1

Topic: Penyebab Slow Growth

Mamas..setuju sama aQeeLa..kalau kondisinya masih memungkinkan untuk memperbanyak ASI, ayo kita mencoba untuk memperbanyak ASI kita saja dulu. Terutama untuk baby yang masih di bawah setahun. ASI bisa juga lho untuk naikin BB. Aku pernah pakai cara ini, dan anakku pernah naik 2 kg dlm waktu 2 bulan lho, waktu itu umur ilyasa 10-12 bulan. Soalnya perut baby dibawah setahun kan belum sesempurna orang dewasa, ntar kalau ditambah sufor/UHT jadinya muntah2/diare ga jadi naik dong BBnya. Kalau sudah diatas setahun kondisi perut anak sudah nyaris sempurna seperti orang dewasa, jd laktosa intolerant ya juga sudah berkurang.

corry dan mamas lainnya..mau sharing aku pernah punya pengalaman naikin BB anak dengan susu tambahan. Kalau berdasar pengalamanku sih, merk susu ngga berpengaruh ya, yang berpengaruh jumlah susu yang diminum :). Soalnya waktu itu yang diminum anakku adalah susu Y*S, yang sebenarnya adalah campuran dari fresh milk, susu skim, dan air. Padahal susu skim (skim adalah susu bubuk tanpa lemak yang dibuat dengan cara pengeringan. Untuk menghilangkan sebagian air dan lemak tetapi masih mengandung laktosa, protein, mineral, vitamin yang larut lemak, dan vitamin yang larut air (B12)) sebenarnya tidak ditujukan untuk anak karena telah dihilangkan sebagian lemak susunya. Tapi gimana lagi lha anakku sudah dicoba berbagai merk susu UHT yang plain atau berasa tapi maunya ini. waktu itu ilyasa umur kurleb 18 bulan, sehari dia bisa 630 ml. Pas ditimbang sebulan kemudian naik 1 kg.

Beberapa bulan kemudian minum susunya sempat malas sehabis dia kena Campak. Searching2 di internet dapat cara untuk naikin BB anak dengan memberikan minuman tinggi kalori, milkshake. Caranya, susu UHT+es krim+buah dicampur gitu. Buahnya bisa alpukat atau mangga. Tiap pagi aku rutin kasih ilyasa ini (tapi ngga pake buah sih karena dia ga suka buah), dalam sebulan BBnya naik hampir 1 kg. Es krimnya juga ngga banyak kok, cuma 1 sdm sehari. Aku pakai cara ini karena ilyasa bukan tipikal anak yang doyan ngemil.

alaksmi..memang ngambil darah untuk anak dibawah 2 tahun tuh susah banget. Apalagi untuk baby di bawah setahun. Dulu karena ilyasa sempat beberapa kali diambil darahnya untuk tes darah, aku sampai bisa mengenali mana perawat yang sudah canggih dan mana perawat yang belum canggih dalam mengambil darah baby. Kalau yang sudah canggih, dari awal mau ngambil juga bahasa rubuhnya kelihatan lebih tenang :).

siti..kalau anak laki-laki memang relatif tidak se-ekspresif anak perempuan. Di kompleksku tinggal banyak anak kecil, dan kita sering main2 bareng. Kalau yang kuamati, memang anak laki2 tuh cenderung susah kalau disuruh salim dan dada. Apalagi dada..bener2 mood-moodan dan heh, lucu2 deh gaya dadanya, aneh2 gitu..tidak seperti anak perempuan. Maaf ya mods, OOT

2

Topic: Penyebab Slow Growth

indriani setuju... itu maksudku.. intinya bukan merk sufor nya, tapi anaknya doyan yang mana, sehingga mau minum lebih banyak.
setuju juga kalo asi harus diusahain, tapi kalo kondisi udah ngga memungkinkan (seperti di kasus saya) ya cari aja yang cocok untuk anaknya.
untuk milestone, salim dan dada.. anakku yang kecil, baru mulai mau dada n salim pas 1 tahun kok. itu juga mood2an banget..
ayo mamas yang lain... semangat lagiii!!

*I have 2 kids, 1 is adopted... I forgot which one.. *

3

Topic: Penyebab Slow Growth

Iye, Rajuu msh ASI. Tp kalau aku kerja, mau gk mau harus di sambung sufor, krna sejak Rajuu 10blnan kalau merah dapatnya hanya sedikit. Gak cukup.. Sedih banget, kmrn malah byakan minum air putih..
*yg paling membuatku tambah risau karna sejak MPASI BB nya susyah naik :(

Thanks ya mamas..
Iya mayreshka, aku dah terlanjur beli bebelac complet *kerayu tu SPG gara2 dpt hadiah gelas :P *
ta coba 1 kotak ini dulu, liat reaksi Rajuu. Td pagi ta coba buatkan Alhamdulillah mau..

Tentang ngambil darah anak, itu pekerjaanku stiap hari :P
Tapi sejak punya anak, aku suka gak tega ngambil darah anak, terutama di bawah usia 3thn. Bahkan kalo ada pasien bayi, aku suka nangis. Lalu jadi care sama anak tsb. * hiks, sorry curhat + OOT *

Rajuu is Rajwaa..
Corry is Bunda Adhya..
:)

4

Topic: Penyebab Slow Growth

looh... emang corry kerjanya apa? lain kali kalo harus ambil darah, ke corry aja kalo gitu....
maaap OOT

*I have 2 kids, 1 is adopted... I forgot which one.. *

5

Topic: Penyebab Slow Growth

jangan2 threadnya bisa ditutup nih gara2 kita kebanyakan OOT, hihi..
tapi seneng ya rasanya punya temen2 yang senasib sepenanggunan *grouphugs*

kenapa ya anakku kalo semakin banyak makan pupinya juga semakin banyak? jadi ya beratnya segitu2 aja.. udah coba minum yakult tapi gak ngefek (ada DSA yg pernah nyaranin anak temen untuk minum yakult, dan ternyata BB anak tsb lgsg naik)

apa gara2 keturunan ya? aku juga kalo makan sebanyak apapun gak gemuk2 (input banyak, outputnya juga banyak)
*maap kalo rada2 jorok :D*

dan ternyata anak ke2ku juga gitu, makan banyak, pupinya juga banyak *duuuhhhh*

jadi inget kata ibuku dulu "ibu ki diarani ra tau ngopeni anake, lha kuru2 kabeh, padahal jan2e ngentek2e beras"
artinya :D ibu tuh dikirain gak pernah ngurusi anaknya, lah kurus2 semua, padahal aslinya ngabis2in beras

selalu menunggu datangnya hari sabtu-minggu

6

Topic: Penyebab Slow Growth

waahh jd rame nih threadnya..hehe.. td inara ditimbang lg dan ternyata BBnya malah turun 1 ons!!(hiks hiks..sediih). Kata DSAnya: astagaaa... naiknya susahh,ni malah turun.. kayaknya mau ikut saran DSAnya aja deh mau ngasih tambahan sufor(dengan terpaksa).. trus DSAnya bilang: atau.. jangan2 mmg dah turunan kali ya badannya kecil??.. Tp kata mamaku gini: udaahh gpp..yg penting sehat..orang kamu dulu waktu kecil jg kurus kerempeng..kalo makan makanannya cuma di mut..sama toh !?

7

Topic: Penyebab Slow Growth

Faktor genetik juga berpengaruh pada BB baby/anak. Mamas, aku copas dari link ini

Selain faktor makanan (ASI atau susu formula), kenaikan berat badan bayi bisa dipengaruhi beberapa hal seperti:

[list=*]

  • Faktor genetik, hal ini menunjukkan bayi memiliki tingkat metabolisme berbeda yang berarti kemampuan membakar kalorinya pun berbeda.[/*]
  • Temperamen bayi, bayi yang santai atau mellow cenderung sedikit membakar kalori sehingga berat badannya bertambah lebih cepat. Sedangkan bayi yang aktif cenderung membakar kalori lebih banyak sehingga akan terlihat lebih ramping.[/*]
  • Frekuensi menyusu, seberapa sering bayi tersebut menyusu juga mempengaruhi pertumbuhan berat badannya.[/*]

  • 8

    Topic: Penyebab Slow Growth

    indriani budi utami,thx mama.. artikelnya bagus bgt.. mmg ini anaknya gbs diam, diamnya cuma pas bobok :D .. plus GTM,plus turunan berbadan kecil.. lengkaplah syudah..

    9

    Topic: Penyebab Slow Growth

    Myreshka, aku analis, *ups OOT*
    Tp kalo liat ada anak d RS yg lebih langsing, lebih kurang beruntung, kita jd lebih banyak bersyukur, alhamdulillah anak kita sehat, lincah, ceria.. :)

    aQeela, aku juga ampe skrg msh susah makan. Sampe ibuku jg bilang, Rajuu kyk bundane. Makannya susah.
    Oia, Yakult bisa ya untk anak 1thn? Soale ada yg nyaranin Yoplait tp rada mahal dn kemasan kecilnya gak ada. Baru mau coba dulu soale *plus bundane yo doyan juga :P

    indriani thanks ya. Iyo Rajuu juga g bs diem. Suruh tidur siang susah banget, kringetan terus nih :P

    Rajuu is Rajwaa..
    Corry is Bunda Adhya..
    :)

    10

    Topic: Penyebab Slow Growth

    corry, kalo aku doyan makan pake banget, hihihi..
    yakult boleh untuk anak di atas 1 tahun, di websitenya ada keterangannya kaya gitu :D

    mimie inara, *toss* senasib nih punya anak gak bisa diem

    selalu menunggu datangnya hari sabtu-minggu

    11

    Topic: Penyebab Slow Growth

    aQeeLa, efek positifnya bikin emaknya cepat kuruus..hihihi..

    12

    Topic: Penyebab Slow Growth

    corry, yoplait ada yang yang kecil kan? yang merk nya petit miam?

    *I have 2 kids, 1 is adopted... I forgot which one.. *

    13

    Topic: Penyebab Slow Growth

    Iya, tp d sini t4 ku g ada. Adanya merk2 luar yg g ada importirnya, gak ada halal nya. Serem aja :)

    Rajuu is Rajwaa..
    Corry is Bunda Adhya..
    :)

    14

    Topic: Penyebab Slow Growth

    mamas, mau sharing aja nih
    my baby olivia (9 m 2 w) kmrn udh ke dokter. hasilnya, alhamdulillah bukan anemia. dan beratnya naik 300 gr dalam jangka waktu hampir 4 minggu, skrg 6,4 kg (dari 6,1 kg).
    digenjot pake olive oil, butter, keju dan daging ternyata ada hasilnya, plus mbak yg nyuapin telaten banget (emak bekerja). hehehe.

    tapi ternyata, kadar ferritinnya rendah. kata dokter, ini level ke-3 dari anemia. jadi, kata dokternya, ada 3 kategori utk zat besi dalam tubuh, yaitu Hb, SI, dan ferritin. kalau anemia itu, semua rendah. kalau defisiensi zat besi, Hb normal, tapi SI dan ferritin rendah. nah, kalau bayiku, deplesi zat besi, artinya, Hb dan SI normal tapi ferritin rendah. ferritin ini katanya cadangan zat besi dalam darah. so, akhirnya dikasih suplemen ferriz juga tuh, utk 2 bulan. tapi ga perlu kontrol kadarnya lagi setelah 2 bulan.
    moga2 setelah ini napsu makan dan beratnya bisa naik dengan lebih baik nih :)

    oh ya, aku perhatiin, bb bayiku lebih cepat naiknya sejak dia makan kentang krn kentang kasih efek (maaf) bikin pup keras utk dia. tapi jadinya kayanya lebih banyak diserap kali ya ama tubuhnya?

    15

    Topic: Penyebab Slow Growth

    alaksmi,
    yeayyy :D go olivia go :))
    smangatt yaaa....

    gw juga kmrn bawa El imunisasi campak dan dites gitu pake denver chart untuk perkembangan motorik dan linguistik.. hasilnya memuaskan :D
    tp ya itu pe-ernya cuman 1 : BB huhuhu walo kmrn El naik juga jd 7.3 kg..
    Sharing aja.. untuk boost up BB, pake takaran aqua gelas.. jadi per meal, baik itu nasi, sayur, 2 lauk takarannya 1/4 aqua gelas...
    Dan tetep tambahin extra cheese dan olive oil juga... HTH yaaa... smangaatttt!!!

    Reborn since El was born
    @inicrey

    16

    Topic: Penyebab Slow Growth

    Mamas minggu kmr jadwal Sharon ke dokter utk imunisasi HIB 4 ditimbang berat 9,5kg umur 18bln padahal mknnya lumayan suka walaupun ga banyak tp sering. Tanya ke dsanya malah dikasih vitamin, bener ga sih vitamin bs bikin naek BB kalo ke Sharon kok kayanya ga gitu ngaruh ya?? krn tiap kali ke dsa pasti dikasih bekel vitamin yg katanya utk pertumbuhan

    17

    Topic: Penyebab Slow Growth

    hiks..rada ngeri nih, sabtu ini mau kontrol ke dokter..
    soalnya gue yakin banget pasti Raka di'vonis' BBnya ga optimal.
    2 bulan beratnya mungkin cuman 4 kg ( BB gue 48.7, nimbang bedua Raka 52.6 ). Padahal katanya bulan2 awal kenaikan BB pasti pesat. Lahir 2,86 sih

    ASI gada masalah, alhamdulillah sekarang tidur uda normal, ASI masuk terus. Walopun nyusunya masih lama ( lebih dari 30 menit lah ). BAK lebih dari 10 kali sehari, BABnya 4 hari sekali.

    Ngaruh dari gen ortunya ga sih? Gw ama suami gue gada bakat gemuk. GUe selama idup ga pernah nembus 50kg, walopun makannya sama ama porsi tukang becak, ngemil coklat malem hari dll. Hamil BB naik 14kg. Dan sekarang uda balik ke 48 kg lagi.
    Oya, gue jangkung, suami gue jangkung. Yang bulan lalu panjangnya Raka udah nambah 4cm aja. Ga tau sekarang.

    Teori gue, wong makanan yang gue makan aja ga jadi daging/lemak buat gue.. apalagi ASI gue ya? apa kurang nutrisi apa kurang lemak ya ASi gua?

    Tapi Rakanya sih ceria ceria aja.
    Tertekan soalnya ortu di Solo tiap dikirimin foto cucunya bilang kok kurus, dikira kurang minum/makan.
    DSA gua pun sempet nyuruh ngasih sufor sebagai tambahan tiap abis nyusu. Mengingat anak gue dianggap kurang pinter nyusu itu dulu.


    *tergoda*

    Bibunya Raka dan Rayyi
    Twitter : @tickzie
    Tumblr : bibunyaraka.tumblr.com

    18

    Topic: Penyebab Slow Growth

    mamas, baby aq iugr jadi lahir 2.1kg..sekarang 2.5bulan 4.6kg..normal g y?
    makasih :)

    19

    Topic: Penyebab Slow Growth

    update brita nih mamas....

    kmrn hanif br dr DSAnya...n ternyata BBnya tetep.. :( msh di 7.6
    kmrn br HIB 1
    MPASI pdhl dah mkn kentang, labu, ubi, brokoli, wortel jagung ya pokoknya yg tinggi karbohidrat,,,tp ternyata BBnya gk jauh naiknya..
    kebetulan aku n suami bakat gemuuukkkk :P
    smp2 suamiku minder klo gendong anakku, bapaknya subur kok anaknya irit :D

    indriani lg baca linknya nih mudah2an hanif pas 1 thn bsk dah 3x BB lahir...pas 6 bln kmrn blm 2x nya soalnya.
    semangaaatt

    bunda hanif.....

    20

    Topic: Penyebab Slow Growth

    Mom tickzie.... asi insya Allah pasti bergizi koq, mengikuti perkembangan anaknya..jadi ga ngaruh jg kita nya gemuk apa engga, apa yg kita mkn pasti jadi nutrisi di asi..
    Mom tickzie..cara nimbang seperti itu valid ya? hehehehhe :) langsung ajah nimbangin bayinya ke timbangan bayi :D
    oh ya, gen ortu turut menentukan postur si bayi..jadi klo bapak-ibu nya kurus ya wajar lah anaknya kurus...trus, klo bapak-ibu nya endut tpi anaknya kurus juga memungkinkan, coba ditanya kembali ke bapak-ibu kita dulu waktu bayi kita endut apa kurus hehehehehe :D
    oh ya lagi, yg lebih penting itu cek tren pertumbuhan BB dan TB di growth chart, trennya mendatar, menaik tow menurun...yg perlu dikhawatirkan klo kenaikan tow penurunannya tajam...klo misalnya 6bln ga nyampe 2xBB lahir, tow 1taon ga nyampe 3xBB lahir tpi trennya di growth chart normal yah ndak papa koq..

    just my opinion..semoga berkenan :)

    miss my lovely baby always :)

    21

    Topic: Penyebab Slow Growth

    UmiAisha hweheheh..valid kok, soalnya pas di tempat kontrol, ada balita yang uda ga muat di timbangan bayi, cara nimbangnya gitu, digendong ama emaknya, trus dikurangin berat emaknya :P ( jadi ketauan deh berat emaknya )

    Trakhir liat..chartnya naik sih, tapi tipis dan dibawah chart melengkung optimalnya. ya gitulah..

    Bibunya Raka dan Rayyi
    Twitter : @tickzie
    Tumblr : bibunyaraka.tumblr.com

    22

    Topic: Penyebab Slow Growth

    Tickzie ...
    berat lahir Raka hampir sama kaya Asa ya .. dia 2,9kg. pas 2 bulan berat 4,8kg. klo nyusunya udah pinter sekarang, cb ditambah ASIP/hindmilk terus aja. mungkin emg butuh waktu karna pas bulan awal dia naiknya dikit kn. yg penting ada sinyal2 pergerakan klo BB_nya mulai naik.
    penyumbatan pembuluh di PD-nya gmana ? udah g ada masalah lagi kah ?
    sebenernya sih, IMO, dsa nyuruh nambah sufor di awal2 itu karena biasanya BB bayi naiknya optimal bgt di umur2 itu, sebelum dia mulai aktif n mulai makan (Plus GTM). klo udah 6 bulan biasanya udah mulai melambat. tapi ada juga sih yg justru naik cepet pas udah makan.
    dirimu lebih tau lah mesti nambah sufor apa g .. yg jelas jgn sampe ngorbanin baby demi prinsip ya ... :)

    less ego, more heart

    23

    Topic: Penyebab Slow Growth

    Tmen2, mau update.
    Rajuu hr ini genap 13bln, nimbang BB 9,1kg. Alhamdulillah naik lumayan, kmrn 8,3kg. Trmksh ya teman2, aku ikuti saran dg menambh olive oil d susunya. Tp yg jd mslh, Rajuu msh susah bgt suruh makan. Makan apa aja g mau. Roti or biskuit g doyan. Maunya kerupuk, haduh. Buah sukanya jeruk, klo alpukat, pisang mau tp g byk.
    Gmn ya? Kalo mw ksh macem2 dia blm bs ngunyahnya..
    Ada saran?

    Oia, kmrn aku coba kasih yakult, eh,, habis 1botol. Gpapa ya gk d tambah air lg? Batasnya 1hr berapa banyak sih?

    Trms ya sharing nya..

    Rajuu is Rajwaa..
    Corry is Bunda Adhya..
    :)

    24

    Topic: Penyebab Slow Growth

    Tmen2, mau update.
    Rajuu hr ini genap 13bln, nimbang BB 9,1kg. Alhamdulillah naik lumayan, kmrn 8,3kg. Trmksh ya teman2, aku ikuti saran dg menambh olive oil d susunya. Tp yg jd mslh, Rajuu msh susah bgt suruh makan. Makan apa aja g mau. Roti or biskuit g doyan. Maunya kerupuk, haduh. Buah sukanya jeruk, klo alpukat, pisang mau tp g byk.
    Gmn ya? Kalo mw ksh macem2 dia blm bs ngunyahnya..
    Ada saran?

    Oia, kmrn aku coba kasih yakult, eh,, habis 1botol. Gpapa ya gk d tambah air lg? Batasnya 1hr berapa banyak sih?

    Trms ya sharing nya..

    Rajuu is Rajwaa..
    Corry is Bunda Adhya..
    :)

    25

    Topic: Penyebab Slow Growth

    Alaksmi : aku tertarik deh bc postingmu. Soalnya di milis-sehat kmrn smpt lg ramai dibahas update WHO yg terbaru bhw bayi ASIX rentan defisiensi zat besi, oleh krn itu mulai 4 bln hrs ditambah oleh supplemen zat besi.
    Guidance ini gak asal2an krn uda melalu penelitian yg sdh ada evidence by medis-nya. Dan uda dikeluarkan resmi oleh AAP. Sampai2 dampak jg ke MPASI pemberian daging merah akan dimajukan lbh awal spy bayi lbh cepat mendapatkan tambahan zat besi
    Aku jd pingin tanya2 soal cek darah yg dilakuin oleh ur baby Olivia. Prosesnya painful ga? Mngingat usia anak kita beda dikit. Tp dsa-nya uda menyarankan screening zat besi scptnya..boleh dishare pengalamannya pas baby Olivia ambil darah kmrn? Thanks alot ya

    Oh ya ini update trakhir dr AAP yg aku blg itu:
    http://aapnews.aappublications.org/cgi/content/full/aapnews.20101005-1v1

    ...I love my baby benz...