1

Topic: Breastfeeding

mamas,
ada yang punya pengalaman relaktasi ga yah
kayla abis sakit 3 hari kata dokternya sih radang, jadi kayak ada sariawan gitu dimulutnya, nah udah 2 hari ini sih baikan banget,makan juga udah mau
cuma minum masi disendokin karena dari botol juga ga mau *gw curiga sakit ga bisa ngenyot*, nen apalagi lebih ga mau...
nah kemaren2 dia masi excited gitu kalo gw tawarin nen, tapi pas udah dimasukin mulut langsung dikeluarin lagi...
nah tapi udah dari semalem,kalo gw nawarin nen emang ga mau,cenderung ga peduli dan menolak malah bener2 ga mau gitu..
takut jg sih gw tar malah kebiasaan ga nen lagi, *emaknya sih yang takut rada lebay tapi emang rasanya sedih bener ditolak sama anak*
kalo emang harus relaktasi apa harus ke ahli atau ada teknik yang bisa dilakukan sendiri ya mamas

2

Topic: Breastfeeding

Rocha wrote:
.........soalnya selama ini PD kiriku tuh kayak ada asi beku jd dipegang banyak grenjel2annya malah bentuknya kayak kotak kalo dipegang *gimana yak cara deskripsiinnya, hihihi*
setelah aku pencet rada keras, lemaknya keluar dan malah dari "lubang" itu keluar asinya lancar dan grenjel2nya berkurang walau gak maksimal. berarti itu kesumbat ya? kalo grenjel2 itu masih ada sih. apa emang gitu ya?

Rocha aku jg kadang mengalami ini, kayak ada benjolan es batu di PD entah kanan entah kiri.
Setelah mengamati sekian lama aku simpulin kalo benjolan itu krn ASI yg mengeras akibat lama g disusuin/diperas. Krn berdasar pengamatan benjolan itu akan keluar kalo dalam jangka waktu lama +/- 12 jam aku g nyusuin/g meras ASI. Untuk ngilangin benjolan tsb ya aku susukan ke anakku sampe PDnya kempes pes pes...krn kalo diperas jarang bgt benjolannya bs kempes...

mamanya kayla n nayya
@ariprastawati
@sepasang_kembang

3

Topic: Breastfeeding

rocha,
iya, aku juga sama bgt kaya mrstody. kalo kelamaan ngga diperes/pompa suka ada grenjelan gitu. kalo dipompa (sambil PD dimassage) bisa sedikit mengurangi grenjelannya. tp yg bener2 bisa ngilangin ya harus disedot lgsg sama si nay.

eryka,
aku blm pernah relaktasi, tp pernah browsing dan baca2 sedikit sih. pada dasarnya relaktasi bisa dilakukan sendiri, tp diskusi dgn klinik laktasi jg bisa sgt membantu. aku copas sekilas artikel relaktasi yg aku punya yaa..

Cara Melakukan Relaktasi:
Membiarkan bayi anda menyusu sesering mungkin pada payudara anda, setidaknya 10x dalam 24 jam. Langkah yg bisa dilakukan untuk meningkatkan frekwensi menyusu bayi anda:
- Coba menyusui tiap 2 jam sekali
- Biarkan bayi menyusu setiap kali dia terlihat berminat
- Bayi harus menghisap payudara sekitar 30 mnt setiap kali dia menyusu, jika dimungkinkan. Atau secara bertahap durasi ditingkatkan, dimulai dengan sekurangnya 15 mnt.
- Cobalah utk selalu bersama bayi anda -terutama malam hari saat hormon Prolaktin sedang banyak-banyaknya dihasilkan- sehingga dapat setiap saat menyusui bayi anda.
- Secara perlahan, kurangi pemberian susu melalui dot, dan hindari penggunaan empeng. Gantilah kebiasaan comfort sucking pada empeng dengan comfort sucking pada payudara anda.
- Jika bayi menolak menyusu pada payudara yg kosong, anda dapat menggunakan alat Suplementer Menyusui.

kurleb sih begitu. hth yaa..

4

Topic: Breastfeeding

mrstody. riri, huaa,, aku kirain wajar ada grenjel2 gini.. dan ini udah selama 3 bulan T_T huhuhu. gak sakit sih cuma kalo penuh rasanya sesek aja, hehehe. soalnya kan pas anakku lahir, masuk NICU sebulan, jdnya gak bisa diminum lgsg ama Ganendra. Yang kanan sih gak ada tapi yang kiri ini emang kudu disedot langsung soalnya diperah gak bisa maksimal kosongnya. Mungkin akhirnya kemaren itu keluar deh penyumbatnya, jd skrg bisa lancar.. Thank you mamas..

5

Topic: Breastfeeding

eryka, aku gak tau ini namanya relaktasi apa enggak ya.. cuma dengan kesotoyanku dan hasil browsing2 aku nekat nyobain. jd selama anakku di NICU sebulan kan samsek gak bisa nyusu. begitu plg, aku nyobain nyusuin lgsg dan ditolak mentah2, mana aku flat nipple lagi. jdnya aku dengan kesotoyanku tadi nyobain teori relaktasi. Alhamdulillah berhasil.
sayangnya aku gak nyimpen linknya nih.. kalo gak salah dari situsnya AIMI dan teorinya dari dr. Jackman itu (CMIIW) kurleb sama yg ditulis riri.
beneran kudu jd ratu tega deh, hehehe, sesi menyusui jd ajang "pertempuran" soalnya Ganendra selalu nangis jerit2 kalo dipaksa nyusu. karena ASIPku gak mencukupi jd aku tambahin sufor. Misalnya gini nih, dari 12 kali nyusuin (2 jam sekali), 5 kali nyusuin langsung, 4 kali ASIP, sisanya sufor. Nanti kalo udah pintar nyusunya, dikurangin deh pelan2 ASIP dan sufornya. sampai akhirnya sama sekali gak ada sufor.
pemberian asip/sufor benernya disaranin gak lewat dot, tapi susah jg. aku nyobain pake sendok sama syringe selalu dimuntahin ama ganendra karena emang refleks hisapnya krg sempurna. tp kalo udah gedean bisa kok.
terus yg aku baca, coba belajar nyusunya kebanyakan di pagi hari karena biasanya bangun pagi mood bayi lbh bagus. teori ini cocok di Ganendra krn kalo malem dia udah ngantuk kali ya jdnya justru lbh cranky, kalo pagi-siang dia msh mau latihan walopun nafasnya ngos2an, hehehe. oia, aku jg minum molloco. relaktasi ini aku lakuin 2 mingguan dan akhirnya berhasil sampe skrg. HTH yaa..

6

Topic: Breastfeeding

ceicalia wrote:
UmanyaAtha, aku coba jawab yah.
Asi berkurang itu penyebabnya bisa macam-macam dan treatmentnya pun berbeda-beda. Jadi, bisa dicaritau dulu penyebabnya kenapa.
1. Stress. Jika mungkin, hindari/kurangi penyebab stressnya. Ataupu klo ngg, bisa alokasikan waktu untuk "me time", biar badan n pikiran rileks.
2. Frekuensi mompa kurang. Asi itu kan prinsipnya supply demand, sementara WM itu masalahnya suka susah cari waktu/tempat untuk mompa. Klo makin jarang dipompa, ntar lama-lama produksi asinya akan turun. Solusinya, tingkatkan frekuensi pompa, dan pas di rumah dirangsang dengan sering2 disusuin
3. Kurang asupan cairan. Perbanyak air putih, susu, sayur dan buah.
4. Fisik, mungkin ada sumbatan atau ada masalah lain secara medis. Klo ini sih mesti konsul ke dr/ klinik laktasi yah..

Masih banyak penyebab lainnya sih, tapi menurutku 4 diatas itu yang paling sering dialamin ama WM (termasuk aku...:D). Klo mau, bisa ditambah dengan makanan/suplemen untuk memperbanyak asi.


Biasanya suplemen merk apa yah utk memperbanyak asi?

7

Topic: Breastfeeding

mamas,,,help!!!
arza masih 6 bulan kurang 3 hari. Sudah 3 hari ini tiap pagi-siang tidurnya bentaaarrr bgt, tapi klo malam biasa. Dia g rewel sih cuma susah tidur aja, gampang kebangun. Klo saya perhatikan produksi asi saya biasa2 aja. Akhirnya hari ini ketahuan klo saya menstruasi lagi.

Apa emang ada pengaruhnya ke asi klo menstruasi datang lagi saat masih asi eksklusif? please share..... Apa bner klo rasa&kuantitas asi jadi berubah. thanks mamas

Find Me @Mama's Mall
Qibi Zaqibi
ARISAN BUKU YUUK

8

Topic: Breastfeeding

piyut,
Komposisi, rasa dan kuantitas asi berubah2 setiap saat menyesuaikan dengan kebutuhan bayi dan sesuai dengan asupan makanan yg dikonsumsi ibu.

Tentang pola tidur yang 'gak dalem' itu mungkin ada sebab lain yg memengaruhi kenyamanannya. Misal udara panas/dingin, masuk angin, suara bising, dll..

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

9

Topic: Breastfeeding

UmanyaAtha,
ada yg suka minum molocco, asifit, atau lancar asi. kalo aku sendiri lebih suka minum habbatussaudah atau sari kurma.
mungkin bisa ditanya juga ke DSOGnya? :)

10

Topic: Breastfeeding

Riri *toss* aku juga minum habbats.. plus banyak minum air putih, sayur dan buah..

selalu menunggu datangnya hari sabtu-minggu

11

Topic: Breastfeeding

oke, bismillah.. dari kemaren mau nulis tapi 'takut' udah dibahas..hehhehe. tapi udah baca2 sambil teler ( masa2 zombie ), boleh doong share nyaaa.. :D
Sebelumnya.. Selamat Metariza atas lahirannya..heuhehuhe. Kita ga pernah ketemu ya abis senam2 hamil itu? :P

Anyway.. langsung ke problem yah.. basically sama sih.. masalahnya kmaren kmaren ini ya.. ngeri kalo ASInya ga 'cukup'. Sebenernya di hati ama kepala uda yakin..BANGET. kalo it's all in your mind. alias ASI tu ga pernah ga cukup, selalu meneysuaikan ama kebutuhan bayi. Walupun ukuran PD minimalis :P, alhamdulillah dr hari I lahiran uda mau kluar, dan mulai nyusui. dan hari ke 8, sempet demam tinggi gara2 bengkak, heuheuhe.
Nah..problemnya adalah.. mulai 2 minggu yang lalu.. anakku rewel terus sepanjang hari.. yang biasanya pagi - siang tidur panjang dan rewel di malem.. mulai deh.. pagi - sore ga mau tisur.. abis disusuin..melek aja gitu. diem bentar..trus nangis.. ampe jerit2. Sempet ke dokter, soalnya mikir kolik atau kembung atau apa gitu... cuman kata dokter.. gua nya yang ga tenang, plus dikasi tips.. kalo nyusui..haru 'fokus'. Ga boleh BBan, ga boleh nonton tivi, ga boleh tiduran, ga bole ngobrol, ga boleh dicolek2 suami..alias suami cuman boleh nemenin doang.
Sempet sukses selama 3 hari.. jadi tahanan kasur..

Tapi sekarang..kmaren sih.. abis nyusu nangis, nyusu nanghis.. gitu aja terus.. tidur/ditaro 15 menit bangun nangis.. kata nyokap mungkun ga kenyang.. padahal susu udah netes2, dan Raka ( oh ya..umurnya 26 hari ) minumnya lama.. bisa lebih dari setangah jam.

Dipijet ILU udah.. dikasi minyak telon udah...dikasi transpulmin udah.. PD dimasage terus ama kompres air anget kalo mandi, jadi jelas ga sumbat.
Tapi emang ga kental gitu sih..

AC udah di naikin suhunya..uda direndahin suhunya.. uda segala macem indikasi deh.. ampe gua nangis2..soalnya ksian dianya ga tidur..

Kira2 harus ngapain lagi ya? apa emang ada masanya bayi rewel? dan maunya nyusu terus?
oh ya sempet sukses tidur panjang kalo disusuin sambil tidur, jadi abis nyusu posisi ga berubah lagi / gak kebangun.
So..emang jarang disendawain sih...

Bibunya Raka dan Rayyi
Twitter : @tickzie
Tumblr : bibunyaraka.tumblr.com

12

Topic: Breastfeeding

oh ya, bener kan..kalo bayi ASIX pup nya ga tiap hari ga papa? soalnya diserap ama bayi? soalnya Raka pupnya bisa 4-5 hari sekali.. Bukan indikasi kurang asupan ASI kan? pipisnya sih banyaaak..

Bibunya Raka dan Rayyi
Twitter : @tickzie
Tumblr : bibunyaraka.tumblr.com

13

Topic: Breastfeeding

tickzie believe it or not, itu termasuk mayan normal. waktu bayi baru lahir, bawaannya emang tiduuuurr terus. at least ini yang kejadian di gue ya. ada anak yang abis lahir udah aktif. naia dulu tiduuur mulu sampe mau di nenenin aja mesti dibangunin. kalo nangis pun suaranya kecil. tapi itu hanya berlangung kurleb 2 minggu. setelah itu, dia tidurnya bentar2. ditaro, gak nyampe setengah jam, bangun nangis. mirip deh sama baby lo (eh namanya siapa ya?)..

gue juga ga tau kenapa ya.. tepatnya sih lupa! hehhe.. yang pasti di cek kembung ato enggak, dikasih daun jarak untuk ngurangin kembungnya. tapi emang masalah utama adalah di tidur, terutama tidur siang. untungnya sih dulu itu naia kalo tidur malemnya selalu lancar, walopun ya tiap 2 jam bangun. tapi masih lebih lama dari pada kalo tidur siang.

setelah coba ditelusuri semuanya gapapa.. akhirnya gue sih mikirnya karena dia mulai sadar, ini ada mamanya loh, jadi pengen deket2 terus. maunya nempeeeelll terus. apaboleh buat ya diikutin. dan gue melakukan cara2 ini supaya dia bisa tidur siang lebih lama:

1. dibedong
jadi kalo mau tidur, dia gue bedong. somehow bikin jadi lebih lama tidurnya. yaaa mentok 45 menit - 1 jam lah. mungkin sih karena masa ini dia pengennya dipeluk dan mulai "terbangun" dari tidurnya. jadi ya pengen ngerasa secure. dengan dibedong, dia jadi ga bisa gerak dan ngerasa kayak masih dalam perut. tapi gue hanya bedong kalo mau tidur aja... which means biasanya kalo udah deket bangun biasanya tangan kakinya juga udah pada keluar dari bedong.

2. ditengkurepin tidurnya
ini works banget! tapi mesti ati2.. karena kepalanya belom kuat, takut SIDS. jadi mesti ditungguin.

3. diayun2 aja, diajak maen keluar sambil tidur. dan ya terus2an dipegang di gendongan biar dia tidur. gak ditaro bobonya. again ini karena dia pengen kayak masa2 di perut yang selalu di "peluk". makanya banyak yang suka pake sleepy wrap, karena si bayi jadi tidur terus, ngerasa kayak masih dalam perut.

mudah2an info di atas berguna ya. satu lagi nih yaa.. kalo si baby nangis2 gitu.. jangan langsung diangkat. biarin dulu, sambil aja main tanya kenapa? emang masih kecil dan belom ngerti tapi believe me, babies are smart! kalo tiap dia nangis langsung diangkat, dia bakal belajar kalo untuk minta digendong dia harus nangis. in the long run, bakal kebantu banget deh ini kalo diajarin, gak mesti nangis untuk cari perhatian :)

hth yaa..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

14

Topic: Breastfeeding

tanya donk....
Babyku umur 3 bulan selama ini ASI terus dan ga ada masalah. Selama ini klo payudara bengkak sekeras apapun klo udh disusuin sampai kosong pasti bengkaknya hilang. Tp hr ini di PD kanan bagian bawah ada benjolan (segede 1/2 telur gitu) dan rasanya sakit. Dan udh disusuin berkali2 tapi kok ga ilang juga ya? Udh dikompres air panas dan disusuin sampai lammmmaaaaaa tp ga ilang juga. Duhhh diapain ya? Soalnya lumayan sakit nih
Thx

15

Topic: Breastfeeding

Tickzie, congrats yaa...udah mau sebulan ya babynya? Namanya siapa? Iya tu kita ketemu di kelas senam hamil itu untuk pertama dan terakhir krn 2minggu setelahnya gw melahirkan :)

Btw gw juga pake cara yg dibilang Slesta, Leandra gw bedong sampe hampir sebulan. Klo ga gw bedong, tidurnya ngga pules plus emang waktu itu gw belum bisa nyusuin klo ga ngebedong karena panik tangannya kemana2 :p 

Sekarang udah ga gw bedong lagi dan gw peratiin tidurnya pules kalo gw pakein sleepsuit atau bodysuit plus celana panjang&kaos kaki...klo pake baju yang kurang anget, tidurnya kurang pules.

Mungkin baby-nya lagi growth spurt Tick, kan katanya umur 3minggu itu lagi growth spurt. Gw sendiri bingung waktu Leandra umur 3mingguan itu ada masanya dia nyusuuu terus hampir tiap jam padahal biasanya 3jam sekali (bukannya gw yg ngejadwalin tapi dia bangunnya tiap 3jam sekali), trus bener juga kata dokter lo, klo nyusuin ada kalanya baby butuh perhatian penuh dari kita, jadi klo bisa sambil nyusu jangan disambi yang lain (pegang hp,ngobrol atau nonton). Kadang gw nyusuin sambil melakukan hal2 itu (browsing,nonton atau sambil ngobrol sama kakaknya) dan Leandra ga bete tapi ada serinh juga pas lagi nyusuin gw sambil megang hp dia kliatan restless dan rusuh, dan pas gw taro hp dia lsg tenang lagi...lagi butuh diperhatiin kali ya?

metariza.com | mother of two |@metariza

16

Topic: Breastfeeding

Hihihi Met, gw dulu waktu Aghnan masih kecil gw selalu nyusuin sambil megang bb dan nonton TV. Tapi sekarang karena udah ngerti, tiap kali aku nyusuin dia sambil megang bb, bbnya diambil sama dia trus di lempar.. :lol: *lapkeringat*
Terus kalau nyusuin sambil megang ipad juga yang ada, ipadnya di tutul2 sama tangan dia trus alisnya merengut sambil grmbl..grmbl.. gak jelas.. Buat gw, lucuu banget mukanya dia kaya gitu.. :))

17

Topic: Breastfeeding

Hiks nampaknya perjalanan breastfeeding gue akan segera berakhir. Bukan karena gue ga mau lagi, tapi karena Nara ga mau lagi :( Rasanya sedih... Semalem gue sampe ngomong ke Nara "ayo Nara, mimik lagi ya sama bunda? bunda kangen... kita kan biasanya ngobrol sambil kamu mimik..." dan dibalas dengan tatapan lucu doang, trus dia ngoceh sambil main :( Abis itu dia tidur sambil gue pelukin, tapi tetep ga mau breastfeeding. Apa dia mulai menyapih diri sendiri ya? *mewek*

yang selalu kangen sama si pipi gembil

18

Topic: Breastfeeding

otty,
ngebayanginnya jadi ikutan mau mewek :'(

19

Topic: Breastfeeding

otty belom tentu loh! ada masanya anak yang begitu, tapi tar jadi sakauuuu banget gak mau lepas. biarin aja kalo ga mau, tapi kalo masih mau ya dikasih, cuma jangan ditawarin. kalo ternyata emang beneran nara ga mau lagi, at least, it's easy pisahnya. jadi lo bruntung banget!

believe me, urusan sapih menyapih itu sebenernya bukan anaknya yang susah disapih, lebih ke emaknya yang gak mau ngelepas nyapih. ga rela gitu rasanya!

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

20

Topic: Breastfeeding

slesta Oh gitu ya? Jadi bisa aja nanti dia mau lagi? Iya sih gue merasa cukup "beruntung" ga susah nyapih, tapi mengutip kalimat lo: emaknya yang ga mau ngelepas, ga rela!!

yang selalu kangen sama si pipi gembil

21

Topic: Breastfeeding

UmanyaAtha wrote:


Biasanya suplemen merk apa yah utk memperbanyak asi?


Suplemen sih katanya cocok2an. Aku kemaren awal2 pakenya lactamam. Tapi itu juga dibantu ama daun katuk dan sari kurma. Klo di akunya sendiri sih ngerasa yang paling manjur tuh yah daun katuk itu.

22

Topic: Breastfeeding

otty wrote:
slesta Oh gitu ya? Jadi bisa aja nanti dia mau lagi? Iya sih gue merasa cukup "beruntung" ga susah nyapih, tapi mengutip kalimat lo: emaknya yang ga mau ngelepas, ga rela!!


Otty, ngga rela yah? :D hi4.
Klo dulu aku nyapih nela agak ribet prosesnya. Aku sapih soalnya dia udah 2 tahun dan aku mo hamil anak kedua. Udah nyobain segala cara, dibujuk, pillow talk, dialihin pake mainan, tetep aja dalam prosesnya pake nangis2 segala.. hiks2..

23

Topic: Breastfeeding

Slesta waahhh... brarti ga gua doang ya? hehhe.. maklum..ibu baru :P, bawaannya sensi.. suka sedih.. kok kayak ga bisa urus anaak gitu.. hehhe. yang belum gue lakuin tu nengkurepin anak gua.. kok kayaknya ngeri gitu ya.. padahal dulu waktu masih di RS, kita kangguru2an skin to skin enak banget..hehhe.. ntar gue cobain deh.. eh? tp ga pake bedong kan tengkurepinnya? :D
Di bedong sih hampir always..heu.. soalnya sama kayak Meta itu kaki ama tangan bayi melayang2 takut ketindihan ato ketekuk2 gimana gitu. cuman semalem sih kayak gerah gitu dia ngulet2 brontak akhirnya gue copotin tu bedong.


Metaaa hahhahha... iya yaaa..hiihihihi.. gue 8 oktober, maju seminggu dari HPL.. seru deh. soalnya dari bukaan 2 ga bisa turun tempat tidur, kontraksinya kuat bener.
Grow spurt ya? moga2 iya deh.. hehhehe.. parnoan nih.. takut ga cukup lah, etc.. soalnya kata orang2, kalo ASinya cukup ato bayi kenyang, dia abkal tidur pules -_-".
Dan, yess.. no BB, no TV, ga ngobrol.. si Raka ( oya namanya Raka ) nenennya sambil merem, kalo gue nyambi.. wahdhuuhhh.. tu nene sambil matanya melotot ngelirik gue kayak ngomel gitu. :D

Bibunya Raka dan Rayyi
Twitter : @tickzie
Tumblr : bibunyaraka.tumblr.com

24

Topic: Breastfeeding

Tickzie:
wah congrats ya! gue selalu kangen masa menyusui apalagi ketika saling bertatapan dengan mata anak. gimanaaaa gitu rasanya.

mamas,
nanya dong, doidy cup itu bisa dipakai untuk ngasih ASIP buat bayi?

And thelilsolder is back. Fire!

25

Topic: Breastfeeding

thelilsoldier,
kalo bayinya udah aga gedean sih bisa mba. tp kalo newborn, cup-nya rada kegedean deh..