1

Topic: Penyebab Slow Growth

aQeela, smoga rere dan rara cepat sembuh yah,, :)

nidya, aku juga mulai kasih kaldu buat Queen dari 7bulan. seringnya kaldu dari ikan salmon,,

ini aku copas dari milissehat dot com
Berikut adalah cara lain anda dapat memastikan anak-anak mendapatkan cukup zat besi: [list=*]

  • Batasi asupan susu mereka sekitar 473-710 ml/hari.[/*]
  • Tetap berikan sereal yang diperkaya zat besi melayani sampai anak-anak berusia 18-24 bulan.[/*]
  • Sajikan makanan yang kaya zat besi bersama makanan yang mengandung vitamin C – seperti tomat, brokoli, jeruk, dan stroberi. Vitamin C berfungsi untuk meningkatkan penyerapan zat besi.[/*]
  • Hindari kopi atau teh pada saat makan – keduanya mengandung tanin yang dapat mengurangi penyerapan zat besi.[/*]
  • Jika Anda memiliki anggota keluarga yang seorang vegetarian, memantau atau dia diet untuk membuatnya memperoleh besi yang cukup. Karena besi dari sumber daging lebih mudah diserap dari besi dari sumber tanaman, Anda mungkin perlu menambah makanan yang diperkaya zat besi untuk diet vegetarian.[/*]

  • 2

    Topic: Penyebab Slow Growth

    mama, maap nyamber dan telat dateng.. tp senang bgt ketemu topik ini. *ketjup* :D

    anakku Rakaboy (7m14d) rasanya BBnya stagnan bgt. akhir Nov kmrn waktu usia 6m15d sempat 7,4kg tp kena batpil di awal Des bikin BBnya terjun bebas jadi 6,9kg dalam waktu bbrpa hari saja. sampai weekend kmrn masih stuck di 6,9kg. makan udah 3x sehari dan minum asi. yg bikin aku sedikit tenang adalah anaknya masih aktif bgt dan ceria, ga ada tanda2 lemes ato sakit.

    aku mau nyoba tips mama2 disini ah buat ngeboost pake olive oil + daging sapi... sambil nunggu waktu konsul sama dsa-nya ttg cek ini-itu untuk mengetahui kemungkinan adanya ISK atau defisiensi zat besi.

    TFS ya mama, sedikit tenang skrg... :)

    3

    Topic: Penyebab Slow Growth

    mamiokey kl menurutku slow atau tidaknya dilihat dr berat lahir & BBnya perbulan. kayana kl hnya berpatokan dr BB skrng lalu dibandingkan dengan BB anak seusianya, belum tentu masuk ke golongan "slow growth"

    nidya,ninit,mimilabib,nietz----->itsMe www.nidyalharasati.wordpress.com

    4

    Topic: Penyebab Slow Growth

    Halo mamas...

    BB anakku, Anel, sekarang juga lagi mandek niy. 8,5 bulan BBnya cuma 7kg :'(
    Anel tipe anak yang makannya agak susah dan lamaaaaa banget. Satu sesi makan bisa sampe 2 jam-an baru abis.
    Sejauh ini aku udah ksh makanan2 yang mengandung zat besi seperti beras merah, olive oil, keju, butter, brokoli dan bayam. Tapi kenapa BBnya gak pernah naik banyak ya?

    Klo diliat dari aktifitasnya siy termasuk aktif banget dan gak bisa diem. Selama ini selalu PD aja sama BBnya anel (krn liat dianya juga aktif). Tapi kadang ada sedikit ketakutan juga klo BBnya gak pernah naik banyak (paling takut klo udh divonis macem2 sama dokter. Makanya jarang aku bahas klo konsul).

    Ada saran makanan apa lagi yang bisa boost BB gak mamas? Trus cara buat anak gak susah makan gimana ya? Curiga klo waktu makannya yg lama ini, salah satu penyebab BBnya seret.

    5

    Topic: Penyebab Slow Growth

    Sekedar share:

    Anakku Saifa (12m1w) terakhir kali ditimbang 2 minggu yang lalu BB-nya hanya 7,5kg dan alhamdulillah aku dengarnya biasa2 aja..pikirku selama anaknya aktif, ceria, makan lahap, minum lancar (alhamdulillah sampai sekarang masih ASI), BAB-BAK bagus, istirahat cukup, BB segitu baik2 aja dan ngga terlalu jadi pikiran.

    Udah ngobrol juga sama DSA-nya dan dia bilang BB Saifa memang sedikit dibawah normal, tapi cuma kurang 500gr aja kok. Jadi 2 minggu terakhir ini lagi agak sering dikasih asupan keju, mangga, dan pisang untuk boost BB-nya. Tapi ngga ngoyo juga, kalo anaknya udah males makan karena kenyang/ngantuk ya udahan, nanti dilanjut lagi. Semua dibawa santai. Yang jelas--menurutku--balik lagi yang harus jadi perhatian adalah aktif/tidaknya anak karena itu yang paling gampang keliatan anak ini sehat atau tidak :)

    ummubebek bukan ibunya bebek, tapi umi-nya saifana dan irhabi :)
    email & fb: [email protected]

    6

    Topic: Penyebab Slow Growth

    Duh harusnya nongkrong di thread ini lebih awal nih. Mau baca2 lagi dari awal ya. Thanks crey dah ngangkat topiknya.

    Dillan (21 bln) juga BB nya mentok di 10kg aja.5 bulan pertama naiknya dahsyat. tapi stlh itu... hmmmf
    Lahir 3.1 kg
    1 bulan 5.2 kg
    2 bln 6.2 kg
    3 bln 6.8 kg
    4 bln 7.2kg
    5 bln 7.6 kg
    6 bln balik ke 7.2 kg lagi krn batpil
    1 th 8 kg saja!
    memang sih anaknya sangat aktif. apalagi perkebangan motorik kasarnya dia tergolong cepat (10 bln sudah jln). MPASI sampai setahun juga jarang bermasalah. Nah setelah setahun ini mulai kacau balau. Seringkali GTM dan picky dlm hal makanan. So far usaha yg ckup berhasil dlm nge boost Bnya dia adalah memasukkan olive oil ke nasi atau makanan lainnya. Paling ga, nasi + olive oilnya ga ditolak.

    Nah tapiiii.... justru asupan proteinnya yg sangat mengkhawatirkan. Daging/ikan/ayam/tempe/tahunya ga bisa masuk. Asupan protein utama masih dari ASI dan fresh milk. Sebentar lagi mau disapih pula. Jadi kepengen juga tuh tes darah buat cek zat besinya. DSAnya sendiri sih bilang BBnya masih gpp. Tapi dia juga ngasih ancer2 pas 2th beratnya hrs min 10.5 kg. Tapi dia ga bilang soal tes darah ya? Gue ga nanya juga sih. Apa emang beda ya DSA di Indo ama di Sg. Dan dia juga menyarankan untuk teruuuuus breasfeeding ( love this doctor ! ). Sayangnya ASI gue sekarat. :(

    Tiap kali pulang kakek neneknya protes. Dillan kurang genduuut. *Oh, don't start me on that

    life is about making choices

    7

    Topic: Penyebab Slow Growth

    Dea wrote:


    Nah tapiiii.... justru asupan proteinnya yg sangat mengkhawatirkan. Daging/ikan/ayam/tempe/tahunya ga bisa masuk. Asupan protein utama masih dari ASI dan fresh milk. Sebentar lagi mau disapih pula. Jadi kepengen juga tuh tes darah buat cek zat besinya. DSAnya sendiri sih bilang BBnya masih gpp. Tapi dia juga ngasih ancer2 pas 2th beratnya hrs min 10.5 kg. Tapi dia ga bilang soal tes darah ya? Gue ga nanya juga sih. Apa emang beda ya DSA di Indo ama di Sg. Dan dia juga menyarankan untuk teruuuuus breasfeeding ( love this doctor ! ). Sayangnya ASI gue sekarat. :(

    Tiap kali pulang kakek neneknya protes. Dillan kurang genduuut. *Oh, don't start me on that


    Kalau BBnya pas 2 tahun harus 10,5 kg berarti percentile 15 ya Dea. Mungkin dokter tdk menganjurkan tes darah karena masih merasa BBnya Dillan masih termasuk cukup (20 bln = 10 kg = di percentile 15). Tambahan lagi kan anak diatas setahun sudah bisa mengkonsumsi susu tambahan yang biasanya juga sudah di tambah zat besi dan vitamin lainnya. Lain dengan bayi dibawah setahun yang biasanya masih full ASI yang kandungan zat besinya tergantung dari asupan makanan mamanya, jadi lebih rentan mengalami defisiensi zat besi.

    Kalau sudah diatas setahun memang anak sudah aktif banget jadi nambah BBnya rada seret. Anakku juga pernah stay di 10 kg saja selama 6 bulan (1 thn sd 1,5 tahun), tp waktu itu aku berhasil boost BBnya dengan nambah asupan susunya sama bikinin milkshake. Awalnya sd 1,5 tahun aku full ASI saja.

    Kalau skrg juga sama kayak mama yang lain, nambahin olive oil di makanannya. Mau coba nambah keju juga sih sebetulnya, tp belum sempat2 nih.

    Kalau daging kenapa ya ga mau?, kalau anakku (26 months) kalau daging2an memang masih belum bisa ngunyah halus, jadi suka masih suka kublender (daging sapi) atau kusuwir2 (daging ayam, duh apa bahasanya ya, pokoknya dibuat tipis2 gitu dagingnya). Anaknya sepupuku yg sudah 4 tahun juga kalau makan daging sapi, kalau ngga yang diblender halus kaya bakso gitu, masih suka dilepeh lagi kok, belum bisa ngunyahnya kayaknya.

    Masalah sapih memang di Indonesia lazimnya sampai 2 tahun saja. Mungkin krn faktor dokternya kebanyakan juga muslim kali ya, jadi kalau anaknya sehat2 saja ya menurut mereka ngga masalah kalau ibunya mau menyapih, toh dengan disapih biasanya anak makan dan minum susunya malah jadi tambah kuat.
    Kalau case-nya anaknya suka kejang atau sakit mungkin memang bakalan di suruh untuk melanjutkan ngasih ASInya.

    8

    Topic: Penyebab Slow Growth

    aqeela,
    rara rere sakit ya? duh smoga lekas sembuh yaaaa *hugs mamanya biar ga pusing*

    Mamiokey, tanti mustika, bunda sui,
    Tfs yaa :) tp jangan kuatir ya moms, IMO, anak kalian masih tergolong wajar BBnya dan masih dalam persentil sih harusnya.. Seperti yang ummubebek bilang, asal anaknya sehat, aktif, ceria, kenaikan BB yg seret harusnya gpp.. Mungkin ditambah daging, keju/olive oil deh, soalnya udah terbukti banyak yg berhasil ngeboost BBnya..

    Dea,
    Dillan ga kliatan kurus lho, de waktu ketemu kmarin.. Cuman iya ngeselin emang ya kalo ditanyain soal BB kok ga nambah2 pdhal kita juga dah usaha banget :( penjelasan indriani udah mantep tuh de, mungkin das disana ga kuatir karna dillan masih dalam persentil beratnya. Sedangkan contohnya dlm kasus gw, el emang dibilang lambat pertumbuhan janinnya (IUGR) dan pas dia 8 bulan beratnya masih ga masuk persentil jg, makanya dsanya nyuruh salah satu tes darah itu buat tau defisiensi zat besi atau ngga...

    De, saran dari dsa gw, gpp sesekali makanan diblender (misalnya daging-mgkn msh terlalu empuk) ato susunya dibanyakin trus dibikin milkshake gitu, perbanyak kacang2an jg... Katanya ya.. Gw jg msh hrs blajar soal solusi anak GTM dan picky eater...

    Reborn since El was born
    @inicrey

    9

    Topic: Penyebab Slow Growth

    hai mamas, terutama Crey, thx bgt udah buka topik ini

    nyamber juga, sebenernya dah lama ngikutin thread ini, tapi baru ini ikut sharing *join juga deh di klub anak2 langsing ini

    alya berat lahirnya 2,6kg, aku ikut formula standard aja umur 1thn berat minimal 3x bb lahir dan 2 thn minimal 4x bb lahir... sekarang alya 27mos, beratnya 11kg, buatku yg penting grafik KMS masuk, milestone nya semuanya masuk, perkembangan motorik OK, dan alhamd ketemu dokter yang ga rese masalah BB,lagian emg anaknya agak picky eater dan gak mau diem... aktif terussss....

    lagian mungkin genetik juga karena aku dan ayahnya alya juga ngga gemuk dan menurut cerita mbah2nya alya dulu kecilan kami juga langsing2...

    udah dulu yaa... alya minta bobo sama ibu nih...

    tetep semangat ya mamasss...

    belajar terus... jadi ibu-ibu :)

    10

    Topic: Penyebab Slow Growth

    mamasss ..

    sharing yuk soal BB vs milestones ....

    kerasa bgt kadang, BB Asa jadi penghalang bwt milestone-nya .. sampe mesti milih, BB or milestone ...
    misal ...

    mesti naikin BB > tambah asupan susu n makan,
    tapi dia bisa minum banyak itu klo pake dot. sebenernya Asa udah bisa pinter bgt pake gelas, bs ambil minum sendiri malahan dari dispenser. tapi klo susunya ditaruh gelas, minumnya g sebanyak klo dibotolin. jadi sekarang dia masih ngedot juga 2 kali sehari minimal. aku yakin bgt dia g akan kehilangan klo g dikasi dot, g pernah nyariin jg klo g dikasi. cm aku khawatir aja asupan susunya kurang. orang pake dot aja sehari ga sampe 500ml minumnya .. :(.

    trus soal tekstur makanan ...
    entah kenapa Asa tuh akhir2 ini g mw makan nasi. jadi balik bubur lagi. dimakan klo bubur, apapun campurannya ... tapi klo nasi diemuttt. padahal dari setahun udah pinter makan nasi biasa tuh dia ..
    antara takut anaknya g mw makan makanan biasa, tapi takut BB-nya turun lagi klo g dibuburin ...

    gimana ya mamas ?
    BB or milestone ? or ada tips menyeimbangkannya ?

    less ego, more heart

    11

    Topic: Penyebab Slow Growth

    Sidta kalo aku sih "disesuaikan" aja. maksudnya gini, kalo kasus yang pake dot, aku akan milih pake gelas. karena susu bukan asupan utamanya. kalo minum dr gelas habisnya berapa ? mungkin bisa coba diakalin, ngasih di gelas, sedikit2, tapi sering, dan coba disemangatin pake iklan yang ada minum susu pake gelas (aduh lupa, S*M presi***** bukan ya), ini ngaruh banget di cacha, dia bangga minum pake gelas karena sama kayak di iklan (korban iklan dia :P).

    nah kalo soal makannya, aku akan pilih gpp dialusin dulu, kenapa, karena dia "mesti" makan. buat nglatih makan kasar bisa ditaruh di snack dia

    just my opinion yaaa :)

    bunda cacha dan hafidz

    12

    Topic: Penyebab Slow Growth

    Makasih ya mamas yang udah ngedoain Rere dan Rara *grouphugs*

    Alhamdulillah Rere udah sembuh..
    Rara juga udah, tapi 2-3hari setelah sembuh batpilnya Rara sempet sumer 3 hari (tapi malem aja), terus seharian panas, dan hari ini udah gak lagi..
    Bulan ini bener2 cobaan buat Rara :'( moga2 maraton penyakitnya berenti ya nak..
    Sebisa mungkin kalo anak2 gak rewel gak saya kasih sanmol, biar tubuhnya belajar *ya, saya memang "kejam"*

    Sidta

    Seingetku Rere dibawah umur 2,5 tahun gak pernah minum susu lebih dari 500mL, dan dia bisa agak chubby juga tuh (Rere mulai gak bisa chubby semenjak ada adeknya dan mulai masuk playgroup).
    Rere juga gak mau ngedot, jadi semenjak usia 5 bulan kalo minum susu disendokin..
    Kalo aku sih lebih prefer milestone ya, karena tipe anak2ku kalo sakit BBnya langsung terjun bebas, jadi kadang2 berasa sia2 gitu perjuangan ngedulang 1-2jamnya (yang makannya susah Rere) dan begitu batuk sehari langsung jadi keliatan kuruuuuusss

    http://farm6.static.flickr.com/5286/5326141321_4164363912_t.jpg
    rere waktu masih bisa chubby, sekitar umur 2 tahunan

    http://farm6.static.flickr.com/5006/5326141323_f79b9ac61f_m.jpg
    rere sekarang, makan sebanyak apapun tetep gak ngefek (kelak kau akan bersyukur nak punya gen kurus kaya mama, hehe)

    selalu menunggu datangnya hari sabtu-minggu

    13

    Topic: Penyebab Slow Growth

    Sama nih...Aizka juga 7.5 bulan masa beratnya cuma 6.8kg. Susah amat kayanya ke level 7 kg. Cuma kemaren pas lagi jalan2 ke singapore, aku bawa ke DSA sana. Dan dia bilang selama perkembangan motorik dan otaknya bagus, gak perlu khawatir dengan berat badan. Malah kata dia jangan pernah matokin BB bayi itu mesti berapa krn itu smua variasi. Yang harus di perhatikan perkembangan motorik dan otaknya itu.

    Trus dia juga bilang, anak2 yang tipe mungil itu ada istilahnya...namanya Chilli Padi. hehehe..kecil2 cabe rawit kali ya maksudnya. Jadi skrg aku gak mau terlalu stress in mengenai BB, selama anaknya sehat. Tapi emang sih kalo udah mulai orang lain komentar kenapa anaknya mungil/kecil langsung deg2an deh....

    14

    Topic: Penyebab Slow Growth

    mb Ade, Asa minum pake dot aja 360ml an sehari. klo pake gelas seteguk lari, kejar .. seteguk lari lagi. abis 5 teguk udah g mw kali ..
    coba air putih, wah semangat dy ambil minum, teguk glek2 2 gelas juga ayo aja ...
    pake dot itupun, klo lg g mw ya dilempar botolnya ... klo ultra mimi kadang mw nyedot langsung dari kotak, tapi sering juga cm ditumpah2 in n dipencet2.
    iya sih bukan asupan utama, tapi Asa dikit bgt yak ...
    harusnya aku nih yg disemangati, bukan Asa :P
    penghalang milestone terbesarnya dia itu ternyata seringnya adalah mamahnya sendiri yg suka g tegaan :D
    tfs ya ..

    aQeela
    , alhamdulillah udah sembuh ya .. tapi pindah kesini... Asa pilek abis berenang nih, kemaren kolamnya rame bgt, ada yg pilek jg kali y ...
    ayahnya radang ...
    mamahnya ... semoga g kena sakit maag :P
    iya Asa juga klo pilek lgsg enteng. tapi skrg udah agak tenang cos udah sama posturnya sm temen2 sepantaran. klo berkurang lagi paling gak kurangnya g banyak2 ...

    Rere n Rara cantik yaa ..
    pinjem dong sehariii ajaaa ..:D

    less ego, more heart

    15

    Topic: Penyebab Slow Growth

    mrshandsumH wrote:
    aku bawa ke DSA sana. Dan dia bilang selama perkembangan motorik dan otaknya bagus, gak perlu khawatir dengan berat badan. Malah kata dia jangan pernah matokin BB bayi itu mesti berapa krn itu smua variasi. Yang harus di perhatikan perkembangan motorik dan otaknya itu


    setuju banget nih


    Sidta
    ayo, main ke jogja dooong :D

    selalu menunggu datangnya hari sabtu-minggu

    16

    Topic: Penyebab Slow Growth

    mrshandsumH, aku juga setuju banget... aku juga sebenarnya tadinya santai2 aja sama BB Albert... anaknya aktif, perkembangan motorik kasar, halus, dan kognitifnya juga mengagumkan... dia juga sehat... jarang sakit...
    Makanya sedih banget waktu dibilang Albert kurang gizi...
    Ternyata setelah aku bandingkan... dokter yang bilang Albert kurang gizi itu gak terlalu peduli sama si anak... (memang aku ke situ tujuannya cuma mau imunisasi sebenarnya)... habis nyuntik lsg ngomel2, ini BB sama TB-nya mengkhawatirkan... orangtuanya tinggi besar (setelah kami ingat2, kami tuh tipe yang mungil pas masih kecil dan melesat setelah puber). Dokter yang pertama ini gak nanya Albert sudah bisa apa dsb... (mana waktu itu suamiku cuma berdua Albert, aku dtg telat karena ada gangguan kereta, dan dokternya gak mau nunggu lagi...)
    Waktu itu ya aku merasa, mungkin Albert memang kurang asupan dagingnya... jadi memang aku perbaiki pola makannya.
    Akhirnya Albert kubawa ke dokter lain untuk minta second opinion... kebetulan beda sebulan memang TB dan BB bertambah... nah di dokter yang ini, Albert ditanya2in, diajak ngobrol, diminta berhitung, dll... pada periode sebelumnya memang BB Albert gak bertambah banyak, tapi TBnya nambah lebih dari 5 cm...
    Akhirnya aku agak tenang... tapi tetap pantau pola makannya Albert, tiap weekend siapin lauk2 seperti nugget, pangsit, dll...

    "Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
    –Elmer and the Rainbow

    17

    Topic: Penyebab Slow Growth

    mamas, jibran masih ASIX (3m15d) belum MPASu, tp dokter bilang dia perlu vitamin untuk mengoptimalkan kenaikan BB nya..

    sebenernya perlu g si moms vitamin vitamin ky gitu? soalnya emg BB lahir Jibran cm 2100gr sekarang 5100gr, tp anaknya aktif baik baik aja aq lihat, motoriknya jg mayan g terlambat jg.

    aq cm khawatir DSA nya asal ngasih vitamin. oya DSA nya jg mw ngasi suplemen zat besi. apakah itu perlu jg?

    makasih y

    18

    Topic: Penyebab Slow Growth

    hime, klo ASI-nya masih cukup, mungkin lebih baik boost BB-nya pake hindmilk aja mama, konsumsi ASIP-nya ditambah, n mama-nya makannya yang sehat ya ... :D
    3m 5100g sepertinya g kecil2 banget kok ...
    CMIIW ..

    less ego, more heart

    19

    Topic: Penyebab Slow Growth

    3 bulan naek 3 kg udah bagus banget tuh menurutku.
    Kalau masalah suplemen zat besi, aku pernah baca (tapi lupa dimana, maaf ya..) bayi prematur dan BBLR apabila pertumbuhan beratnya pesat memang butuh vit.besi ketika usia 4 bulanan, untuk mengantisipasi defisiensi zat besi.. Pernah ada yg share (keliatannya di TUM juga) bayinya BBLR, umur 11 bulan beratnya udah 10kg lebih, dan di tes ternyata defisiensi zat besi karena faktor BBLR dan pesatnya kenaikan BB..

    HTH ya..

    selalu menunggu datangnya hari sabtu-minggu

    20

    Topic: Penyebab Slow Growth

    Seneng banget nemuin thread ini disaat yang tepat.. Anak gw Yurie 8m 13d BB nya selama 2 bulan ini stagnan di 7,5kg.. BB lahir termasuk gede di 3,5kg.. menurut dsa BB nya turun karena percentil di waktu lahir itu 50, skr cumen 25 aja.. sedih rasanya kalo tau percentilnya turun drastis gitu... Syukurnya Yurie termasuk anak yang jarang sakit, dan behavior juga lincah dan aktif... atas inisiatif emaknya sendiri Yurie gw bawa cek urine kultur untuk mengetahui apa ada silent isk.. dan hasilnya baru bisa ambil seminggu lagi.. mudah2an gpp... dan skr mulai ikutin saran dari moms disini untuk boost BB dengan keju, pisang, mangga dan lain2nya itu...
    oya moms, yurie punya riwayat sembelit nih, jd kalo diberi yg high protein ama yang agak "berminyak" gpp ya??

    21

    Topic: Penyebab Slow Growth

    iya sidta, syukurnya ASIP masih cukup. nah nnti klo DSA nya kekeh ngasi vitamin gimana y..soalnya dia patokan ama growth chart, y pastilah jibran di bawah banget persentilnya...

    aqeela, jadi klo terlalu pesat justru harus lebih waspada y? truz sebenernya klo kekurangan zat besi dr bayi yg hanya minum ASI tu resikonya apa si?

    maaf klo pertanyaannya basic banget, makasih mamas

    22

    Topic: Penyebab Slow Growth

    Sidta, kalo masalah BB dn mileston, alhmdlh Rajuu mileston nya bgus, 12bln sudah jalan. 13bln sudah lancar naik tangga. Ngomong sudah semakin jelas.
    Kalo dulu liat tmen2 seumuran pada gendut2, rada rada keki juga, ditambah ibu mereka pd bilang Rajuu mungil gtu.
    Sekarang Rajuu dh lari2 anak mereka blm bs jalan. Msh rambatan. Eh, komentar lg "Rajuu mungil, jd cepet jalannya. Anakku keberatan badan". Nah lho.. :P

    Rajuu is Rajwaa..
    Corry is Bunda Adhya..
    :)

    23

    Topic: Penyebab Slow Growth

    corry, Rajuu bisa berdiri tanpa pegangan umur brp ya? lagi nunggu2 nih, olivia (10,5 bulan) sih udh bisa berdiri sambil pegangan gituh, tapi belum bisa kalau lepas pegangan dua2nya. berhubung anaknya juga mungil banget.

    24

    Topic: Penyebab Slow Growth

    alaksmi wrote:
    corry, Rajuu bisa berdiri tanpa pegangan umur brp ya? lagi nunggu2 nih, olivia (10,5 bulan) sih udh bisa berdiri sambil pegangan gituh, tapi belum bisa kalau lepas pegangan dua2nya. berhubung anaknya juga mungil banget.


    Klo g salah 11 blnan. Jd Rajuu berdiri senderan qt. Trus lama2 qt minggir gtu. Tanpa dia sadari dia berdiri deh :)
    atau d sandarin k tembok, trus nyanyi 'ning nang ning gung ' gtu, dia joget2, g sadar lepas tangan :)
    Pokoe intinya klo dia seneng aja..
    Eh, ndak papa mungil, lincah cepet jalan,hehe
    *kata tetangga :P

    Rajuu is Rajwaa..
    Corry is Bunda Adhya..
    :)

    25

    Topic: Penyebab Slow Growth

    @hime: Coba bantu jawab ya hehe kebetulan br ngobrol sama dsa-nya soal ini:

    Pengujian cek zat besi biasanya tu meliputi:
    - Hb darah
    - Besi (SI)
    - Ferritin

    Ketiga itu hanya bisa diketahui dr uji lab, which means hiks..sedihnya emang si dedeknya hrs diambil darah :(

    Kekurangan zat besi itu sendiri dibagi 3 tipe/tahap:
    1. Deplesi: Tahap paling ringan : hanya cadangan zat besinya saja yg kurang yaitu si Ferritin -> gejala fisik tak tampak
    2. Def. Fe : cadangan zat besi kurang dan serum iron-nya kurang (Ferritin dan SI kurang) -> gejala fisik tak tampak
    3. Anemia : Hb, Ferritin dan SI kurang -> kalo sudah tahap ini, gejalanya sdh bisa dilihat kasat mata spt anak pucat, lemas, ga nafsu makan

    Jadi kalo masih no.1 dan no.2, belum bisa dibilang anemia namun sudah lampu kuning artinya sudah hrs tindakan terapi, perbaikan asupan makan tinggi besi.

    BB bayi yg naik pesat betul juga hrs diwaspadai zat besinya krn artinya pertumbuhan pesat itu mengambil jatah zat besi yg tinggi dlm wkt cepat melebihi asupan/stoknya.

    Kalau kekurangan zat besi bukan dilihat skr tp nanti kedepannya. Salah satu dampak anemia itu anak lemas, mudah mengantuk, ga konsen belajar, ada gangguan tumbang, kognitif.

    Oh ya aku kmrn smpt nanya juga:
    Kalau anaknya ternyata sudah lampu kuning kenapa hrs diperbaiki pakai supplemen , kenapa ga makan yg kandungan tinggi besi aja yg alami/natural?

    Dsa jelasin : Butuh proses yg lumayan panjang dr menguraikan makanan menjadi zat besi tsb. Makanan2 tsb sudah tidak mampu lagi mengejar ketinggalan zat besi yg kurang, oleh krn itu dibantu lwt supplemen, stlh angka ideal tercapai baru dilanjutkan dgn makanan2 tinggi besi untuk pemeliharaan ke depan

    Satu tips lagi untuk mpasi tinggi besi :
    - penyerapan zat besi tsb paling baik didampingin dgn konsumsi makanan tinggi vit.C. Jd kalau bisa makan daging2 merah disertai makanan yg tinggi vit.C. Spt minumnya : air jeruk, kiwi, strawberry...Sayurannya brocolli, tomat, etc..etc..
    - kurang optimal jika dikonsumsi dgn yg tinggi kalsium. Oleh krn itu beri jarak kira2 1-2 jam dr trakhir anaknya minum asi/susu.

    Maaf jd panjang lebar..mdh2an cukup membantu ya infonya :)

    ...I love my baby benz...