1

Topic: Breastpump Experience

Angelaclaud, emang lagi ngincer sterilizer itu.. jadi makin mantap buat beli.. hehe.. oya trus kalo sterilin di kantor gimana? kan paling cuma direndam air mendidih aja.. apa perlu di lap pakai tissue lagi? ada saran ga? thanks

2

Topic: Breastpump Experience

poetri_ariend wrote:
Angelaclaud, emang lagi ngincer sterilizer itu.. jadi makin mantap buat beli.. hehe.. oya trus kalo sterilin di kantor gimana? kan paling cuma direndam air mendidih aja.. apa perlu di lap pakai tissue lagi? ada saran ga? thanks


Aku kalo pompa di kantor, abis pompa langsung bersihin sisa2 ASI dgn air biasa. Terus bilas/rendam pakai air mendidih.

Sebenarnya itu gak perlu harus tiap kali pakai di steril kok. Aku pernah email ke customer service Medela di USA tanya, sebenarnya itu perlu dimasak dgn air mendidih per berapa lama. Katanya itu terserah kita saja kok. Gak ada keharusnya tiap pakai harus di steril.

Oh ya, itu gak boleh disteril dgn eletric sterilizer ya. Cuma boleh dimasak di air mendidih selama 10 menit.

Kalo keringinnya aku biasanya corong, valve, dll aku simpan di kayak kotak lock n lock. Habis di bilas dgn air mendidih aku taruh di kotak dan tutupnya dibuka sedikit supaya dan taruh aja di meja. Di kantor kan ada ac, jadi biasanya sekitar 2-3 jam, itu semua sudah kering lagi. Jangan ditutup. Kalo ditutup gak kering2. Bukanya juga jangan tutupnya langsung dibuka gitu, kan takut debu dll masuk. Jadi aku biasanya tutupnya aku taruh agak miring gitu, jadi tetap ada udara ac yg bisa masuk,

3

Topic: Breastpump Experience

Angelaclaud, yang nggak boleh di steril pake electric sterilizer apapnya yah? Semua spare part breastpump medela?
Thanks buat tips steril di kantor yaah.. Aku udah catat..
^_^

4

Topic: Breastpump Experience

Klo cairan buat steriliized gitu katanya ada yah? Beli dimana yah? N gimana pakenya?

5

Topic: Breastpump Experience

poetri_ariend
Iya, semuanya (corong, valve, membrane) gak boleh. Direbus aja.

Ceicalia
Yg aku pernah beli itu merk Chicco ada. Pakenya sih dia ada takarannya. Misalnya 1 gelas liquidnya dicampur 1liter air. Terus barang2 babynya direndam paling dikit 1/2 jam. Abis itu dibilas dgn air matang. Menurutku sih rada repot. Lagian takut juga kalo air sterilnta bilasnya kurang bersih kalo ke makan baby bisa bahaya. Itu kan bahan kimia gitu. Kalo air matang kemakan masih lebih gak pa2. Itu pendapatku aja.

6

Topic: Breastpump Experience

moms, aku nyobain pake medela minel, kok lecet ya dibelakang puting. Apa karena corongnya terlalu besar atau kekencengan isapannya? please share..

Berjuang untuk masa depan Banyu dan Binar
my positive

7

Topic: Breastpump Experience

AngelaClaud, bole tau kenapa sparepart medela ga boleh di steam sterilizer ? uda bbrp kali nih pake itu buat sterilin. lha kalau ngga perlu di steril terus, cuma dicuci n keringin biasa aja gt ?

8

Topic: Breastpump Experience

Hi Mommies, mohon sarannya kalo pompa manual untuk PD bersize besar kira2 ada merk apa aja ya? Maunya sih yg bagus juga.
Utk temenku kayanya dia pake MEDELA ga muat deh utk PD-nya. Thanks alot Moms...

...I love my baby benz...

9

Topic: Breastpump Experience

baru baca thread ini, thanks ya Angelclaud utk infonya, aku baru seminggu ini back to work dan mompa di kantor. Selama ini setelah mompa dicuci pake air panas dr dispenser dan dimasukin dalam cooler bag nya Medela, inih langsung dibuka deh cooler bag nya supaya pompanya kering... nice tips, biasanya aku cuma di lap pake sapu tangan handuk aja :)

sharing pompa, aku pake Medela harmony, n so far nyaman2 aja, memang tangan jd lebih pegel siy, tp pertimbangannya ga mesti tergantung dg colokan listrik n ga tahan denger suara mesinnya si minel..IMO agak berisik :D penasaran ama swing tp tar nunggu dikadoin anak ke-2 aja deh....


oia, kalo makanan yg bisa nge boost ASI di thread ini jg ato ada thread terpisah ya?dr kemaren nyari2 thread itu belum nemu, lum sempat baca thread ini keseluruhan *maaf mama mods..jangan dipentung ya kalo salah tempat* :)

10

Topic: Breastpump Experience

nies,
makanan yg bisa nge-boost ASI banyak dibahas di thread Menu untuk Ibu Menyusui, Breastfeeding, dan Puasa Saat Hamil & Menyusui.
happy reading ;)

11

Topic: Breastpump Experience

babybenz,
maxutnya PD cup besar? setauku, mestinya sih PD besar juga bisa pake BP apa aja krn kan corong BP cuma nutup sebagian PD. PDku ngga besar dan itu aja corongnya ngga nutup semua.
lain masalahnya kalo nipple-nya yg besar. kalo ini memang mesti cari BP yg ada pilihan ukuran corongnya. kalo baca di manualnya, medela punya pilihan ukuran corong. coba deh kontak ke service center-nya. kalo BP lain, aku blm tau..

12

Topic: Breastpump Experience

Maymoms
Aku juga gak tau kenapa gak boleh di steril dgn sterilizer elektrik. Pas aku beli di Istana Bayi aku memang ada dibilangin gak boleh direbus saja. Trus aku penasaran juga makanya langsung email ke customer servicenya Medela tanya dan memang dapat jawabannya juga gitu. Gak boleh pake sterilizer elektrik, direbus aja. Aku biasanya rebus 10 menit 1 minggu sekali aja, gak tiap hari. Habis takut rusak juga kalo rebusnya tiap hari.

Nies
Sip deh. Aku juga pas awal2 bingung cara keringkannya gimana. Sempat pakai saputangan juga, tapi kayaknya saputangan yg aku pakai gak bagus, jadi suka nempel bulu2 dari saputangan. Akhirnya ketemu deh cara itu.

13

Topic: Breastpump Experience

Angelclaud ternyata ga boleh ya di steril pake sterilizer elektrik? brarti slama ini aku salah dong :( oya,biasanya stelah dicuci trus direbus ya mom? klo 1 minggu sekali, brarti stelah dicuci digimanain mom? mksh sblmya infonya ya.

14

Topic: Breastpump Experience

menurut buku manual nya minel boleh tuh ... gimana ? :D *cek bukunya lagi*

15

Topic: Breastpump Experience

Angelaclaud, yaay kemarin sudah dipraktekkan steril dan mengeringkan BP nya.. Jadi setelah mompa jam 12 peralatan aku bilas air matang, trus direndam air mendidih pakai wadah tuperware 5 menit. Setelah itu aku buang airnya dan diletakkan dibelakang layar komputer, tutup dibuka sedikit tapi atasnya kutaruh kertas lagi agar meminimalisir debu yang masuk. Jam 4 sore kuintip sudah kering,, pas pulang langsung buat mompa lagi dimobil..
Tapi di rumah aku tetap pakai electric sterilizer sekali pas mau berangkat kerja, aku lebih milih electric sterilizer daripada direbus karena pernah tutup botol medela pecah saat di rebus. Jadi kapok deh..

16

Topic: Breastpump Experience

poetri_ariend
Sip2 deh. Aku di kantor kan ada thermos air panas umum (yg mendidihkan air juga). Jadi aku biasanya bilasnya pakai itu. Aku perhatikan kalo aku tutup lock n locknya pas direndam air panas, itu biasanya banyak uap air panas. Nah kayaknya itu yg buat lebih cepat kering. Soalnya kalo dicuci sama air biasa aja, lama banget deh keringnya. Tapi kalo sudah direndam air panas dan uap, lebih gak basah dan cepat kering. Kalo pikir2 pake eletric sterilizer kan dia juga sterilize dgn sistem steam/uap. Jadi mirip2 kali.

Kalo botol2 aku memang biasanya pake sterilizer listrik juga. Cuma spareparts Medelanya (corong, valve dan mebrane) yg aku rebus.

maymoms
Kalo minel aku kurang tau deh. Yg aku pernah pakai Swing ama Freestyle. Kalo Swing di manualnya sih gak ada tulis gak boleh pakai steam sterilizer tapi instruksi cucinya cuma suruh direbus 10 menit.

Heipy
Kalo aku sih biasanya habis dicuci dikeringkan dgn Panasonic Dish Dryer. Kalo di kantor sih dibiarkan kering aja.

Sebenarnya Moms kayaknya gak perlu terlalu takut masalah steril. Kayaknya dari websitenya Medela sebenarnya ada nyinggung juga. Sparepartsnya Medela itu tidak perlu disteril untuk bayi normal. Sebenarnya yg harus lebih steril itu utk bayi yg premature. Makanya kalo petunjuk utk membersihkan breastpumpnya kan rata2 wash with warm soapy water.

Bayangkan saja bayi2 kan suka banget jilat sana jilat sini, masukin beragam macam barang ke mulut. Gak mungkin sampai 100% steril. Kalo steril banget juga gak bagus deh, nanti kan daya tubuhnya jadi lebih lemah. Makanya sering banget kalo saudara2 gue yg dari Amrik datang diare lah, kegigit nyamuk benjolannya gede banget (padahal kita ok2 aja).

17

Topic: Breastpump Experience

karena aku merah pake tangan, jadi hanya perlu persiapan tangan bersih dan botol bersih aja. Agak serem juga kalo harus rebus2 botol kalo bukan kaca takutnya ada partikel yang malah terlepas dan berbahaya.
Untuk steril botol, setelah dicuci pake sabun pembersih botol, aku isi air panas, trus dibuang airnya sebelum diisi ASIP. Dengan metode kaya gini, alhamdulillah blom nemuin dampak negatif, jadi sakit misalnya.
Untuk masalah ke-steril-an ini aku ga terlalu ambil pusing, takut juga kalo "terlalu steril" malah bikin Queen ga siap menghadapi kejamnya kuman2 yang bakalan dia temuin di sekitarnya. secara bayi seumuran dia (5mo) lagi doyan2nya masukin sgala sesuatu yang dia pegang ke mulut.

18

Topic: Breastpump Experience

wah baru ngeh kalo spare part Medela Swing gak boleh masuk steam sterilizer.. Pantesan corong silicone softcup punyaku bentuknya udah peot, ngga berbentuk lingkaran sempurna lagi :'(

19

Topic: Breastpump Experience

Ada yg tau ga beli AVENT VIA feeding system ini dimana? butuh adapternya niy biar bisa langsung nyambung ke BP AVENT. Coba cari online tp kbetulan stoknya lg kosong. TIA.http://farm5.static.flickr.com/4081/4943978138_dd3a516afb_s.jpg

Engkau takkan pernah bisa menggantikan semua jerih payahnya bahkan satu rintihan diantara rintihan-rintihannya pada saat melahirkan. Di dunia ini tidak ada yg bisa bekerja keras yang melebihi dari yang dilakukan oleh seorang ibu (HR. Muslim)

20

Topic: Breastpump Experience

babybenz kalau pakai medela harmoni (yg manual) ada kok dijual corong2 dengan ukuran L dan XL (klo ga salah yang bawaan standart tuh ukuran M). gw dah pernah beli ukuran xl di tokomedela [dot] com

ayuahmad klo buka2 tret ini dari awal, ada kok dijelasin klo medela minel tuh bisa diatur settingan kekencangan tarikannya. bahkan disarankan diawali dengan low speed (1-2menit pertama) trus gradually dinaikin tingkat kekencengannya. Kalau memang masih lecet, banyak produk untuk meringankan lecet di daerah aerola. Kalo ga salah medela juga ngeluarin kok. medela purelan klo ga salah namanya. gw sendiri belum pernah lecet2 sih :)

still learning....day by day....

21

Topic: Breastpump Experience

ada yang bisa ngasih review tentang BP tommee tippee yang manual ngga ?? pengen nyoba nih...

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

22

Topic: Breastpump Experience

wah... banyak yg medela banget ya? alhamdulillah dapet lungsuran medela electric dari temen, dan alhamdulillah gak cocok... :) trus liat kakak enak banget pake pigeon manual, trus beli.. dan emang cocok.. hohoho ^^

farahbun= farah + bunda. together we'll be, to infinity and beyond..

23

Topic: Breastpump Experience

rimaniss *toss* berhubung pas lagi butuh medela harmony-nya lagi out of stok dimana2, akhirnya pake pigeon manual yg bentuknya juga gak jauh beda dari harmony.. lebih murah, sama enaknya (padahal belum pernah ngrasain pake harmony, hihi..) dan aweeet ( so far belum ada yg peyot dan berubah bentuk, warnanya pun belum berubah banget)..

selalu menunggu datangnya hari sabtu-minggu

24

Topic: Breastpump Experience

puas bgt pake medela mini pump, ringkes, efektif n efisien hehe paling juga pemakaian batre agak boros, mending pake batre charge aja. awalnya sempat pake tangan, tapi setelah kenal si imut medela ini, langsung jatuh cinta n berasa berat klo pake tangan (padahal males tuh hihi) paling yag berat juga acara bersih2nya, tapi ga juga kok, komponennya juga ga terlalu banyak kok. intinya medela mini pump emang top cer deh

selalu merindukan gwenuk inak inuk....

25

Topic: Breastpump Experience

ayuahmad wrote:
moms, aku nyobain pake medela minel, kok lecet ya dibelakang puting. Apa karena corongnya terlalu besar atau kekencengan isapannya? please share..



mba ayu..dulu aku juga sempat lecet bentar, kuperhatiin kayaknya karena disekita puting kan kulitnya kering, n pas mompa bolak balik si puting keluar masuk ditarik gitu makanya bisa lecet. trus ak coba tiap sebelum masukin corong, ak peres dikit asinya trus aku olesin ke daerah sekitar puting n aerolanya, n alhamdulillah ga lecet lagi sampai sekarang. bisa jadi lecet karena posisi corong ga pas mba, n klo ga pas asi yg keluar juga ga terlalu banyak. semoga bermanfaat ya mba....semangat kasih asi terus

selalu merindukan gwenuk inak inuk....