1

Topic: Breastfeeding

bunda aidan wrote:
hi mamas sekalian,

knp ya blkgn ini klo lg nenen babyku sering kesedak,batuk2 gt sampe kdg mukanya kaya pgn muntah gt..jd suka worry sendiri.. :(


sepertinya aliran ASInya deras tuh mom, bagus dong kalo begitu...
coba aja sebelum disusuin, PD diperah atau dipompa dulu biar si baby gak sampe kesedak-sedak, kasian kan dia jadi gak tenang minumnya.
happy breasfeed ya.

bahagia punya Sya-Vee

2

Topic: Breastfeeding

meta & sefa,
sama-sama sayang.. namanya ibadah itu emang susah ngejalaninnya (di gw loh ya hehehe..) ada aja kendalanya. tapi begitu dimudahkan jalannya, yaiy! kerasa banget manfaatnya.

meta,
sama met, gw juga risi untuk pijat payudara sama orang lain, dan gw juga agak trauma ketika pijat payudara sama suster di klinik laktasi.
bener deh, sakitnya itu sampe ubun-ubun kayak thalia bilang. sebelum dipijat, gw udah stress duluan karena mikir rasa sakitnya.
tapi demi sehat dan demi lancar menyusui, jadinya ya ditega-tegain.

makanya, pas tukang pijat/suster beraksi, gw bener2 perhatiin caranya, biar nanti gw bisa pijat sendiri.
dan cara pijat yang paling cocok yg gw ambil adalah caranya si emak tukang pijat itu, tapi dalam versi yang lebih soft cara mijatnya.
jadi kalo si emak agak kenceng, nah gw agak dirasa2 gitu, lebih lembut pijatannya.

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

3

Topic: Breastfeeding

@Metariza, lg perjuangan nyusuin jg ya? Btw selamat ya dah lahiran *sesama september :)

Mamas, babyku 1.5bln demen ngempeng PD nih. Yg ada klo dah kurasa dia cuma ngempeng n udahan mimik, kita 'rebutan' nipple huhuhu. Suakittnya..cos putingku pecah2, lecet (aku kurang pinter nyusuin tiduran, klo duduk sih ga sakit). Dia mimiknya jg rada beringas, pake tarik+gigit gitu huhuhu. Pernah clogged mpe kukira tumor loh. Nah sekarang di putingnya ada putih2 gitu. Itu nanah ato apa ya?

Bisa tiap malem baru tidur jam 3-4an gara2 dia marah klo dilepasin dr PD=aku ya ga bisa tidur. Klo ngliat suami enak2an tidur n malah ganggu dgn ngoroknya, pengen kutendang dari tempat tidur rasanya...

4

Topic: Breastfeeding

syavee: gak perlu dimassage.. dibalurin aja sama yoghurtnya

thalia: wow, dirimu ternyata udah nyoba ya? gue nih yg belum.. habis males beli kolnya, secara berat (lagian kalo beli yg ada bakalan habis gue masak tongseng, hehehe)
yoghurt dinginnya lumayan lama.. jadi ngurangin sakit juga loh
oiya, kalo disini selain yoghurt bisa juga pake quark, caranya sama aja kayak yoghurt

eka: sama kok ka, ibadah memang susah ngejalaninnya, banyak godaan.. tp berkat semangat dari para mama di TUM, ibadah menyusui jadi lebih nikmat :)

being a mom for Kareem makes me find out the answer why "surga itu ada ditelapak kaki ibu" (Blog: http://www.negeridongeng.com/)

5

Topic: Breastfeeding

Mamas, apa benar kalau ASI yg bagus tuh yang kental?
Aku udah menyusui 2 bulan, tapi kayaknya ASI ku ga kental. Tapi aku pernah baca katanya saat awal bayi menyusu, ASI yg keluar encer dulu (buat menghilangkan haus) trus baru mulai kental (yang mengenyangkan). Aku ga pernah perhatiin apakah ASIku setelah bayi beberapa saat menyusu jadi kental atau ga (karena masih dihisap bayi). Selama ini bayiku ga pernah rewel kelaparan juga dan pertambahan beratnya pesat (sampai perawatnya heran dg pertambahan beratnya).
Selain itu aku juga makan sedapetnya aja, maksudnya ga selalu makan sayur tiap hari karena ga doyan sayur. Jadi agak khawatir juga kalau ASIku ga kental berarti ga bagus.
Thx

6

Topic: Breastfeeding

pinken,
putih2 di nipple itu coba dibersihkan air anget, kl mau pake minyak zaitun jg bisa sblm mandi. Kalo ada luka, coba diolesin salep, kalo gw pake bepanthen, dan purelan.

Momaa,
kalo dirasa baik2 aja kayanya gak ada masalah ya. Kental ato encernya asi itu gak nunjukkin kualitas asi-nya koq. Komposisi asi tiap ibu kan emang beda2 menyesuaikan dengan kebutuhan bayinya.
Kalo kitanya udah ngejaga asupan gizi dan cukup istirahat, insya allah asinya mencukupi kebutuhan bayi.
Gak ada lho istilah asi bagus ato jelek.
Asi itu kan yang terbaik bagi bayi kita, 'tul gak? Hehehe.. Santai aja :)

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

7

Topic: Breastfeeding

Wah dpt info baru nih kl kol n yoghurt bisa ngurangin pd yang bengak, thanks alot y mamas bwt infonya :)
Mw d coba ah soalnya walo udh 3,5 bln nyusuin msih aja suka bengkak n ada yg grinjilnya terutama kl hari kerja, mgkin g smua asinya ke mompa y jd gitu. Kl pas weekend pd enteng rasany krn d mimik truz ma megumi he3x

8

Topic: Breastfeeding

Eka: iya sih, sebenernya ga terlalu khawatir tapi penasaran aja. Soalnya sering ada yang tanya apa ASInya kental. Jadi kok kayaknya kekentalan ASI jadi patolan kualitas ASI gt ;)

9

Topic: Breastfeeding

mama...aku mau nanya dong, idealnya nyusuin itu berapa menit ya? Atha, anak keduaku kadang nyusunya ga lama, karena pas lagi LDR (lagi deras-derasnya ASI) dia suka batuk terus dilepas gitu aja, kadang mau kalo ditawari niple, kadang ga. Aku khawatir dia ga dapat yang belakang, cuma dapat yang depan aja. Tapi kalo dilihat dari pupnya, kayaknya dapat juga ASI belakangnya. Trus gaya nyusuinnya kadang dikeluarin niplenya, trus nyari lagi, terus dikeluarin lagi, apa ini berhubungan dengan lidah ya? tapi aku yang agak khawatir dan kadang gemes karena kalo lagi LDR kan sayang netes-netes tapi dia mainin gitu.

-Bunda Syanda dan Atha-

10

Topic: Breastfeeding

citra atha umur berapa ya?

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

11

Topic: Breastfeeding

momAA : kayaknya udah gak perlu kuatir deh sama kualitas ASI mu, kan si kecil gak ada masalah sama pertambahan bobot badannya. tetep PD ya klo kita pasti bisa nyusuin.

citra : lamanya waktu menyusu gak bisa dijadikan patokan karena kebutuhan bayi beda-beda. yang bisa kita pantau ya dari grafik pertumbuhan berat badan sama frekuensi BAK - BAB buat tau kecukupan ASI yang dikonsumsi. Asal semuanya sesuai dengan indikator bayi sehat, kita gak perlu kuatir kok.

bahagia punya Sya-Vee

12

Topic: Breastfeeding

Slesta maaf lupa nulis usia Atha. Atha hampir 2m seangkatan sama Leandra dan Diara, sama-sama kelahiran september.
SyaVee makasih ya, soalnya agak parno, dari dokter di klinik laktasi nyusuin itu bagusnya sekitar 20-30 menit, tapi Atha ga pernah selama itu. BB, TB dan LK nya bagus kok, BAK dan BAB nya juga bagus.

-Bunda Syanda dan Atha-

13

Topic: Breastfeeding

citra bener tuh kata syavee selama bab & bak nya bagus, dan kenaikan berat & tinggi badannya juga normal, berarti asupan nya cukup. mungkin karena asi kamu yang deres, jadi atha gak perlu berlama2an nenennya. tapi ga ada salahnya kalo di cek juga mungkin dia lepas2 nenen gitu krn dia gak nyaman dengan posisinya?

sebenernya nanti akan ada masanya si anak bakal maen2 gitu nyusunya, tapi biasanya kalo anak udah rada gedean, di atas 6bln. makanya gue tanya dulu umurnya atha dulu :)

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

14

Topic: Breastfeeding

Citra , anak ku yang kedua dari lahir kalo nyusu ngga pernah lebih dari 10 menit, sampe semua bilang, pasti belum kenyang. Aku coba ngasih lebih, malah ngamuk. Dikasih lebih sering, akhirnya muntah. Akhirnya aku ikutin aja. Nyusuin 10 menit, n hanya dari 1 PD. I know the theory... harusnya 2-2 nya, tapi anaknya ngga mau.. gimana dong? Setuju ama mommies yang lain.. selama pertumbuhan nya bagus... dont worry... Semangat

*I have 2 kids, 1 is adopted... I forgot which one.. *

15

Topic: Breastfeeding

Citra & Myreshka,
samaaaa...Leandra juga nyusu cuma sebentar, paling 10 menit...jarang banget sampe 15 menit atau 20 menit. Gw awalnya suka parno, takut dia belum kenyang atau cuma dapat foremilk doang. Sempet tanya-tanya ke temen-temen, katanya yang penting berat badannya naik dan BAB+BAKnya bagus. Jadi patokan gw itu aja...gw perhatiin BAK dan BABnya sesuai dan dalam sebulan ini berat badannya naik 1kg (besok umurnya tepat sebulan)...mungkin ngga terlalu banyak kenaikan berat badannya, tapi yang penting naik kan? *ini mending ke tretnya yang khusus ngomongin kenaikan berat badan ya*

suami juga membesarkan hati bilang klo kecepatan nyusu bayi kan beda-beda...siapa tau walaupun nyusunya sebentar, kecepatannya tinggi dan dalam waktu sebentar dia udah nyedot semua yang dia butuhkan.

metariza.com | mother of two |@metariza

16

Topic: Breastfeeding

toss ama metariza.. bener.. yang penting anaknya nyaman. lagian kalo sebulan pertama naek 800gr juga udah dibilang cukup kok ama dokternya. teori tinggal teori, the baby rules!!! hihihihi

*I have 2 kids, 1 is adopted... I forgot which one.. *

17

Topic: Breastfeeding

myreshka,
hihi *toss*
pengakuan ni...baruu aja tadi pagi gw nyobain nyusuin Leandra terus, pengen tau apakah dia selama ini nyusunya kurang banyak. Jadi jam setengah 8 nyusu ga sampe 10 menit, trus abis itu gw mandiin, abis mandi gw susuin lagi dan dia cuma nyusu 5 menitan...trus setengah jam kemudian dia restless, gw pikir masih haus, jadi gw susuin lagi DANNNNN SUKSES MUNTAH BANYAK BANGET :( keluar semua yang dia minum 3 kali itu...Muntahnya asli banyak banget, baju gw dan dia basah banget dan muntahnya pun sampe keluar dari idungnya. Gw jadi ngerasa bersalah ngejejelin dia minum sebanyak itu :( ternyata dia restless bukan karena haus, justru karena kekenyangan.

metariza.com | mother of two |@metariza

18

Topic: Breastfeeding

metariza *toss lagi*
been there, done that!!
hihihi.. raveen ampe sekarang juga makannya ngga banyak, kalo dikasih banyak, malah muntah, jadi selama bb nya naek, ya sudah lah... aah... OOT

*I have 2 kids, 1 is adopted... I forgot which one.. *

19

Topic: Breastfeeding

slesta, myreshka, meta
thanks banget ya udah kasih semangat. Emang ga boleh parno kalo lagi breastfed ya, lihat baby nya *soalnya anak pertama ga gitu*

Meta, Myreshka
toss juga, Atha kalo dijejelin minum terus, ga sampe muntah sih, palingan cuma gumoh aja. Sama dengan Myreshka, Aku juga nyusuin cuma satu PD aja, jarang dua-duanya. Mungkin karena posisi menurut Atha lebih nyaman kalo nyusu di kiri, jadinya nipple yang PD kanan ga terlalu elastis. Tapi sekarang lagi dicoba dilatih terus. Soalnya orang tua zaman dulu bilang *uh, mitos again* kalo nyusu harus dua-duanya, karena yang satu lauk yang satu nasi. Tapi kata nyokap, waktu kecil aku juga gitu. Hehe, berarti emang teori tinggal teori ya, mamas, baby have the rules. Terus semangat, ah.

-Bunda Syanda dan Atha-

20

Topic: Breastfeeding

sama kaya metariza, salah sangka kirain masih aus ato lapar disusuin lagi...hasilnya....sukses gumoh banyak bangeeet...akunya...??? nangis ga karuan....hihihihi,

oya mesti di tengklukin (duh bahasanya) dipundak biar baby nya sendawa kata nya....
jadi tuh ASI benar2 masuk.....

dan aku, waktu itu belum bisa nengklukinnya...takut gitu...ya udah tuh anakku tersayang sering gumoh...tapi sekarang mah alhamdulillah ga pernah lagi....:)

21

Topic: Breastfeeding

moms mau curhat nih sedikit
bener gk sih ada ASI yang enak dan gk enak?
bete euy sama komentar orang2 sekitar yang setiap hari bilang "ASInya gk enak kali"
padahal Kinanti dari lahir (3,2 kilo) sekarang umur hampir 3bulan beratnya udah 5,5 kilo,, nyusunya juga kuat bgt..

terus moms mau tanya kalo ibu menyusui itu harus makan banyak ya?
aku terbiasa makan 3 kali sehari secara teratur, pagi, siang, malam
kalo disela2 makan masih laper biasanya ngemil buah
nah semenjak menyusui ini aku sering dipaksa makan banyak
padahal akunya udah kenyang bgt dan memang gk terbiasa..
ketika sedang hamil pun aku makan biasa aja namun dengan gizi seimbang
alhamdulillah lahir normal lancar, baby dan ibu sehat
sekarang ASIKu juga udah bannjir2 gitu moms walopun makan biasa aja
jadi ya kembali ke pertanyaan apakah banyaknya ASI itu tergantung sama jumlah asupan makanan?
load of thanks moms:)

22

Topic: Breastfeeding

mungkin ga sih kuantitas baby nyusu itu tergantung gender?
waktu anak pertama (laki2),nennya kuat bgt..bisa sampe ngempesin PD dan lumayan bikin tangan pegel krn nyanggah kepalanya,paling sebentar nen kira2 30 menit. Nah begitu anak ke-2 (perempuan) nennya kaya leandra-nya meta,sebentar dan ga sampe ngosongin PD,klpun di paksa pasti muntah. analisa sotoyku menyimpulkan krn fafa perempuan jd dy nennya ga serakus abangnya.

btw..para working mom kl weekend,babynya langsung di susui ke PD apa tetep pk ASIP?soale fafa kl hr senin suka ga mau minum dr softcupnya krn weekend full pake gentongnya langsung,nah neneknya nyuruh u/tetep mik pake softcup saat weekend:(

Kinanti,kl aku percaya pada prinsip base on demand,semakin sering kita nyusuin maka produksi asipun akan smkn bnyk :)

nidya,ninit,mimilabib,nietz----->itsMe www.nidyalharasati.wordpress.com

23

Topic: Breastfeeding

kinanti emang ada benernya kalo kualitas asi itu tergantung dari pola makan si ibu. kalo ibu makan makanan yang bergizi maka kandungan asi nya pun akan lebih bagus. tapi tergantung makanan ibu bukan berarti ibunya makannnya mesti banyak. gak perlu banyak yang penting gizinya seimbang. tapi emang kalo nyusuin itu bawaannya cepet laper, karena kan asi kita disedot anak. tapi kalo selama kita ga laper, dan gizi yang masuk juga seimbang, ya ga masalah. imo, biarin aja orang ngomongin apa.. ga usah di denger. soalnya kalo kita udah makan makanan yang bergizi akan kerasa juga kok di kita. dan yang penting pertumbuhan anak normal, dan bb & pup nya juga bagus.

nidya itu biasaaa banget kok! anak yang ibunya bekerja, pas weekend itu emang jadinya nempeell ama gentongnya. kalo gue dulu malah jadiin itu terapi supaya merangsang produksi asi. dan emang senennya naia dulu juga jadi kayak males gitu minum paket dot. tapi apa boleh buat.. gue juga ga rela ngasih anak gue asip kalo weekend. capek males mompanya, mendingan gue susuin langsung.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

24

Topic: Breastfeeding

Mommynya Kinanti,
Ayo semangat, udah dikasih petunjuk dari posting sebelumnya, jangan dengerin omongan orang, ASI kita yang paling terbaik untuk anak kita.
Ibu menyusui ga harus makan banyak sih, tapi harus sehat bergizi karena makanan kita akan mempengaruhi tumbuh kembang baby dan terutama otaknya, jadi percuma kan kalo makan banyak tapi makannya mie instant terus. IMO, pola makan Mommy udah bagus tuh, 3x makan besar dan kudapan diantaranya. Kalo aku, kalo laper yah ngemil aja. Semangat truss.

Nidya
kalo dengar dari orang-orang yah gitu, katanya kalo laki-laki banyak banget nyusu nya plus ngempeng ke PD kita. Tapi Atha (anak keduaku, 2 bulan) belum membuktikan hipotesa itu. Malah aku heran, kerena kebalikan dengan mbaknya waktu seumurannya (saking banyaknya nenen sampe muntah, trus nenen lagi sampe PDku kosong, makanya gemuk banget, karena dapat ASI belakangnya, maaf OOT lagi).
Atha sudah aku tinggal pas 23 hari karena aku mesti kuliah lagi, tapi cuma 2 hari. Pas wiken langsung nyusu dari pabriknya. Waktu Syanda juga gitu. Tapi minggu ini Atha kayaknya minumnya dikit, mungkin karena beradaptasi dan berkenalan ulang lagi dengan dotnya. Tapi tetap mau nyusu langsung dari pabriknya kalo aku udah sampe di rumah.

-Bunda Syanda dan Atha-

25

Topic: Breastfeeding

moms... sorry aku keliling nyari thread ini ga dapet... mau tanya ttg pantangan makanan breastfeed mom apa ajah sih moms ... cabe,santan,boleh ga ... sorry kalo udah ada thread ttg ini sbelum nya ...