1

Topic: Imunisasi

indriani budi utami
canggih nih, lengkap banget dahhh... *ngangguk-ngangguk*
TFS yaa...
klo gtu aku ga jadi pindah imun ah.. dibidan aja *mulai plin plan*

Malka Albari Adam Firdaus

2

Topic: Imunisasi

ibuk-ibuk, imunisasi MMR range harganya brapa yah?

3

Topic: Imunisasi

Mau info aja..kebetulan hari ini anak gw imunisasi IPD yg terakhir. Dan...ternyata..ada merk baru (unfortunately gw lupa namanya-maaf). Harga vaksinnya 545rb..lebih murah dari merk vaksin IPD sebelumnya yg shrg 980rebong ituh.. Demikian sekilas info..:)

@medyratri

4

Topic: Imunisasi

Medy,
oh yaa..? thx med. terus, kalo sebelumnya udah pake yg 900an, untuk selanjutnya boleh diterusin pake yg 500an itu ngga ya?
*menanti info selanjutnya*

5

Topic: Imunisasi

Riri, boleh kok. Sama aja katanya..kmaren Chaca jg pakai vaksin yg baru ini. Udah suntikan yg terakhir,jd emaknya rada manyun, knp bkn dari dulu seh munculnya...he..he..

@medyratri

6

Topic: Imunisasi

Riri , kemarin baru aja nanya ke RS dkt rumah ,klo di sana MMR berkisar Rp 115,000 itu belum termasuk biaya dokter yah.

A Mother Always Bring Extra Love...

7

Topic: Imunisasi

Dear mamas,
salam kenal yah..q Nana, bundanya Ayra (40d).q udh nikutin forum ini bbrp hari terakhir,...n tadi iseng2 googling efek2 imunisasi..lha koq yg q dpt bikin q syok yah..ada baby umur 7mo diimun hib (lupa yg ke brp), trs baby tsb malemnya panas sampe bbrp hari sesudahnya (~40 dercel).namun waktu tu baby ga kejang..singkat cerita, setelah mlalui berbagai macam perawatan di RS, baby tsb ga bs diselamatkan...
yg jd point of view aq,...koq bisa imunisasi maalah nyebabin baby sakit?apa indikasinya qlo baby qt lagi ga fit n qt prefer menunda imun?apa sekedar cek suhu tubuh n apa baby qt batpil udh cukup mewakili?kmrn Ayra baru imun hep B 2, alhamdulillah ga demam semalam.q agak worried meghadapi imun dpt, hib n polio (pas 2 bln)..boleh n aman kan mamas imun ketiganya sekaligus?...q malah kmrn sempet kepikiran plus imun ipd...qo ga safe, gimana strateginya yg terbaik yah?
sori bgt...kpanjangan nih.tx yah

8

Topic: Imunisasi

restya,
thank you! :)

all,
ada yg tau ngga ya merk vaksin IPD yg 500an itu? atau adanya di RS/klinik mana? tq.

itsnanaonly,
seriuss??? serem bgt ya.. tp setauku, kalo HIB termasuk imunisasi yg efek sampingnya ngga berbahaya. kalo sampe bisa demam setinggi itu dan tdk terselamatkan, perlu diliat lg kondisi anaknya sblm imunisasi.. mungkin ngga sebenernya udah sakit?
strategi terbaik? so far sih sblm imunisasi, browsing2 dulu soal imunisasi tsb. cari tempat yg baik (supaya yakin alat2 bersih, jarum steril, dkk), dokter/bidan yg terpercaya (supaya sblm diimunisasi bs diskusi lg kalo ada hal2 yg masih ganjel dan blm ketemu pas browsing, dan biar diperiksa kondisi anaknya menungkinkan utk imunisasi).

9

Topic: Imunisasi

Hai Citra, anakku waktu 12 nyaris 13 bulan kemarin, diimunisasi varicella. Kalau dari yang aku baca di milis sehat, kenapa ada yang menyarankan di usia 5 tahun ke atas, karena di anggap sebelum umur 5 tahun, si anak sudah punya kekebalan, karena kan biasanya anak kena cacar air sebelum umur 5 tahun, jadi mungkin, mungkin banget loh yahhh, asumsi sendiri nih, hehehe, setelah 5 tahun itu mungkin booster kali yah, hehehe, agak2 analisa dangkal nih.
Kalo aku sendiri sih kenapa milih ngasih pas kemaren usia 12 bulan, aku beranggapan, semisalnya nanti kena (karena spt yang selalu dibahas, imunisasi tidak bisa melindungi 100%), insya Allah tidak seberat jika dia belum diimunisasi. Kisaran harganya, kemarin di markas sehat, harga vaksinnya aja 440 rb. Termasuk imunisasi Kiera yang paling mahal emang, untung masih dicover kantor:). HTH yahh...

Uminya Kiera dan Rania

10

Topic: Imunisasi

Riri, ini q kasih link storynya...
http://www.mail-archive.com/[email protected]/msg00181.html

moms, Apa qlo tiap qt mo imun, qt hrs tw merknya apa, lot number, dosis, expired datenya vaksin yg di shoot ke baby qt?coz di buku imunisasi yg dikasih ama RSIA tempat q lairan kmrn, but...q slama ini imunnya ke bidan senior yg praktek di rumah (so, keterangan yg q dpt pun sedikit)
hmmm....koq rasanya ribet *ato malah sungkan ya?*

gmn ya moms?

11

Topic: Imunisasi

itsnanaonly wah aku sih ga sampe segitunya ya. Alesannya bukan karena apa2 sih, cuma males aja hehehe.. Idealnya sih kita tau ya, soalnya kalo emang terjadi reaksi obat (atau vaksin) yang merugikan, kita bisa ngelacak penyebabnya. Selama ini sih aku percaya aja sama DSAnya Sarah (Sarah imunisasinya selalu di DSA). DSA harusnya kan punya record obat/vaksin yang dia kasihin ke pasiennya. Paling biasanya aku cuma nanyain merknya aja sih.

12

Topic: Imunisasi

itsnanaonly..kalau dr pengalaman imunisasinya ilyasa yg pindah2 (pernah ke dsa, klinik perusahaan suami, bidan)..memang ada dokter yg nyebutin merk tanpa kita tanya/minta penjelasannya sih. Tapi so far sih aku ga pernah tanya2 merknya..percaya ajalah semua khasiatnya sama :). Tapi lain kalau obat, kalau ini memang aku selalu nanya2 dulu krn di keluargaku ada riwayat alergi antibiotik.

Terus ttg expired datenya..aku pikir itu kan termasuk scope of worknya dokter/bidan yang nyuntik ya, tanpa kita tanyapun mereka pasti sdh notice itu dr awal sebelum mereka mau nyuntik.

13

Topic: Imunisasi

Moms...

Aq kmrn chatting ama temen, dia bilang dia dapet baca di gramed, kalo imunisasi HIB n hepatitis B itu bs bikin anak autis, soalnya ada kasus di mana ada bayi yg di vaksin di Indo, trus tiba2 setaunan gitu tiba2 dia kaya anak autis, trus di cek di Amrik n katanya krn vaksin tsb, sereeemmm ya.. *knockwood3x n vaksin HIB, HIB tsb uda dilarang di Amrik n bbrp negara lain, yg masi pake Indonesia n Eropa, dia lgsg cancel HIB yg selanjutnya kmrn, kalo aq cuma berharap smoga ga knapa2 di Jordan, soalnya udah lengkap vaksin awalnya, tinggal campak aja taun depan.

Trus aq lgsg confirm ama Bidan yg kebetulan dari Amrik, dia bilang pada dasarnya smua vaksin bs mengakibatkan autis, tergantung kesiapan daya tahan si bayi pada saat dimasukin vaksin2 tersebut. Beliau sendiri tidak mau melayani imunisasi di kliniknya beliau, kalo ada yg minta imunisasi, dia slalu anjurkan ke tempat lain aja (anaknya 6org smuanya ga di Vaksin).

Ada yg pernah dapet info kaya gini juga ga?

14

Topic: Imunisasi

mei jordan,
Sampe skrg pun gw masih dilema ttg vaksin ini (trakhir vaksin AL umur 6 bulan). Kalo ada yg tau dokter laktasi Henny Zainal, beliau juga anti vaksin. Kalo ga salah dalam waktu dekat atau udah lewat ya..beliau mengadakan event ttg anti vaksin.
Temen nyokap yg di amrik juga tidak memvaksin anak2nya dan giat menyuarakan anti vaksin. Gw sndiri masih based on statistic, bahwa masih lebih banyak yg baik2 saja. Layaknya manusia dan alergi, ada bbrp zat yg ga bisa diterima oleh tubuhnya so I think there are a certain number of children who simply cannot tolerate vaccines the same way as the majority of the population.
Gw juga msi blm mantep 100% sama vaksin2 ini, seandainya ada literatur yg lebih kuat lagi menurut gw, bukan ga mungkin AL ga gw vaksin lagi #dilema #bingungsendiri

Engkau takkan pernah bisa menggantikan semua jerih payahnya bahkan satu rintihan diantara rintihan-rintihannya pada saat melahirkan. Di dunia ini tidak ada yg bisa bekerja keras yang melebihi dari yang dilakukan oleh seorang ibu (HR. Muslim)

15

Topic: Imunisasi

moms, kl vaksin HIB gt emang boleh yah minta ga perlu divaksin, soalnya dsa anakku udah main paket aja tuh vaksin, dijadiin satu ama DPT n Polio tanpa nanya2 dulu

trus kalo MMR kl umurnya 2.5 thn dah bs divaksin blum yah, masih was2 nie ama isu autis

Being a mom is a lifetime commitment

16

Topic: Imunisasi

@riri,

kl yg aku baca2 ada 2 macem tuh vaksin IPD: Prevenar atau PCV 7, denger2 kl prenevar tuh kl baby bakat alergi bs bikin bekas suntikannya bengkak, trus juga aku baca2 vaksin IPD yg beredar di indo tuh kan masih impor, nah belum diuji komposisinya itu apakah cocok dgn keadaan di indo, jd dgn kata lain kl kita vaksin IPD itu=useless krn komposisi yg ada blum diuji apakah mampu melawan penyakit itu kl di indonesia, kl yg di singapore, aussie, malaysia udah diuji, jd kaya semacam IPD di tiap negara beda2 gt..makanya aku jg masih dilema nie mo vaksin or ga, bingung, ada yg dah pernah IPD blum yah??

Being a mom is a lifetime commitment

17

Topic: Imunisasi

irenaxp setau aku sih emang hak kita untuk menentukan kita mau ambil suatu vaksin apa ngga. Jadi kalo kita ga mau ambil vaksin tertentu (apalagi diluar 5 imunisasi yg wajib) harusnya ga masalah.
DSAnya Sarah juga bukan tipe yang suka menggabungkan vaksin, jadi waktu vaksin HIB pisah sama DPT n polio. Kalo gitu mau ga mau harus kitanya yang proaktif nanya2 sebelum vaksinnya disuntik ke anak kita.

18

Topic: Imunisasi

uminyakiera, tengkyu infonya, iya kemaren pas nanya dsa nya trus dijadwalin minggu ini, tapi aku kok masih maju mundur gitu.. :)

irenaxp, Al kebetulan da lengkap imunisasi IPD, aku ambil mulai dr usia 2bln jadi 4x suntikan totalnya. emang masih banyak simpang siur mengenai imunisasi IPDnya. klo aku sih pertimbangannya karena katanya paling rentan mengenai bayi dibawah usia 2tahun.ini ada beberapa linknya,http://sovianchoeruman.wordpress.com/2010/06/19/hati-hati-virus-ipd-menyerang-anak-anda/http://www.tanyadokteranda.com/artikel/2010/07/perlukah-vaksinasi-ipd
tapi karena di Indonesia belum diwajibkan, masih berupa anjuran, mungkin bisa dipertimbangkan lagi kok mam.. cmiiw ya..

To have a child is to know the beauty of life..-parenthood-

19

Topic: Imunisasi

mama mama...

minta infonya...anakku 2m20d kmaren dapet imunisasi vaksin infantrik, vaksin ini cuma DPaT atau udh pasti combo ama HiB c?

soalnya koq dijadwalin sebulan lg HiB y? makanya bingung... makasih

20

Topic: Imunisasi

Mamas.. Seinget saya orang yang pertama kali menuntut vaksin mmr menyebabkan autis sudah menarik tuntutannya. Nanti saya carikan link-nya. Dan seinget saya lagi, memang tanda2 anak autis ada di kisaran umur segitu, jadi insyaallah bukan karena vaksinasinya. Cmiiw.. :)

Pamz.. Oya? Dr. Henny Zainal anti vaksinasi? Kenapa ya?

Imo, mau divaksin atau ngga, terserah orang tuanya. Cuma kita kayanya mesti cari tau banyak2 ya, untuk memutuskan mau vaksin atau ngga :)

Mamas, nanya dong, ada yang anaknya dimunisasi MMR sama varicella waktu umur 15 bulan ga? Agak bingung nih, soalnya dari jadwalnya IDAI varicella cuma sekali, tapi menurut CDC 2x.. Bingung.. :s

learning is a never ending process
@rhisuka

21

Topic: Imunisasi

Mommies....

Aku bingung neh mom, seminggu yang lalu anakku abis imunisasi. Pas dokter ngeliat diagram imunisasi yang udah diisi tanggal itu, dokternya langsung komen : "ini hep B nya kecepetan" trs aq nanya, emg efeknya apa ya kalo kecepetan? Dokternya bilang : "yah kita liat nanti, kalo ada gejala, ntar di tes lab". Waduuuh denger tes lab aku langsung ga karuan deh paniknya, khawatir juga.

Ini dokter baru pertama kali imunisasi anakku, cos baru pindah kota. Aq ya selama ini ngikutin jadwal yang dikasih dsa nya, bodohnya aq langsung iya iya aja, karena udah percaya. uuuuuhhhhh

Ada yang pernah ngalamin hal yang sama kyk aq ga moms? Emang efeknya apa ya mom kalo imun nya kecepetan? Kepikiran terus neh mom..

Sharing ya moms...

Thanks

Cheers,
Bunda Essa
(super mom wanna be)

22

Topic: Imunisasi

olipe_tomboy, biasanya kita diberi Kartu Menuju Sehat/KMS gitu kan ya spy bs monitor kapan terakhir baby diimunisasi dan jadwal selanjutnya?
Kl Rora (2m) dulu lahir lsg dpt Hep B dan diulang sebln kmdian. Yg perlu diperhatikan adalah tanggal terakhir imunisasi. Jadwal imunisasi selanjutnya minimal hrs di tanggal yg sama di bulan berikutnya, jgn sebelumnya.
HTH, ya

.Aurora Sekarlangit Siregar.

23

Topic: Imunisasi

Mamas, nanya ya.. sebulan lalu Rora imunisasi Pediacel (combo DPT+P+HiB). Pas disuntik ga nangis blas dan sesudahnya ga demam samsek. Ama bidan yg nyuntik ga dibilangin kl bekas suntikan nya ga boleh kena sabun/ga boleh mandi. Jd besoknya ya aku tetep mandiin dia spt biasa cebur2 ke bak mandinya. Berbahaya ga ya?

.Aurora Sekarlangit Siregar.

24

Topic: Imunisasi

vanilovesburgundy : wuih Rora ambang nyerinya gede banget sampe ga nangis pas disuntik. Hebattt :)

Ibunya PUTRAMA ALUN TULODHO dan PUTRIKU LINTANG LELAKU.
Gemar musik rock namun tak pernah nonton konser live
https://imeldasutarno.wordpress.com/

25

Topic: Imunisasi

imelda, hehehe wkt habis disuntik malah senyum2 terkekeh dianya :)

.Aurora Sekarlangit Siregar.