1

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

fantasticrhea aduduuuhh... Leica... Kamu lucu sekali... Menggemaskan... pengen jawil-jawil pipinya... :)

.. i'm just a girl, a woman, a daughter, a friend, a wife, and a mother..

Our llittle space : http://kakira.my.id/ /@rachanlie

2

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Oiya... Mau tanya dong... Sejak Kana mulai makan pake metode BLW, skarang dia pupnya jadi lebih sering nih.. Kadang-kadang pupnya menyerupai makanan yang dia makan... (sama kayak yang udah dibilangin sebelumnya) dan kadang2 udah mulai halus.. Tapi skrg frekuensinya tiap lagi mam atau abis mam pasti pup.. Itu masih gpp kan yah..

Kana juga masih ASI sih... Jadi blom campur susu lain.

.. i'm just a girl, a woman, a daughter, a friend, a wife, and a mother..

Our llittle space : http://kakira.my.id/ /@rachanlie

3

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

rachanlie, sama! abis makan langsung lancaarrr, kadang keluar mirip waktu masuk, tapi lama2 makin pinter ngunyah udah mulai keluar dengan bentuk yang beda :)

In the light of the moon a little egg lay on a leaf ~ Eric Carle

4

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

kejadian td malem tuh..abis makan malem Leica pup, keluarlah potongan kentangnya. hihihii...

Leica kok agak2 kurang suka yah..awal2nya sih mau dan seneng2 aja..ntar kl udah kelamaan malah nangis, maunya mimik aer putih aja. -_-
hari ini masih mo kentang lagi sih. besok baru mo nyoba apel.
boleh gak sih kalo mulai ditambah snack sore/pagi buah??

Leica and Lucca in the sky with diamonds

5

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

rachanlie - stuju ama mama toto, emang di awal2 yang masuk ama yang keluar mirip. tapi lama2 si anak belajar ngunyah, dan perutnya juga bisa mencerna. jadi lebih mirip pup beneran.

fantasticrhea - mungkin kalo udah ga suka, berarti udah mesti berenti session makannya. namanya juga Baby-Led Weaning. si bayi yang nentuin kapan dia mau mulai, dan kapan dia mo berenti.

kalo gue sih dulu pake snack. makannya berkali2 jadinya... ampe sekarang snack sorenya masih berjalan.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

6

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

thalia, akhirnya tadi siang gue nyoba lagi ngasih kentang dan beneran dia nangis2 maunya minta air putih aja. saking senewen gue kupasin apel fuji yg gede2 itu aja. enak, manis2 ada asemnya dikid. Eh anaknya doyan bener..diemutin terus..dan emang bisa gigit (pake gusi) jadinya coel2. bbrp kali ini Leica gagging terus deh..bikin panik. tapi anaknya santai aja sih..yg seru kemarin pas makan kentang pas gagging akhirnya muntah deh..keluar semua susu2nya..kasian..

ini fotonya Leica mam apel kupas
http://i12.photobucket.com/albums/a241/babingesot/Malaika%20Azzurri/IMG00053-20100606-1841.jpg

Leica and Lucca in the sky with diamonds

7

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

nala masih berjalan nih program blw-nya...
udah sekitar 2 mingguan, dan hasilnya, masih belum lancar, hehe :)
pup-nya udah ga sesering sebelum mpasi, kalo dulu 5-6 kali sehari, sekrang 2-3 kali sehari (normal ga sih, mamas?)
sampe sekarang, makanan dan peralatan makan masih dibuang ke lantai, awalnya dipegang sih sama nala, tapiiii, bukannya masuk mulut, dia miring ke kanan ato kiri, daaan dijatuhin tuh makanan ke lantai *hiks*

8

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Moms,

Maaf nih kalo nanyanya rada2 O'on dan berulang. Nara tanggal 19 nanti udah 6 bulan dan aku pengen banget ngenalin MPASI nya pake metode ini. Tapi yang aku masih bingung, jadwal makan awal2nya apa sama kaya MPASI konvensional yang 1x sehari dulu selama 1minggu atau 2 minggu? Abis tanya2 temen2 belom pernah ada yang pake metode ini dan mereka awalnya kasih makannya sekali sehari dulu gitu. Minta pencerahannya dong moms untuk jadwal makan awal nya gimana? thanks a bunch yak!

:: Uti, bui-nya Nara ::

9

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

kl nala ditawarin 2 ato 3 kali sehari, tp emang sih belum ada yg masuk dgn usaha sendiri, msh harus barengan megangnya ya tangan emaknya pegang tangan nala :D *waduh gmna ini penjelasan gw :)*

10

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

yupitri sebenernya jadwal makan itu tergantung dari interest anak & gimana ibunya mau mulai juga. pake sistem konvensional pun ada yang emang coba sekali sehari dulu, ada yang langsung 2x sehari. jadi ya disamain aja kok, gak beda. kalo anaknya emang udah punya interest dengan "makan", dicobain 3x langsung pun gpp. yang pasti, saat dicobain makanan itu, jangan dirubah dulu at least 2-3 hari. jadi bisa ketauan apakah si anak alergi sama makanan itu ato enggak. contohnya kalo mau kasih pepaya, cobain pepaya tuh selama 2hari, tiap makan. kalo udah oke, besok ganti misalnya cobain strawberry, nah cobain juga selama 2 hari. karena pepaya udah dicobain, bisa dipake selang seling ama strawberry. kira2 gitu deh..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

11

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Whew...
Dr dulu nyicil baca thread ini dan skarang udah sampe page 33!
Ngulangin aja aah bacanya dari awal..
Pengen jg nerapin BLW ke el walo weekend doang..
Btw, enakan bayinya duduk di high chair ato bumbo pas lg makan? Mumpung el MPASI masih 3 bln lg jadi nabung dl ah biar ga ditoyor misua ehehehe..

Reborn since El was born
@inicrey

12

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Dear mamas,

Nanya dongggg, kalo mpasi sistem BLW mesti didudukin di high chair atau bumbo ya? kalo ga punya high chair atau bumbo, ga bisa ya?

Kira2 ada nggak ya, mamas yang ngasi sistem BLW tapi nggak didudukin di highchair atau bumbo?

Super Mom

13

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

oohh okeyy.. baiklakkh.. terima kasih ya ibu-ibu.. doakan saya yaaa *apasih* :))

:: Uti, bui-nya Nara ::

14

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

yg penting posisi anaknya duduk tegak, cmiiw, mamas
duduk dipangku juga gpp, nala didudukin di bumbo jg muter2, jd kdg di pangku :)

15

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Umi Fatan menurut gw sih ga ada yang namanya harus yahh..semuanya fleksibel aja, kayla pake metode BLW dari 6 bulan, udah dibeliin bumbo dari umur 4 bulan, tapi anaknya ga suka didudukin dibumbo, bawaannya mau mengeluarkan diri aja... dan gw juga ga punya high chair, jadi ya dikombinasi aja, kalo pas kayla nya mau dibumbo ya didudukin, kalo dia udah bosen, dipangku, atau pernah juga digendong dan gw/mbaknya pegang mangkok yang isi makanan..
menurut gw sih yang terpenting tetap proses pengenalan makanan terhadap anak, masalah perlengkapan yang digunakan mah fleksibel aja, kalo memang ga punya bumbo atau high chair dipangku aja, nanti kalo sudah bisa duduk sendiri, duduk dibawah mangkok makanan didepannya..tetep bisa kok dari pengalaman gw BLW kayla yah...jadi intinya bukan di high chair atau bumbo..itu cuma fasilitas pendukung aja sih menurut gw

16

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

fantasticrhea waaaaa leicaaaaa menggemaskan sekalii, jagooo yahh maemnya...
rachanlie : kayla juga pas pertama2 BLW makan wortel ya keluar di pupnya oranye2 gitu, makan kentang ya masi gitu bentuknya karena kalo pertama2 mungkin alat pencernaannya belum bgitu memproses makanan yah,
tapi skrng 7,5 bulan pupnya lebih solid, trus udah mulai terproses tampaknya, jadi oranye wortelnya bentuknya udah serat2 halus

17

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

umi fatan, setuju sama ibu2 yang lain.. high chair dan bumbo itu bukan suatu keharusan ko untuk bisa BLW-an.. Rasyid sih emang dari awal selalu didudukkin di high chair, pernah juga di bumbo, pernah juga dipangku, yang penting posisi si anak tegak..
sekarang karena udah bisa duduk sendiri, kalo main ke rumah temen yang gak ada high chairnya dia duduk sendiri sambil makan.. tapi malah kadang kalo duduk sendiri lebih susah karena lebih tertarik merangkak kesana kemari.. hehehe.. jadi emang yang paling efisien yah duduk di high chair di rumah.. :D

yupitri, kayanya gak saklek harus pertama2 sekali sehari ato lebih ya.. dulu sih pertama kali mulai dicoba sesering mungkin dan selalu ikutan kalo kita makan.. sampe sekarang kalo dia makan sendiri suka teriak2 marah gitu, tapi kalo kita ikut makan juga dia lebih semangat makannya.. semakin sering dikasih makan, semakin terlatih juga kemampuan makannya, seperti menggigit, mengunyah, menelan.. selamat mencoba! :)

fantasticrhea, Leica lucuuu banget!! cubit-cubit ah pipinya! :D pinter ya makannyaaa...

..saksikan aku, seorang ibu..

18

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Crey, Umifatan, Leica juga belom punya highchair dan gak punya bumbo. jadi mamnya kadang dipangku atau ditaro di stroller. tapi emang posisi harus tegak gitu. mereka suka kelesek gitu kalo terlalu tiduran. kasian.

eryka, muna, makasih tante..doain aku makannya tambah pinter lagi yah.. biar tambah semok :))

Leica and Lucca in the sky with diamonds

19

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

fantasticrhea leica kamu lucuuuuuu :D ekspresinya yang di foto terakhir lucu bgt hihihi! oia setuju sm thalia kynya utk blw emng liat si baby maunya apa..kadang akila sehari kynya smangat makan, hari lain dah duduk di highchair (di jam yang biasa dkasi makan) malah bete pgn nenen aja dan bobo.
rachanlie eh sama loh akila juga kadang pupnya jadi lbh sering (di hari2 tertentu) trus suka keluar lagi apa yg dimakan dlm bentuk asli hihi..
nalabunbun tenang aja, tar juga pinter ko! kadang suka gmn mood juga si kl anak gw mah..kadang ada hari smua lancar jaya masuk mulut sambil ngoceh n senyamsenyum, kadang ditowel2 doang, diambil trus dijatohin!
umi Fatan betul kata para mamas, yang penting tegak aja ko, biar kl dia pgn nglepeh bisa (ga keselek) awal2 pas blm punya high chair akila duduk di bouncer (tp dia emng dah gamau nyender, jadi tegak sendiri) kalo ga, dipangku juga ga masalah. Kl lagi di rumah nenek, akila duduk di sofa aja dialasin

20

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

momies, ada gak yg pengalaman anaknya gak kuat asparagus?
Leica hari ini dikasih steamed asparagus 2 kali (siang&mlm). pas ganti diaper pantatnya merah bgt. rash gitu..keras bgt yaa si asparagus ini? apa doi alergi? insight dong..

Leica and Lucca in the sky with diamonds

21

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Hallo hallo... akhirnya sampe juga ke page terakhir nich :) ampe khatam. Alhamdulillah Shafaulia udah menerapkan baby led weaning ni... Pertama emang kawatir banget, sampe oek trus sempet muntah juga, tapi akhirnya sekarang udah mulai bisa menyesuaikan dari mulai tangan, mata dan mulutnya. Mengunyahnya mulai jago. Pupinya juga ada pepaya yang dia makan hehehe.. ini ada videonya :)
http://vimeo.com/12454075

22

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Wah thread-nya makin rame aja.. dah lamaaaa banget ga mampir TUM.. ini mo kasih laporan BLW-nya Tian.. hiks.. kayanya Tian blom siap BLW-an deh.. kayak ga minat gitu sama makanannya, malah minat sama tempatnya.. trus sempet juga batuk-batuk dan hampir keselek.. hiks bikin panik.. Padahal kalo spoon feeding Tian pinter banget maemnya, lahap dan selalu habis apapun makanannya!

http://www.cyrusweb.com/misc/7mos-10.jpg
Itu di foto, Tian akhirnya megang apel kukusnya karena disodorin ke tangannya tuw.. awalnya dia kayak geli-geli gimana gitu pas megang, licin kali yaa..hehe..

http://www.cyrusweb.com/misc/7mos-11.jpg

Mamas, kayaknya saya memutuskan ga full BLW deh.. soalnya udah dicobain 3x tetep ga minat, dan saya ga sabaran juga nungguinnya.. hehe Mending spoon feeding dulu deh, biar mamanya bisa ngerjain yg laen.. ntar BLW-nya dicobain lagi kapan-kapan..

Sekarang mo mantengin thread MPASI konvesional dulu deh hehe...

23

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

momsiyu, tian lucunyaaa! hahaha itu lidnya mau dimaem? :lol:

toto BLW juga kalo maem finger food aja, kalo bubur tetep suap2. memang awal2 BLW batuk2 tersedak, tapi makin lama makin pinter, sekarang toto udah 10 bulan, lancar ngunyang potongan apel pir papaya anggur ubi rebus dll. kalo tian mau coba lagi BLW, makanannya dicoba ditaruh langsung di meja, nggak usah pake wadah. BLW for snacking asik lho, kalo bawa toto ke resto saya bisa makan dengan tenang *ngomporin* :)

In the light of the moon a little egg lay on a leaf ~ Eric Carle

24

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

akhirnya mau coba posting foto arifah ber-BLW ria..
sama ky toto, arifah juga klo bubur masih disuapin :)

semangat makan tomat ampe tamat (ampe abis maksudnya, hehehe)
http://farm5.static.flickr.com/4033/4683052299_a9566924b2_m.jpg

nyam nyamm..
http://farm5.static.flickr.com/4061/4683683508_088d023dec_m.jpg

hasil gigitannya..
http://farm5.static.flickr.com/4016/4683057035_3b8928bdf7_m.jpg

25

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

mirarami01, kalo kasih tomat gitu bijinya dibuangin gak?

Arifah lucu banget...gemes..

??Dianara??