1

Topic: Imunisasi

Pinken wrote:
Mamas, maap klo pertanyaannya basic bgt. Imunisasi apa aja sih yg bisa demam? TIA mamas :)


paling sering sih DPT sama MMR

2

Topic: Imunisasi

MMr itu perlu gk sih???
katanya klo anaknya gk kuat (otaknya), katanya bs menyebabkan autisme ya???????......
bener gk sih??, jd takut mo imun nih...

bunda hanif.....

3

Topic: Imunisasi

dyahpramita,
saya coba berbagi ya mom, kebetulan saya ada pengalaman serupa, dari usia 0-5mos kenzie masih pakai jasa dsa di rs tempat saya bersalin, setelah masuk usia 6mos saya pindah dsa ke dr. endah di kmc (hasil review dari thread di tum), dan waktu kemarin mau combo 3, saya dijelaskan dulu macam2 paketnya, biasanya saya selalu pakai yang tanpa demam, tapi menurut penjelasan dr.endah yang pakai demam justru anti body nya lebih banyak, harga mmg lebih murah... ada lg yg paket combo tidak pakai panas (dgn anti body sama banyaknya dgn yang pakai panas) tapi suntiknya 2 kali (harga lebih mahal)... saya diberi waktu berfikir untuk memilih paket combo tsb, akhirnya kami putuskan untuk ambil paket yg murah pake panas tp anti bodynya banyak.. menurut dr.endah tidak akan menimbulkan masalah apapun klo mmg sebelumnya tidak pakai panas dan skrg mau coba paket yg pakai panas, dan benar alhamdulillah tidak terjadi apa2, kenzie tidak sampai demam, cuma panas sdikit di kepala selama 1x24 jam, dan suhu badan ttp normal, 36,7 derajat...
maaf ya mom, klo penjelasannya kepanjangan dan berlibet...
hth

4

Topic: Imunisasi

dyahpramita, mamiokey
dulu waktu hanif imun DPT juga DSAnya bilang mo yg pek apanas ap enggak, n begitu gw tanya bedanya apa? DSAnya bilang sama ajah, bedanya yg satu imor (tanpa panas), satu lokal (pake panas), berhubung khasiatnya sama kata DSAnya.....jd ya gw pilih yg bisa aja murah n pake panas .....hihi

bunda hanif.....

5

Topic: Imunisasi

siti,
toss... :)

6

Topic: Imunisasi

siti wrote:
MMr itu perlu gk sih???
katanya klo anaknya gk kuat (otaknya), katanya bs menyebabkan autisme ya???????......
bener gk sih??, jd takut mo imun nih...


Siti,
MMR itu emang salah satu vaksin yang banyak menimbulkan perdebatan. Waktu Kiera menjelang imunisasi juga sempat bingung banget. Palagi pas baca di google, wah dah heboh banget deh disksusinya. Masing2 pihak yang pros dan kons punya dasarnya masing2, yang menurutku juga bisa diterima. Salah satu alasan yang kons, seperti yang dirimu bilang itu. Tapi akhirnya, setelah menimbang2 dan ngobrol banyak ama suami, akhirnya diputuskan buat imunisasi MMR pas Kiera 15 bulan. Insya Allah baik2 saja dan Alhamdulillah, KIPI MMR juga nggak muncul di anakku.
Menurutku sih, memberikan atau tidak memberikan imunisasi itu merupakan hak orang tua, tingagal bagaimana kita menggunakan semua informasi yang tersedia.

Uminya Kiera dan Rania

7

Topic: Imunisasi


Menurutku sih, memberikan atau tidak memberikan imunisasi itu merupakan hak orang tua, tingagal bagaimana kita menggunakan semua informasi yang tersedia.
wrote:


uminyakiera..Yup, setuju banget..dirimu bijaksana sekali :). Ttg imunisasi MMR pernah dibahas juga di TUM, disini.

Aku termasuk mama yang memberikan imunisasi baik itu wajib maupun tidak wajib ke anakku, kecuali imunisasi MMR. Aku memang tidak memberikan imunisasi MMR ke anakku. Pertimbanganku karena:
[list=*]
  • Anakku termasuk late talker, sd umur dimana jadwal imunisasi MMR diberikan, kata2 yang diucapkan hanya mama, papa, dan nenen. Ditambah lagi dia sering tidak menoleh jika kupanggil. Jadi waktu itu yang ada dlm pikiranku, jika nanti ada hal2 yang tidak diinginkan, aku tidak ingin menyalahkan siapa2, tidak imunisasi MMR, juga tidak dokter yang menyuntikkan vaksin itu ke anakku.[/*]
  • Ada yang menderita autisme di keluarga kami.[/*]


    Tapi alhamdulillah skrg anakku juga sudah lancar bicaranya :)

  • 8

    Topic: Imunisasi

    sori kl udh prnh bahas,,,
    berapa kali sih biasanya bisul bekas BCG muncul?
    anakku (8m) sudah 3x muncul bisul dan pecah sampai ada darahnya..kata saudaraku gpp, tp kok khawatir ya...kok sering bgt muncul bisul n pecah. kpn ya kering n meninggalkan parutnya?

    .Motherhood is a journey that never ends.

    9

    Topic: Imunisasi

    siti kayla jg jadwal MMR-nya sabtu ini...n trimakasih uminyakiera n indriani budi utami atas sharingnya...aku siy mau ngikutin jejak uminyakiera, kalo kayla g sakit sd sabtu ini, berarti sabtu tetep imunisasi MMR. Alasannya, sejauh ini kayla perkembangannya normal n dsa-nya jg walopun g mewajibkan tp menyarankan diimunisasi.

    yesi aprianti aku g tau siy yg wajar muncul berapa kali...kalo kayla dulu muncul sekali, bernanah trus pas pecah muncul darahnya jg n sampe skr membekas dilengannya.

    mamanya kayla n nayya
    @ariprastawati
    @sepasang_kembang

    10

    Topic: Imunisasi

    uminyakiera, indriani
    trims bgt ya infonya.....cos gw msh kurang informasi, n pengalaman pas Hib 1 kemaren, DSA gw main suntik ajah...gw takutnya pas MMR gitu juga lg :(

    bunda hanif.....

    11

    Topic: Imunisasi

    setuju dengan uminya kiera
    Dulu aq ambil imunisasi MMR ke naldi pas di 15 bulan, malah simultan dgn varicella. Sblm ngambil keputusan itu aq banyak baca di websitenya AAP, CDC, sblm akhirnya manteb untuk ngambil MMR, malah sekalian simultan. ALhamdulillah nemu dokter yang mau nyuntik simultan, plus nyuntik MMR tanpa macam2. Pdhal saat itu naldi jg blm lancar ngomongnya, baru bisa beberapa kata. Dan Alhamdulillah lagi KIPI MMR ga muncul di Naldi.
    Jadi menurutku untuk imunisasi ini qt sbg ortu emang hrs berperan aktif banyak baca dari sumber terpercaya, krn dari ke2 situs website itu aq jg baru tau bahwa setiap imunisasi bisa berbeda cara penyuntikannya, tujuannya spy imunisasi itu bisa efektif.
    Skrg masih ada PR ni utk imunisasi Typhoid dan Hep A yg udh telat 2 bulan :( ada aja halangannya kmrn itu, naldi sakit, BS resign, semoga bisa cepat dilaksanakan dan ga ada halangan amiiiin

    naldi's mama, abank's wife and an employee

    12

    Topic: Imunisasi

    Indriani,
    ih jadi malu *tersipu-sipu dotcom*, hehehe. Kan mengikuti tagline-nya TUM, :D

    Uminya Kiera dan Rania

    13

    Topic: Imunisasi

    trias.kelly eh eh tanya dong maksudnya simultan itu gmn ya? apa 1 suntukan berisi vaksin MMR+varicella atau sekali kedsa disutik 2 kali ya? Kalo g salah jadwal bt varicella jg ud masuk niy...
    Oiya nanya dong mama's yg anaknya ud imunisasi influenza, seberapa efektif imunisasi ini untuk menghindarkan anak dr penyakit flu?

    mamanya kayla n nayya
    @ariprastawati
    @sepasang_kembang

    14

    Topic: Imunisasi

    Simultan itu artinya 2 kali suntikan sekali kunjungan ke dokter
    Nah kalo combo itu artinya dalam 1 suntikan mengandung beberapa imunisasi kaya MMR (Mumps, Measles, dan Rubella)
    Kalo pake jadwalnya CDC, varicella diberikan sejak usia 12 bulan trus boosternya 3 bulan sesudahnya yaitu 15 bulan. Tapi kmrn itu kan naldi teapi isoniazid untuk pencegahan TB, jd ketunda baru dikasi 15 bulan yg pertama.
    Nah kalo yg imunisasi influenza, aq ga ambil krn konsul dgn bbrp DSA, mengingat ya influenza itu kan common cold aja, cukup dgn daya tahan tubuh aja. Oh iya kmrn ika ngambil imunisasi influenza ini (hrs diulang setaun sekali) dan ternyata tetep juga kena, malah lebih sering dari naldi. Ga tau ya ini suatu kebetulan apa engga hehehehehe

    naldi's mama, abank's wife and an employee

    15

    Topic: Imunisasi

    eh lupa nambahin sebenernya MM dan varicella ini kalo di US udah ada vaksin combo-nya namanya MMRV, tapi sayang belum masuk Indo, jd terpaksa deh hrs ngambil simultan....

    naldi's mama, abank's wife and an employee

    16

    Topic: Imunisasi

    trias.kelly ok ok trims...

    mamanya kayla n nayya
    @ariprastawati
    @sepasang_kembang

    17

    Topic: Imunisasi

    mrs tody, siti..sama-sama. Walaupun karena ga ngasih imunisasi MMR ke ilyasa, ilyasa ga dapet "ijazah lulus imunisasi" dari klinik perusahaan tempat suamiku bekerja. Disitu kami memang dapat imunisasi gratis sd usia 2 tahun, baik yang wajib maupun ga wajib, tp kalau ada yang skipped, ga dapet ijazah deh :(.

    Ttg imunisasi flu, di klinik tempat ilyasa imunisasi juga dianjurkan, tp krn disitu ga ada vaksinnya, kalau mau imunisasi harus ke tempat lain, nanti minta reimburse. Dan ternyata ga semua RS di Balikpapan sedia vaksin ini, makanya sd skrg ga jadi2 mau imunisasi ini ke Ilyasa.
    For sharing ya, dulu dari 7 bln sd 1,5 tahun, Ilyasa juga cukup sering kena flu. Seringnya sih krn ketularan dari papanya atau ART. Tapi sejak umur 1,5 tahun sd skrg 26 bulan alhamdulillah blm kena flu lagi walaupun papanya bbrp kali kena flu (suami sering ke lapangan sih). Mungkin imun-nya juga berkembang seiring dg bertambahnya usianya, ditambah lagi makan dan minumnya gampang jd mendukung kekebalan tubuhnya. Saranku kalau mau imunisasi ini, pastikan dulu klinik/RS yang dituju punya vaksinnya.

    18

    Topic: Imunisasi

    mamiokey aku tinggal dipontianak mom, dan disini pas aku tanya temenku yg kebetulan asisten dsa anakku dia blg klo mau demam imunisasinya di bidan, klo yg ga demam ya di dsa. pas aku ke bidan juga bidannya bilang "kalo mau yg ga demam ke dokter aja bu, dibidan adanya yg demam aja". sedikit aneh knp dsa disini ga nyediain yg demam..
    suamiku malah blg knp jadi plin plan bentar mau kebidan aja, bentar mau ke dsa.hehe :)

    siti krna dsa ku ga ada pilihan ky begitu mom, ga ada yg pake demam.. makanya bingung.hehe

    19

    Topic: Imunisasi

    Moms maaf kalo udah pernah dibahas..
    pusing kalo baca dari awal.. hari ini oRyno jadwalnya imunisasi DPT 3.
    Badannya rada anget kecapekan pulang kampung kemaren kayaknya..

    Boleh gak ya badan anget tetep imunisasi?

    20

    Topic: Imunisasi

    diyahpramita knp bidan g nyediain yg infanrik (g pake demam)? mnrtku siy krn harganya lebih mahal n permintaan untuk pake infanrix jg sedikit. Bidan didaerah ortuku (jogja pinggiran) jg cuma sedia yg biasa. Menurutku siy yg biasa jg gpp...resiko demam itu g selalu terjadi kok walopun pake yg biasa n walopun ud pake yg infanrix jg g jaminan 100% bebas demam, terbukti pas ulangan ke-3 anaknya kakakku pake infanrix tetep demam (dari1-3 selalu pake infanrix).
    Kalo aku dulu memutuskan pake infanrix krn kantorku lg padet bgt, g memungkinkan untuk ijin. Nah drpd habis imunisasi trus panas n pastinya jd rewel sementara aku g ada dirumah ya ud akhirnya memutuskan pake infanrix...
    chocofloat kalo lg panas sebaiknya ditunda dulu aja mom...biasanya sama dokter jg g boleh tuh kalo lg panas. Kasian jg kan anaknya, lg sakit trus disuruh melawan virus (vaksin) pulak...

    mamanya kayla n nayya
    @ariprastawati
    @sepasang_kembang

    21

    Topic: Imunisasi

    chocofloat, ditunda dulu aja mam seperti yang mrs tody sampein..
    DSA juga biasanya anjurin gitu, karena kalo dipaksakan imunisasi nanti malah vaksinnya ga bekerja efektif bikin antibodi.
    ga masalah ko kalo ditunda beberapa hari aja..

    btw mamas, biaya MMR sekarang berapa ya?

    a happy wife & mom always defines me best! :)
    @mamaaltair

    22

    Topic: Imunisasi

    mrs tody mgkn gitu ya mom mahal jd bidan ga nyediain, nah anakku kan dpt1 dibidan yg demam, klo dpt2 ntar boleh ga ya pindah ke yg infanrix, soalnya ada yg pernah bilang klo uda infanrix ya sampe dpt3 harus infanrix bgtu juga sebaliknya.. tp wkt imunisasi yg pake demam malemnya babyku rewel n pahanya merah n bengkak bekas suntikannya, jd ayahnya blg klo bisa infanrix ya ambil infanrix aja dpt2 sama dpt3 nya. maaf penjelasannya panjang :)

    23

    Topic: Imunisasi

    Thanks sarannya mom klo pulang kerja nanti masih anget ak tunda aja

    24

    Topic: Imunisasi

    diyahparamita...mmmh kayaknya boleh ya..kan fungsinya sama aja. Kebetulan aku pakenya selalu infanrix *emak2gamaurempong* Aku analogikan sama pengalaman aku divaksin polio, jd polio pertama n kedua pakenya oral trus yg ketiga suntik...itu gpp mom...

    mamanya kayla n nayya
    @ariprastawati
    @sepasang_kembang

    25

    Topic: Imunisasi

    Oryno waktu BCG Di Bidan..
    baik baik saja sampe sebulan kemudian baru lengannya merah bengkak kayak luka trus kering..
    ada yg ngalamin juga gag moms?
    Rada kawatir