1

Topic: Penyebab Slow Growth

Sidta, pengalamanku juga pas tumbuh geraham itu yang terparah, panas tinggi, untuk tumbuh sekalian 4... udah kabur ah... ntar tambah OOT...

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

2

Topic: Penyebab Slow Growth

Update update.. BB El udah 7.1 kg pas nimbang sabtu kemarin, woohooww :D rada ga puas sih karna kemarinnya el pup banyak hahaha *ga rela* tp senenggg, kurleb naik 600 gr sejak sebulan terakhir, walo pas kita plot digrafik masih kurang dikittt...
Makasih buat supportnya dan tetep smangat ya mommies *peluk satu2*

Intandian,

kabarin yaa.. kemarin gw juga batal ke dr wati karena beliau cuti. paling baru wiken ini...kemarin cuman nimbang doang... deg2an juga nih dr Wati mo komen apa...

Medy,
yang penting Chaca sehat dan aktif yaaa.. Ayo diubek2 lagi menu kalori tingginya...
Anemia dikasih vitamin zat besi merk Ferriz... Iya, selama ini el dikasih daging merah terus gantian dengan hati ayam, trus ta tambah kuning telur, brokoli dan extra cheese buat toppingnya :D

Reborn since El was born
@inicrey

3

Topic: Penyebab Slow Growth

Sharing Tanisha lagi ah...
Hari sabtu kemaren, di umurnya yg 7 bulan lebih seminggu beratnya valisha ada di 5.9 kg.. agak seret nih naeknya dari bulan kemaren. Selama ini Tanisha full asi, makannya baru bubur susu 2 X dan buah sekali. Dokternya nyuruh pake formula nih ihik ihik.. dilema banget. Di ruang dsa sih aku iya2 aja. Tapi pas di luar aku bilang ke suamiku buat nunggu 1 bulan lagi, jgn kasih formula dulu. Aku mo kasih makanan full kalori.

Hari minggunya dicobain menu bubur saring pake daging, tahu ama buncis, 3X sehari & buah sekali. Di sela2nya tetep kasih asi, kalo aku kerja dikasih asi perah. Tapi asinya cuman bisa 3 X 100 ml. Udah kekenyangan dia.
Cukupkah itu ya, trus menu bubur saringnya pake apa lagi ya... please sharingnya...

Eh berat lahir Tanisha 2.5, pas 6 bulan udah nyampe sih 2 X berat badan lahir tapi masih keliatan mungil aja

a mother of three beautiful daughters
http://my-arvia.blogspot.com @arumcahyani

4

Topic: Penyebab Slow Growth

mamoy, mungkin bisa niru resep andalan para mamas disini:
-daging atau hati ayam
-unsalted cheese
-unsalted butter
:D

selalu menunggu datangnya hari sabtu-minggu

5

Topic: Penyebab Slow Growth

crey
kalo kuning telur tuh boleh tiap hari atau dibatasin misal max. 3x seminggu?

selalu menunggu datangnya hari sabtu-minggu

6

Topic: Penyebab Slow Growth

mamoy,
kalo boleh saran.. kan Tanisha udah 7 bln, langsung kasih yg tinggi kalori aja: beras merah, daging merah, kentang, wortel, dan tambahin keju parut di setiap mealsnya dan udah boleh dicoba 3x makan besar walo porsinya ga banyak2 (persering makan)... Untuk buah, kasih alpuket, pisang, dicampur yoghurt yg buat baby (ini kalo dah 8 bln)..
Trus kalo bisa, setiap mealsnya ditambah sedikit ASIP juga... dan minum langsung ASIP aja (air putihnya dikit aja)...
HTH yaa... Smangat!!

aqeela,
kalo gw sih biasanya kasih 3x per minggu..

Reborn since El was born
@inicrey

7

Topic: Penyebab Slow Growth

salam kenal,
mamas..pusing ya mikrin MPASI n GTM..
Mare juga lagi males maem nih..sebenernya dia mau makanannya cuman males buka mulut. Maem sambil sibuk mainin sesuatu, trus kalo da bosen ma mainannya itu, dia berhenti juga deh buka mulutnya.
Ujung-ujungnya dia seolah-olah pengen maem sendiri, saya taruh aja piring di depannya. Dia memang antusias banget, cuman maunya malah makanan yang uda jatuh ke lantai yang dimakan. Bisa gawat kan, kalo ada bakteri atau apa bisa diare ya.

Oh iya mau tanya juga dong, Mare uda mau 11 bulan wajar ga sih kalau dia males/takut berdiri sendiri. Kalau dilihat sih kakinya uda kuat, sering berdiri lama mpe 15 menitan tapi pegangan. sejauh apa ya kita menstimulasi baby untuk berdiri n jalan?

8

Topic: Penyebab Slow Growth

lina_radityo..ada tuh temen anakku, 1,5 tahun yang maunya makan sendiri tanpa disuapin..jadi di bawah piringnya dialasi koran/tikar biar nasinya kalaupun jatuh ke lantai ya nggak banyak2 banget. Dan lantai juga tiap hari dipel biar tetep bersih. Makannya sambil diawasi, biar yang sudah jatuh dilantai ga dimakan, atau kalaupun dimakan ya nggak banyak. Memang ada usia dimana anak tuh seneng banget makan barang2 yang jatuh di lantai, dan itu biasanya sih ga sampai umur 1,5 tahun, karena sudah sedikit2 mengerti kalau dibilangin mana yang boleh dimakan dan mana yang tidak.

IMO yang masalah masih males berdiri di umur 11 bulan itu masih wajar banget kok. Perkembangan masing2 anak memang beda2 :). Kalau untuk masalh menstimulasi jalan ada threadnya disini

9

Topic: Penyebab Slow Growth

Aqeela, jadi udah boleh ya keju & butter yg unsalted... siiiip lah ntar dicoba

Crey, ntar aku coba tambahin keju deh di tiap mealsnya...
tetap semangaaat...

a mother of three beautiful daughters
http://my-arvia.blogspot.com @arumcahyani

10

Topic: Penyebab Slow Growth

mama.........
pusing neh, baby saya 11 bulan beratnya 10,6 kg n tinggi sekitar 72 cm. kalo dari segi fisik sih find2 aja. tapi yang bikin pusing, dia belum bisa merangkak sendiri. dia lebih milih belajar berdiri n jalan daripada jalan. walaupun ortu bilang gpp, tapi tetep aja saya jadi pusing.
baby saya juga belum bisa babling, cuma bisa uh...uh... gitu aja. kalo diajarin dada or salim, ga mau dia kayak dijepit tangannya. kalo dada n tepuk tangan bisa, tapi tergantung mood. malah kalau qta suruh dia ga mau, tapi pas qta gak liat eh malah tepuk tangan ndiri.
cuek banget dia, apa pengaruh mamanya yang cuek ya??? please saran n pengalamannya, terus terang bikin saya pusing banget. malah kasian anakknya jadi kena saya jutekin.

thnks 4 the advice moms....

11

Topic: Penyebab Slow Growth

Jegeg, babynya gede loh 11 bulan segitu .. n nampaknya gpp klo dy mw lgsg jalan. ponakanku jg ada tuh yg g pake merangkak, lgsg jalan n lari :)
soal ngomong dll, sering2 diajakin 'ngobrol' aja ... emang kitanya yg mesti cerewet nyanyi2. bisa dimulai dr lagu yg ada penekanan kata, misal cicak didinding dgn hap-nya, ato balonku dgn dorr-nya ..
trus2 soal dada2 n salim, ingetku dulu lama jg kok ngajarin itu ke Asa. gak niat jg ngajarinnya, pokoknya tiap berangkat n pulang diajakin dada or salim. lama2 pas kita lupa g pamit, dy udah dada2 pake kissbye segala ... :D

less ego, more heart

12

Topic: Penyebab Slow Growth

menyimak thread ini.....*baca dr hal 1 kok gk sls2 yach..hosh...hosh

hanif juga termasuk langsing 7m br 7.5kg padahal lahir BBnya 3.5 kg
umur 5 bln br bs tengkurep, 6 bln lbh belajar duduk, blm bs merangkak, malah dia gk suka tengkurep (selalu nangis setelah 5 menit). dah bubling gk jelas sih :P

sama ky jejeg gk mo dada n salim malah gk mo tepuk tangan juga :(, kadang ngiri liat temen seumuran dia dah bs mcm2...
tp kembali lagi yg pening anak kita sehat n pasti anak kita punya keistimewaan sendiri yg kita lum tau *sok bijak ya

bunda hanif.....

13

Topic: Penyebab Slow Growth

Rara hampir 9 bulan juga belum bisa dada ama salim kok
Take it easy mamas :D

selalu menunggu datangnya hari sabtu-minggu

14

Topic: Penyebab Slow Growth

aQeeLa wrote:
Rara hampir 9 bulan juga belum bisa dada ama salim kok
Take it easy mamas :D


oooooo....jd normal yach???
kirain si hanif ketinggalan jaman.. :)

bunda hanif.....

15

Topic: Penyebab Slow Growth

mamas, pas kita lg ngeliat anak orang trus ngiri dy bisa ini-itu, bs jadi ada mama yg lain lg ngeliat ke anak qt, dan ngiri jg karna anak qt ramah n g takut orang, misalnya .. :P. g ada bayi yg 'sempurna' kok. klo iya pasti TUM sepi deh g ada yg curhat macem2 ..
percaya g percaya, pas umur 10 bulan, ada yg nyamperin trus pegang Asa, komen kok anaknya gede bgt, kayak udah setahun lebih, dikasi minum apa nih anaknya ?. padahal aku ngeliatnya baby-nya dy justru endutt bgt ...

less ego, more heart

16

Topic: Penyebab Slow Growth

sidta
betul...betul..betul...
br gw sadari belakangan ini setelah "tutup mata" dr anak2 lain, bahwa kita jgn bandingin anak kita ma yang lain, krn pasti mama dr anak2 itu juga mikir yg sama...hehehe

bunda hanif.....

17

Topic: Penyebab Slow Growth

betul betul betul...
jangan dibandingin anak kita ama anak lain.. because each is special. Ntar kalo udah ngga ngebandingin, pasti kaget deh ngeliat anak kita bisa sesuatu yang baru. Tapi kadang emang susah sih, jangankan ngebandingin ke anak orang, ngebandingin kakak sama adek aja sering pastinya.
Tapiii... each is special.. ngga ada yang sama.. mungkin itu seninya jadi "ibu" kali ya. *sok bijak banget ya*
Mau bilang, jangan khawatir... kayaknya tugas ibu no 1 itu khawatir ama anaknya kali ya? :p

*I have 2 kids, 1 is adopted... I forgot which one.. *

18

Topic: Penyebab Slow Growth

Betul betul betul.. :)
Rumput tetangga emang terlihat lebih hijau. So qt harus mensyukuri apa yg kita punya.. Stiap anak punya rezeki masing2 :)
*membesarkan hati *

Mau curhat, kmarin ke Mall, ada promo Sufor Bebel*c Complet. Keluaran baru. Kalorinya tinggi, 225kkal. Katanya cocok unt anak yg BB seret dn susah makan.
Ada yg udah pake blm? Review dunk...

Aku lg nyari sufor yg cocok, peralihan dr ASI. Udah coba UHT, tp Rajuu gk suka..

Rajuu is Rajwaa..
Corry is Bunda Adhya..
:)

19

Topic: Penyebab Slow Growth

Corry, aku pake Nutri**n Royal. Dulu, pas reshia pertama ke rumah, dia minumnya S*M, tapi kayaknya ngga doyan, minum sekali dibikinin 90ml juga ngga abis. Dokternya bilang apa aja (ngga mau nyebut merk), tapi aku maksa, karena aku bilang aku ngga ngerti apa2.
Akhirnya dia nyebut Nutri**n Royal (ngga tau deh karena emang kalori nya gede, atau karena sponsor, soalnya tempat tissue di dokternya sama merk :) )
Untungnya, reshia kayaknya doyan banget.. minum susunya naek dari 90 ke 180 ml sekali minum dalam 2 mgg, sampe busanya disedot2 :p
Raveen (adeknya) sesudah asi tadinya pake S26 G**d, tapi ga cocok, akhirnya tak bisa pindah ke lain hati.. ngikut sama kakanya aja. Raveen juga sempet seret naek bb nya pas mulai nyampur sufor, untungnya abis pake sufor ini, karena dia doyan kali ya, jadi nambahnya lumayan. Tapi aku ngga tau kalorinya.. ntar aku cek... besok lapor lagi disini!
IMO sih... kalo susu cocok2an ya. Cari yang anaknya doyan aja kali ya...

*I have 2 kids, 1 is adopted... I forgot which one.. *

20

Topic: Penyebab Slow Growth

mamas, untuk milestones perkembangan, aku sih ngikutin DDTK aja (deteksi dini tumbuh kembang) keluaran yayasan suryakanti. di bukunya juga ada cara stimulasi kalau belum. yang dicover itu adalah motorik kasar, halus, pengamatan, bicara dan sosialisasi. milestonenya juga ga deket2 amat, tapi pas 4 bulan, 8 bulan, 12 bulan, 18 bulan, dst.
terbukti untuk babyku, sampai umur 8 bulan dia belum bisa duduk sendiri tuh. trus, di bukunya, salah satu stimulasinya adalah main di kolong meja tamu. dan terbukti, setelah sering main di kolong meja, umur 8 bulan 3 minggu, dia udh lancar dech duduknya.
oh ya, yayasan suryakanti ini adalah pusat pengembangan potensi anak.

just sharing, kmrn akhirnya baby olivia diambil darah untuk periksa anemia krn ISK negatif (hore!). setelah sebelumnya darahnya susah banget keluar, kayanya yang ngambilnya ga bisaan.
kmrn sukses dan cepat di prodia rsia bunda. so, kalo mamas harus ambil dan periksa darah babynya, aku recommend untuk ambil di sini. sebelumnya aku ampe histeris karena udah lama banget ditusuk, anaknya jerit2, cuman dapet 1 ml :(
sekarang tinggal tunggu hasilnya dech. semoga ga ada apa2.

21

Topic: Penyebab Slow Growth

ooo mesti coba2 ya...
si hanif juga kmrn minum b*b*l*ac tp gk doyan
br nyium baunya aj dah di buang..*tepok jidat
kmrn sempet beli b**d*ra tp lum diminum, beli itu krn susu itu yg kemasannya plg didkit *emak yg gk mo rugi
takut gk doyan lg...pdhl ASI gw dah minimalis, cm 200 ml sehari...aduuuhhh

bunda hanif.....

22

Topic: Penyebab Slow Growth

alaksmi wrote:
salah satu stimulasinya adalah main di kolong meja tamu. dan terbukti, setelah sering main di kolong meja, umur 8 bulan 3 minggu, dia udh lancar dech duduknya


Wah, baru tau nih metode main di kolong meja. Mainnya gmn? Tampaknya bukunya menarik ya *nambah daftar buku yg harus dibeli*

selalu menunggu datangnya hari sabtu-minggu

23

Topic: Penyebab Slow Growth

siti, bukannya chilm*l ngeluarin yg sachetan ya? itu juga dikit kan?
*sesama emak gak mau rugi*

btw, dari pada beli sufor, kenapa gak nyoba memperbanyak ASInya aja? bisa dicek disini cara2nya :D

selalu menunggu datangnya hari sabtu-minggu

24

Topic: Penyebab Slow Growth

aQeeLa wrote:
siti, bukannya chilm*l ngeluarin yg sachetan ya? itu juga dikit kan?
*sesama emak gak mau rugi*


masaaa??...wah br tau nih..berburu ah..tp tar klo doyan chilm*l kan mahal *alah emak pelit bgt
tp tar gw cari deh, siap tau dia doyan
btw metode pompa ASi dah gw coba, tp tetep mengecewakan hasilnya...
skrg 3x pompa..5.30, 12.00, 4.30...n hasilnya paling 250 ml - 300 ml
beda bgt ya ma elo yg 250 ml sekali pompa.. :(

bunda hanif.....

25

Topic: Penyebab Slow Growth

aQeeLa maennya sih taro maenan atau apa pun yang menarik hati dia. trus, dia merayap-rayap dech ke kolong meja. trus ntar dia merayap2 lagi mau keluar kolong meja. lama2, anaknya jadi merangkak sendiri pas mau keluar kolong meja, trus, akhirnya, duduk2 dech dia di kolong meja.
cek aja ke http://suryakanti.or.id/ untuk tanya gimana dapetin poster dan bukunya.

siti hehehe, mompa ASI emang penuh tantangan. problemku akhir2 ini adalah susah LDR. belum ketemu tuh caranya biar selalu LDR. sementara sih, nge-boost dulu dengan minum susu kedelai