pertama (4th lalu) msh sanggup beli buat cadangan klo kehabisan botol.
tp skrg kok berasa sayang bgt belinya :(( *emak pelit lagi curhat*
tp buat moms yg sering dinas luar kota sih mmg wajib pake itu, hemat tempat & praktis :)

-wife to a great husband, mother for alesya & arsyila-

20

Topic: Manajemen ASIP

ietha, gue juga tadinya gitu nyimpen asip di rak atas freezer (dimasukin dulu di kotak2 plastik kayak tupperware) trus rak bawah isinya makanan.

tapi karena gue bentar lagi kerja & lagi giat nyetok akhirnya ga muat lagi :(. sekarang gue sewa freezer dan gue isi cuma buat asip. di freezer ini gue selip2in ice gel in case mati lampu jadi masih bisa ketolong.

21

Topic: Manajemen ASIP

meara
nyewa freezer di mana ya?

And thelilsolder is back. Fire!

22

Topic: Manajemen ASIP

Ahh, jadi inget mau sewa freezer udah waiting list dari bulan januari untuk dipakai februari, sampe hari ini gak ada kabar2nya lagi dari si vendor..ya sudah, survival sama kulkas satu pintu aja deh, moga2 produksi pabriknya jalan terus :D

Oh ya, mama...kan kalo gabungin asip tuh boleh dalam waktu 24 jam ya..trus kalo udah beku dan mau diminum apa boleh digabung2 dari dua botol yg berbeda waktu perahnya? misal, ada botol 1 april 150ml, dan botol 2 april 150ml...setelah keduanya cair, mau dituang ke botol susu yg kapasitasnya 100ml..botol susu pertama sudah diisi perahan 1 april 100 ml, nah botol susu kedua yang baru menampung 50ml sisanya, apa boleh digabung dgn perahan 2 april? jadi kedua botol susu terisi penuh 100ml dari asip yang berbeda waktu..

Ngg...jelas gak ya pertanyaan gue? hehe..mohon sarannya, mamas... :D

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

23

Topic: Manajemen ASIP

soRella,
ngerti koq :) kalo aku, asal 2 botol asip beku itu waktu perahnya masih dlm 24jam sih gpp dicampur. apalagi kalo anaknya ngga nolak minum & ngga ada reaksi yg buruk (mencri2, dkk).

eh btw, dirimu sewa freezer dmn? boleh nih dicatet buat persiapan anak kedua :D

24

Topic: Manajemen ASIP

Riri, dapet no kontaknya dr milis asi, dan br kontakan via sms doang, jadi belum tau ini lokasinya dmn : Rizky (habis ini dia pst kebanjiran sms :p)

mod's note : jangan post nomer telepon toko/bisnis ya ... yg mw minta no-nya silakan PM saja .. thanks :)

Berarti kalo gabungan lewat dari 24 jam gak boleh ya? misal gabung yg 1 april + 5 april? huee, slama ini cuek aja gabung2in, baru kepikiran emang boleh ya? wkwk...tapi alhamdulillah sih gak ada resistensi atau reaksi negatif dari anakku. Jadi teorinya gak boleh, tp subject to change due to certain condition gitu ya?

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

25

Topic: Manajemen ASIP

thelilsoldier, kontak untuk sewa freezer rizki
harga sewanya 100rb sebulan.

mod's note : jangan post nomer telepon toko/bisnis ya ... yg mw minta no-nya silakan PM saja .. thanks :)

banyak banget yang mau sewa jadi dia beli baru freezer terus. aku kebetulan dapet yang baru :D

update: baru liat post diatas, ternyata udah ada yg ngasi tau orang yg sama :D
tapi gue udah sewa ke dia kok. lokasinya di depok, kalau mau sewa bisa dianter ke rumah, tapi ada ongkos kirim.